Rekomendasi

Camilan Sehat Lumer Di Mulut, Yuk Coba 8 Rekomendasi Puff Untuk Bayi Ini!

Camilan Sehat Lumer Di Mulut, Yuk Coba 8 Rekomendasi Puff Untuk Bayi Ini!

Si kecil sudah mulai MPASI? Bingung memberikan camilan sehat yang praktis di jam-jam sibuk Ibu? Nggak perlu khawatir ya Bu, kamu bisa memberikan berbagai macam biskuit bayi sehat yang kini marak beredar di pasaran.

Nggak seperti zaman Ibumin dahulu, saat ini sudah banyak rekomendasi biskuit bayi dengan bentuk dan kemasan beragam. Biskuit bayi ini, bahkan lebih mudah digenggam dan lumer di mulut bayi.

Camilan ini biasanya lebih dikenal dengan biskuit puff untuk bayi. Puffs untuk bayi, merupakan camilan yang punya beragam pilihan rasa menarik, yang punya manfaat untuk merangsang pertumbuhan gigi si kecil.

Puff untuk bayi memiliki bentuk yang mudah digenggam dan lumer di mulut, sehingga aman bagi bayi dari kemungkinan untuk tersedak. Nggak perlu khawatir, puff untuk bayi juga sudah memiliki banyak kandungan nutrisi yang penting untuk tubuh si kecil.

Jadi, si kecil bisa nyemil sambil merasakan manfaatnya juga nantinya. Berikut adalah rekomendasi puff untuk bayi yang sudah Ibumin rangkum, yuk disimak!

Amankah biskuit puff untuk bayi?


Mengutip dari Very Well Family secara umum, Puff adalah finger food yang mudah lumer di mulut bayi. Biasanya, puff untuk bayi dibuat dengan bahan dasar biji-bijian dan bebas gluten.

Berbagai macam merk puff untuk bayi yang beredar di pasaran juga tersedia beragam pilihan rasa, bahkan juga ditambahkan dengan nutrisi tambahan seperti mineral dan zat besi. Menurut Dr. Nicole Silber, RD, CSP, CLC, spesialis gizi anak dan konselor laktasi, sekaligus pencipta Tiny Tasters, mengungkapkan, puff untuk bayi ternyata dapat membantu melatih keterampilan motorik mulut bayi, lho!

Namun, sebelum memberikan puffs untuk bayi, Ibu tetap perlu memerhatikan keamanannya ya. Perlu diingat bahwa, puff untuk bayi bukanlah camilan yang paling padat nutrisi.

Sebisa mungkin sajikan biskuit puff bersama dengan makanan bergizi lainnya, sebagai bagian dari camilan sehat. Selain itu, saat hendak memberikan puff untuk bayi, pastikan Ibu selalu menutup kemasan dengan rapat.

Puff yang telah dibuka atau dikeluarkan terlalu lama, bisa tidak larut di mulut bayi seperti saat masih segar dan baru dibuka. Justru bisa menimbulkan bahaya tersedak.

Sebuah studi dari American Academy of Pediatrics (AAP) menemukan bahwa, lelehan buah dan sayuran yang dibiarkan lebih dari satu jam membutuhkan waktu lebih lama untuk larut, sehingga dapat menimbulkan bahaya tersedak.

Meskipun puff untuk bayi umumnya tidak menimbulkan bahaya tersedak, namun sebisa mungkin Ibu tetap waspada dan selalu mengawasi saat bayi makan. Apalagi, berdasarkan dari data Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), tersedak adalah penyebab utama kematian di antara anak-anak berusia 4 tahun ke bawah.

Rekomendasi puff untuk bayi 6 bulan

1. Cerelac Nutripuffs


Camilan berbentuk bintang ini, terbuat dari bahan alami pilihan tanpa pemanis buatan. Berbeda dari jenis puff untuk bayi lainnya, puff dari Cerelac Nutripuffs diolah dengan cara dipanggang bukan digoreng.

Camilan ini juga mudah meleleh di mulut bayi, sehingga Ibu nggak perlu khawatir bayi akan tersedak atau melukai gusinya. Cerelac Nutripuffs tersedia dalam dua pilihan rasa, yakni banana-strawberry dan banana-orange.

2. Promina Baby Crunchies


Promina Baby Crunchies adalah salah satu merk puff untuk bayi yang cukup Ibumin rekomendasikan, nih! Promina Baby Crunchies adalah camilan bayi yang terbuat dari jagung asli dan keju pilihan.

Berbentuk stick yang pas dengan tangan si kecil, sehingga dapat melatih si kecil mengenggam dan makan sendiri. Teksturnya mudah lumer di mulut, sehingga aman dan tidak menyebabkan si kecil tersedak.

Puff untuk bayi ini, juga sudah dilengkapi tambahan gizi yaitu omega 3 & 6, kalsium, zat besi dan 10 macam jenis vitamin. Saat ini sudah tersedia tiga macam pilihan rasa; rumput laut, keju cheddar dan ayam brokoli. Meski begitu, puff untuk bayi ini lebih direkomendasikan bagi bayi di atas usia 8 bulan.

3. Peachy Multigrain Puffs


Rekomendasi puff untuk bayi 6 bulan selanjutnya adalah dari merk Peachy Multigrain. Produk makanan bayi asal Thailand ini cukup populer di Indonesia, karena mengandung kadar nutrisi yang tinggi.

Peachy Multigrain Puffs, merupakan camilan bayi yang memiliki tekstur renyah dan lumer di mulut. Varian rasanya juga cukup menarik, seperti strawberry dan mixed veggies yang pasti disukai si kecil.

4. Happy Tummy Puff Stick


Happy Tummy Puff Stick merupakan rekomendasi puff untuk bayi yang dibuat dari beras putih dan beras merah. Puff ini berbentuk stick yang mudah digenggam bayi.

Puff ini juga dibuat tanpa menggunakan pengawet ataupun pewarna buatan, sehingga aman untuk kesehatan si Kecil. Camilan bayi ini tersedia dalam 4 macam pilihan rasa, yakni blueberry, apple banana, cheese, dan sweet corn.

5. Alamii Puffs


Alamii Puffs merupakan produk yang dikenal sebagai snack yang bisa dikonsumsi oleh seluruh anggota keluarga, termasuk puff untuk bayi. Camilan ini, tersedia dalam berbagai pilihan rasa yang menggiurkan, seperti cheese, cheesy tomato, golden vegie, peanut butter, dan strawberry yogurt.

Camilan ini sangat mudah digenggam bayi dan lumer di mulut. Bahkan, camilan ini juga sudah dilengkapi dengan kandungan kalsium, lemak baik, protein, dan vitamin serta bebas dari gluten sehingga aman untuk si kecil yang memiliki risiko alergi.

6. Milna Nature Puffs Organic


Puff untuk bayi yang satu ini, memiliki bentuk hati yang mudah melelah di mulut bayi. Camilan ini juga dibuat dari beras organik yang tinggi zat besi dan kalsium.

Selain itu, camilan ini juga diklaim cukup aman bagi bayi. Karena bebas gluten sehingga bayi bisa terhindar dari risiko alergi dan hipersensitif makanan. Ada tiga pilihan rasa, yakni cheese, apple mix berries, dan banana.

7. Gerber Puffs


Gerber Puffs merupakan salah satu merk puff untuk bayi asal Amerika. Camilan ini dikenal karena memiliki kadar nutrisi yang kompleks untuk bayi.

Apalagi, kemasannya yang cukup kokoh sangat memudahkan Ibu untuk di bawa kemanapun. Gerber Puffs juga terbuat dari bahan-bahan organik dan tidak mengandung susu. Selain itu, puff untuk bayi ini juga memiliki banyak varian rasa, seperti banana, blueberry, peach, vanilla, dan masih banyak lagi.

8. Promina Puffs


Promina Puffs merupakan rekomendasi puff untuk bayi yang terakhir. Puff untuk bayi yang satu ini memiliki bentuk seperti bunga, yang terbuat dari beras, gandum, dan buah asli tanpa tambahan gluten.

Selain itu, camilan ini juga tinggi zat besi, serta mengandung 7 vitamin, omega 3 dan omega 6. Promina Puffs tersedia dalam berbagai pilihan rasa, yaitu blueberry, peach, strawberry-apple, banana, dan sweet potatoes. Namun, puff ini juga lebih direkomendasikan untuk bayi usia 8 bulan ke atas.

Nah, diantara 8 pilihan rekomendasi puff untuk bayi di atas, mana yang jadi favorit si kecil saat ini?