Balita

Kumpulan Kasus Anak Menelan Benda Asing, Orang Tua Wajib Waspada!

Kumpulan Kasus Anak Menelan Benda Asing, Orang Tua Wajib Waspada!

Anak menelan benda asing adalah sebuah momen mengerikan bagi orang tua manapun. Betapa tidak, kita tidak tahu rasa sakit yang mungkin saja dialami si kecil bisa membuatnya merasa tidak nyaman.

Bahkan, ukuran benda asing yang cukup besar bisa membuat si kecil sesak napas. Dalam kejadian ini, beberapa anak mungkin ada yang sudah bisa mengungkapkan apa yang telah terjadi padanya.

Namun, mungkin saja beberapa anak lainnya, malah kesulitan memberitahu kedua orang tuanya akibat belum lancar berbicara dan lain sebagainya. Kasus anak menelan benda asing ini, rupanya bukan merupakan kasus baru bagi dr. Ariani Dewi Widodo, yang merupakan seorang dokter anak pencernaan dan hati.

Dokter Ariani kerap membagikan momen saat anak menelan benda asing melalui laman Instagramnya. Meski semua dapat tertangani, tapi orang tua dan orang dewasa yang berada di sekitar anak-anak wajib memerhatikan tingkah laku anak.

Terutama bila anak dalam fase oral, di mana ia gemar memasukan benda asing ke dalam mulutnya. Nah, berikut ini adalah kumpulan kasus anak menelan benda asing yang bisa dijadikan pembelajaran berharga bagi orang tua. Simak juga cara tepat menanganinya, ya!

Serba-serbi anak menelan benda asing yang perlu diwaspadai


Siapa saja bisa menelan benda asing, baik itu disengaja maupun tidak, terutama untuk bayi dan balita. Anak menelan benda asing dapat membahayakan, apalagi bila si kecil sampai kesusahan saat bernapas.

Melansir dari laman Healthline, pada kasus benda asing tertelan, biasanya saluran pencernaan akan mengolah benda asing yang tertelan tersebut agar bisa keluar secara alami. Namun, pada kasus anak menelan benda asing yang lebih mengkhawatirkan, objek tersebut bisa saja tersangkut pada organ tubuh lainnya.

Sehingga menyebabkan ketidaknyamanan pada si kecil atau bisa juga menyebabkan cedera. Bayi dan anak-anak punya risiko tinggi menelan benda asing, terutama bayi yang usianya di bawah 5 tahun. 

Beberapa benda-benda berikut ini harus Ibu waspadai karena bisa ditelan dengan mudah:

  • Koin
  • Baterai berukuran kecil (terutama baterai jam berbentuk bulat)
  • Kancing
  • Mainan kelereng
  • Bebatuan
  • Kuku
  • Mur dan baut
  • Pin
  • Magnet
  • Anting-anting
  • Peniti.

Selain benda-benda tersebut, kemungkinan anak menelan benda asing lainnya juga bisa terjadi. Perhatikan juga mainan anak-anak yang berukuran kecil, karena ini mudah sekali ditelan begitu saja.

Beragam kumpulan kasus anak menelan benda asing tak terduga

Melalui laman Instagram dr. Ariani Dewi Widodo, seorang dokter anak pencernaan dan hati, ada beragam kasus anak menelan benda asing yang memprihatinkan. Bahkan, benda yang ditelan juga kerap kali tidak terduga dan membuat khawatir para orang tua.

Berikut ini ada beberapa kasus anak menelan benda asing yang Ibumin rangkum melalui laman Instagram dr.Ariani:

1. Anak menelan mur berukuran besar


Photo source: @dr.ariani

Dokter Ariani membagikan kisah yang dialami seorang Ibu, ketika anak menelan benda asing dan diketahui benda tersebut adalah mur dengan ukuran yang cukup besar. Waktu itu saat sedang bepergian sekeluarga, sang anak yang diketahui bernama Arkana ini bilang kepada Ayahnya bahwa tadi ia menelan benda asing yang tidak diketahui namanya.

Arkana menangis bukan karena merasa sakit, namun ia khawatir bila harus dioperasi. Malam itu Ayah dan Ibu Arkana mencoba mengeluarkan benda tersebut dengan cara dimuntahkan sebanyak 2 kali, namun nihil, benda tersebut tidak juga keluar. Ibu Arkana belum membawanya ke dokter karena si kecil terlihat baik-baik saja dan napasnya normal.

Dua hari berlalu tanpa keluhan, meski orang tua terus memantau dan menanyakan kondisi tubuhnya. Lalu Arkana bilang kalau dadanya terdengar bunyi seperti “gluk…gluk”. Akhirnya Arkana dibawa ke dokter untuk di rontgen dan ternyata terlihat ada mur di bagian tubuhnya.

Saat itu juga dilakukan tindakan medis, berupa endoskopi untuk mengeluarkan mur tersebut dari tubuh Arkana. Wah, ngeri banget deh!

2. Anak menelan baterai AAA


Photo source: @dr.ariani

Anak menelan benda asing yang kecil saja sudah mengkhawatirkan Ayah dan Ibu, apalagi benda yang besar seperti kasus berikut ini. Dokter Ariani, membagikan kisah seorang Ayah yang waktu itu mengunjunginya dengan keluhan anak menelan baterai melalui laman Instagramnya.

Sang Ayah curiga kenapa baterai AAA yang tadinya berjumlah 3 mendadak hanya tinggal 2 saja. Si kecil yang kebetulan memiliki kondisi khusus dan masih berusia 4 tahun ini, belum bisa memberikan jawaban saat ditanya oleh Ayahnya.

Lalu karena khawatir, Ayah membawanya ke rumah sakit untuk dilakukan rontgen dan ditemukan baterai AAA tersebut di dalam perut anaknya. Kondisi ini perlu penanganan medis yang lebih ketat karena jika dibiarkan baterai akan mengiritasi organ tubuh si kecil.

3. Anak menelan anting


Photo source: @dr.ariani

Diakui oleh Dokter Ariani, tiap  kasus anak menelan benda asing punya tingkat kesulitan dan kegawatan yang berbeda. Berikut ini adalah kasus anak menelan benda asing berupa anting. 

Seorang Ibu memiliki cerita yang lebih menantang. Saat si kecil berusia 2 tahun, Ibu tersebut menemukan bahwa anting yang dikenakan hilang sebelah.

Namun hal tersebut tak membuatnya khawatir, ia mengira tak sengaja tersapu atau jatuh di tempat lainnya. Suatu ketika, saat si kecil menginjak usia 4,5 tahun ia mengalami pneumonia atau infeksi paru-paru yang mengharuskannya mendapat penanganan medis secara intensif.

Ketika dilakukan rontgen, dokter yang menangani kaget karena ditemukan anting pada bagian perutnya. Setelah itu dokter langsung merujuk ke rumah sakit yang lebih besar untuk dilakukan penanganan selanjutnya, karena kondisi benda tersebut sudah mengalami perlengketan dan tertancap pada bagian usus.

Pada akhirnya proses pengambilan anting yang sudah mengendap dalam tubuh anak selama 2,5 tahun ini berhasil diambil melalui endoskopi. Bersyukur, tindakan ini tidak menyebabkan organ lainnya terganggu.

4. Anak menelan koin


Photo source: @dr.ariani

Kasus anak menelan benda asing berikut ini dialami oleh seorang anak laki-laki berusia 6 tahun. Kala itu ia sedang bermain dengan temannya, kemudian ada satu momen ia merasa kesal dengan temannya tersebut.

Kemudian, ia mengulum koin hingga tak sengaja tertelan. Setelah ditunggu selama 5 hari, koin tersebut tak kunjung keluar baik melalui oral maupun pencernaan.

Setelah dilakukan pemeriksaan, ternyata koin tersebut masih tersangkut di dalam lambung. Kondisi ini akhirnya harus dilakukan tindakan endoskopi, karena ditakutkan akan menyebabkan kerusakan pada dinding lambung. 

Setelah endoskopi selesai, yang bikin cukup terkejut adalah, kondisi koin sudah menghitam nih, Bu. Waduh, Ibumin jadi merinding deh!

5. Anak menelan meteran baju


Photo source: @dr.ariani

Kasus kali ini dialami oleh seorang bayi berusia 11 bulan saat sedang ditemani bermain oleh Ibunya. Menurut cerita, lingkungan tempat bayi tersebut sudah aman dari benda-benda yang mungkin terjangkau dan bisa ditelan oleh si kecil.

Tak disangka, bayi tersebut meraih meteran baju. Kemudian saat sang Ibu tak melihatnya, ia mengigit meteran tersebut hingga ujungnya terlepas dan tertelan. Untungnya kasus ini segera tertangani dengan baik.

6. Anak menelan magnet


Photo source: @dr.ariani

Diceritakan, ada seorang anak laki-laki berusia 7 tahun yang menelan magnet saat bermain sulap dengan teman-temannya. Magnet tersebut sudah berdiam diri di dalam lambung selama 4 hari ,dan jika terlalu lama dibiarkan akan lebih berbahaya.

Dokter Arini juga mengatakan bila magnet yang tertelan lebih dari satu, maka sudah termasuk dalam kasus emergency yang harus segera tertangani. Jadi, Parents wajib berhati-hati dengan benda bermagnet di sekeliling anak ya!

7. Anak menelan kepala resleting


Photo source: @dr.ariani

Anak menelan benda asing bisa berupa apa saja, karena mungkin saja benda tersebut menarik baginya dan membuatnya gemas. Seperti kasus yang satu ini, rupanya ada anak yang menggigit tas laptop hingga kepala resletingnya terputus.

Setelah mengetahui hal ini, dr.Arini langsung melakukan tindakan medis untuk mengeluarkan benda tersebut dari dalam tubuh si kecil. Untung saja kasusnya cepat terdeteksi dan tertangani dengan baik nih, Bu.

Tanda bahaya saat anak menelan benda asing

Melansir dari laman WebMD, para orang tua wajib waspada bila mengetahui anak-anak mengalami tanda bahaya setelah anak menelan benda asing seperti berikut ini:

  • Si kecil tersedak
  • Air liur berdarah
  • Mengalami demam tiba-tiba
  • Menolak makan
  • Mual dan muntah
  • Nyeri pada bagian tubuh tertentu (leher, dada, tenggorokan, perut, dsb)
  • Napas tampak sesak atau tak beraturan.

Jika terdapat tanda tersebut setelah anak menelan benda asing, maka jangan ragu untuk segera di bawa ke rumah sakit untuk tindakan selanjutnya ya!

Editor: Aprilia