Konsepsi

Wajib Tahu! Cara Minum Pil KB Untuk Pemula, Bisa Cegah Kehamilan

Wajib Tahu! Cara Minum Pil KB Untuk Pemula, Bisa Cegah Kehamilan

Salah satu cara yang banyak dilakukan para Ibu untuk mencegah kehamilan adalah mengonsumsi pil KB. Tapi, ternyata cara minum pil KB untuk pemula, penting untuk diperhatikan.

Tujuannya supaya lebih efektif dalam mencegah kehamilan. Apalagi ada berbagai jenis pil KB yang beredar di pasaran, meski semua punya tujuan yang sama, nyatanya cara minum pil KB tersebut juga berbeda-beda.

Ada yang harus diminum setiap hari dengan jam minum yang sama, ada pula yang harus diminum setiap hari selama 365 hari alias satu tahun. Kelihatannya memang merepotkan ya, Bu? Sehingga mengetahui cara minum pil KB untuk pemula menjadi penting dilakukan. 

Selain itu, sama seperti penggunaan alat kontrasepsi lainnya konsumsi pil KB juga ternyata punya banyak efek samping, bahkan bisa membuat haid tidak teratur. Jadi, yuk simak cara minum pil KB untuk pemula yang benar dalam ulasan berikut ini!

Manfaat konsumsi pil KB


Kita tahu bahwa pil KB punya manfaat untuk mencegah kehamilan. Tapi, ternyata pil KB punya banyak manfaat lain bagi tubuh kita yang jarang disadari.

Melansir WebMD pil KB bisa membantu membuat wajah lebih glowing dan bersih, mencegah risiko kanker, serta membuat kram perut saat menstruasi jadi lebih ringan. Bahkan pil KB juga bermanfaat melancarkan menstruasi bagi kamu yang punya siklus menstruasi tidak lancar, atau tidak selalu menstruasi tiap bulan.

Berikut ini adalah beberapa manfaat pil KB lainnya yang wajib diketahui:

  • Mencegah anemia: mengonsumsi pil KB dapat menurunkan risiko perdarahan menstruasi berat dengan mencegah ovulasi dan membuat lapisan rahim lebih tipis. Pil KB juga bisa menurunkan risiko anemia defisiensi besi, yang diakibatkan oleh pendarahan hebat
  • Meringankan gejala endometriosis dan mencegah kista ovarium: endometriosis adalah suatu kondisi di mana jaringan yang melapisi rahim tumbuh di luarnya. Pil KB tidak menyembuhkan endometriosis, tetapi dapat membantu mengendalikan rasa sakit saat menstruasi datang
  • Membantu membuat kulit tampak lebih glowing dan membantu menghentikan pembentukan jerawat
  • Membantu meringankan gejala PCOS dan memperbaiki gejala ini dengan menyeimbangkan hormon, menurunkan kadar testosteron, dan mengatur siklus menstruasi
  • Mengurangi kemungkinan terkena kanker ovarium sebanyak 30-50%.

Cara minum pil KB untuk pemula yang tepat


Tahukah Ibu? Ternyata pil KB punya banyak jenis, lho! Semua jenis pil KB ini juga punya cara konsumsi yang berbeda. Cara minum pil KB untuk pemula ini wajib diperhatikan dengan baik, supaya pil KB yang diminum bisa efektif mencegah kehamilan.

Jadi, jangan asal diminum. Sebaiknya perhatikan cara minum pil KB untuk pemula yang tepat berikut ini, yuk!

1. Pil KB kombinasi

Melansir Healthline pil KB kombinasi mengandung hormon estrogen dan progesteron atau disebut progestin dalam bentuk sintetiknya. Hormon estrogen ini berfungsi untuk mengontrol siklus menstruasi.

Sementara, progesteron mempersiapkan rahim untuk kehamilan setelah ovulasi dengan menebalkan endometrium. Tingkat progesteron yang tinggi juga dapat mencegah ovulasi.

Pil KB kombinasi umumnya terdiri dari 21 hari, 28 hari, 91 hari dan 365 hari yang harus diminum setiap hari. Cara minum pil KB kombinasi ini harus dikonsumsi setiap hari dengan catatan:

  • Pil KB 21 hari: cara minum pil KB untuk pemula yang satu ini dapat diminum satu pil tiap hari selama 21 hari atau tiga minggu berturut-turut. Tapi tidak perlu dikonsumsi pada waktu yang sama setiap harinya
  • Pil KB 28 hari: cara minum pil KB untuk pemula ini diminum setiap hari. Di hari terakhir, biasanya dokter akan menyisipkan pil kosong yang tidak mengandung hormon plasebo untuk diminum
  • Pil KB 91 hari: cara minum pil KB untuk pemula ini hampir sama dengan KB 28 hari. Namun, harus dikonsumsi secara teratur di waktu yang sama setiap hari
  • Pil KB 365: cara minum pil KB untuk pemula ini dilakukan selama 12 bulan dan harus dikonsumso satu pil pada waktu yang sama setiap hari. Efeknya, mungkin membuat Ibu jadi tidak mens sama sekali.

2. Pil KB microgynon

Sebenarnya jika melansir National Health Service (NHS) pil KB microgynon masuk ke dalam jenis pil KB monophastic yang dikonsumsi selama 21 hari. Cara minum pil KB microgynon untuk pemula sebenarnya cukup mudah.

Cukup dikonsumsi setiap hari selama 21 hari, dengan waktu yang sama. Kemudian, Ibu disarankan untuk tidak konsumsi pil KB lagi selama 7 hari ke depan.

3. Pil KB Andalan laktasi

Cara minum pil KB Andalan Laktasi untuk pemula juga cukup mudah. Pil KB ini sebenarnya masuk ke dalam jenis every day pills (ED) yang dikonsumsi selama 28 hari.

Pil KB Andalan Laktasi merupakan alat kontrasepsi oral yang mengandung linestrol, derivat progestin yang merupakan progesteron sintetis (buatan) untuk membantu siklus ovulasi. Alat kontrasepsi ini dapat dikonsumsi oleh Ibu menyusui dan tidak akan mengganggu produksi dan kualitas ASI.

Cara minum pil KB Andalan Laktasi untuk pemula sebaiknya dilakukan pada hari pertama sampai hari ke-5 siklus haid. Disarankan jangan melakukan hubungan seksual selama 2 hari atau menggunakan kontrasepsi lain untuk 2 hari saja. Penting untuk mengonsumsi pil KB Andalan Laktasi ini secara teratur, pada waktu yang sama setiap harinya.

4. Pil KB Andalan

Cara minum pil KB Andalan untuk pemula sebaiknya dimulai pada hari pertama siklus menstruasi. Ibu juga wajib memperhatikan lingkaran kuning yang tertera pada kemasan.

Mulailah di bagian lingkaran kuning sesuai dengan hari pertama menstruasi. Kemudian, baru lanjutkan dengan mengikuti panah pada kemasan.

Disarankan untuk mengonsumsi pil KB Andalan di jam yang sama setiap harinya agar tidak terlupa. Nah, kalau sudah lebih dari 12 jam dari jadwal seharusnya, abaikan saja dosis yang terlupa. Sebaiknya jangan konsumsi 2 tablet sekaligus alih-alih mengejar pil yang terlupa tersebut ya, Bu!