Balita

Infeksi Jamur Bisa Timbulkan Bercak Putih Pada Mulut Bayi, Lho!

Infeksi Jamur Bisa Timbulkan Bercak Putih Pada Mulut Bayi, Lho!

Jamur sangat rentan menginfeksi bagian tubuh manusia termasuk salah satunya rongga mulut. Sayangnya, infeksi jamur di mulut ini rentan dialami oleh bayi.

Apalagi bayi masih belum memiliki kekebalan tubuh yang kuat. Sehingga ia sangat rentan mengalami berbagai macam penyakit termasuk infeksi jamur.

Infeksi jamur di rongga mulut bayi biasanya ditandai dengan munculnya bercak putih pada mulut bayi. Hal ini terjadi akibat penumpukan jamur bernama Candida Albicans yang juga menjadi penyebab kandidiasis oral atau oral thrush di mulut bayi.

Oral thrush tidak hanya bisa menimbulak bercak putih di mulut bayi. Namun juga bisa menyebar ke rongga mulut lain seperti langit-langit mulut, lidah, gusi hingga tenggorokan.

Meski begitu, bercak putih pada mulut bayi biasanya tidak berbahaya dan bisa diatasi dengan berbagai cara yang dirangkum dalam ulasan berikut.

Mengapa bercak putih pada mulut bayi bisa muncul? 

Bercak putih pada mulut bayi sejatinya bisa terjadi nggak hanya pada bayi, melainkan juga pada orang dewasa. Akan tetapi, pada bayi sendiri hal ini merupakan kondisi yang sangat umum.

Melansir Very Well Health bercak putih pada mulut bayi bisa terjadi pada bayi mulai usia 1-9 bulan. Bahkan menurut beberapa penelitian, 37% bayi di dunia pasti pernah mengalami hal tersebut di awal kehidupannya.

Tidak peduli jenis kelamin bayi dan dengan metode apa bayi dilahirkan (persalinan caesar atau persalinan pervaginam). Oral thrush juga sangat umum terjadi pada bayi yang mengonsumsi ASI maupun susu formula.

Bercak putih pada mulut bayi ini terjadi akibat penumpukan jamur bernama Candida Albicans yang memang secara alami hidup di dalam rongga mulut manusia. Namun, pada bayi yang sistem kekebalan tubuhnya belum terbentuk sempurna membuat jamur tersebut jadi tumbuh subur tak terkendali.

Sehingga menumpuk di dalam rongga mulut. Apalagi rongga mulut bayi masih cenderung gelap, hangat dan lembut. Dimana hal tersebut justru menjadi lingkungan yang tepat bagi jamur Candida Albicians untuk makin berkembang biak.

Tanda-tanda bercak putih pada mulut bayi

Jika melansir Pregnancy Birth Baby bercak putih pada mulut bayi biasanya timbul di beberapa bagian rongga mulut. Misalnya seperti;

  • Pipi bagian dalam
  • Lidah
  • Gusi
  • Langit-langit mulut
  • Tenggorokan dan amandel

Nah, biasanya bercak putih pada mulut bayi makin terlihat menebal seperti undakan atau benjolan. Pada beberapa kasus, bercak putih pada mulut bayi juga membuat si kecil jadi lebih rewel akibat susah menelan, mengalami sariawan hingga muncul kulit pecah-pecah dan kemerahan di ujung mulut atau bibir.

Meski begitu, bercak putih pada mulut bayi biasanya tidak akan menular kecuali jika beberapa bayi berkumpul dan sering menggigit satu mainan seperti; teether, boneka, botol susu dan lain sebagainya.

Cara membersihkan bercak putih di lidah 

Sebenarnya bercak putih di lidah bayi akan hilang dengan sendirinya dalam hitungan minggu. Namun melansir Kids Health beberapa cara ini mungkin bisa dilakukan untuk mengurangi bercak putih pada mulut bayi agar tidak semakin mengganggu:

1. Pemberian obat anti jamur

Pada beberapa kasus, dokter mungkin akan memberikan obat anti jamur yang berfungsi meluruhkan pertumbuhan jamur berlebih di dalam mulut bayi. Obat ini biasanya diberikan dengan cara di oles di lidah atau rongga mulut lain yang terinfeksi jamur menggunakan aplikator seperti spons. Namun perlu diingat bahwa pemberian obat ini harus dilakukan dengan saran dari dokter ya Bu!

2. Memberikan yoghurt

Yoghurt sendiri mengandung bakteri baik bernama Lactobacillus yang dapat membantu menghilangkan jamur di mulut anak. Bakteri ini juga bisa berfungsi meluruhkan jamur Candida Albicans yang menyebabkan bercak putih pada mulut bayi.

3. Konsultasi ke dokter

Terutama apabila bercak putih pada mulut bayi terus terjadi hingga bayi berusia 9 bulan. Segera ke dokter untuk mengetahui adanya gangguan kesehatan lain yang mungkin tengah mengintai si kecil.

Cegah oral thrush dengan cara ini


  • Bersihkan botol dan dot bayi secara rutin menggunakan air panas atau alat steril khusus untuk mencegah bayi terinfeksi jamur penyebab bercak putih pada mulut bayi.
  • Simpan botol bayi di wadah yang tertutup rapat agar tidak kembali terinfeksi.
  • Saat bayi diberikan ASI secara langsung melalui payudara Ibu, pastikan selalu menjaga kebersihan area sekitar puting. Jika Ibu mengalami luka pada puting, mintalah resep obat anti jamur yang di oles sekitar putih untuk mencegah timbulnya bercak putih pada mulut bayi.


Editor: Atalya