Rekomendasi

5 Rekomendasi Merk Minyak Ikan Untuk Ibu Hamil

5 Rekomendasi Merk Minyak Ikan Untuk Ibu Hamil

Hamil merupakan masa yang paling membahagikan bagi setiap ibu. Selama hamil, tiap Ibu juga berusaha memenuhi kebutuhan nutrisi untuk tubuhnya dan janin agar tetap sehat hingga masa melahirkan nanti.

Salah satu yang biasa di konsumsi oleh Ibu hamil adalah minyak ikan. Namun dilansir dari Baby Center Ibu hamil perlu berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter boleh atau tidaknya mengonsumsi minyak ikan.

Minyak ikan sendiri merupakan suplemen yang terbuat dari ekstrak dari beberapa bagian tubuh ikan yang mengandung asam lemak omega 3. Manfaat minyak ikan untuk Ibu hamil adalah untuk membantu perkembangan otak dan mata janin. Dalam jangka panjang, omega-3 juga dapat membantu melindungi janin dari bahaya penyakit jantung.

Selain itu Ibu hamil yang mengonsumsi asam lemak omega-3 dalam minyak ikan memiliki risiko lebih kecil melahirkan bayi dengan berat badan rendah dan melahirkan secara prematur. Tapi kembali lagi, hal ini masih diperlukan penelitian lebih lanjut. Untuk itu, buat Ibu hamil yang sedang berencana mengonsumsi minyak ikan berikut adalah rekomendasi minyak ikan untuk Ibu hamil yang bisa dicoba di rumah:

1. Omega Squa Plus

Photo source: K-link Indonesia

Minyak ikan harga ekonomis ini hadir dengan manfaat kandungan omega 3 dari DHA dan EPA. Kandungan tersebut mampu mencegah terjadinya penggumpalan darah serta membantu pembentukan membran sel otak.

Selain itu, minyak ikan Omega Squa Plus ini juga ada kandungan squalane yang mampu meningkatkan suplai oksigen di dalam tubuh. Suplai oksigen ini tentu sangat penting untuk janin di dalam kandungan. Harga minyak ikan untuk Ibu hamil ini dibanderol sekitar Rp50.000-Rp250.000.

2. Healthy Care Fish Oil

Photo source: Tokopedia

Salah satu rekomendasi minyak ikan untuk ibu hamil yakni Healthy Care Fish Oil. Minyak ikan yang satu ini juga memiliki kandungan EPH dan juga DHA yang penting untuk proses pembentukan dan juga perkembangan otak janin. Healthy Care Fish Oil adalah salah satu minyak ikan untuk Ibu hamil di apotek yang mudah di dapatkan dengan harga kisaran Rp200.000 - Rp400.000.

3. Blackmores Pregnancy and Breastfeeding Gold

Photo source: Orami

Minyak ikan Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold adalah suplemen yang mengandung 17 nutrisi esensial untuk membantu memenuhi nutrisi Ibu hamil dan janin. Keunggulan produk minyak ikan Blackmores untuk Ibu hamil dari produk lainnya adalah, mengandung 8 fitonutrien untuk menjaga tubuh ibu tetap sehat. Seperti, asam folat, vitamin c, kalsium, zinc, karbohidrat, riboflavin, omega 3 dan zat besi.

Selain itu minyak ikan Blackmores untuk Ibu hamil juga dapat melancarkan sirkulasi darah, meningkatkan dan mempersiapkan ASI serta membantu menjaga perkembangan otak janin.

Salah satu vitamin Blackmores untuk ibu hamil adalah Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold. Harga minyak ikan untuk Ibu hamil yang satu ini sekitar Rp 500.000 untuk 180 kaplet.

4. Nordic Natural Prenatal

Photo source: Bukalapak

Produk minyak ikan untuk Ibu hamil yang satu ini memiliki keunggulan karena dapat membantu pembentukan sistem saraf pusat dan juga mata janin. Tak hanya itu, produk ini juga dilengkapi dengan Vitamin D yang sangat baik untuk mengatur kadar kalsium dan juga folat yang ada di dalam tubuh Ibu hamil.

Vitamin D pada Nordic Natural Prenatal juga dapat membantu menjaga kekuatan tulang pada Ibu hamil. Apalagi selama hamil, kadar kalsium dan zat besi Ibu akan dibagi dua bersama janin. Nah, kalau sudah mengonsumsi minyak ikan ini biasanya Ibu hamil juga tidak perlu mengonsumsi vitamin D lainnya karena sudah terdapat di dalam produk ini. Untuk harga sendiri berkisar antara Rp400.000 - Rp700.000.

5. Sea Quill Omega 3 Salmon

Photo source: Favo.id

Sea Quill Omega 3 Salmon adalah produk minyak ikan untuk Ibu hamil yang dibuat dari ekstrak ikan salmon segar dan juga berkualitas. Ikan salmon tersebut diolah dengan memakai teknologi fractionated diatillation sehingga mampu membuang kadar kolesterol yang ada di dalam darah.

Kapsul dari minyak ikan yang satu ini memiliki tekstur softgel yang mudah di telan. Manfaat yang bisa Ibu rasakan yakni mengurangi risiko penyakit jantung, dapat mengurangi kadar kolesterol jahat, dan mampu memperlancar peredaran darah. Harga minyak ikan untuk Ibu hamil ini dibanderol sekitar Rp180.000 - Rp600.000.

Selain mengonsumsi minyak ikan, Ibu hamil juga bisa mengonsumsi tambahan makanan yang memiliki kandungan minyak ikan dari produk hewani seperti salmon, trout, tuna segar, kiper, teri, sarden pilchards, herring dan ikan teri.

Di samping itu, kepiting dan udang juga mengandung lemak omega-3 yang aman dikonsumsi oleh Ibu hamil. Selain itu, ikan putih, seperti cod dan haddock juga mengandung omega 3, namun dalam jumlah yang lebih rendah.

Akan tetapi jika Ibu kurang suka konsumsi ikan alami, suplemen minyak ikan bisa menjadi solusi. Jangan lupa pastikan suplemennya cocok untuk ibu hamil!

Hindari suplemen dosis tinggi dan periksa berapa banyak kadar DHA dan EPA yang dikandungnya. Lebih aman lagi, pastikan suplemen yang Ibu konsumsi sudah mendapat persetujuan dari dokter ya.

Penulis: Aprilia Ramdani
Editor: Dwi Ratih