Keluarga

9 Kebun Binatang Di Jakarta Untuk Habiskan Libur Sekolah

9 Kebun Binatang Di Jakarta Untuk Habiskan Libur Sekolah

Destinasi wisata yang nggak boleh dilewatkan salah satunya adalah mengunjungi kebun binatang di Jakarta. Eits, tunggu dulu. Kalau Parents berpikir bahwa kebun binatang di Jakarta cuma ada di Kebun Binatang Ragunan, Parents wajib baca rekomendasi ini!

Ada beberapa lokasi wisata fauna dan akuarium yang bisa Parents kunjungi di musim libur sekolah bersama anak-anak. Semakin banyak pilihan, semakin seru!

Wisata fauna & kebun binatang di Jakarta

1. Taman Margasatwa Ragunan



Source: ragunanzoo

Nah, ini dia kebun binatang di Jakarta paling populer. Kebanyakan orang akan langsung teringat tentang Ragunan kalau sudah menyebut tentang kebun binatang di Jakarta.

Selain terkenal sebagai wisata flora dan fauna yang terjangkau, Taman Margasatawa Ragunan juga sangat nyaman untuk dikunjungi. Suasananya yang mirip hutan tropis mini ini sejuk dan cocok untuk piknik.

Terletak pada lahan seluas lebih dari 140 hektar, Taman Margasatwa Ragunan memiliki aneka ragam satwa mulai dari mamalia, reptil, burung dan ikan. Satwa-satwa ini berasal dari seluruh Indonesia, bahkan ada juga yang berasal dari Negara lain.

Di dalam Taman Margasatwa Ragunan ini juga memiliki Pusat Primata Schmutzer yang juga merupakan konservasi primata berkelas Internasional. Selain itu, anak-anak juga bisa merasakan keseruan naik kuda dan unta tunggang atau menikmati wahana-wahan lainnya yang tak kalah menarik.

Tiket masuk Taman Margasatwa Ragunan adalah Rp 4.000/orang dewasa dan Rp 3.000/anak di atas 3 tahun. Kebun binatang di Jakarta Selatan ini buka setiap Selasa-Minggu pukul 07.00-14.30, dan tutup setiap Senin, untuk memberikan waktu bagi para satwa tanpa dikunjungi banyak manusia.

2. Jakarta Aquarium & Safari

Source: jakartaaquarium.com

Beralih ke Jakarta Barat, yuk! Kebun binatang di Jakarta ini menyajikan fauna akuatik dan non akuatik. Konsep dari kebun binatang yang satu ini adalah indoor.

Jakarta Aquarium & Safari terdiri dari 2 lantai. Lantai pertama untuk satwa air dan lantai kedua untuk satwa darat. Selain menikmati fauna air yang lincah berenang di sekeliling kita, pengunjung juga bisa menikmati atraksi dan pertunjukan-pertunjukan hewan, lho!

Ada pertunjukan penguin, berang-berang, Meerkat, Binturong, dan banyak hewan lain yang bisa kita ikuti secara langsung. Pengunjung bisa menyentuh dan memberi makan secara langsung beberapa jenis hewan didampingi oleh petugas. Setidaknya ada 3.500 spesies yang berada dalam Jakarta Aquarium & Safari ini.

Wisata ini buka setiap hari mulai dari pukul 10.00-21.00 WIB, dengan batas waktu masuk terakhir adalah pukul 19.00 WIB. Harga tiket masuk kebun binatang yang satu ini berbeda antara weekdays (Senin-Jumat) dan weekend (Sabtu, Minggu dan hari libur nasional).

Untuk kunjungan weekdays harga tiket berkisar antara Rp 109.250–Rp 142.500/ anak dengan maksimal tinggi 120cm, dan Rp 142.500–Rp 190.000/orang dewasa, bergantung jenis tiket yang dipilih (reguler atau premium). Sedangkan untuk weekend harga tiket berkisar antara Rp 142.500–Rp 166.250/anak dan Rp 166.250–Rp 213.750/orang dewasa, bergantung jenis tiket yang dipilih (regular atau premium).

3. Jakarta Bird Land Ancol

Source: ancol.com

Kebun binatang di Jakarta yang satu ini khusus menampilkan aneka jenis burung. Nggak cuma sebagai taman wisata aja, Jakarta Bird Land juga digunakan sebagai konservasi burung asal Indonesia dan mancanegara. Karena di dalam Jakarta Bird Land ini juga terdapat pusat Breeding & Research yang fokus pada pelestarian burung yang terancam punah.

Parents dan anak-anak bisa merasakan pengalaman memberi makan dan menyentuh burung secara langsung, lho. Area-area di dalam Jakarta Bird Land juga beragam.

Mulai dari area burung Makau dan Kakaktua, area Hornbill family, area burung pemangsa, area burung perairan, kandang burung dan mini show. Jakarta Bird Land buka setiap harinya dan bisa dikunjungi mulai pukul 09.30-16.30 WIB. Harga tiket masuk ke Jakarta Bird Land adalah Rp 80.000, belum termasuk tiket masuk Taman Impian Ancol.

4. Faunaland Ancol

Source: ancol.com

Ancol juga menawarkan kebun binatang dengan konsep serupa Ragunan, lho. Bisa dibilang inilah kebun binatang di Jakarta selain Ragunan. Parents di Jakarta Utara bisa lebih dekat kalau mau berkunjung ke Kebun Binatang.

Untuk Faunaland sendiri luasnya sekitar 5 hektar dan masih berlokasi di dalam Ancol. Uniknya konsep landscape-nya adalah Papua dan menghadirkan satwa unik dan langka di Indonesia dan mancanegara.

Satwa dari Indonesia Timur juga variatif, lho! Jadi kalau Parents ingin mengenalkan ragam satwa khas Indonesia Timur bisa banget pilih Faunaland. Dengan hargat tiket Rp 90.000 Faunaland bisa dikunjungi setiap hari mulai pukul 09.00-17.00 WIB. Jangan lewatkan bird show-nya juga, ya!

5. Sea World Ancol

Source: ancol.com

Karena kebun binatang di Jakarta nggak cuma versi darat saja, kunjungi juga kebun binatang versi air atau wisata akuarium. Sea World Ancol bisa jadi pilihan untuk anak-anak yang sangat menyukai hewan air.

Di Sea World ada sekitar 7.300 biota air tawar dan 11.500 biota air laut. Semuanya terbagi dalam 9 akuarium air tawar, 19 akuarium air laut dan 4 kolam terbuka. Setiap akuariumnya memiliki tema khusus yang pastinya kaya edukasi untuk pengunjung.

Tak hanya itu, ada juga terowongan akuarium dan akuarium khusus hiu. Anak-anak juga bisa menikmati digital gallery yang berisi informasi tentang hewan dan tumbuhan laut.

Wah, jadi nggak sabar berlibur ke sana, nih! Sea World buka setiap hari pukul 09.30-16.30 dan khusus hari Minggu buka pukul 09.00. Untuk tiketnya sendiri berkisar antara Rp 110.000-Rp 140.000/orang.

6. Taman Burung TMII

Source: tamanmini.com

Bergeser dari Ancol ke Taman Mini Indonesia Indah, Parents bisa menemukan kebun binatang khusus burung di sini. Taman Burung TMII merupakan taman dengan koleksi burung terlengkap di Indonesia.

Dalam 1 lingkungan Taman Burung, ada dua kubah besar. Kubah ini terbagi menyesuaikan vegetasi tanamannya (buah, biji, pucuk).

Kubah barat berisi burung dari Sumatera, Jawa, Kalimantan dan Bali, seperti Merak, Beo Putih, Enggang, Elang dan Jalak Bali. Sedangkan di kubah timur berisi burung dari Sulawesi, Maluku dan Papua, seperti Kasuari, Maleo, Nuri, Cendrawasih dan Dara Mahkota.

Tak hanya itu, ada juga bird show selama berkegiatan di dalam Taman Burung TMII ini, seperti show edukasi burung, feeding show burung perairan dan feeding show burung berkicau. Tiket masuknya hanya Rp 30.000/orang.

7. Museum Komodo dan Taman Reptilia TMII

Source: tamanmini.com

Masih di wilayah Taman Mini Indonesia Indah, Museum Komodo dan Taman Reptilia berada dalam 1 lingkup yang sama. Di dalam museum Parents akan menyaksikan Komodo yang diawetkan dan banyak penjelasan tentang hewan ini.

Lalu jika beralih ke Taman Reptilia, Parents dan anak-anak bisa berinteraksi dan foto bersama ular, buaya, iguana dan kura-kura. Tentunya ini aman, ya, karena ada petugas yang menemani.

Ada juga feeding show  buaya yang bikin tegang dan meet ‘n greet bareng bayi komodo. Waahh, menarik sekali, ya! Tiket masuknya juga cukup murah, yaitu Rp 25.000/orang.

8. Museum Serangga & Taman Kupu TMII

Source: tamanmini.com

Serupa dengan museum sebelumnya, Museum Serangga & Taman Kupu masih dalam 1 lokasi yang sama. Di museum terdapat aneka jenis kumbang, kupu-kupu dan serangga lainnya. Semua dalam bentuk diorama dan ada juga yang berbentuk peta persebaran hewan-hewan ini.

Bergeser sedikit ke Taman Kupu, pengunjung bisa menikmati suasana sejuk pohon-pohon bunga dan ratusan jenis kupu-kupu hidup yang cantik warna serta coraknya. Untuk tiket masuk ke kebun binatang di Jakarta khusus serangga ini adalah Rp 35.000/orang.

9. Dunia Air Tawar TMII

Source: tamanmini.com

Berikutnya kebun binatang di Jakarta versi satwa air tawar ada di Dunia Air Tawar TMII. Lokasinya berdekatan dengan Dunia Serangga (Museum Serangga dan Taman Kupu). Bahkan tiket masuknya sudah termasuk untuk masuk ke Dunia Serangga, lho! Rp 35.000/orang dan bisa diakses setiap hari untuk mendapatkan Dunia Air Tawar dan Dunia Serangga.

Di dalamnya terdapat sekitar 126 spesies air tawar dengan variasi tanaman air, crustacean (golongan udang), dan ikan. Anak-anak yang penasaran dengan piranha juga bisa ikut memberi makan ikan ini selama berkunjung, dengan jadwal tertentu. Selain piranha juga ada kegiatan memberi makan ikan Arapaima, lho.

Nah, dari aneka ragam pilihan kebun binatang di Jakarta ini, Parents menjatuhkan pilihan pada yang mana? Sepertinya semua seru dan menarik, ya! Yuk, manfaatkan momen libur sekolah anak-anak ini dengan berkunjung ke kebun binatang di Jakarta.

Editor: Aprilia