Rekomendasi

6 Rekomendasi Buku Cerita Anak Terbitan Dalam Negeri

6 Rekomendasi Buku Cerita Anak Terbitan Dalam Negeri

Mengajarkan anak berbicara dan berkomunikasi dimulai dari mengenalkan bahasa. Bahasa sebagai objek komunikasi memiliki tempat khusus di otak, tepatnya frontal lobe. Tahukah Ibu bahwa language development seseorang perlu dilatih dan dikembangkan?

Laman Raising Children menjelaskan bahwa pengembangan bahasa menyokong kemampuan anak berbicara, mengemukakan dan memahami perasaan, membentuk pola pikir, melatih kemampuan pemecahan masalah, serta membantu anak mengelola hubungan dengan orang lain. Nah, salah satu cara yang bisa dengan mudah dilakukan orangtua untuk mengembangkan kemampuan bahasa anak adalah dengan membaca buku cerita anak.

Membaca buku bersama anak bukan berarti anak diminta untuk memahami buku secara mandiri. Jika si kecil masih belum bisa membaca, orangtua bisa membacakan secara nyaring untuk anak dengan nada, ekspresi, intonasi, dan suara yang berbeda-beda sesuai karakter tokoh dalam buku cerita anak agar si kecil tertarik dan mampu memahami isi buku cerita anak dengan lebih mudah.

Saat anak sudah mulai bisa membaca sendiri, tentu akan lebih baik jika orangtua tetap membersamainya saat membaca buku. Selain itu, membacakan buku untuk anak hendaknya dapat disertai dengan menghubungkan isi buku dengan apa yang terjadi di kehidupan sehari-hari dan nilai-nilai kebaikan yang bisa diajarkan kepada anak. Sehingga akan banyak hal baru yang dipelajari anak lewat interaksinya dengan buku.

Hmm, lalu, sebaiknya buku apa sih yang cocok untuk dibacakan? Berikut rekomendasi buku cerita anak terbitan dalam negeri yang cocok dibacakan untuk anak:

  1. Seri Ayo Berkata Baik – Gramedia Pustaka Utama

    Seri Ayo Berkata Baik

    Buku cerita anak berseri ini terdiri atas 4 jenis buku yang mengajarkan nilai-nilai kebaikan dasar yang wajib dimiliki setiap individu dalam berinteraksi dengan orang sekitar. Maaf, Tolong, Terima Kasih dan Permisi adalah 4 kata yang penting untuk diajarkan pada anak sejak dini.

    Kesopanan dan menghargai orang lain adalah hal yang sering dilupakan banyak orang. Maka dari itu, anak-anak sedari kecil membutuhkan media belajar kesopanan yang ringan dan tidak menggurui. Hadirnya buku cerita anak yang mengajarkan 4 kata ajaib ini bisa melatih anak berucap yang baik. Judul-judulnya adalah sebagai berikut:

    • Sisi Bilang Terima Kasih

    • Tiko Bilang Tolong

    • Elpa Bilang Maaf

    • Mimi Bilang Permisi

    Jika orangtua mengajarkan anak 4 kata ajaib ini dengan cara yang tidak tepat dan cenderung memaksa, maka anak akan melakukannya hanya ketika disuruh. Lain halnya jika anak belajar dari kisah dalam buku ini. Ada tokoh lucu yang mencontohkan, ada pelajaran yang bisa anak pahami, dan ada imajinasi tersendiri saat anak membaca bukunya lalu menghubungkan dengan kesehariannya.

    Buku-buku karya Watiek Ideo yang juga menulis “Cerita si Korona” ini dibanderol dengan harga Rp37.000,- setiap judul dan bisa dibeli baik secara terpisah maupun satu paket. Ibu bisa memesan lewat link ini ya. Karena buku ini hadir dalam bentuk soft cover, diperlukan bimbingan orangtua agar anak berhati-hati saat membaca buku supaya tidak sobek atau rusak.

  2. Seri Halo Balita – Mizan

    Seri Halo Balita

    Seri cerita Halo Balita adalah buku cerita anak terbitan Mizan. Dalam seri ini terdapat banyak buku yang bisa Ibu pilih. Salah satunya seri cerita Halo Balita memiliki 3 tema besar: 9 judul buku bertema self-help yang akan memupuk kemandirian anak; 11 judul bertema value atau nilai-nilai kebaikan; 5 judul bertema spiritual yang menanamkan nilai-nilai keagamaan.

    Meski seri cerita Halo Balita ini menggunakan karakter tokoh muslim, nilai-nilai yang diangkat dalam setiap cerita bersifat universal. Misalnya dalam buku yang mengajarkan kemandirian pada anak seperti judul “Aku Bisa Makan Sendiri”, “Aku Bisa Merapikan Mainan Sendiri”, dan “Aku Suka Buku”. Begitu pula dengan buku bertema value atau nilai kebaikan seperti, “Aku Anak Jujur”, “Aku Belajar Membuang Sampah”, dan “Aku Anak Pemberani”.

    Selain seri cerita Halo Balita, ada juga seri dongeng Halo Balita yang tak kalah menarik dan berisi value positif yang bisa diajarkan pada anak. Seperti seri dongeng yang berjudul “Gajah Bersin” yang mengajarkan tentang perbedaan dan sikap yang baik kepada teman, juga seri dongeng Halo Balita berjudul “Bantal Mimpi” yang menceritakan tentang dampak buruk jika bermalas-malasan dan bagaimana si tokoh berusaha mengubah kebiasaan buruknya.

    Buku ini hadir dalam bentuk boardbook dengan ujung tumpul sehingga aman untuk anak dan tidak mudah sobek. Buku jenis ini juga tahan air, jadi lebih awet. Buku cerita anak ini bisa di dapatkan di sini, dengan harga sekitar Rp41.000-100.000 per buah. Jika ingin membeli sekaligus, ada harga khusus yang ditawarkan oleh para reseller.

  3. Seri Goyi Pipi – Potata Publishing

    Seri Goyi Pipi

    Anak Ibu sedang toilet training? Buku karya Irmalia Susanto ini bisa membantu memudahkan Ibu melatih anak toilet training. Buku cerita anak dalam seri Goyi Pipi ini hadir dalam judul yang beragam. Tetapi, khusus untuk yang sedang toilet training, sangat cocok membaca “Saatnya ke Toilet” dan “Saatnya Pup!”. Kedua buku ini menceritakan tentang Goyi dan Pipi yang sedang menginap di rumah Tata dan Tito.

    Dalam “Saatnya ke Toilet” anak akan dilatih kebiasaan untuk pipis sebelum tidur. Sedangkan dalam “Saatnya Pup!” anak akan dikenalkan tentang apa yang harus dilakukan jika perut sudah terasa sakit dan merasa seperti ada yang ingin dikeluarkan.

    Selain itu, anak juga jadi tahu bahwa pipis dan pup harus dilakukan di tempat khusus bernama toilet. Sehingga, anak-anak yang sedang dalam masa toilet training akan lebih mudah memahami situasi dirinya untuk langsung pergi ke toilet dan tidak ngompol atau pup di tempat selain toilet.

    “Saatnya ke toilet” dibanderol dengan harga Rp 54.000 dan bisa dipesan di sini. Sedangkan “Saatnya pup” juga dibanderol dengan harga serupa dan bisa dipesan di sini. Seri Goyi Pipi ini juga hadir dalam judul “Saatnya Sikat Gigi” lho. Cocok untuk yang sedang melatih anak rutin sikat gigi.

  4. Aku Anak Pemberani, Percaya Diri dan Mandiri – Penerbit Kanak

    Aku Anak Pemberani, Percaya Diri dan Mandiri

    Banyak orang tua khawatir jika harus meninggalkan anak sendirian di rumah, anak terkena bullying, tersesat di mall, menghadapi bencana alam atau bahkan diculik. Nah, dalam buku berjudul “Aku Anak Pemberani, Percaya Diri dan Mandiri” terbitan Penerbit Kanak ini terdapat banyak kisah-kisah yang berisikan tips agar anak mampu menjaga dirinya saat sedang tidak bersama orangtua. Serunya, tips yang ada dalam buku dikemas menarik dan disajikan melalui jalan cerita yang apik dan tidak membosankan.

    Harga untuk buku cerita anak ini cukup tinggi dibanding buku-buku sebelumnya, yaitu Rp132.000. Ini karena buku cukup tebal dan berisikan beberapa judul cerita dalam 1 buku. Buku ini menggunakan soft cover serta ilustrasi dan warna gambarnya menarik. Dapatkan buku ini di penerbit resmi lewat marketplace ini.

  5. Bella dan Balon Merah – Rabbit Hole

    Bella dan Balon Merah

    Buku cerita anak yang satu ini merupakan buku terbitan Rabbit Hole. Ditulis dan diilustrasikan oleh pasangan suami istri Devi Raissa dan Guntur G. Mereka membangun Rabbit Hole dan berkarya dengan membuat buku-buku untuk bayi dan anak dari usia 0-7 tahun. Salah satunya adalah Bella dan Balon Merah. Buku cerita anak ini mengisahkan Bella yang sedang mencari balonnya yang terbang. Saat menemukannya, rupanya balonnya ditemukan oleh keluarga beruang dan membuat mereka senang.

    Tokoh Bella dalam buku ini berpikir keras apa yang harus ia lakukan selanjutnya. Dengan kisah ini, anak akan mengasah kemampuannya mengambil keputusan, berempati, memecahkan masalah dan mengenal emosinya. Buku ini termasuk dalam kategori buku paling murah daripada buku Rabbit Hole yang lain, yaitu Rp27.000. Dicetak dalam bentuk soft cover, buku ini ditujukan untuk anak usia 3-7 dan bisa didapatkan di website resmi mereka.

  6. Mom, Dad, I Love You – Bhuana Ilmu Populer

    Mom, Dad, I Love You

    Buku cerita anak yang ditulis oleh Arleen A. ini mengisahkan kasih sayang Ibu dan Ayah yang luar biasa. Buku dwibahasa ini berisikan 5 cerita indah realis maupun fantasi, yang menunjukkan kehebatan Ibu dalam melakukan banyak pekerjaan dalam waktu hampir bersamaan, makhluk luar angkasa yang ingin memiliki ibu, dan keajaiban-keajaiban lain yang bisa diciptakan oleh ibu. 5 cerita lainnya juga disuguhkan untuk menunjukkan peran penting ayah dalam melindungi keluarga dan bagaimana berinteraksi dengan anaknya.

    Dengan cerita-cerita ini, anak akan memahami betapa besar kasih sayang orangtua kepada mereka. Selain itu, penggunaan dwibahasa dalam buku cerita anak ini juga bisa sekaligus mengenalkan anak pada bahasa inggris. Dengan gambar dan ilustrasi yang menarik, anak akan betah menikmati buku ini, terlebih jika Ibu dan Ayah yang setia mendampingi si kecil. Bonding antara orangtua dan anak akan semakin kuat. Buku cerita anak yang satu ini cukup mudah didapat di toko buku kesayangan dengan kisaran harga Rp145.000,- atau di sini.

Nah, bagaimana dengan si kecil, apa judul buku favoritnya? Sudahkah Ibu membacakan buku cerita anak untuk si kecil hari ini?

(Dwi Ratih)