Rekomendasi

7 Tempat Les Calistung Anak TK, Untuk Persiapan Masuk SD

7 Tempat Les Calistung Anak TK, Untuk Persiapan Masuk SD

Kalau sedang di jalan, anak Ibumin yang berusia 5 tahun, gemar sekali membaca beragam tulisan. Walaupun masih sering salah membaca tulisan, namun yang terpenting ia sudah mulai tertarik untuk membaca.

Buat Ibu yang juga punya pengalaman yang sama seperti Ibumin, pasti sudah mulai berpikir untuk mengikuti anaknya les calistung. Yes! Baca, tulis dan berhitung atau calistung jadi modal dasar utama yang paling penting dalam pendidikan anak.

Meski tes calistung sudah dihapuskan sebagai syarat anak masuk SD, tapi nggak ada salahnya mengajak anak berpartisipasi dalam les calistung untuk mengasah kemampuannya, bukan? Terlebih saat ini, ada banyak sekali tempat les calistung untuk anak TK dengan metode pembelajaran sederhana, yang mudah dimengerti oleh anak.

Bahkan, ada juga tempat les calistung yang menggunakan metode fun learing sambil bernyanyi, sehingga membuat anak lebih tertarik untuk belajar. Berikut adalah tempat les calistung Paud atau TK yang paling Ibumin rekomendasikan.

Kenapa calistung itu penting bagi anak?

Orang tua mana yang nggak mau punya anak yang pintar dan cerdas? Sudah pasti jawabannya semua tentu ingin ya Bu. Sayangnya, nggak semua orang tua punya waktu untuk mengajarkan anak semua mata pelajaran saat hendak masuk sekolah dasar, termasuk baca, tulis dan berhitung.

Dikutip dari Early Childhood ketrampilan calistung ini, dapat membantu anak untuk lebih siap menuju tingkat pendidikan yang lebih tinggi. Sehingga ia juga lebih siap dalam menerima materi pembelajaran yang lebih kompleks

Les calistung juga bisa membantu mengasah kemampuan motorik anak, terutama pada tangannya untuk berhitung maupun menulis. Les calistung juga bisa membantu mengasah kemampuan berpikir anak, serta mengasah kreativitas dan memori anak agar bisa berkembang lebih optimal lagi.

Sehingga, saat masuk ke tahap pendidikan yang lebih tinggi ia sudah lebih siap. Ada beragam tempat les calistung yang saat ini ada di Indonesia, dan kebanyakan dikemas dengan metode fun learing dengan tujuan membuat proses belajar jadi lebih menyenangkan.

Rekomendasi tempat les calistung dan biayanya

1. biMBA AIUEO


Photo source: Business Call to Action

biMBA AIUEO adalah tempat les calistung pertama yang Ibumin rekomendasikan untuk si kecil di rumah. biMBA AIUEO memiliki metode dasar pembelajaran anak fun learning, dengan tujuan untuk membangun karakter anak agar lebih suka belajar sesuatu. 

Uniknya, tempat les calistung ini lebih fokus untuk proses belajar dan bukan hasil semata. Tempat les calistung biMBA ini juga sudah tersebar di berbagai daerah di Indonesia, dengan biaya pendaftaran sebesar Rp 250.000 dan SPP bulanan sekitar Rp 400.000.

Menariknya lagi, tiap unit cabang punya biaya yang berbeda. Tapi yang pasti terkadang setiap bulan mereka rutin mengadakan beragam promosi menarik, berupa free biaya pendaftaran.

2. Kumon 

Photo source: Kumon Global

Kumon juga menjadi tempat les calistung yang cukup diandalkan oleh banyak orang tua. Kumon merupakan lembaga kursus untuk anak, dengan tujuan untuk membantu anak memahami mata pelajaran sekolah.

Kumon juga punya visi khusus untuk menggali potensi diri dari para siswa semaksimal mungkin, agar lebih siap melangkah ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Kumon sendiri, didirikan pertama kali oleh Toru Kumon di Osaka, Jepang pada tahun 1954.

Hingga saat ini Kumon sudah memiliki cabang di lebih dari 60 negara, termasuk Indonesia. Sementara itu, untuk biaya les calistung Kumon anak TK berkisar:

  • Biaya pendaftaran: Rp 300.000
  • Biaya kursus bulanan untuk pra-sekolah: Rp 500.000

Namun kenaikan harga ini biasanya akan disesuaikan tiap tahun, dan mungkin saja di tiap daerah berbeda-beda ya Bu.

3. Fun and Smart Education Center


Photo source: smart-educ.com

Fun and Smart Education Center juga merupakan tempat les calistung yang memiliki metode dasar pembelajaran Fun & Smart dengan fasilitas lengkap. Agar si kecil lebih yakin untuk ikut kelas calistung, tempat bimbel yang satu ini juga memberikan kesempatan untuk anak untuk trial secara gratis.

Untuk lokasi dari tempat les calistung ini terletak di daerah Kemayoran Jakarta Pusat, dengan biaya les calistung sebesar Rp 400.000-an.

4. Bimjar Alnabil 

Photo source: Inilah Kuningan

Bimjar Alnabil juga menjadi rekomendasi tempat les calistung ternaik dan cukup interaktif. Karena, tempat les calistung ini berbasis multimedia, dengan tujuan merangsang dan mendukung anak dalam hal minat belajar membaca, menulis, dan menghitung.

Bimjar Alnabil juga memiliki ruang dan sarana belajar yang modern, dengan guru pengajar yang cukup sabar dan berpengalaman. Bimjar Alnabil berbasis di Kuningan, Jawa Barat dengan metode belajar tatap muka 3 kali seminggu (durasi pertemuan 1,5 jam).

5. Sahabat Education 

Photo source: Sahabateducation.com

Sahabat Education juga menjadi salah satu tempat les calistung pilihan Ibumin. Terutama saat pandemi berlangsung beberapa tahun lalu.

Sebab, Sahabat Education menyediakan metode pembelajaran private yang bisa datang ke rumah untuk wilayah Jabodetabek. Semua guru pengajar do Sahabat Education sudah dipastikan sangat berpengalaman, dan Sahabat Education juga merupakan bagian dari Ikatan Pemilik Lembaga Privat Indonesia.

Konsepnya belajar dari tempat les calistung ini kurang lebih juga menerapkan kurikulum yang sama seperti yang diterapkan di sekolah pada umumnya. Sehingga, anak juga lebih bisa mengikuti dengan mudah.

6. Edumaster Private

Photo source: Instagram @edumaster.id

Edumaster Private adalah salah satu tempat les calistung yang bertujuan meningkatkan kemampuan anak usia dini, terutama dalam hal membaca, menulis dan berhitung. Metode belajarnya disusun sedemikian rupa oleh guru berpengalaman dengan suasana yang menyenangkan.

Untuk materi kurikulumnya sendiri, menggunakan Kurikulum International (Phonics, Reading, Spelling, Counting). Selain menyediakan tempat les calistung untuk anak TK atau Paud, Edumaster Private juga menyediakan tempat les mata pelajaran tingkat SD, SMP dan SMA.

7. Haya Private Course 

Photo source: Instagram @haya_privatecourse

Haya Private Course menjadi salah satu tempat les calistung yang bisa dimulai untuk anak usia 3-6 tahun. Les calistung Haya Private Course bahkan sudah dilengkapi dengan rencana pembelajaran terpadu.

Para siswanya juga akan dibekali dengan modul pembelajaran yang disesuaikan dengan usia pra-calistung (3-4 tahun) dan calistung (5-6 tahun). Orang tua juga bisa memilih program les calistung baik secara offline maupun online.

Nggak perlu khawatir, sebab Haya Private juga menyediakan guru-guru berpengalaman dan bersetifikasi khusus yang dapat membantu anak belajar dengan lebih mudah.