Balita

12 Manfaat Daun Kelor Untuk Anak yang Banyak Tidak Diketahui

12 Manfaat Daun Kelor Untuk Anak yang Banyak Tidak Diketahui

Daun kelor yang banyak ditemukan di Indonesia ternyata memiliki manfaat daun kelor untuk anak. Banyaknya kandungan mineral dan vitamin membuat daun kelor menawarkan manfaat beragam untuk semua kalangan usia. Bahkan, WHO pun menganjurkan untuk mengkonsumsinya.

Kebutuhan nutrisi anak adalah kewajiban yang harus dipenuhi dan menjadi prioritas oleh orangtuanya. Sebisa mungkin, anak mengkonsumsi makanan dan minuman yang bergizi. Salah satu makanan bergizi yang dapat dikonsumsi oleh anak adalah daun kelor. Lantas, apa saja manfaat daun kelor untuk anak?

Kandungan nutrisi daun kelor

12-manfaat-daun-kelor-untuk-anak-yang-banyak-tidak-diketahui-1

Nutrisi yang terkandung dalam daun kelor sangatlah beragam. Tanaman ini memiliki nama ilmiah Moringa oleifera. Berikut adalah berbagai macam vitamin dan mineral yang terkandung dalam 21 gram daun kelor segar:

  • Protein: 2 gram;
  • Magnesium: 8% dari kebutuhan harian;
  • Zat besi: 11% dari kebutuhan harian;
  • Vitamin A (dari beta-karoten): 9% dari kebutuhan harian;
  • Vitamin B6: 19% dari kebutuhan harian;
  • Vitamin C: 12% dari kebutuhan harian; dan
  • Riboflavin: 11% dari kebutuhan harian.

Manfaat daun kelor untuk anak

12-manfaat-daun-kelor-untuk-anak-yang-banyak-tidak-diketahui-2

Daun kelor yang kaya akan kandungan vitamin dan mineral membuat daun kelor disarankan untuk dikonsumsi secara rutin. Tanaman ini juga dapat membantu meningkatkan kesehatan organ tubuh tertentu hingga melawan infeksi.

Manfaat daun kelor untuk anak meliputi:

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat daun kelor untuk anak yang pertama adalah dapat meningkatkan sistem daya tahan tubuhnya. Kemampuan tersebut tidak lepas dari kandungan vitamin C yang dimiliki oleh daun kelor. Selain itu, vitamin C juga dapat melawan bakteri dan virus penyebab penyakit.

2. Memperkuat struktur sel

Daun kelor mengandung asam amino yang dapat membantu perkembangan sel dalam tubuh si kecil. Asam amino ini merupakan sumber makanan yang ideal untuk memperkuat sel dalam tubuh. Oleh karena itu, manfaat daun kelor untuk anak lainnya adalah meningkatkan kekuatan struktur sel tubuh.

3. Menambah energi

Kandungan nutrisi, vitamin, dan kalori yang ada dalam daun kelor dapat menambah energi si kecil. Memberikan asupan energi yang cukup merupakan manfaat daun kelor untuk anak yang mampu menunjang aktivitas dan perkembangan anak.

4. Meningkatkan kesehatan ginjal dan hati

Terkadang, orangtua kerap mengambil jalan pintas dengan cara memberikan anak makanan cepat saji untuk meningkatkan nafsu makan anak. Padahal kebiasaan tersebut dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan anak. 

Salah satu manfaat daun kelor untuk anak adalah sebagai detoksifikasi. Proses detoksifikasi berguna untuk menyehatkan fungsi ginjal dan hati serta mengeluarkan racun-racun berbahaya yang terdapat di dalam tubuh sang anak.

5. Memperlancar metabolisme

12-manfaat-daun-kelor-untuk-anak-yang-banyak-tidak-diketahui-3

Manfaat daun kelor untuk anak lainnya adalah dapat memperlancar metabolisme. Saat sakit, tingkat metabolisme anak akan mengalami penurunan yang signifikan. Kandungan mineral yang ada pada daun kelor membantu menjaga metabolisme si kecil agar tetap normal. 

Tingkat metabolisme yang baik dibutuhkan untuk memastikan si kecil memiliki berat badan dan tinggi badan seperti anak-anak seusianya.

6. Membantu melawan infeksi

Daun kelor memiliki sifat antiinflamasi. Manfaat daun kelor untuk anak ini berguna untuk melawan infeksi yang menjadi penyebab penyakit. Anak juga dapat mengkonsumsi daun kelor dalam bentuk bubuk untuk meredakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi ringan seperti batuk dan pilek.

7. Menyembuhkan luka

Zat besi, vitamin A dan vitamin C yang terkandung pada daun kelor membuat manfaat daun kelor untuk anak berupa mempercepat proses penyembuhan luka ringan pada anak. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Ibu cukup mengoleskan bubuk daun kelor pada luka anak. 

Namun, jangan oleskan dan kelor pada luka terbuka. Lebih baik langsung bawa si kecil ke dokter guna mendapatkan penanganan tepat jika mengalami luka besar ataupun terbuka.

8. Menjaga kesehatan rambut

12-manfaat-daun-kelor-untuk-anak-yang-banyak-tidak-diketahui-4

Daun kelor mengandung vitamin dan asam amino yang diperlukan dalam pembentukan keratin. Keratin merupakan protein yang penting untuk memastikan pertumbuhan rambut pada anak. Kandungan vitamin A pada daun kelor juga dapat mengatasi masalah ketombe.

9. Menjaga kesehatan kulit

Vitamin A dan vitamin C yang terkandung pada daun kelor dapat meningkatkan kesehatan kulit anak secara keseluruhan. Selain itu, manfaat daun kelor untuk anak lainnya adalah dapat membantu menghilangkan ruam dan iritasi pada kulit. 

Daun kelor juga dapat dioleskan pada kulit anak untuk mendapatkan manfaat tersebut selain hanya dikonsumsi saja. Penggunaan masker yang terbuat dari daun kelor juga dapat mencerahkan kulit wajah.

10. Meningkatkan kesehatan mata

Daun kelor mengandung beta-karoten yang dapat membantu tambahan asupan vitamin A pada tubuh. Vitamin A ini memiliki manfaat untuk meningkatkan kesehatan mata dan fungsi penglihatan anak.

11. Memperbaiki berat badan

Berdasarkan sebuah penelitian, menambahkan bubuk daun kelor pada makanan selama 2 bulan dapat membantu meningkatkan berat badan pada anak-anak yang mengalami malnutrisi. Konsumsi daun kelor dapat membantu meningkatkan berat badan pada anak.

12. Memperbaiki suasana hati

Di masa pertumbuhan, kesehatan emosional anak rentan mengalami masalah. Konsumsi daun kelor dapat membantu mengatasi suasana hati yang buruk dan mengurangi risiko anak mengalami depresi.

Itulah 12 manfaat daun kelor untuk anak. Apakah si kecil menyukainya?

Editor: Dwi Ratih