Rekomendasi

Air Tanah Jadi Layak Minum, Dengan 7 Rekomendasi Water Purifier Terbaik Ini

Air Tanah Jadi Layak Minum, Dengan 7 Rekomendasi Water Purifier Terbaik Ini

Meskipun di rumah Ibumin saat ini sudah menggunakan air galon isi ulang, namun terkadang Ibumin masih tetap memerlukan air tanah untuk sekadar mencuci sayur/buah. Sayangnya, kualitas air di rumah Ibumin sebenarnya kurang layak dikonsumsi.

Sehingga, belakangan bikin Ibumin jadi kepikiran ingin menggunakan water purifier. Alat ini, memiliki fungsi yang cukup krusial di zaman sekarang.

Mengingat saat ini, menurut penelitian dari Balai Konservasi Air Tanah yang dilakukan Kementerian ESDM pada tahun 2015 yang lalu menunjukkan bahwa, air tanah di cekungan air tanah (CAT) di wilayah Jabodetabek, cenderung termasuk dalam kondisi kritis. Dengan kata lain, sebagian besar air tanah, baik di akuifer bebas maupun akuifer tertekan, sudah tidak memenuhi standar kualitas air minum yang disyaratkan pemerintah.

Nggak heran, saat ini water purifier seolah sudah menjadi alat yang cukup diandalkan. Agar keluarga tetap bisa menikmati kualitas air yang layak minum.

Mengenal apa itu water purifier


Dahulu, water purifier mungkin lebih dikenal dengan sebuah alat filter air yang berguna menyaring air menjadi lebih bersih. Namun, jika mengutip dari My Decorative sejatinya, seiring dengan perkembangan zaman, sistem filter air ini juga telah dilengkapi dengan teknologi mutakhir.

Sehingga membuat kualitas air yang dihasilkan dari proses penyaringan, menjadi lebih bersih, tidak berwarna dan juga tidak berbau. Bahkan, berkat perkembangan teknologi tersebut, membuat water purifier bisa menyaring aneka patogen, merkuri, timbal dan juga zat klorin.

Hebatnya lagi, kemampuan alat ini pun bisa membuat rasa air menjadi lebih lebih baik. Nah, untuk itu berikut adalah manfaat lain dari penggunaan water purifier untuk kebutuhan rumah tangga:

  • Hebat biaya dan ramah lingkungan, sebab kecanggihan water purifier membuat kita nggak perlu membeli air botol plastik
  • Memiliki watt yang rendah
  • Filter hanya perlu diganti selama beberapa tahun
  • Kualitas air terasa lebih segar, layaknya mengonsumsi air minum kemasan
  • Pastinya juga lebih sehat, karena water purifier tidak menyaring nutrisi penting yang ada pada air tanah layaknya, flouride, kalsium, seng dan magnesium.

Rekomendasi water purifier terbaik

1. Panasonic Water Purifier TK-CS10


Rekomendasi water purifier yang pertama berasal dari merek Panasonic jenis TK-CS10. Water purifier ini cenderung memiliki bentuk yang kecil, namun ringkas dan mudah di bawa kemanapun.

Walau ukurannya kecil, water purifier ini sudah dilengkapi dengan filter karbon aktif yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri. Nggak hanya itu, water purifier ini bahkan juga bisa menghilangkan bau dan rasa tidak sedap pada air tanah yang hendak kita minum, lho!

Ukurannya yang kecil, tetap mampu menyaring hingga 6,5 liter air per menit. Wah, kecil-kecil cabai rawit nih! Harga water purifier yang satu ini cuma Rp 1.3 juta-an, lho!

Tokopedia

Shopee

2. Water Purifier Modena RO 8115 Dispenser


Modena telah dikenal lama memiliki beragam kebutuhan rumah tangga, yang menjadi andalan keluarga. Nggak hanya unggul dalam hal perdapuran, Modena ternyata juga menyediakan produk kombinasi water purifier dan dispenser dengan desain premium.

Water purifier Modena, juga sudah dilengkapi dengan teknologi reverse osmosis (RO), yang merupakan jenis penyaring air berbentuk dispenser. Konon teknologi ini dapat menghilangkan sedimen tanah, klorin, dan mikroorganisme berbahaya dalam air tanah, lho!

Layaknya dispenser pada umumnya, water purifier dari Modena ini juga sudah dilengkapi dengan fitur lain, seperti pengaturan air panas dan dingin. Terdapat pula indikator penggantian filter, dan kontrol sentuh yang memudahkan Ibu untuk mengetahui kapan waktunya mengganti filter.

Tokopedia

Shopee

3. Pureit Water Purifier CU3040


Bicara soal water purifier, Ibu pasti akrab dengan merk yang satu ini, bukan? Pureit Water Purifier CU3040 adalah salah satu dari berbagai jenis water purifier yang dimiliki oleh Pureit.

Filter air yang satu ini, sangat praktis digunakan, karena nggak perlu mengebor atau menyambungkan pipa. Bahkan, water purifier ini punya dua tipe saringan, yakni filter ultrafiltrasi dan filter karbon aktif.

Pada intinya, keduanya dapat menghilangkan zat berbahaya dalam air, termasuk zat karbon berbahaya. Untuk harga water purifier yang satu ini adalah kisaran Rp 1.7 juta-an.

Shopee

4. Advance Water Purifier Reverse Osmosis Allegro C1


Advance Reverse Osmosis Allegro C1 merupakan salah satu water purifier terbaik berbentuk dispenser non-galon. Alat ini bahkan juga bisa menampung air sebanyak 10 liter per hari, lho!

Desain dari produk ini juga cenderung lebih modern dan elegan. Sehingga, nggak masalah jika terlihat menonjol jika diletakkan di sudut rumah.

Advance Reverse Osmosis Allegro C1 juga sudah dilengkapi dengan air panas dan air dingin layaknya dispenser biasa. Tapi, yang menarik adalah, water purifier ini dilengkapi dengan sistem Hot Water Safety Device dan ECO mode system untuk menghemat penggunaan daya.

Terdapat pula Replace Fauget Guard untuk melindungi keran dari pertumbuhan bakteri. Tertarik untuk memilikinya?

Shopee 

5. Xiaomi Smart Water Purifier 


Xiaomi tak henti-hentinya selalu berinovasi memenuhi semua kebutuhan rumah tangga. Kali ini, Xiaomi mengeluarkan produk water purifier dengan mesin filtrasi tinggi RO reverse osmosis, yang sudah dilengkapi dengan kerapatan hingga 0,0001 mikron untuk membuat air menjadi bersih, jernih, dan aman untuk langsung dikonsumsi.

Xiaomi 1A Smart Water Purifier juga memiliki desain modern yang futuristik. Nggak heran, water purifier yang satu ini, bisa jadi salah satu alat yang dapat menghias isi rumah.

Shopee

6. Water Purifier Coway Neo Plus


Water purifier Coway mulai banyak dilirik oleh publik nih. Terutama jenis Coway Water Purifier Neo Plus, yang menjadi salah satu produk unggulan.

Alat penyaring air bersih ini, telah dibekali fitur empat tahap Reverse Osmosis (RO) Filtration system, yakni Plus Neo-Sense Filter, RO Membrane Filter, Plus Inno-Sense Filter, dan Anti Bacteria Filter. Kalau Ibu sedang mencari water purifier yang hemat listrik, nggak perlu khawatir karena produk dari Coway ini (maksimal) hanya menarik daya listrik sebesar 300 watt saja.

Terdapat pula fitur Eco Mode yang juga hadir dengan sensor cahaya dan bisa mendeteksi waktu siang dan malam hari. Produk pemurni air ini juga telah dilengkapi dengan fitur safety lock, serta dilengkapi pilihan air panas dan dingin.

Tokopedia 

Shopee

7. Water Purifier Philips On Tap AWP3703


Water purifier dari Phillips On Tap ini, terbilang cukup unik. Sebab, alat ini memiliki fitur penyaring ganda yang bisa menyaring air untuk minum dan mencuci piring.

Terdapat tombol putaran, yang membuat Ibu dapat dengan mudah memilih air yang dikehendaki mau disaring atau nggak. Air tanah yang disaring dirancang untuk minum dan memasak, sedangkan air pancuran tanpa filter cocok untuk mencuci piring dan keperluan rumah tangga lainnya.

Terdapat pengingat untuk mengetahui kapan perlu mengganti filter. Dilengkapi pula dengan fitur X-Guard yang dapat mengurangi hingga 99% klorin dan zat berbahaya lainnya.

Tokopedia

Shopee