Rekomendasi

10+ Destinasi Wisata Malang Untuk Isi Liburan, Dari Mahal Sampai Murah!

10+ Destinasi Wisata Malang Untuk Isi Liburan, Dari Mahal Sampai Murah!

Cari suasana yang adem-adem buat healing dan isi waktu liburan? Yuk, jadikan beberapa tempat wisata Malang ini ke dalam agendamu! Karena, banyak sekali wisata Malang batu terfavorit yang bisa Parents nikmati bersama anak-anak atau keluarga besar.

Wisata Malang sendiri tersebar di Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu. Alamnya yang indah dan pesona wisata masing-masing destinasi, dijamin bikin sekeluarga betah dan nggak mau pulang, deh!

Cek macam-macam rekomendasi tempat wisata Malang-Batu, berikut ini yuk!

Rekomendasi wisata Malang dan Batu untuk liburan

1. Jatim Park 1

Photo source: Jatim Park 1

Sudah bukan rahasia lagi kalau Jatim Park pertama ini selalu jadi jujugan wisata Malang. Jatim Park 1, 2 dan 3 tergabung dalam PT. Jatim Park Group, yang menawarkan konsep berbeda di setiap park-nya.

Jatim Park 1 berfokus pada pengenalan budaya Indonesia melalui miniatur daerah dan museum. Selain itu ada wahana seru untuk keluarga.

Kalau Parents memilih ke sini, nikmatilah berbagai wahana seru sampai menegangkan seperti sky bike, roller coaster, sampai kolam renang dengan berbagai jalur dan ukuran. Wah, anak-anak pasti suka. Harga tiketnya Rp 110.000/orang.

2. Jatim Park 2 dan Eco Green Park

Photo source: Jatim Park 2

Lanjut ke wisata Malang berikutnya ada Jatim Park 2. Jatim Park 2 dikenal juga dengan Batu Secret Zoo.

Karena isinya adalah wisata kebun binatang. Ada beragam hewan yang bisa dikunjungi dan anak-anak bisa belajar sambil bermain bersama hewan.

Kalau ke Jatim Park 2, Parents bisa sekaligus mengunjungi Eco Green Park yang masih 1 lokasi, lho! Di Eco Green Park selain ada satwa ada juga pengetahuan tentang aneka jenis tumbuhan.

Dilengkapi juga dengan penjelasan-penjelasan mengenai satwa, serangga dan tumbuhan di dalamnya. Harga tiket Jatim Park 2 + Eco Green Park adalah Rp 140.000 untuk weekdays dan Rp 170.000 untuk weekend

Tapi kalau hanya ingin mengunjungi Eco Green Park harga tiketnya Rp 55.000 weekdays dan Rp 75.000 weekend.

3. Jatim Park 3

Photo source: Jatim Park 3

Siapa yang anaknya suka banget sama Dinosaurus? Wajib banget pilih wisata Malang ke Jatim Park 3. Pusat Jatim Park 3 adalah Dino Park, taman Dinosaurus terbesar pertama di Indonesia.

Memang nggak ada Dinosaurus asli, ya. Tapi di sini semuanya lengkap. Dari fosil dinosaurus, miniatur dino sampai wahana ala Jurassic Park.

Area Dino Park berdampingan dengan beberapa wisata lain, yang bisa dikunjungi dengan membeli tiket paket atau dikunjungi masing-masing. Wisata lain dalam gabungan Jatim Park 3 adalah:

  • The Legend Stars
  • Funtech Plaza
  • Museum Musik Dunia
  • Milenial Glow Garden
  • Happy Kids
  • Infinite World
  • Secret Journey
  • Predator Fun Park

Harga tiketnya mulai Rp 140.000-an untuk Dino Park plus beberapa wisata lain. Sedangkan harga per wisata mulai dari Rp 30.000-an saja.  

4. Wisata Malang malam hari

Photo source: Batu Night Spectacular

Seperti nggak mau sepi, Malang juga punya wisata malam hari. Yuk, main-main ke Batu Night Spectacular dan Malang Night Paradise.

Batu Night Spectacular terletak di Kota Batu, sedangkan Malang Night Paradise jadi ikon malam wisata Malang Kota. Isinya wahana amusement park yang super seru dan beragam.

Tantang adrenalin kalian di sini! Harga tiketnya mulai Rp 35.000-Rp 120.000 untuk BNS dan mulai Rp 55.000-Rp 110.000 untuk MNP.

5. Florawisata Santerra de Laponte

Photo source: Flora Wisata Santerra

Main seluncuran pelangi di tengah padang bunga di sini, yuk! Florawisata Santerra de Laponte ini menawarkan pemandangan full colour dengan beragam wahana di dalamnya.

Nggak cuma seluncuran, ada juga special performance, spot foto instagramable, Ferris Wheel, Ontang Anting serta kolam renang yang bisa dinikmati anak-anak.

Anak-anak juga bisa belajar berkebun dan menanam tanaman mereka sendiri, lho! Harga tiketnya super murah, yaitu Rp 30.000 saja.

6. Batu Love Garden

Photo source: Batu Love Garden

Wisata Malang yang dijuluki Baloga ini penuh bunga-bunga beraneka warna. Di dalamnya ada bunga tiruan, taman bunga asli, museum bunga kering dan karya seni dari bunga.

Area outdoornya juga rutin diadakan parade bunga, dengan mobil-mobil berhiaskan bunga dan tokoh-tokoh putri dan pangeran bunga. Harga tiket masuknya Rp 55.000-Rp110.000.

7. Museum Angkut

Photo source: Museum Angkut

Pingin tahu lebih banyak soal kendaraan dari dulu sampai sekarang dan lebih pilih area wisata Malang yang lebih banyak indoornya, kunjungi Museum Angkut aja. Ada pertunjukannya juga, lho!

Bisa nge-dance bareng talent dan berasa keliling dunia dalam satu lokasi. HTM-nya Rp 100.000-Rp 120.000, ya.

8. Museum Tubuh

Photo source: Museum Tubuh

Museum ini disebut juga museum bagong. Karena ada karakter pewayangan Bagong di depan pintu masuk.

Ini merupakan museum anatomi pertama yang lengkap memberikan pengetahun tentang anatomi tubuh. Wah, seru nih anak-anak sambil belajar juga. HTM-nya terjangkau, Rp40.0000-Rp60.000 aja.

9. Wisata alam di Malang

Karena suguhan alamnya yang indah, sayang kalau melewatkan destinasi wisata Malang alam berikut ini. Pemandangan naturalnya indah, area taman ditata dan dihias sedemikian rupa, dan bisa menikmati alam dari ketinggian juga. HTM-nya mulai Rp10.000 aja.

Di mana saja ya?

  • Taman Langit

Photo source: Taman Langi Malang

  • Telaga Madiredo

Photo source: Telaga Mafiredo Official

  • Bukit Nirwana

Photo source: Bukit Nirwana Official

  • Goa Pinus

Photo source: Lisa Novia

  • Bukit Paralayang

Photo source: Paralayang Batu

  • Taman Merak

Photo source: Taman Merak Pujon

10. Wisata air terjun

Beralih ke air terjun, wisata Malang yang satu ini nggak pernah sepi peminat. Selain karena airnya yang menyejukkan, alam sekitarnya juga masih asri dan menenangkan.

Nggak heran kalau masih jadi tujuan wisata favorit. Ini dia wisata air terjun yang bisa Parents kunjungi:

  • Coban Talun

Photo source: Coban Talun Official

  • Coban Putri
  • Coban Lanang

Photo source: Coban Lanang Official

  • Coban Rondo

11. Wisata mata air

Sumber mata air juga masih jadi favorit kebanyakan orang yang berwisata ke Malang. Pengunjung bisa berenang di air jernih dan bersantai menenangkan diri. Cocok buat healing.

Wisata sumber yang bisa direkomendasikan:

  • Sumber Sira

Photo source: Wisata Sumber Sira

  • Sumber Maron

Photo source: Sumber Maron

  • Sumber Umbulan

Photo source: Sumber Umbulan

12. Café Sawah

Photo source: Cafe Sawah Pujon Kidul

Meski namanya café, tapi isinya di luar dugaan. Di dalam sini Parents dan keluarga bisa menikmati alam, naik perahu di danau, memberi makan hewan, naik ATV, belanja buah-buahan, petik strawberry, naik kuda dan main paint ball.

Kalau lapar waktunya isi amunisi di area makan Café Sawah dengan sistem prasmanan makanan Jawa. HTM-nya Rp 12.500 masih dapat voucher makan atau minum Rp 5.000, lho.

13. Songgoriti Hot Spring

Photo source: Songgoriti Hot Springs

Ini juga café sih, tapi istimewanya Parents dan keluarga bisa berendam di kolam air panas. Kolam air panasnya berkonsep jacuzi dengan belerang.

Ada air dinginnya juga kok. Harga tiketnya Rp 40.000-Rp 50.000.

14. Alun-Alun

Photo source: Panorama.Malang

Capek dan puas mendatangi setiap tempat wisata, biasanya wisatawan pilih melipir ke alun-alun sebelum pulang. Entah untuk makan, jajan atau main-main aja. Alun-alun Kota Batu jadi destinasi favorit dan alun-alun Kota Malang lebih fresh dengan wajah baru.

Diantara semua destinasi wisata Malang yang Ibumin sebutkan di atas, tempat wisata mana nih saja yang kiranya jadi pilihan buat Parents dan keluarga?