Balita

6 Rekomendasi Merk Kacamata Anti Radiasi Untuk Anak

6 Rekomendasi Merk Kacamata Anti Radiasi Untuk Anak

Si kecil yang masih menjalankan sekolah online, tentu membutuhkan gadget seperti handphone dan laptop untuk tetap bisa mengikuti pelajaran di sekolah. Akan tetapi, pernahkah orang tua berpikir akan bahaya dari radiasi gadget tersebut bagi kesehatan mata anak?

Tentu saja, sama seperti orang dewasa apabila si kecil sering terpapar gadget ada kemungkinan matanya pun bisa terkena radiasi. Sebab, mata merupakan bagian tubuh yang sangat krusial bagi anak.

Karena memiliki fungsi yang sangat penting, maka ketika anak terlalu sering terpapar radiasi maka perlu pengamanan khusus seperti memberikan kacamata anti radiasi. Mengingat penggunaan gadget berlebih pada anak-anak dapat merusak fungsi mata. 

Berikut adalah rekomendasi kacamata anti radiasi untuk anak yang bisa Ibu pilih berdasarkan kebutuhan:

Apa yang dimaksud dengan kacamata anti radiasi


Photo source: Ubuy.co.id

Kacamata anti radiasi adalah kacamata yang didesain khusus untuk melindungi mata dari radiasi yang datang dari layar komputer, handphone, serta sinar matahari. Radiasi sendiri merupakan energi yang terdiri atas gelombang atau partikel berkekuatan tinggi.

Umumnya tubuh manusia bisa terpapar oleh 2 jenis radiasi tanpa kita sadari. Seperti radiasi ultraviolet yang datang dari sinar matahari dan radiasi blue light (sinar biru) dari gadget. Nah, melansir All About Vision kacamata anti radiasi ini dapat menyerap dua jenis cahaya tersebut.

Meski kacamata anti radiasi tidak bisa mengurangi paparan radiasi hingga 100%, namun kacamata anti radiasi bisa mengurangi paparan hingga 80% lho Bu. Terutama pada cahaya biru yang terdapat pada paparan gadget.

Nggak hanya itu, kita pun tetap perlu melindungi mata anak dari paparan sinar UV dengan menggunakan kacamata hitam anti radiasi jika sedang melakukan kegiatan di luar rumah. 

Namun, kacamata hitam anak lebih direkomendasikan dengan jenis yang benar-benar sudah terpolarisasi sehingga dapat bekerja maksimal dalam memblokir sinar UVA dan UVB.

Manfaat kacamata anti radiasi


Selain dapat mengurangi paparan sinar biru dari gadget, kacamata anti radiasi punya beragam manfaat sebagai berikut:

  • Meredakan ketidaknyamanan saat menggunakan gadget terlalu lama;
  • Mengurangi si kecil terkena Degenerasi Makula (AMD) atau kebutaan akibat paparan gadget berlebih. Selain itu manfaat kacamata anti radiasi lainnya adalah meminimalisir dari risiko peradangan kornea dan katarak di masa tua;
  • Mencegah mata lelah dan perih jika terlalu lama terpapar gadget; dan
  • Dapat membuat tidur si kecil jadi lebih nyenyak.

Merk kacamata anti radiasi anak

Meskipun menurut penelitian dari American Academy of Ophthalmology belum ada penelitian yang membuktikan bahwa sinar biru bisa memicu kerusakan mata serius. Namun sinar biru dari layar gadget memang terbukti dapat menyebabkan sakit mata dan membuat mata kering. 

Untuk itu menggunakan kacamata anti radiasi untuk anak menjadi hal yang penting dilakukan. Berikut beberapa rekomendasinya:

1. Blueray Zoom

Photo source: Shopee

Blueray Zoom merupakan merk kacamata anti radiasi anak dan dewasa yang cukup banyak peminatnya. Kacamata ini memiliki berbagai pilihan warna-warna yang cerah sehingga cocok digunakan anak ketika bermain gadget dalam waktu yang lama. Selain memiliki warna yang menarik, kacamata ini juga memiliki variasi bingkai yang lentur.

Jadi nggak gampang parah nih Bu, apalagi jika tak sengaja tertiban barang atau mainan si kecil. Selain aman dan tidak mudah rusak, kacamata anti radiasi anak Blueray Zoom ini juga nyaman digunakan anak karena memiliki dua lapisan radiasi Blue Ray.

Nggak hanya itu, merk kacamata anti radiasi anak yang satu ini juga memiliki harga yang terjangkau yaitu sekitar Rp. 45.000-Rp. 48.000 saja sudah satu paket dengan pembersih serta box kacamata.

2. KAITO Keana UV++420 PC Technology

Photo source: Kcmtku.id

Kacamata KAITO Keana UV++420 PC Technology merupakan kacamata yang cocok jika anak memiliki mata minus, silinder atau plus. Sebab kacamata yang satu ini memiliki lensa anti radiasi PC – Kaito UV++ 420 Lens Technology.

Kacamata ini juga bisa menambahkan lensa minus hingga 16.00, silinder 6.00 dan plus 9,5. Nggak hanya itu dari segi kualitas lensa, kacamata ini memiliki lapisan anti gores dan anti silau yang dapat mengurangi risiko tergores.

Dengan berat hanya 14 gram saja, menjadi kacamata yang nyaman digunakan oleh anak karena ringan bila digunakan. Kacamata KAITO Keana UV++420 PC Technology ini bisa Ibu dapatkan dengan harga sekitar Rp.379.000.

3. EZ-Reader Cambridge Teen


Photo source: Popmama

Kacamata EZ-Reader Cambridge Teen sangat cocok digunakan bagi anak yang hobi bermain komputer atau game di gadget mereka. Sebab  kacamata ini memiliki Blue Cut Lenses yang dapat melindungi mata anak dari paparan UV A, UV B, dan bahaya sinar biru, sehingga dapat membantu menjaga kesehatan mata anak.

Selain itu, kacamata ini juga memiliki berbagai pilihan warna yang sangat menarik buat si kecil. Kacamata ini bisa Ibu dapatkan dengan harga sekitar Rp.249.000.

4. Real Kids Screen Shades Bluelight Protection Glasses


Photo source: Tokopedia

Merk kacamata anti radiasi anak yang berasal dari Amerika ini juga bisa menjadi pilihan untuk melindungi anak dari paparan sinar radiasi lho Bu. Kacamata ini juga dapat mengurangi mata lelah, mata kering, dan pusing yang berkepanjangan.

Selain itu, kacamata ini juga membantu anak untuk tidur lebih nyenyak. Nggak hanya itu, Real Kids Screen Shades Bluelight Protection Glasses ini menggunakan lensa yang tidak mudah patah, dan memiliki berbagai pilihan warna yang sangat menarik. 

Ibu bisa mendapatkan kacamata Real Kids Screen Shades Bluelight Protection Glasses ini dengan harga Rp.295.000.

5. Momami Kids Zuper Vision 


Photo source: Mothercare

Kacamata anti radiasi anak Zuper Vision+ Anti Blue Light Glasses ini dapat mengurangi tekanan pada mata dan membantu menjaga mata tetap sehat. Kacamata ini dilengkapi dengan lensa Blue Light dan menggunakan bingkai yang terbuat dari Acetate dan Besi.

Dengan teknologi anti radiasi elektromagnetik, kacamata ini bisa melindungi mata dari jari yang kotor dan droplet di udara. Nah, untuk harga kacamata ini hanya sekitar Rp. 254.000 lho Bu.

6. Xiaomi Mijia Glasses Kids


Photo source: Jd.id

Kacamata Xiaomi Anti Radiasi dilengkapi dengan filter anti sinar biru untuk melindungi mata dari sinar biru dan radiasi UV yang dipancarkan oleh layar komputer atau gadget. Memiliki kaca berkualitas tinggi sekaligus dapat memberi manfaat perlindungan mata lelah dan kering.

Nggak hanya itu, kacamata ini juga dilapisi bahan Anti Oil dan Dust Proof. Sensitivitas dari lensa juga dilengkapi perlindungan UV400, pengurangan sinar, dan anti noda. Kacamata anti radiasi anak yang satu ini dibanderol mulai harga Rp. 225.000.

Editor: Dwi Ratih