Balita

Kenali 5 Tanda-Tanda Anak Bertalenta yang Dimiliki Si Kecil

Kenali 5 Tanda-Tanda Anak Bertalenta yang Dimiliki Si Kecil

Dengan mengenali tanda-tanda anak bertalenta, Ibu dan pasangan dapat mengarahkan si kecil dengan lebih tepat. 

Anak bertalenta adalah anak yang lahir dengan kemampuan natural yang di atas rata-rata jika dibandingkan dengan anak seusianya. Jika si kecil bertalenta, biasanya Ibu akan menyadarinya dari cara ia belajar dan berkembang.

Anak bertalenta bisa jadi tidak hanya berbakat di satu bidang saja, tetapi juga berbakat di bidang yang lain. Sebagai contoh, anak yang memiliki bakat kreatif, bisa jadi ia juga berbakat dalam hal intelektual.

Tidak hanya itu, anak bertalenta memiliki tingkatan juga. Ada anak yang berbakat dengan kemampuan jauh di atas rata-rata dibandingkan yang lain. Ada juga anak bertalenta namun dia memiliki keterbatasan,  misalnya anak autis.

Bakat menjadi talenta saat mereka diarahkan dengan baik

kenali-5-tanda-tanda-anak-bertalenta-yang-dimiliki-si-kecil-1

Ini artinya bakat seorang anak berubah menjadi talenta saat orangtua mendukung bakat alami mereka agar terus diasah dengan cara terus berkonsentrasi dan berlatih. 

Sebagai contoh, jika Ibu merasa si kecil berbakat di bidang musik, dengan memberikannya akses mempelajari alat musik akan membuat bakat mereka berkembang dan berubah menjadi talenta.

Banyak hal yang mempengaruhi bakat si kecil berubah menjadi tanda-tanda anak bertalenta seperti nilai yang berlaku dalam keluarga, kesempatan untuk belajar, motivasi, dan model kepribadiannya.

Tanda-tanda anak bertalenta

kenali-5-tanda-tanda-anak-bertalenta-yang-dimiliki-si-kecil-2

Seperti yang dilansir dari Raising Children, Ibu biasanya mulai menyadari tanda-tanda anak bertalenta saat ia berusia 6 tahun. Namun ini tidak menutup ciri-ciri anak bertalenta baru ditemui oleh anak saat usianya lebih besar.

Apa saja tanda-tanda anak bertalenta?

1. Lebih sensitif dan sering menggunakan firasatnya

Ciri anak bertalenta pertama adalah keadaan emosional mereka yang lebih sensitif bahkan sering menggunakan firasatnya. Ini menunjukkan si kecil memiliki sisi emosional yang peka dan bereaksi secara mendalam. 

Bahkan, mereka juga sudah menunjukkan kepedulian terhadap isu sosial hingga masalah ketidakadilan. Kepekaannya ada pada sisi emosionalnya yang memaksimalkan keseimbangan fungsi kognitif yang ada pada dirinya.

2. Memiliki daya konsentrasi yang baik

Ciri anak bertalenta berikutnya adalah memiliki daya konsentrasi yang baik. Ia dapat berkonsentrasi dalam waktu yang panjang saat mengerjakan sesuatu. 

Ini terlihat dari saat ia melakukan aktivitas yang sesuai dengan potensi dirinya. Padahal, konsentrasi adalah hal yang sulit dilakukan oleh anak berusia dini.

Tanda-tanda anak bertalenta berupa mampu berkonsentrasi ini menunjukkan mereka mampu berkonsentrasi sangat baik dalam pelajaran atau kegiatan lainnya, terutama fokus terhadap sesuatu yang menjadi minatnya.

3. Memiliki kosakata yang lebih banyak dari anak seusianya

Banyaknya kosakata yang dimiliki si kecil bisa jadi merupakan salah satu dari banyak tanda-tanda anak bertalenta. Ini menunjukkan ia memiliki intelegensi verbal yang terasah dengan baik. 

Selain itu, ia juga dapat berkomunikasi secara verbal dengan sangat baik bahkan cenderung berbicara dengan orang dewasa karena anak-anak seusianya kerap tidak dapat memahami perkataannya.

4. Memiliki ketertarikan tinggi di dunia seni dan musik

Tanda-tanda anak bertalenta lainnya adalah si kecil menunjukkan minat yang luar biasa pada dunia seni dan musik. Ia senang berimajinasi dan menghasilkan karya tak terduga. 

Selain itu bagi si kecil yang bertalenta musik biasanya menunjukkan bahwa ia mampu mengenali nada dengan cepat, bernyanyi sesuai nada, bahkan memainkan alat musik tanpa perlu banyak belajar. Kemampuan seni dan musik yang ia miliki di atas rata-rata jika dibandingkan dengan anak seusianya.

5. Cekatan dalam menggali informasi

Tanda-tanda anak bertalenta berikutnya adalah memiliki pengamatan yang tajam. Mereka mampu mendengarkan dan menganalisis serta menggali informasi dari lingkungannya. Mereka juga responsif dan berpikir secara tangkas.

Mendukung bakat dan talenta anak

kenali-5-tanda-tanda-anak-bertalenta-yang-dimiliki-si-kecil-3

Anak bertalenta mungkin terlihat lebih mudah dalam melakukan hal yang sesuai talentanya. Namun, ini berlaku jika si kecil mendapatkan arahan yang tepat saat orang tua memahami tanda-tanda anak bertalenta. Contohnya:

Tidak memiliki banyak kesamaan dengan anak-anak seusianya. Misalnya anak bertalenta memiliki ketertarikan yang tidak biasa. Mereka bisa jadi frustasi saat bersosialisasi dengan anak seusianya

Merasa bosan saat berada di sekolah atau bahkan bolos di jam pelajaran dimana mereka merasa sudah memahaminya

Menggunakan kemampuan verbal mereka yang tinggi untuk berdalih dengan orang lain, terutama saat mereka mengelak untuk tidak melakukan hal yang tidak diingini

Merasa terbebani dengan peraturan. Sebagai contoh, mereka kerap memiliki solusi kreatif saat menghadapi masalah

Memiliki perasaan yang sangat sensitif jika dibandingkan dengan anak seusianya. Sebagai contoh, anak berbakat bisa sangat sedih saat seekor serangga mati

Dapat menyembunyikan rasa ketertarikan pada sesuatu hanya agar mereka diterima di lingkungan pertemanan

Membesarkan anak bertalenta

kenali-5-tanda-tanda-anak-bertalenta-yang-dimiliki-si-kecil-4

Saat Ibu melihat tanda-tanda anak bertalenta pada si kecil, Ibu harus berusaha untuk mengarahkannya dengan benar. Membimbing anak bertalenta bisa jadi sangat menyenangkan. Tapi juga sebuah pekerjaan besar yang membutuhkan waktu, uang, bahkan energi.

Memperhatikan diri sendiri juga membantu Ibu dalam membesarkan anak bertalenta. Ibu dapat merawat diri sendiri dengan cara makan yang cukup, melakukan aktivitas fisik yang cukup, beristirahat, dan melepas stres.

Editor: Dwi Ratih