Rekomendasi

9 Rekomendasi Butter Untuk MPASI, Sebagai Lemak Tambahan Untuk Si Kecil

9 Rekomendasi Butter Untuk MPASI, Sebagai Lemak Tambahan Untuk Si Kecil

Saat memulaI MPASI pertama, salah satu hal yang wajib diperhatikan Ibu adalah, memilih lemak tambahan yang tepat untuk si kecil. Yup! Lemak tambahan jadi salah satu kunci sukses MPASI pertama anti sembelit.

Sehingga perannya sangatlah penting dan wajib ditambahkan ke dalam menu makan harian si kecil. Salah satu sumber lemak tambahan yang sering diberikan oleh Ibu adalah, butter untuk MPASI.

Di pasaran, terdapat berbagai macam rekomendasi butter untuk MPASI yang banyak tersedia. Namun, saking banyaknya justru bikin Ibu jadi bingung memilih mana saja merk butter untuk MPASI yang tepat diberikan untuk si kecil.

Sebab, secara komposisi dan rasa sekilas mungkin nggak ada bedanya. Agar nggak bingung memilih, berikut rekomendasi butter untuk MPASI untuk bantu penuhi kebutuhan lemak tambahan si kecil.

Apakah butter untuk MPASI aman buat si kecil?

Mengutip Solid Starts jawabannya adalah jelas sangat aman ya Bu. Butter atau mentega mengandung vitamin A untuk yang baik untuk penglihatan, kulit, dan kekebalan tubuh bayi.

Selain itu, butter untuk MPASI juga mengandung vitamin E, yang juga dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan otak bayi. Butter untuk MPASI juga mengandung lemak jenuh, yang merupakan salah satu jenis lemak paling banyak dalam ASI.

Kehadiran lemak jenuh dalam MPASI, berperan sebagai bagian dari pola makan seimbang, dan bermanfaat untuk menunjang kesehatan jantung bayi. Salah satu tips memilih merk butter untuk MPASI adalah, sebaiknya carilah butter untuk MPASI dengan sedikit bahan tambahan pada labelnya.

Hindari memilih butter yang mengandung lemak trans. Selain itu, pilihlah unsalted butter untuk MPASI yang tidak mengandung garam tambahan.

Rekomendasi unsalted butter untuk MPASI

1. Anchor


Anchor adalah merek unsalted butter yang cukup terkenal. Bisa Ibumin katakan, ini merupakan merk butter untuk MPASI yang cukup populer dan paling banyak digunakan, oleh para Ibu di Indonesia.

Apalagi butter untuk MPASI yang satu ini tersedia dalam porsi satuan (15 gram). Sehingga, makin memudahkan Ibu untuk menakar kebutuhan butter untuk MPASI.

Anchor unsalted butter memberikan rasa umami dan creamy pada MPASI anak. Rasa creamy yang dihasilkan, ternyata juga bisa membantu menambah nafsu makan anak, lho! 

Shopee 

Tokopedia

2. Lurpak


Lurpak jyga merupakan merk unsalted butter untuk MPASI yang cukup banyak diminati oleh para Ibu. Sama seperti Anchor, merk butter untuk MPASI yang satu ini juga tersedia dalam kemasan porsian.

Produk ini juga nggak mengandung bahan pengawet, termasuk garam tambahan. Kandungan lemak murninya, dapat mengeluarkan rasa umami alami pada masakan. Sehingga, makin menambah selera makan si kecil. 

Shopee 

Tokopedia

3. Arla


Produk yang satu ini terbuat dari 100% susu dan krim asal Inggris. Arla unsalted butter untuk MPASI juga populer untuk dijadikan bahan membuat kue.

Teksturnya yang creamy, membuat Arla cocok untuk tambahan lemak dalam makanan si kecil. Di beberapa supermarket besar, Arla unsalted butter juga tersedia dalam kemasan porsian sebesar 15 gram.

Shopee

Tokopedia

4. Elle & Vire


Elle & Vire bisa dikatakan merupakan rekomendasi butter untuk MPASI yang dibuat dengan proses pasteurisasi. Ini merupakan proses pemanasan untuk membunuh organisme merugikan seperti bakteri maupun protozoa.

Rasa gurih alaminya, sangat cocok dijadikan lemak tambahan untuk MPASI. Tapi, Ibumin juga paling suka menambahkan butter ini untuk dioleskan ke selembar roti panggang. Cobain deh, Bu! 

Shopee 

Tokopedia

5. Ghee BeOrganic Grass Fed Clarified Butter


Ini merupakan salah satu produk butter untuk MPASI organic yang berbentuk solid. Bahkan butter untuk MPASI yang satu ini, nggak perlu disimpan di dalam kulkas, lho!

Butter untuk MPASI ini terbuat dari bahan baku yang berasal dari New Zealand. Konon juga susu untuk membuat butter ini terbuat dari sapi-sapi yang hanya mengonsumsi rumput organik sepanjang tahun. Bikin susu yang dihasilkan jadi lebih berkualitas dan kaya rasa umami alami.  

Shopee

Tokopedia

6. St. Auvent


St Auvent merupakan salah satu produk butter untuk MPASI premium dari Belgia. Namun, St. Auvent nggak terbuat dari 100% lemak hewani ya, Bu.

Produk ini juga mengandung lemak nabati sabanyak 78%. Sehingga, bisa dikatakan produk St. Avent hanya memiliki aroma khas butter untuk menggungah selera makan, namun tetap memiliki rasa yang gurih.

Shopee

Tokopedia

7. Orchid Unsalted Butter


Orchid unsalted butter merupakan merk butter untuk MPASI produksi lokal dengan kualitas tinggi. Diproduksi oleh Indofood, Orchid hadir untuk memenuhi kebutuhan lemak untuk MPASI bayi.

Diperkaya dengan berbagai macam vitamin seperti vitamin A dan E. Selain untuk MPASI, rasa dan tekstur dari unsalted butter dari Orchid juga sering digunakan untuk membuat kue.

Shopee

Tokopedia  

8. Paysan Breton Beurre Doux Unsalted butter


Paysan Breton merupakan brand unsalted butter premium dari Perancis. Butter ini juga nggak mengandung bahan tambahan layaknya pengawet, pewarna maupun perasa.

Butter untuk MPASI ini cocok digunakan sebagai lemak tambahan si kecil, karena memiliki tekstur yang creamy. Sehingga membuat masakan menjadi gurih. 

Shopee 

Tokopedia

9. Bridel Unsalted Butter


Rekomendasi butter untuk MPASI yang terakhir adalah dari merk Bridel. Produk ini sendiri merupakan produsen produk susu (dairy), seperti keju, yang sudah berdiri sejak 1846.

Teksturnya lembut dengan aromanya butter yang cukup kuat, bikin butter untuk MPASI yang satu ini cukup banyak jadi pilihan para Ibu. Kamu sudah pernah coba butter yang satu ini?

Shopee

Tokopedia