Balita

8 Inspirasi Souvenir Ultah Anak, Pasti Terpakai!

8 Inspirasi Souvenir Ultah Anak, Pasti Terpakai!

Ketika hari ulang tahun anak tiba, pastinya jadi hari yang amat membahagiakan untuk anak, dan pastinya orangtuanya. Terbayang kembali ke hari ketika si Kecil lahir, ketika pertama kali Ibu dan Ayah memeluk dan mendengarnya menangis. Momen yang membahagiakan tersebut selayaknya dirayakan setiap tahunnya. 

Berbeda dengan hari ulang tahun kita, di mana meniup lilin bersama keluarga saja rasanya sudah lebih dari cukup, tapi di hari ulang tahun anak pastinya akan ada perayaan, walaupun sederhana. Ibu bakal segera merayakan ulang tahun anak? Yuk, simak tips untuk persiapannya.

Agar perayaan ulang tahun anak berjalan lancar dan berkesan, maka persiapannya mesti matang. Sebagai permulaan, buatlah rancangan kegiatannya. Misalnya, ulang tahun akan diadakan di sekolah, di rumah dengan mengundang teman-teman anak atau hanya merayakan bersama keluarga terdekat saja. Selanjutnya, persiapkan hal-hal berikut.

Menghitung Biaya Acara Ulang Tahun Anak

Ada banyak hal terkait dengan biaya ketika kita hendak menyelenggarakan sebuah acara. Pertama-tama, tentukan dulu batas maksimal biaya yang akan dikeluarkan. Setelah mengetahui dana yang ada, maka hal lainnya akan lebih mudah untuk ditangani. Bagi dana untuk beberapa bagian, contoh, untuk pakaian anak, hadiah untuk anak, dekorasi, makanan, souvenir ultah anak, acara hiburan, dst. Jika Ibu dan Ayah punya biaya besar dan nggak mau repot menyiapkan acara, bisa meng-hire jasa EO. Jangan lupa, sisihkan untuk biaya tak terduga.

Menentukan Jumlah Tamu Undangan Ultah Anak

Setelah tahu berapa dana yang mampu dikeluarkan dan sudah membuat konsep acara, yuk, mengatur tamu yang akan diundang. Jumlah tamu yang diundang harus sesuai dengan dana, ya. Hal ini kaitannya dengan jumlah souvenir dan jumlah makanan yang akan disuguhkan. Hitung dengan baik jumlah makanan dengan tamu yang bakal diundang. Ingat, nih, untuk satu orang anak yang diundang, maka Ibu dan Ayah mesti menyiapkan sajian untuk sekitar dua hingga tiga orang. Karena biasanya, anak bakal datang dengan kedua orangtuanya. Ada juga, yang datang membawa adik atau kakak si tamu undangan, bahkan pengasuhnya. 

Menentukan jumlah tamu juga penting, yaitu untuk memperkirakan kapasitas ruangan. Di acara ulang tahun anak, seringkali ada acara hiburan atau permainan, nah, hal ini pastinya butuh area yang cukup besar.

Menentukan Tema untuk Acara Ulang Tahun Anak

Mau acara jadi meriah? Salah satunya adalah dengan tema. Tema acara, bisa disertakan pada banyak hal. Seperti dekorasi, kue ulang tahun, hidangan (misalnya pada cupcake), pakaian, entertainment (misalnya badut) hingga goodie bag. Tema ini pun bisa banyak macamnya, mulai dari hal yang sederhana, misalnya memakai warna tertentu, hingga menggunakan tema pada seluruh pendukung acara. 

Penggunaan tema juga memengaruhi biaya. Kalau sekadar memakai warna kembaran saja, sih, mungkin biayanya tidak besar, ya, tapi kalau misalnya si anak ingin tema karakter kartun favoritnya, bisa jadi biayanya lebih besar, tuh.

Meriahkan Acara Ulang Tahun dengan Dekorasi

Dekorasi memang nggak wajib, sih, tapi sebuah acara kurang lengkap dan kurang meriah tanpa adanya dekorasi. Mendekor ruangan untuk acara, pastinya membutuhkan biaya. Tapi untuk menghemat biaya, bisa, loh, mencoba ‘DIY’. Selain dengan ‘DIY’, Ibu bisa menghemat biaya dekorasi, misalnya dengan fokus pada area tertentu saja, yaitu di sekitar kue ulang tahun. Misalnya, Ibu dan Ayah bisa menempelkan balon dengan nama anak dan menambahkan hiasan kertas. Penting, nih, buat diperhatikan. Pastikan dekorasi yang dibuat, aman untuk anak-anak, ya. 

Haruskah Ada Kue Ulang Tahun?

Acara ulang tahun anak, belum lengkap tanpa adanya kue ulang tahun. Kue ulang tahun, bisa mengikuti tema, bisa juga tidak. Kue dengan banyak hiasan yang mengikuti tema acara memang terlihat menarik, tapi kue ulang tahun juga mesti enak rasanya, ya. Ketika memilih kue, sebaiknya memesan pada vendor yang sudah pernah Ibu cicipi sebelumnya. Dengan begini, Ibu dan para tamu undangan nggak kecewa dengan rasanya. Jangan lupa, ukuran kue disesuaikan dengan tamu undangan, ya.

Selain kue ulang tahun, Ibu juga bisa menyediakan camilan, seperti cupcake atau cookies misalnya. Jika punya dana lebih, cupcake bisa dijadikan salah satu ide goodie bag.

Dokumentasikan Acara Ulang Tahun Anak

Acara yang meriah dan momen istimewa, bakal susah dikenang jika nggak ada dokumentasinya. Makanya, jangan lupa untuk mengisi baterai kamera atau ponsel. Ibu dan Ayah selaku tuan rumah, pastinya bakal ribet di sepanjang acara, maka ada baiknya, meminta bantuan untuk memotret acara, atau minta dikirimkan jika tamu undangan memiliki foto acara. 

Agar tidak ada yang terlewat, jangan lupa membuat daftar siapa yang akan difoto. Contoh, urutan nomor satu, adalah anak berfoto sendiri, ke dua, adalah giliran anak dengan Ibu dan Ayah, ke tiga, anak berfoto bersama kakek nenek, dsb. Setelah acara selesai, foto yang kemudian dicetak juga bisa menjadi kado yang berkesan untuk anak.

Mengatur Makanan untuk Pesta Ulang Tahun


Apalah artinya perayaan tanpa menyajikan makanan, setuju? Dalam menyajikan makanan, bisa disesuaikan dengan waktu acara. Contoh, jika acaranya diselenggarakan di sekitar jam makan siang, maka jangan lupa menyajikan ‘makan berat’, ya. Atau, jika acara dilakukan di sore hari, maka Ibu bisa memperbanyak camilan atau cake.

Tips Menyajikan Makanan di Acara Ulang Tahun Anak

  • Pastikan ada beberapa pilihan makanan yang tidak pedas;
  • Hindari menyajikan makanan dengan lauk yang sulit bagi anak, misalnya ayam dengan tulang. Sebaiknya gunakan bentuk fillet;
  • Hindari jenis makanan atau camilan yang bisa bikin ‘ribet’, misalnya air mancur cokelat;
  • Jangan lupa sediakan makanan yang juga bisa dinikmati oleh orang tua; dan
  • Jika acara hiburan akan berlangsung cukup lama, sebaiknya menyajikan camilan lebih dulu, agar anak-anak bisa menikmati acara dengan perut terisi.  

Teliti Memilih Souvenir Ultah Anak 

Souvenir ultah anak, rasanya nggak sekadar untuk berbagi kebahagiaan dengan tamu undangan atau sebagai ucapan terimakasih, souvenir seakan menjadi kebanggaan bagi para orang tua. Meskipun bukan suatu kewajiban, tapi rasanya acara ulang tahun anak belum lengkap tanpa adanya bingkisan. Maka nggak heran, jika banyak orang tua yang rela mengeluarkan sejumlah uang untuk menyediakan bingkisan ini.

Menyediakan goodie bag juga susah-susah gampang. Ada beberapa hal yang bisa jadi pertimbangan Ibu dalam memilih isi goodie bag untuk acara ulang tahun anak, misalnya:

  1. Menyesuaikan dengan tema
    Goodie bag yang juga mengikuti tema, pastinya bikin acara semakin meriah dan lengkap. Susunan goodie bag juga bisa menjadi salah satu bagian dari dekorasi.
  2. Sesuaikan dengan usia anak
     
    Untuk menghindari mubazir, jangan lupa menyesuaikan souvenir ultah dengan usia anak.
  3. Jangan asal banyak
    Seringkali goodie bag diisi dengan banyak hal, mulai dari minuman ringan hingga aneka camilan, semua dijejalkan agar goodie bag terlihat menarik dan berlimpah. Padahal, isi goodie bag nggak harus banyak, loh. Tapi, jika Ibu punya dana terbatas, trik goodie bag berisi camilan ini bisa dicoba.
  4. Bermanfaat
    Sebaiknya, goodie bag berisi sesuatu yang bermanfaat. Hal ini untuk mencegah bingkisan yang kita berikan tidak terpakai. 
  5. Tidak mencantumkan nama anak yang berulang tahun
    Sama seperti poin sebelumnya, supaya suvenir yang kita berikan bisa bermanfaat bagi yang menerima, ada baiknya kita nggak mencantumkan nama anak yang berulang tahun pada suvenir tersebut. Sama seperti suvenir pernikahan, seringkali suvenir tersebut ‘malas’ kita pakai karena ada nama pengantinnya, kan? Jika Ibu tetap ingin mencantumkan nama anak, cukup pada tag-nya saja.
  6. Murah tapi tidak murahan
    Perlu dicari dengan teliti, agar barang yang kita berikan sesuai dengan dana yang ada. Goodie bag tidak harus mahal, tapi akali agar nggak terlihat murahan.

Ide Souvenir Ultah Anak yang Menarik dan Bermanfaat

Mau ide untuk souvenir ultah anak yang akan datang? Coba, deh, simak referensi dari kami di bawah ini.

  1. Masker
    Apa, sih, salah satu benda yang menjadi kebutuhan sehari-hari saat ini? Masker. Jika dana Ibu terbatas, Ibu bisa memberikan beberapa masker anak untuk suvenir. Jika punya dana lebih, bisa banget, loh, membuat masker anak custom. Agar lebih menarik, Ibu bisa membuat masker dengan hasil gambar anak. Jangan lupa, ya, batasi tamu undangan dan tetap mengikuti protokol kesehatan jika membuat acara dalam waktu dekat. 
  2. Cookie cutter
    Ide suvenir bermanfaat selanjutnya adalah cookie cutter atau cetakan kue. suvenir seperti ini dijamin ada manfaatnya dan harganya cukup murah. Anak bisa menggunakan cookie cutter ini untuk bermain sambil belajar, misalnya membuat kue di akhir pekan bersama Ibu. Selain itu, Ibu juga bisa memanfaatkan cookie cutter ini. Cookie cutter untuk anak sebaiknya yang berbahan plastik tebal, ya, karena yang berbahan logam, terkadang ada sisi yang tajam dan bisa bikin tangan anak luka.
  3. Benih tanaman
    Mau suvenir yang beda dari yang lainnya? Ibu bisa coba memberi benih tanaman sebagai isi goodie bag. Ide menanam mudah ini mulai muncul setelah maraknya menanam dengan sistem hidroponik. Biasanya, berisi benih herba atau pun micro greens. Menanam benih bisa jadi hal mengasyikkan buat anak, selain itu berkebun juga bisa membantu melatih tanggung jawab anak. 
  4. Sajadah
    Ide goodie bag berisi sajadah, bisa dijadikan sebagai salah satu bingkisan bermanfaat lainnya. Ide ini pas, nih, untuk diberikan pada anak-anak usia TK. 
  5. Tote bag
    Tote bag, bisa diberikan untuk anak-anak usia TK atau pun SD. Tote bag ini bisa dipakai untuk membawa bekal ke sekolah. Bikin tote bag nggak harus mahal, kok. Tote bag dengan bahan blacu, harganya murah. Kalau mau lebih bagus, bisa disertakan gambar.
  6. Puzzle
    Puzzle, judulnya mungkin adalah mainan ya, tapi jenis mainan yang bagus buat anak tentunya. Bermain puzzle banyak manfaatnya buat anak. Misalnya, seperti yang kami kutip dari situs illinoisearlylearning.org, bermain puzzle melatih motorik halus, problem solving, ketekunan, dst. 
  7. Lunch box
    Kotak makan atau botol minum, bisa jadi ide yang bagus juga, nih, Bu, karena bisa dimanfaatkan dengan baik oleh penerimanya. Supaya lebih ‘aman’, pilih warna yang gambar yang netral, jadi, bisa digunakan oleh anak laki-laki dan perempuan.
  8. Celengan
    Daripada memberi mainan yang mudah rusak atau pun sekantong camilan manis, lebih baik diganti dengan celengan, loh, Bu. Mungkin dengan bingkisan ini, Ibu bisa bikin anak-anak menjadi semangat menabung.

Itulah beberapa ide untuk dijadikan souvenir ultah anak. Ibu bakal pilih yang mana nih?

Penulis: Stephanie Firdaus
Editor: Dwi Ratih