Rekomendasi

Test Pack Digital: Akurat, Hasil Lebih Cepat, Intip Rekomendasi Mereknya!

Test Pack Digital: Akurat, Hasil Lebih Cepat, Intip Rekomendasi Mereknya!

Waktu pertama kali hamil, Ibumin nggak hanya satu kali melakukan test pack. Tujuannya untuk benar-benar memastikan apakah kehamilan ini benar terjadi atau hanya telat menstruasi biasa.

Ada beragam jenis alat test pack yang Ibumin pakai kala itu, mulai dari test pack biasa hingga test pack digital. Memang, dari segi harga test pack digital jauh lebih mahal.

Tapi, test pack digital ini konon juga punya keunggulan yaitu bisa membaca hasil secara lebih cepat dibanding test pack biasa. Hasil yang terbaca juga hanya berupa tulisan “pregnant” dan “not pregnant”, tanpa perlu repot membaca garis.

Yuk, kenalan lebih jauh dengan test pack digital. Lalu kira-kira test pack digital bisa dipakai berapa kali, ya?

Mana yang lebih akurat antara test pack digital dan test pack biasa?


Saat Ibi mencari alat tes kehamilan, keakuratan tentu jadi hal utama yang perlu dipertimbangkan. Apalagi, alat test kehamilan atau test pack menjadi suatu patokan dan penentu hamil tidaknya Ibu dengan cara yang lebih mudah, sebelum memeriksakan diri ke dokter.

Alat tes kehamilan bekerja dengan mendeteksi sejumlah kecil hormon kehamilan hCG (human Chorionic Gonadotropin) dalam urine. Sehingga tentu saja, alat test tersebut tentu saja harus akurat dalam kinerjanya.

Selain itu, pertimbangan lainnya dalam memilih test pack adalah, alatnya juga harus mudah digunakan (baik cara mengambil sampelnya maupun cara membaca hasilnya). Sehingga nantinya, dapat membantu memberikan kepastian mengenai kondisi hamil/tidaknya seorang wanita.

Sejauh ini, ada dua jenis test pack yang kita kenal, yaitu test pack digital dan non digital. Mengutip What To Expect test pack non digital, akan mendeteksi hCG dalam urine hanya jika berada pada tingkat yang cukup tinggi (sekitar 40 mIU/mL). Sehingga kemungkinan mengalami false negatif juga tetap ada.

Selain itu, alat ini juga menunjukkan hasil dalam bentuk garis, dua garis berarti positif hamil sementara jika hasilnya satu garis berarti sebaliknya. Meskipun secara harga cenderung lebih terjangkau, namun test pack non-digital lebih sulit dibaca, apalagi jika salah satu garisnya samar.

Tak seperti test pack non digital, test pack digital disinyalir lebih akurat dan sensitif. Bahkan, alat ini bisa mendeteksi kehamilan meski hCG rendah (sekitar 15 mIU/mL). Nggak hanya itu, test pack digital juga bisa mendeteksi pembuahan setelah 10 hari masa ovulasi, lho!

Soal akurasinya, mengutip dari Clear Blue baik test pack digital ataupun non digital punya nilai akurasi yang sama, yaitu sebesar 99%. Namun pada test pack digital, hasilnya cenderung lebih mudah dibaca dengan tanda “pregnant” dan “not pregnant”.

Lalu, mengenai test pack digital bisa dipakai berapa kali, sebenarnya disarankan test pack digital hanya dipakai satu kali saja. Namun, belakangan beberapa merek ternama di Indonesia ada yang bisa digunakan sampai 3 kali. Tentunya dengan mengganti stick test reader, yang terdapat di dalam kemasan dan asal dilakukan 5 hari sebelum telat haid.

Rekomendasi test pack digital yang bagus

1. Sensitif Digital Multi Use Pregnancy


Sensitif Digital Multi Use Pregnancy Test merupakan salah satu jenis test pack digital paling banyak ditemukan di Indonesia. Test pack digital yang satu ini punya keunggulan dibanding alat test kehamilan lainnya yaitu, bisa digunakan 5 hari sebelum waktunya haid. Selain itu, Sensitif Digital Multi Use Pregnancy juga haji satu-satunya alat test pack digital yang dapat digunakan sampai 3 kali.

Tentunya dengan mengganti test reader yang terdapat di dalam kemasan, sehingga lebih hemat dan efisien. Test pack digital ini memiliki sensitifitas 25 mIU dengan tingkat akurasi yang juga lebih tinggi dibandingkan jenis lainnya.

Test pack digital harga kisaran Rp 250.000

Tokopedia

Shopee 

2. Clearblue Digital Pregnancy Test with Smart Countdown


Clearblue menjadi salah satu test pack digital dengan harga yang dikenal cukup mahal. Clearblue Digital Pregnancy Test with Smart Countdown, punya keunggulan dengan indikator unik yang dapat menghitung mundur hasilnya.

Bahkan, test pack digital yang satu ini bisa digunakan 4 hari sebelum jadwal menstruasi, lho! Nggak hanya itu, test pack digital yang satu ini juga sudah dilengkapi dengan teknologi Floodguard yang unik, di dalamnya membantu mencegah kelebihan urine masuk ke perangkat sehingga menyebabkan kesalahan pengujian.

Test pack digital harga kisaran Rp 300.000

Tokopedia 

Shopee

3. HUAC Digital Pregnancy and Ovulation Reusable Test


Selain bisa mengetahui kehamilan, HUAC Digital Pregnancy and Ovulation Reusable Test juga bisa digunakan untuk mengetahui masa subur, lho! Untuk hasil test kehamilannya sendiri, bahkan sudah bisa menampilkan usia kehamilan dalam hitungan minggu. 

HUAC Digital Pregnancy and Ovulation Reusable Test dapat mendeteksi secara cepat, tepat dan terpercaya dengan akurasi sebanyak 99,9%. HUAC Digital Pregnancy and Ovulation Reusable Test juga menjadi salah satu test pack digital buatan luar negeri yang bisa digunakan berulang, dengan mengganti ujung strip dengan yang baru.

Test pack digital harga kisaran Rp 400.000

Tokopedia

Shopee 

4. Clearblue Pregnancy Test with Week Indicator


Clearblue Pregnancy Test with Week Indicator juga jadi salah satu test pack digital yang punya hasil dengan indikator usia kehamilan. Tingkat akurasi test pack digital yang satu ini adalah 99%, sedangkan keakuratan perkiraan usia kehamilan adalah 93%.

Disarankan untuk menggunakan test pack digital ini sekitar 3-5 hari sebelum jadwal menstruasi. Supaya bisa mendapatkan hasil yang lebih akurat.

Test pack digital harga kisaran Rp 255.000

Tokopedia

Shopee