Balita

Jangan Sia-Siakan Manfaat dan Merk Yogurt Untuk Anak Terbaik

Jangan Sia-Siakan Manfaat dan Merk Yogurt Untuk Anak Terbaik

Yogurt untuk anak memiliki banyak khasiat. Selain itu, yogurt untuk anak merupakan pilihan yang tepat bila Ibu ingin memberikan cemilan sehat untuk si kecil. Melansir dari laman Healthline, para pakar menyetujui bahwa saat yang tepat memberikan anak yogurt adalah sejak ia memulai makanan padat pertamanya pada usia enam bulan. Tekstur yogurt yang lembut dengan rasa yang enak biasanya akan disukai bayi dan juga anak-anak. 

Yogurt adalah produk susu yang dibuat melalui fermentasi bakteri asam laktat dengan suhu yang harus dikontrol. Yogurt sendiri dapat dibuat dari berbagai macam jenis susu, seperti susu sapi bahkan susu kedelai. Rasa yang ditawarkan saat ini juga cukup beragam, dari mulai rasa tawar (plain) yang alami, rasa buah, rasa vanilla, hingga rasa coklat.

Yogurt untuk anak yang ada dipasaran saat ini sudah sangat beragam dari jenis hingga rasa yang lezat. namun perlu diingat bahwa tidak sembarang yogurt bisa diberikan untuk si kecil. Mengutip dari laman Sleep Baby, sebaiknya Ibu memilih yogurt untuk anak dengan kandungan susu murni karena memiliki kandungan lemak baik yang tinggi. Kalau ingin mencoba yogurt untuk anak dengan beragam variasi merk yang ada dipasaran, yang wajib Ibu perhatikan adalah kandungan gula dan zat lainnya (pati, sirup fruktosa, ataupun zat aditif lainnya). Yogurt dengan kandungan gula yang cukup tinggi atau perasa buatan tidak baik untuk kesehatan si kecil.

Manfaat Utama Yogurt untuk Anak

Karena yogurt untuk anak dapat mulai dikonsumsi sejak si kecil berusia 6 bulan, maka Ibu bisa memberikan yogurt dengan rasa plain terlebih dahulu ya untuk si kecil. Yogurt dengan pilihan rasa buah dan rasa lainnya dapat diberikan ketika ia telah mencapai usia satu tahun atau lebih. Masih dari sumber yang sama, berikut ini ada tiga manfaat yogurt untuk anak yang utama:

  • Yogurt Memiliki Kandungan Protein yang Tinggi

    Sumber protein yang tinggi salah satunya ada pada yogurt. Selain protein, yogurt juga mengandung vitamin B serta mineral yang penting untuk tubuh. Lemak yang terkandung pada yogurt pun jumlahnya hampir sama dengan segelas susu.

  • Yogurt Kaya Prebiotik

    Jangan takut memberikan yogurt untuk anak karena khawatir ia akan sakit perut, justru yogurt memiliki kandungan prebiotik yang sangat bagus untuk kesehatan usus anak. Memberikan yogurt untuk anak akan membantu perutnya mengenali mana bakteri jahat dan bakteri baik dimana bakteri baik digunakan untuk membantu pencernaan lebih lancar.

  • Kandungan Laktosa Yogurt Lebih Sedikit

    Yogurt yang alami memiliki kandungan laktosa lebih sedikit dibandingkan susu murni. Ada baiknya Ibu memilih jenis greek yoghurt yang memiliki kandungan gula sedikit dan protein yang tinggi. Namun Ibu tetap harus berkonsultasi pada dokter bila ingin memberikan yogurt untuk anak dengan kondisi intoleransi laktosa ya supaya lebih aman.

Manfaat Lain Yogurt untuk Kesehatan


Selain tiga manfaat utama yogurt di atas, ternyata yogurt memiliki manfaat lain yang tidak kalah bagus untuk kesehatan kita, melansir dari laman Alodokter, berikut rinciannya:

  • Bagus untuk Diet

    Sedang diet dan ingin mengkonsumsi cemilan enak? Saatnya beralih ke menu cemilan sehat dan enak seperti yogurt! Selain menyehatkan, yogurt diklaim mampu membuat perut terasa kenyang dengan waktu yang lebih lama. Bila Ibu sedang berusaha menjaga berat badan atau ingin mengganti cemilan dengan yang lebih sehat, maka yogurt bisa menjadi pilihan jitu.

  • Membantu Menjaga Stamina

    Menjaga stamina dan menguatkan sistem imun sangat dibutuhkan saat ini, salah satu hal yang dapat dilakukan selain olahraga adalah mengkonsumsi makanan sehat penuh gizi seperti yogurt. Selain prebiotik, yogurt ternyata mengandung magnesium, selenium, dan zinc yang dapat membantu menjaga imunitas tubuh. 

  • Mencegah Sakit pada Tulang

    Sakit tulang memang cukup mengganggu saat kita perlu untuk menjalani aktivitas harian. Membiasakan minum yogurt dapat mencegah sakit tulang hingga osteoporosis karena yogurt punya kandungan kalsium dan vitamin D. Penelitian juga mengatakan bahwa lansia akan memiliki kepadatan dan kekuatan tulang yang lebih baik bila rutin mengkonsumsi yogurt. Manfaat yogurt ternyata cukup banyak ya, Bu, tinggal pilih saja nih rasa yogurt yang paling disukai.

Referensi Merk Yogurt Untuk Anak


Yogurt yang dijual saat ini bentuknya macam-macam, ada yang lebih cair dan dikemas botolan sehingga bisa langsung diminum, ada yang dikemas dalam cup tertentu dengan tekstur yang kental, lalu ada juga yogurt yang dijual dalam kemasan jumbo dan dapat digunakan berulang kali bila penyimpanannya tepat. Kira-kira merk yogurt apa aja sih yang baik dikonsumsi dan termasuk best seller di Indonesia? Dilansir dari berbagai sumber, Ibupedia punya referensinya nih. Langsung disimak aja yuk:

  1. Elle & Vire Yogurt

    Merk yang satu ini sudah terkenal sebagai merk yogurt yang bagus digunakan untuk memenuhi gaya hidup sehat. Varian rasanya tidak hanya rasa tawar (plain) saja, namun juga dilengkapi dengan varian rasa lainnya dan yang paling disukai dari yogurt ini adalah potongan buahnya lebih banyak dibandingkan merk lainnya. Karena tekstur yang lembut dan kaya akan buah, maka tak salah bila Ibu ingin memberikan yogurt untuk anak merk ini. Harganya juga cukup terjangkau, sekitar 12,000 rupiah saja.

  2. Yummy Greek Yogurt

    Kalau sedang diet, Yummy Greek Yogurt ini cocok banget dikonsumsi saat sedang lapar karena memiliki tekstur yang lebih padat daripada merk yogurt lainnya sehingga akan membuat Ibu kenyang lebih lama. Selain itu, protein pada yogurt merk ini juga lebih tinggi dibandingkan dengan karbohidrat yang terkandung di dalamnya. Tak hanya untuk Ibu, merk ini merupakan salah satu rekomendasi yogurt untuk anak yang rendah gula. Harganya bervariasi, dari mulai 15,000 hingga 50,000 rupiah tergantung dari ukurang yang dipilih.

  3. Yummy Bites Yogurt

    Yummy Bites Yogurt adalah merk yogurt untuk anak yang sudah tidak diragukan lagi kualitasnya. Yogurt Yummy Bites memiliki tekstur yang menarik dan berbeda dengan yogurt jenis lainnya karena tidak cair melainkan berupa potongan yang dapat dikunyah (bites). Yogurt ini dapat diberikan juga untuk cemilan sehat bayi Ibu (dapat diberikan sejak usia 6 bulan atau lebih). Harganya kisaran 30,000 hingga 80,000 rupiah ya.

  4. Biokul Yogurt Plain

    Yogurt yang ngga cuma bisa dimakan tapi bisa juga dijadikan masker adalah Biokul Yogurt. Yogurt jenis ini punya rasa plain yang khas dan dapat dipadukan dengan bahan lainnya untuk dijadikan masker. Siap-siap memiliki kulit glowing dan sehat ya Bu setelah menggunakan yogurt ini. Kisaran harganya juga beragam tergantung ukuran dan paling mahal dibandrol hingga 77,000 rupiah.

  5. Biokul Greek Yogurt

    Jenis greek yogurt memang dianggap yang paling baik karena kandungan gulanya yang sedikit dan protein yang cukup tinggi. Memenuhi kebutuhan akan hal ini, Biokul juga mengeluarkan yogurt yang bagus seperti jenis Biokul Greek Yogurt ini. Tekstur yogurt ini sangat creamy dengan rasa yang tidak terlalu asam, rendah lemak, namun tetap tinggi kalsium. Selain untuk diet, dapat juga dijadikan yogurt untuk anak sebagai cemilan sehat kapan saja. Harga yogurt ini cukup tinggi dengan kisaran mencapai 200,000 rupiah tergantung ukuran yang dipilih.

  6. Greenfields Yogurt

    Meski tak se-creamy yogurt lainnya, namun Greenfields yogurt juga menjadi salah satu primadona merk yogurt yang paling banyak disukai. Teksturnya yang ringan lebih mudah diteguk dan dirasakan oleh tubuh. Dari sergi rasa, yogurt ini lebih manis bila dibandingkan dengan jenis lain seperti greek yogurt. Pilihan rasa buahnya banyak dan bukan berupa potongan, namun cenderung menyatu dengan yogurt-nya. Harga yogurt ini per cup-nya adalah di bawah 50,000 rupiah tergantung ukuran yang dibeli.

  7. Heavenly Blush Yogurt

    Setipe dengan Greenfields Yogurt, Heavenly Blush Yogurt menawarkan kemasan yogurt yang mudah dibawa kemana saja dengan bentuk kemasan yang menarik. Tekstur yogurt ini lebih cair dan encer dengan varian rasa yang cukup beragam juga. Bila ingin menikmati yogurt ini, Ibu dapat membelinya di supermarket sekitar dengan kisaran harga mulai dari 5,500 rupiah saja. Wah cukup terjangkau ya.

  8. Emmi Greek Yogurt

    Ingin memberikan yogurt untuk anak dengan rasa dan harga yang lebih premium? Emmi Greek Yogurt adalah pilihan tepat. Sama seperti jenis greek yogurt lainnya, tekstur yogurt Emmi juga kental dan lembut dengan rasa alami serta buah-buahan. Untuk satu cup ukuran kecil dibandrol dengan harga 50,000an rupiah. Mau coba?

  9. Cimory Yogurt Drink

    Cimory dapat dikatakan menjadi merk paling dikenal masyarakat luas karena dapat ditemukan dengan mudah diberbagai bentuk supermarket. Untuk variasi drink ini memiliki tekstur yang tidak kental dan dapat diteguk langsung tanpa harus nyangkut di leher alias susah ditelan. Yogurt untuk anak ini selain terjangkau juga memiliki rasa manis dan kaya akan buah-buahan. Kandungan kalium dan sodium pada yogurt Cimory cukup tinggi sehingga dapat membantu menjaga imunitas dalam tubuh. Bakteri asam laktat pada Cimory juga baik untuk mengontrol kolesterol jahat. Harganya juga terjangkau sekali, yaitu mulai dari 6000 rupiah saja.

  10. Cimory Yogurt Squeeze

    Ingin mencoba jenis yang hampir mirip dengan greek yoghurt dengan harga yang cukup terjangkau? Ibu bisa mencoba Cimory Yogurt Squeeze dengan banyak varian rasa buah yang menyegarkan. Jenis ini lebih kental daripada Cimory Yogurt Drink, namun lebih encer bila dibandingkan dengan merk greek yogurt pada umumnya. Produk keluaran terbaru ini juga masuk dalam kategori yogurt untuk anak, jadi sangat boleh diberikan untuk si kecil. Harganya pun juga terbilang murah, yaitu kisaran 10,000 rupiah saja tergantung toko yang menjualnya.

Reaksi Alergi Akibat Yogurt


Walaupun yogurt memiliki banyak manfaat, namun Ibu sebaiknya tetap waspada karena beberapa bayi akan mengalami reaksi alergi setelah mengkonsumsi yogurt. Reaksi alergi ini sering kali terjadi pada bayi atau anak-anak yang intoleran terhadap laktosa terutama terhadap produk susu sapi, jadi sebelum memberikan yogurt untuk anak, ada baiknya Ibu memperhatikan hal-hal berikut ini, dikutip dari laman Health Line:

Bila reaksi di atas terlihat pada si kecil, maka sebaiknya Ibu langsung membawa si kecil ke dokter. Tetapi bila Ibu ingin tahu apakah anak Ibu mengalami reaksi alergi terhadap yogurt, Ibu dapat mengeceknya dengan menunggu selama tiga hari setelah yogurt diberikan kepada si kecil. Kalau dirasa setelah tiga hari aman dan tidak terjadi reaksi alergi apapun, maka yogurt dapat dikonsumsi kembali.

Penulis: Novia Luciana
Editor: Dwi Ratih