Rekomendasi

Healing Paru-Paru Sejenak, 7 Referensi Curug Ramah Anak Dekat Jakarta

Healing Paru-Paru Sejenak, 7 Referensi Curug Ramah Anak Dekat Jakarta

Polusi Ibukota Jakarta akhir-akhir ini memang sangat memprihatinkan ya, Bu? Nggak heran, terdapat imbauan pemerintah agar warga Jakarta bisa mencoba healing paru-paru sejenak di luar kota. Tapi, nggak semua orang punya waktu untuk melakukan hal tersebut.

Apalagi jika jarak lokasi yang dituju cukup jauh dan mesti membawa anak kecil. Tapi nggak perlu khawatir, Ibumin punya referensi curug ramah anak yang dekat dari Jakarta, nih.

Yup! Curug merupakan air terjun kecil yang jumlahnya ternyata cukup banyak di Indonesia. Untuk mencapai curug, biasanya kita perlu trekking atau berjalan kaki dengan jalur yang cukup menantang.

Namun, semua kelelahan berjalan kaki tersebut seolah terbayarkan saat sudah melihat keindahan curug yang dituju. Karena nggak semua curug ramah anak ada di dekat kota Jakarta, Ibumin sengaja bikin list curug ramah anak yang kiranya bisa kamu kunjungi di akhir pekan ini.

Hitung-hitung sekaligus healing paru-paru sejenak nih, Bu! Yuk, kita simak bersama.

Referensi curug ramah anak dekat Jakarta

1. Curug Bidadari


Photo source: Investor Daily

Curug di Bogor, tepatnya di kawasan Sentul ini menjadi curug ramah anak yang cukup banyak dikunjungi. Terlebih bagi mereka yang tinggal di daerah Bogor dan sekitarnya.

Letak curug Bidadari terbilang terjangkau, yakni berada di belakang perumahan mewah Sentul City. Meskipun masih dekat dengan pemukiman warga, namun saat sampai di curug ini, pengunjung tetap bisa menyaksikan pemandangan indah yang masih asri.

Nggak hanya itu, udara yang sejuk dan air curug yang dingin, bikin kita berlama-lama main di curug ini. Tenang, kalau lapar, terdapat pula pedagang-pedagang yang menawarkan beragam kuliner lokal dengan cita rasa yang autentik dan pastinya ramah di kantong.

Lebih nikmat rasanya jika disantap sambil memandangi indahnya curug. Apakah Ibu sudah pernah ke curug ramah anak yang satu ini?

2. Curug Luhur


Photo source: Travels Promo

Curug ramah anak yang satu ini, Ibumin anggap adalah yang paling ramah buat si kecil. Selain jarak trekking yang nggak terlalu jauh, curug Luhur juga menawarkan pemandangan alam dengan wahana waterboom mini buat si kecil yang cukup menarik.

Lokasi curug ramah anak ini berada di Desa Gunung Malang, Tenjolaya, Kabupaten Bogor. Nggak hanya itu, udara di sekitar curug Luhur juga masih sangat bersih dengan dikelilingi beragam pepohonan yang sangat menyejukkan mata. Cocok banget jadi tempat healing paru-paru buat di kunjungi keluarga saat akhir pekan nanti.

3. Curug Baliung


Photo source: Wasilah Trekking Sentul

Kalau punya anak yang berusia sudah lebih besar, atau sekitar 6-10 tahun sepertinya cocok banget diajak untuk healing paru-paru ke curug Baliung nih, Bu! Curug ini sejatinya masih berada di kawasan Sentul, kabupaten Bogor.

Nah, untuk menuju air terjun ini para pengunjung harus melakukan pendakian atau trekking singkat menuju Kampung Wadung, Desa Karangtengah, Kecamatan Babakan Madang. Namun, menurut Ibumin kondisi trekkingnya mungkin lebih kurang cocok untuk anak-anak balita.

Sehingga, jika tetap ingin membawa si kecil Ibumin sarankan siapkan gendongnya hip seat yang nyaman ya, Bu!

4. Curug Leuwi Hejo, Curug Bengkok, dan Curug Barong


Photo source: Trip Jalan-Jalan

Yes! Namanya memang sangat panjang, bukan? Hal ini karena, terdapat 3 curug ramah anak dengan lokasi yang saling berdekatan. Ketiganya menawarkan sensasi trekking yang cukup berbeda.

Namun, yang terdekat adalah curug Leuwi Hejo dan lebih ramah anak. Ketiga air terjun ini terletak di Desa Cibadak, Kecamatan Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat. Untuk sampai ke curug ramah anak ini, pengunjung bisa melewati jalan raya Sentul City sampai ke perempatan Jungle Land, hingga bertemu papan nama ketiga curug ini.

Nah, kalau si kecil masih kuat berjalan, selain bisa mengunjungi curug Leuwi Hejo yang jaraknya cukup dekat, Ibu juga bisa mengajak mereka berjalan lebih jauh sedikit ke Curug Bengkok dan Curug Barong. Di jamin, kelelahan trekking ke curug ini bakal terbayarkan dengan pemandangan yang indah dan udara yang sejuk.

5. Curug Putri Kencana


Photo source: Detik Travel 

Curug ramah anak yang satu ini, terletak di Desa Karang Tengah, Babakan Madang, Bogor. Aksesnya sendiri terbilang cukup mudah dijangkau oleh seluruh anggota keluarga. Menariknya dari curug ramah anak Putri Kencana adalah, terdapat 5 air terjun yang juga ada di kawasan curug ini.

Diantaranya adalah, curug Leuwi Pariuk, curug Leuwi Demang, curug Leuwi Balung, curug Leuwi Panjang dan curug Love. Dari ke lima curug tersebut, yang terjauh adalah curug Love.

Di kawasan curug Putri Kencana, kita akan disuguhkan dengan beragam pemandangan air terjun yang asri dan sejuk, serta aktivitas lain yang bisa memacu adrenalin layaknya, body rafting atau menyusuri sungai. Pengunjung bahkan juga bisa camping sambil dikelilingi suasana air terjun yang udara yang bersih.

6. Curug Nangka


Photo source: Mytrip123

Referensi curug ramah anak selanjutnya adakag curug Nangka. Curug yang letaknya ada di Bogor, atau yang  lebih tepatnya di bawah kaki Gunung Salak ini sangat mudah diakses dari Jakarta.

Curug Nangka sendiri merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Halimun Salak, atau lebih tepatnya berada di Desa Sukajadi, Kecamatan Tamansari, Bogor. Curug Nangka menawarkan pemandangan air terjun yang sejuk, dan juga suasana alam yang masih lebih asri dibandingkan dengan curug lainnya. 

Aksesnya juga cukup mudah dijangkau. Sehingga cocok banget dikunjungi oleh kamu sekeluarga untuk sejenak healing paru-paru di akhir pekan nanti.

7. Curug Leuwi Asih


Photo source: Travels Promo

Curug Leuwi Asih merupakan rekomendasi curug ramah anak yang terakhir. Curug ini berlokasi di kawasan Sentul, Bogor. Tepatnya di kecamatan Babakan Madang.

Untuk mencapaing curug ini, pengunjung cukup melakukan trekking sepanjang 3 km yang jalurnya tergolong sedang. Meski sedikit jauh, namun ini merupakan jalur favorit keluarga walaupun mereka juga sering membawa anak-anak balitanya, lho!

Curug Leuwi Asih ini sejatinya memiliki keunikan yakni ,terdapat curug bebatuan yang berada di satu lokasi yang sama. Curug Leuwi Asih juga memiliki beragam fasilitas lengkap seperti, seperti area parkir, toilet, kamar mandi bilas, mushola, dan warung makan.

Kalau capek di tengah jalan, nggak perlu bingung. Sebab, tersedia beberapa warung yang memiliki pendopo dan gazebo untuk beristirahat seraya menikmati kecantikan air terjun ini. Kalau dirasa terlalu sore dan malas untuk pulang, di kawasan ini juga tersedia villa dan bungalow untuk keluarga. Jadi, diantara 7 curug ramah anak di atas, manakah yang sudah pernah Ibu kunjungi?