Rekomendasi

Asah Kreativitas Anak, Yuk Ikutan Kelas Art And Craft!

Asah Kreativitas Anak, Yuk Ikutan Kelas Art And Craft!

Tahukah Ibu? Ternyata libur akhir pekan, menjadi hari yang cukup dinanti oleh si kecil, lho! Biasanya, di hari tersebut orang tua juga akan libur bekerja, sehingga punya waktu khusus untuk mengajak si kecil bermain sepuasnya.

Tapi, belakangan ini, si kecil mulai tampak bosan nih. Apalagi jika mereka lebih sering pergi ke playground, atau mall saat akhir pekan tiba.

Nah, biar akhir pekan nggak datang ke tempat yang itu-itu saja, nggak ada salahnya sesekali ajak si kecil bermain dalam kelas art and craft yuk! Kelas art and craft ini, sedikit banyak juga dapat membantu mengasah kreativitas anak, terutama dalam hal kesenian.

Nggak perlu khawatir, karena saat ini sudah banyak sekali kursus art and craft untuk anak yang tersedia di Jakarta. Kelas art and craft yang ditawarkan juga beragam, seperti kelas melukis, macrame, acrylic painting dan pottery.

Manfaat mengikuti kelas art and craft


Mengikuti kursus art and craft untuk anak, risikonya mungkin akan berantakan. Tapi nyatanya, mengikuti kelas art and craft ada manfaatnya buat perkembangan motorik si kecil, lho!

Dikutip dari ABC Net dengan mengikuti kelas art and craft dapat mengasah kemampuan komunikasi, pendengaran, perhatian, dan imajinasi. Kegiatan-kegiatan ini dapat meningkatkan kesehatan mental pada anak-anak usia prasekolah, meliputi:

  • Keterampilan motorik halus
  • Meningkatkan koordinasi mata dan tangan anak
  • Membangun ketangkasan
  • Bantu anak mengenal bentuk, warna dan tekstur
  • Mengasah kreativitas anak, kelas art and craft bertujuan untuk mendorong anak-anak bermain dan bereksperimen di lingkungan yang menyenangkan dan santai.

Rekomendasi kelas art and craft buat si kecil


1. Tanakita Ceramics 

Alamat: Tanjung Duren, Jakarta Barat

Aktivitas: Pottery Workshop

Membuat barang dan hiasan dari tanah liat juga bisa jadi kegiatan yang mengasah motorik si kecil, lho! Nah, kegiatan ini bisa dilakukan di Tanakita Ceramics.

Di sini, si kecil akan belajar membuat tanah liat menjadi peralatan makan seperti piring, gelas, asbak, atau pajangan lainnya. Selain melatih jiwa estetika si kecil, membuat keramik bisa digunakan untuk melatih kesabaran.

Selain bisa belajar menggunakan peralatan membuat keramik, di kelasa art and craft Tanakita, Ibu juga bisa membawa pulang hasil karya si kecil tersebut untuk di pajang ataupun digunakan di rumah.

2. Nii Living

Alamat: Jakarta Barat

Aktivitas: Pottery Class

Di Indonesia sendiri, pottery cukup diminati oleh sejumlah kalangan. Tak hanya bagi orang dewasa, namun juga anak-anak.

Kelas art and craft untuk anak di Nii Living juga jadi salah satu yang sering dikunjungi. Nii Living sendiri, merupakan sebuah workshop yang bermula dari produksi produk sebelum akhirnya sang pemiliki membuat kelas pottery. 

Tempat ini dibangun dari hobi pribadi sang pemilik, yang mulanya hanya ingin mengembangkan skill di bidang pottery. Nii Living menyediakan beragam kelas tabbleware untuk anak di akhir pekat dan private class di hari Senin-Jumat.

3. Ceramica Studio

Alamat: Tebet, Jakarta Selatan

Aktivitas: Pottery, Hancrafted Ceramic Workshop

Ceramica Studio juga jadi salah satu rekomendasi kelas art and craft untuk anak yang lokasinya berada di tengah kota Jakarta. Di kelas art and craft Ceramica Studio, si kecil akan diajarkan secara langsung bagaimana membuat pottery yang benar.

Para pengajarnya juga sangat sabar dan telaten dalam mengajarkan ilmu ini pada si kecil. Sehingga, kamu bisa menjadikan studio pottery ini sebagai salah satu pilihan dalam membantu mengasah kreativitas anak.

4. Kandura Studio 

Alamat: Jl. Bangka, Jakarta Selatan

Aktivitas: Pottery, Clay Toys Sculpting

Kandura Studio merupakan studio yang memproduksi keramik sejak tahun 2005. Tempat ini juga dikenal mengeluarkan banyak produk tableware yang dibuat dengan sentuhan modern. 

Selain punya produksi keramik sendiri, Kandura Studio juga membuka beragam kelas pottery dan clay untuk pemula, lho! Termasuk kelas art and craft untuk anak-anak, mulai dari kelas offline hingga online. 

Biaya yang ditawarkan untuk belajar pottery di studio ini berkisar antara Rp 200-600 ribu-an. Tertarik mengajak anak belajar di studio ini?

5. Made By MY

Alamat: Pluit, Jakarta Utara

Aktivitas: Pottery Class Studio

Saat ini, kelas art and craft di Jakarta juga sudah banyak menyebar tak hanya di tengah kota saja, lho! Nah, salah satu yang kelas art and craft di Jakarta Utara ini juga menawarkan kelas pottery untuk anak dan dewasa.

Di studio ini juga terdapat banyak kelas art and craft yang dapat kita pilih seperti kelas ceramic, pottery dan trippiy illustration. Mampir ke studio yang satu ini, yuk!

6. F. Widayanto Gallery

Alamat: Kuningan, Jakarta Selatan

Aktivitas: Pottery Class & Ceramic Tour

Gallery yang awalnya merupakan rumah orangtua F. Widayanto ini, menyediakan banyak kelas art and craft untuk anak yang cukup menarik. Nggak hanya mengajarkan tentang cara membuat pottery atau clay, di tempat ini anak juga akan diajarkan teknik dasar dengan berbagai teknik.

Selain anak, orang tua pun juga bisa ikut belajar di kelas art and craft ini, lho! Untuk mengikuti kelas art and craft di studio ini, kamu cukup merogoh kocek mulai dari Rp 145 ribu-an saja.  

7. Ganara Art Space

Alamat: Rumah Wijaya, PIK, Plaza Indonesia

Aktivitas: Pottery Wheel Class, Painting in Fabric, Acrylic Painting Class

Ganara Art Space adalah salah satu gallery yang rutin membuka kelas art and craft untuk anak, mulai dari usia batita hingga remaja. Ada kelas Early Art Sensory Class, Art Playdate dengan gabungan kegiatan memasak, Advanced Figure Painting Class, hingga melukis dan membuat kerajinan tangan. 

8. Seratan Studio

Alamat: Pekojan, Jakarta Barat

Aktivitas: Tiedye Class, Shibori, Macrame

Seratan Studio merupakan studio berbasih “Fiber” di Jakarta yang punya misi khusus dalam membangun keterampilan dan pelatihan anak melalui sebiuah kreativitas. Studio ini juga selalu mengedepankan produk ramah lingkungan yang di tanamkan sejak dini pada anak.

Ada berbagai makan kelas art and craft yang ditawarkan, mulai dari Macrame dan Shibori. Yuk, ajak si kecil mengikuti kelas art and craft di tempat ini!