Balita

Menggugah Selera, 15 Rekomendasi Bumbu MPASI Bayi Ini Aman Digunakan

Menggugah Selera, 15 Rekomendasi Bumbu MPASI Bayi Ini Aman Digunakan

Momen yang paling ditunggu para Ibu selain menyusui adalah, memberikan makanan pendamping ASI (MPASI) bagi si kecil. Meski perlu diakui, dalam mengolah MPASI untuk bayi di awal memang gampang-gampang susah.

Untuk mengatasinya, dibutuhkan bumbu MPASI bayi yang bisa menambah rasa pada masakan. Tujuannya tak lain untuk menambah selera makan si kecil, mengingat aroma bumbu MPASI bayi biasanya memiliki rasa yang kuat dan menggugah selera.

Beberapa bumbu MPASI bayi juga ada yang bisa digunakan sejak awal MPASI, misalnya seperti daun jeruk maupun daun salam. Lalu, apa saja sih aneka bumbu MPASI bayi yang aman untuk si kecil? Simak ulasannya berikut ini ya, Bu.

Mengenalkan bumbu MPASI bayi pada menu makanan si kecil


Bumbu MPASI bayi ini bisa dengan mudah ditemukan di mana saja. Kehadirannya bisa membantu membuat rasa masakan menjadi lebih berwarna dan lebih lezat. 

Karena sejatinya, makanan pendamping ASI yang disajikan untuk bayi tak melulu harus memiliki cita rasa hambar saja. Ibu bisa menambahkan bumbu MPASI bayi yang ternyata tak hanya dapat membantu menambah nafsu makan anak, namun juga ikut melatih sensorik pada lidah bayi. 

Bagaimana cara mengenalkannya? Melansir dari laman Weaning World, bayi sebenernya sudah terbiasa merasakan rempah atau bumbu melalui ASI yang diminumnya. Ibu bisa mulai memberikan bumbu MPASI bayi sejak awal memulai masa MPASI ini.

Bumbu MPASI bayi ini berfungsi menambah cita rasa masakan yang dikonsumsi oleh si kecil, karena gula dan garam sebaiknya tidak diberikan sebelum usianya genap 1 tahun. Bumbu MPASI bayi diyakini juga mampu menambah semangat dan nafsu makan anak, jadi jangan ragu untuk memberikannya sejak awal MPASI ya, Bu.

Namun bila Ibu ingin lebih aman, Ibu bisa berkonsultasi pada dokter tentang bumbu MPASI bayi apa yang aman dan diperbolehkan. Hal ini dilakukan untuk menghindari alergi tertentu pada sejumlah makanan.

Berikut ini ada beberapa tips ampuh mengenalkan bumbu MPASI bayi pada makanan si kecil:

  • Perkenalkan bumbu MPASI bayi seperti makanan baru

Saat akan memulai MPASI, biasanya Ibu akan mengenalkan berbagai macam bahan makanan baru secara perlahan pada si kecil. Misalnya, buah-buahan yang dihaluskan, atau makanan padat gizi yang teksturnya disesuaikan dengan kemampuan si kecil dalam memproses makanan.

Berikan bumbu MPASI bayi secara bertahap untuk mengetahu reaksi alergi yang mungkin muncul pada tubuh si kecil. Lakukan pada hari pertama kemudian periksa apakan hari berikutnya aman untuk diberikan kembali.

Pada dasarnya, alergi terhadap bumbu atau rempah-rempah umumnya jarang terjadi, namun ada baiknya Ibu mengenalkannya secara perlahan saja.

  • Cari bumbu MPASI bayi yang memiliki cita rasa aman

Beberapa rempah-rempah punya cita rasa yang cukup tajam di lidah dan sebaiknya Ibu mulai memilih mana bumbu MPASI bayi yang aman untuknya. Beberapa jenis rempah-rempah yang masih aman untuk bayi seperti kayu manis, kunyit, ketumbar, bawang putih, dan semacamnya.

Melansir dari laman Babease, bumbu pedas seperti merica atau cabai dalam jumlah yang kecil mungkin tidak terlalu berbahaya bagi si kecil, namun tentu saja akan membuat bayi merasa tidak nyaman. Hindari rempah-rempah yang memiliki rasa pedas sebagai bumbu MPASI bayi, supaya terhindar dari reseptor atau rasa panas pada tubuh si kecil. 

Rasa pedas baru dapat diperkenalkan setelah usianya satu tahun namun dalam jumlah yang kecil. Bila terlihat si kecil tidak suka dengan rasa pedas tersebut, sebaiknya hindari saja ya.

  • Mulai dengan masakan yang mudah

Salah satu masakan yang mudah dan kaya akan bumbu MPASI bayi adalah perkalduan. Misalnya, membuat kaldu sayuran yang lengkap dengan bumbu seperti bawang putih dan sayur-sayuran pelengkapnya. 

Bisa juga membuat bumbu soto yang ringan sebagai bumbu MPASI bayi untuk menu makan siangnya. Soto atau sop dirasa menjadi masakan yang sangat ramah untuk anak-anak, apalagi bila dilengkapi dengan kaldu ayam kampung atau kaldu sapi yang menggugah selera.

Rekomendasi bumbu MPASI bayi yang aman untuk si kecil

Sudah siap memberikan cita rasa masakan yang lebih lezat daripada hidangan MPASI yang hambar untuk si kecil yang baru mulai MPASI? Berikut ini ada beberapa rekomendasi bumbu MPASI bayi yang aman diberikan untuk si kecil:

1. Kayu manis


Melansir dari laman Seasoned Pioneers, kayu manis akan memberikan rasa hangat dan manis pada masakan manis dan gurih. Ibu bisa menambahkannya pada campuran yogurt, bubur, buah yang dihaluskan, atau semur.

2. Rimpang-rimpangan

Jangan ragu memberikan irisan tipis jahe pada sup bergizi si kecil untuk menambahkan rasa lain pada makanannya. Jahe dikenal punya gizi yang tinggi dan mampu membantu memperkuat imunitas tubuh.

Selain itu, Kunyit merupakan salah satu rimpang yang bisa digunakan sebagai bumbu MPASIbayi, misalnya saat Ibu membuat soto, opor, dan masih banyak lagi. Kunyit bubuk juga dapat dicampurkan pada jus buah si kecil, misalnya jus pepaya dan jeruk yang manis.

Rimpang jenis lain yang bisa dicampur pada masakan tumisan atau kuah adalah lengkuas, kencur, hingga temu kunci.

3. Pala

Melansir dari laman Once Upon a Farm, pala memang memilki cita rasa yang hangat dan pedas, namun rempah-rempah ini tetap boleh digunakan sebagai bumbu MPASI bayi untuk meningkatkan variasi rasa masakan. Berikan dalam jumlah kecil saja ya.

4. Kapulaga


Kapulaga sangat enak ditambahkan pada sup buntut atau sup daging yang bisa diberikan untuk si kecil. Pastikan jumlahnya sedikit saja karena rasa kapulaga cukup kuat dan mendominasi masakan bila diberikan berlebihan.

5. Jintan

Para Ibu sering membubuhi jintan saat memasak hidangan opor yang lezat. Yuk, masak opor ayam lezat untuk si kecil, jika belum satu tahun, hindari memberi tambahan gula maupun garam ya.

6. Daun mint

Daun mint di Indonesia jarang sekali digunakan untuk masakan, namun Ibu bisa juga memberikan daun mint pada minuman infused buah-buahan untuk melengkapi kebutuhan air si kecil setiap hari, ya.

7. Kemangi

Siapa yang tak kenal kemangi? Di Indonesia, kemangi sering dikonsumsi begitu saja untuk lalapan, tapi bisa juga dicampur saat membuat pepes atau masakan ayam lainnya. Kemangi dapat menimbulkan aroma masakan yang wangi dan menggugah selera.

8. Rosemary

Rosemary punya cita rasa istimewa, yaitu gurih dan aromatik. Bumbu MPASI bayi jenis rosemary ini bisa ditambahkan pada hidangan daging atau sayuran, hidangan sup, hingga mengolah kaldu.

9. Daun ketumbar

Daun ketumbar juga daun yang aromatik, saat ditambahkan pada masakan, maka akan menimbulkan aroma wangi yang menambah nafsu makan anak.

10. Daun thyme


Timi punya kandungan vitamin A dan C yang bagus untuk tubuh. Berikan daun thyme untuk campuran olahan kentang, sup, semur, hingga bubur untuk si kecil.

11. Oregano

Oregano paling cocok jika Ibu ingin mengolah masakan pasta untuk si kecil. Tambahkan oregano pada pasta carbonara penuh krim yang lezat untuk anak-anak.

12. Cengkeh

Cengkeh bersifat antiinflamasi dan kaya akan vitamin sehingga cocok diberikan pada roti panggang, kuah masakan, atau kolak pisang lezat.

13. Daun jeruk dan daun salam

Daun jeruk cocok sekali ditambahkan pada bumbu MPASI bayi yang perlu ditumis terlebih dahulu sebelum diolah. Daun ini sangat wangi lho, sehingga masakannya pun akan semakin nikmat disantap.

14. Sereh 

Sereh atau serai juga kerap dijadikan bumbu andalah di Indonesia. Tanaman ini termasuk salah satu tanaman yang aman digunakan untuk bumbu MPASI bayi.

15. Ketumbar 

Ketumbar bisa menambah cita rasa masakan menjadi lebih variatif dan lezat. Rasanya cukup kuat, jadi berikan dalam jumlah sedikit saja untuk menu masakan si kecil nantinya.

Editor: Aprilia