Konsepsi

Hindari Berkata Ini Pada Pasangan Yang Sedang Mencoba Hamil!

Hindari Berkata Ini Pada Pasangan Yang Sedang Mencoba Hamil!

Saat seseorang mencoba hamil, akan ada banyak proses yang dilalui dan tidak semua proses ini berjalan dengan mulus sesuai dengan harapan. Bagi beberapa Ibu yang sedang mencoba hamil, proses ini bisa jadi sangat melelahkan

Sehingga tak jarang, perasaan Ibu mungkin akan lebih sensitif dari biasanya. Jika Ibu belum pernah mengalami perjuangan untuk mendapatkan momongan, ada baiknya tetap menjaga perasaan Ibu lain yang sedang berjuang tersebut, ya!

Apalagi bila hal ini terjadi pada kerabat, tetangga, atau teman dekat kamu. Ada baiknya wajib menjaga ucapan, agar tak menyinggung perasaan Ibu yang sedang mencoba hamil.

Sebab, terkadang tanpa kita sadari, pertanyaan yang terasa ringan justru bisa berdampak besar dan melukai perasaan Ibu yang sedang mencoba hamil. Karena kita tidak benar-benar tahu apa yang mereka alami, sebaiknya kenali dulu situasi yang ada dan bertuturlah dengan lembut atau berkata seperlunya saja.

Hindari mengatakan hal ini pada Ibu yang sedang mencoba hamil


Kesuburan yang menyangkut reproduksi manusia ini memang hal yang sangat rumit untuk dimengerti. Ada kalanya Ibu atau Ayah sudah merasa menjalani gaya hidup sehat, namun rupanya belum juga dikaruniai momongan meski usia pernikahan sudah bertahun-tahun lamanya.

Tak heran bila topik tentang kesuburan dan proses mencoba hamil ini, merupakan salah satu topik sensitif bagi pasangan yang sedang berjuang. Melansir dari laman Motherly, simak hal-hal apa saja yang sebaiknya tidak diutarakan kepada pasangan atau Ibu yang sedang mencoba hamil:

1. “Wah, kapan nih mau punya anak?”

Pertanyaan di atas kedengarannya mungkin biasa saja bagi pasangan muda yang baru saja menikah. Tapi tidak bagi pasangan yang sedang mencoba hamil, hindari menanyakan hal tersebut karena itu akan melemahkan hati mereka.

Setiap pasangan yang sedang berjuang memiliki momongan pasti sudah melalui berbagai macam hal, misalnya mengubah pola hidup, mulai minum vitamin yang menunjang proses hamil, atau program memiliki momongan lainnya. Jadi, ada baiknya untuk mengganti pertanyaan tersebut dengan pertanyaan lain yang lebih menyenangkan.

2. “Sabar, nanti pasti akan hamil juga kok!”

Ibu, perkataan di atas bukan hal sepele bagi mereka yang sedang mencoba hamil, apalagi bila usia pernikahan mereka sudah lama. Siapa tahu, merek justru sudah sering mendengarnya, dan mungkin saja di telinga mereka terasa sangat menyakitkan. 

Apalagi, proses memiliki momongan ini memang seringkali membuat kita mudah frustrasi. Jadi, Ibumin sarankan, sebaiknya tidak perlu mengatakan hal tersebut sama sekali, ya. 

Lebih baik ganti topik pembicaraan yang mungkin lebih menarik bagi mereka, misalnya bisnis barunya, rumah baru, dan sebagainya. Kemudian doakan mereka dalam hati.

3. “Siapa nih yang bermasalah? Suamimu atau kamu?”


Proses mencoba hamil adalah kerjasama antara pasangan suami istri, jadi sebaiknya tidak menyalahkan satu sama lain. Hindari bertanya tentang pihak mana yang tidak subur atau menyebabkan kehamilan ini tertunda.

Selain menyakitkan, rasanya hal tersebut bukan untuk konsumsi publik dan tidak layak untuk ditanyakan. 

4. “Ngga apa-apa. Ngga semua orang ditakdirkan punya anak kok.”

Hati-hati dalam berbicara, terutama bila ditujukan pada suami istri yang sedang mencoba hamil. Hindari berperan sebagai Tuhan Yang Maha Kuasa, karena kehamilan sejatinya rahasia dan rezeki dari Tuhan.

Melontarkan kata-kata di atas, rasanya bagai mendengar petir di siang bolong bagi pasangan yang sedang berjuang. Lebih bijaksana lagi dalam menuturkan opini, yuk!

5. “Dulu kita juga ngga langsung hamil kok, santai aja dulu.”

Lagi-lagi simpanlah opini pribadi yang hanya untuk konsumsi pribadi saja, karena bagi pasangan yang sedang berjuang dengan kehamilan, pengalaman tersebut tidak valid. Mungkin tidak langsung hamil, namun tiga bulan kemudian kabar bahagia tersebut terwujud.

Sementara pasangan yang Ibu hadapi sudah menanti kabar bahagia tersebut selama lebih dari tiga tahun dengan penuh harap. Sebaiknya jangan diutarakan ya!

6. “Masih muda, nikmati dulu masa pacaran dengan pasangan!”


Bagaimana bila mereka yang dianggap pasangan muda, justru sudah menjalani masa pacaran yang cukup lama dan ingin segera menimang bayi sesaat setelah menikah? Daripada menerka-nerka seperti itu, sebaiknya tidak perlu menyampaikan ini pada pasangan yang sedang mencoba hamil ya, Bu! 

Karena, ada banyak topik seru kekinian yang bisa dibahas bersama teman, kerabat, atau tetangga yang sedang mencoba hamil diluar dari masalah yang sedang mereka hadapi saat ini.

Cara jitu memberikan dukungan untuk pasangan yang sedang mencoba hamil

Nah, setelah mengetahui pertanyaan-pertanyaan yang sebaiknya dihindari bagi pasangan yang sedang mencoba hamil, tentu Ibu bingung bagaimana sih cara jitu untuk memberikan dukungan penuh pada pasangan yang sedang mencoba hamil?

Dilansir melalui laman Northwestern Medicine sebenarnya ada banyak kalimat dukungan yang bisa Ibu katakan pada mereka, berikut adalah contohnya:

  • Memvalidasi perasaan mereka bila ada yang curhat

Cukup validasi apa yang sedang Ibu lain rasakan hanya jika mereka curhat ya. Jadi, Ibu tak perlu menggali apa yang sedang mereka alami karena sebaiknya biarkan mereka yang berbicara sendiri.

Faktanya, sebuah studi mengungkapkan bahwa, wanita yang mengalami masalah kesuburan atau sedang mencoba hamil cenderung tidak berbagi perjuangan mereka dengan keluarga. Bahkan teman terdekatnya seklalipun, sehingga akan meningkatkan perasaan depresi hingga kecemasan berlebih.

Jika ingin mulai memvalidasi apa yang mereka rasakan, Ibu bisa menanyakan hal seperti: “Apa yang bisa saya bantu untuk kamu saat ini?” atau “Bagaimana supaya saya bisa mendukung penuh apa yang sedang kamu perjuangkan?”

  • Hindari memberi pernyataan yang tidak perlu


Penting untuk tidak mengutarakan hal-hal yang tidak perlu, karena mereka tidak membutuhkannya. Namun sebaiknya, jangan melambungkan harapan mereka terlalu tinggi, sebab Ibu tidak tahu pasti apa yang mereka alami.

Memberikan doa adalah hal terbaik bagi mereka yang sedang mencoba hamil. Selebihnya biarlah kuasa Tuhan yang berbicara.

  • Tumbuhkan empati, hindari membicarakan tentang anak

Bagi pasangan yang sedang mencoba hamil, membicarakan tentang anak bukanlah topik yang pas dan bisa jadi menyinggung perasaan mereka. Ada baiknya memilih topik lain yang dirasa lebih nyambung dan masuk dengan pembicaraan bersama.

Upaya memiliki momongan yang bisa terus dicoba kedua pasangan


Mencoba hamil adalah upaya kedua pasangan suami istri yang tak cuma dikaitkan dengan perawatan medis saja. Melansir dari laman Tommys, berikut ini merupakan gaya hidup sehat yang sebaiknya selalu ditingkatkan saat mencoba hamil:

  • Berhenti merokok, karena akan berpengaruh pada ovarium dan sel telur
  • Hindari mengonsumsi alkohol 
  • Jaga asupan kafein di bawah 200 mg sehari
  • Tetap aktif dan berolahraga
  • Menjauhi obat-obatan terlarang
  • Menjaga berat badan tetap ideal
  • Berpikir positif dan kelola stres.

Editor: Aprilia