Balita

Ide Cemilan Sehat Untuk Balita 1-3 Tahun, Kaya Manfaat!

Ide Cemilan Sehat Untuk Balita 1-3 Tahun, Kaya Manfaat!

Bingung mencari ide cemilan sehat untuk balita di rumah? Ibu tidak lagi perlu pusing. Pasalnya, cemilan sehat untuk balita di usia satu sampai tiga tahun bisa sangat beragam. 

Dikutip dari Healthline, cemilan sehat untuk balita bisa diberikan dua kali dalam sehari pada jeda waktu makan utamanya. Hal ini dilakukan agar si kecil tidak merasa kelaparan sebelum jam makan utama dan terbiasa dengan pola makan yang sehat.

Kira-kira cemilan sehat apa saja ya yang bisa diberikan untuk balita usia satu sampai tiga tahun? Let's check it out!

Cemilan sehat untuk balita 1 tahun

Mengutip dari hasil riset American Academy of Pediatric, saat balita mencapai usia 1 tahun, mereka membutuhkan sekitar 1.000 kalori, 700 mg kalsium, 600 IU vitamin D, dan 7 mg zat besi setiap hari untuk mendukung pertumbuhan yang optimal. 

Oleh karena itu, selain mempersiapkan menu makan utama yang tepat, Ibu juga perlu memberikan cemilan sehat untuk balita 1 tahun. Beberapa ide cemilan sehat untuk balita 1 tahun, antara lain:

1. Buah bertekstur lembut

Buah-buahan bertekstur lembut, seperti pisang, pepaya, dan alpukat adalah pilihan cemilan sehat untuk balita 1 tahun yang tepat. Selain memiliki cita rasa yang lezat, buah-buahan tersebut juga kaya akan vitamin dan serat yang bisa melancarkan pencernaan. 

Ibu bisa memotong dadu buah-buahan tersebut, sehingga mudah dikonsumsi si kecil.

2. Sayuran yang dikukus

Selain buah, Ibu juga bisa memberikan sayuran yang dikukus sebagai alternatif cemilan sehat untuk balita 1 tahun. Misalnya, brokoli, wortel, dan buncis. Ketiga sayuran ini bisa dipotong seukuran genggaman si kecil, kemudian dikukus hingga lunak agar mudah digigit.

3. Telur

Satu lagi cemilan sehat untuk balita 1 tahun yang kaya manfaat, yaitu telur. Bahan makanan ini mampu mendukung kesehatan mata dan perkembangan otak secara optimal. 

Selain itu, telur juga kaya akan protein, lemak sehat, dan sejumlah nutrisi lainnya yang dibutuhkan untuk proses tumbuh kembang si kecil. Berikan telur rebus yang sudah dipotong kecil atau telur orak-arik sebagai cemilan sehat untuk balita 1 tahun di rumah.

Cemilan sehat untuk balita 2 tahun

Pada balita usia 2 tahun, kemampuan makannya memang sudah jauh lebih baik daripada di usia sebelumnya. Akan tetapi, kapasitas lambung mereka masih kecil. 

Itulah sebabnya cemilan sehat untuk balita 2 tahun bertujuan menyediakan energi, sehingga si kecil tidak terlalu lapar di antara waktu makan. Pilihan cemilan sehat untuk balita 2 tahun yang direkomendasikan, yaitu:

1. Umbi-umbian

Umbi-umbian, seperti kentang, ubi ungu dan labu, bisa diberikan sebagai cemilan sehat untuk balita 2 tahun. Kandungan serat dan karbohidrat di dalam umbi-umbian bisa dijadikan sumber cadangan energi bagi si kecil. 

Untuk menyajikannya sebagai camilan, Ibu bisa mengukus atau merebus umbi-umbian tersebut hingga matang, lalu potong dadu agar mudah dimakan si kecil.

2. Keju

Cemilan sehat untuk balita 2 tahun juga bisa berupa keju. Perlu diketahui, keju termasuk salah satu sumber protein, lemak, dan kalsium yang baik untuk mendukung pertumbuhan si kecil. Ibu bisa memberikan keju yang dipotong-potong atau diparut sebagai cemilan sehat si kecil.

3. Tahu

Jarang disadari, tahu ternyata bisa dipilih sebagai menu cemilan sehat untuk balita 2 tahun. Sumber protein nabati ini diperkaya zat besi dan kalsium yang baik untuk kesehatan tulang dan gigi si kecil. Ibu bisa menyajikan tahu yang telah dikukus, diberi bumbu, dan dipotong dadu sebagai cemilan di sela-sela waktu makan utama si kecil.

Cemilan sehat untuk balita 3 tahun

Balita di usia 3 tahun sedang tumbuh pesat, sehingga lebih mudah merasa lapar sebelum waktu makan tiba. Sayangnya, banyak makanan ringan kemasan untuk balita yang kurang menyehatkan. 

Dengan demikian, Ibu perlu selektif dalam memberikan cemilan sehat untuk balita 3 tahun. Berikut daftar cemilan sehat dan lezat untuk si kecil:

1. Kacang-kacangan

Kacang-kacang kaya akan lemak sehat, serat, dan antioksidan yang berperan penting untuk mendukung pertumbuhan balita. Ibu bisa mempertimbangkan kacang hijau, almond, maupun kacang kedelai sebagai cemilan sehat untuk balita 3 tahun. 

Selain dikonsumsi langsung, ketiga jenis kacang tersebut juga bisa diolah sebagai hidangan lain yang lebih menggugah selera. Misalnya, bubur kacang hijau, susu almond, dan susu kedelai.

2. Yogurt

Yogurt adalah cemilan sehat untuk balita 3 tahun karena merupakan sumber protein dan kalsium yang baik. Kalsium sangat penting untuk perkembangan tulang dan gigi si kecil. 

Beberapa yogurt juga mengandung bakteri hidup, yang bermanfaat memperlancar sistem pencernaan. Yogurt sendiri bisa diberikan sebagai minuman dingin yang menyegarkan di siang atau sore hari.

3. Kismis

Kismis mengandung zat besi dalam jumlah yang tinggi. Selain itu, cemilan sehat untuk balita 3 tahun ini juga mengandung asam oleanolic, yang mampu melindungi kesehatan gigi si kecil. Cita rasa manis asam yang khas dari kismis tentu menarik bagi balita yang selalu ingin bereksplorasi, termasuk dalam hal menu makanan.

Dengan beragam pilihan cemilan sehat untuk balita tadi, Ibu tidak perlu khawatir atau kehabisan cara memberikan menu cemilan yang sehat. Selamat mencoba, ya!

Editor: Dwi Ratih