Balita

Pilihan 20 Channel Youtube Anak Edukatif dan Interaktif!

Pilihan 20 Channel Youtube Anak Edukatif dan Interaktif!

Channel youtube sekarang ini sudah banyak variasinya ya, Bu. Dari mulai membicarakan tentang kecantikan, parenting, hobby Ayah, resep lezat, hingga video untuk anak-anak. Meskipun channel youtube saat ini sudah sangat edukatif dan mendidik, namun tetap saja si kecil tidak disarankan untuk terus menerus menonton menggunakan gawai. 

Rekomendasi IDAI Tentang Screen Time

Berikut ini ada rekomendasi screen time bagi si kecil dari IDAI yang dapat kita jadikan acuan untuk membatasi penggunaan gawai untuk buah hati:

  • Anak dengan Umur Kurang dari 1 Tahun (Bayi)

    Penggunaan gawai tidak disarankan dan sebaiknya memperbanyak tummy time untuk menguatkan otot-otot tubuhnya.

  • Anak dengan Umur 1 – 3 Tahun (Batita)

    Batasan penggunaan gawai adalah 1 jam setiap harinya, kurang dari ini lebih baik dan perbanyak floor time serta interaksi dengan orang di sekitarnya. Penggunaan gawai juga disarankan untuk didampingi sebagai sarana belajar, bukan hanya menonton video saja.

  • Anak dengan Umur 3 – 6 Tahun (Balita)

    Screen time diperbolehkan tidak lebih dari 1 jam saja dengan pengawasan orang tua. Sebaiknya Ibu memilihkan video edukatif seperti mengenal angka, huruf, bentuk-bentuk benda, kosakata, dan sejenisnya. Pendampingan sangat penting dilakukan untuk menghindari si kecil membuka konten yang belum pantas dilihat pada usianya.

Rekomendasi Channel Youtube Anak yang Mendidik

Beberapa channel youtube yang sedang sangat populer memang buatan luar negeri dengan penggunaan bahasa Inggris. Tak ada salahnya, namun ada baiknya penggunaan bahasa untuk anak-anak yang belum sekolah adalah bahasa Ibu. Banyak anak-anak dengan kasus speech delay adalah karena penggunaan kata atau kosakata yang tidak terarah (bahasa Inggris yang tercampur dengan bahasa lainnya) sehingga membuat si kecil bingung. Berikut ini ada beberapa rekomendasi channel youtube menggunakan bahasa Indonesia yang tetap bisa dikenalkan kepada si kecil karena penggunaan animasi yang menarik dengan warna-warni cerah, dikutip melalui berbagai sumber.

1. Lagu Anak Indonesia Balita

Photo source: Youtube Lagu Anak Indonesia

Ingin memperkenalkan lagu-lagu anak Indonesia yang pernah hits pada masa Ayah dan Ibu kecil dulu? Pilihannya jatuh kepada Channel Youtube dengan nama Lagu Anak Indonesia Balita. Channel youtube ini berisi lagu-lagu anak Indonesia yang dilengkapi animasi warna-warni cerah yang lucu. Karena semua lagu anak-anak di sini sudah pasti Ayah dan Ibu tahu, ada baiknya Ayah atau Ibu juga turut mendampingi serta bernyanyi bersama si kecil supaya lebih seru ya. 

2. Serial Nussa dan Rara

Photo source: nussaofficial.com

Selain mengenalkan si kecil pada buku bacaan, Ibu bisa juga lho memperlihatkan video edukatif Islami milik channel youtube Nussa Official. Karakter Umma, Nussa, dan Rara pada serial channel youtube ini sering kali mengajarkan banyak hal untuk membantu Ayah dan Ibu mendidik akhlak si kecil sejak dini. Video edukatif Nussa dan Rara juga sering kali dilengkapi dengan lantunan ayat-ayat suci Al-Qur’an dan juga Hadits Rasulullah SAW.

3. Kids TV Indonesia

Photo source: Wikipedia

Channel youtube Kids TV Indonesia ini juga cukup diminati oleh anak-anak dan para orang tua sebagai video yang mendidik. Isinya cukup beragam, tak hanya lagu-lagu, namun ada juga pengenalan warna, bermain dengan angka, mengenal huruf, mengetahui bentuk-bentuk benda, dan masih banyak lagi. Salah satu karakter pada channel youtube Kids TV ini ada juga yang memiliki dua versi bahasa seperti Bob Si Kereta atau Bob The Train. Channel youtube ini cukup lengkap dengan animasi gambar yang penuh dengan wara-warni cerah.

4. Super Jojo Indonesia

Photo source: Youtube Super Jojo

Channel youtube Super Jojo tak hanya berbahasa Inggris saja karena sekarang ada juga yang sepenuhnya menggunakan bahasa Indonesia. Super Jojo menawarkan cara belajar yang asyik dan menarik bagi anak-anak Ibu mulai dari mengenalkan warna, bernyanyi bersama, hingga memiliki tema cerita yang ngga kalah seru dengan animasi 3D yang pasti akan membuat si kecil semakin ceria.

5. CilukPa

Photo source: cilukpa.com

Butuh channel youtube untuk mengenalkan banyak kosakata pada si kecil yang sudah memasuki fase berbicara? Channel youtube CilukPa cocok dijadikan referensi selanjutnya. Di sini si kecil juga ngga hanya bisa mengenal kata-kata baru, tapi ada juga video edukatif tentang mengenal warna, belajar bentuk, mengenal angka, belajar nama hewan, mengetahui alfabet, dan juga ada lagu anak-anak yang seru banget.

6. Yufid Kids

Photo source: Facebook Yufid Kids

Yufid Kids dibuat khusus bagi orang tua yang ingin memperkenalkan anak-anak tentang ajaran Islam sejak dini. Animasi yang dibuat cukup menarik dan mudah dipahami dengan dilengkapi warna-warni yang lembut sehingga nyaman ditonton si kecil. Selain video mengenal ajaran Islam lebih dekat, di sini juga banyak cerita-ceria seru yang diperankan oleh tokoh anak laki-laki bernama Ubay. Metode belajar di Yufid Kids ini cukup ringan sehingga akan mudah diajarkan kembali kepada anak-anak.

7. Uwa and Friends

Photo source: Youtube Uwa and Friends

Melansir dari laman Uwa and Friends, channel youtube ini dibuat untuk memberikan beragam edukasi untuk balita usia pra sekolah di kawasan Indonesia dan wilayah Asia Tenggara. Channel youtube ini berisi kumpulan lagu anak Indonesia, film kartun animasi untuk mendidik karakter anak, serta kumpulan cerita dongeng yang berisi banyak nilai kebaikan yang bagus dibacaan sebelum tidur sebagai nutrisi positif alam bawah sadarnya. Karakter Uwa and Friends pun diambil berdasarkan 3 satwa langka kebanggaan Indonesia seperti Uwa (sang orangutan), Mica (seekor harimau yang cantik), dan Pito (si badak yang sangat lucu). Selain ketiga tokoh utama itu, ada juga satwa lainnya yang ikut memeriahkan setiap video edukatif di channel youtube Uwa and Friends. 

8. Beabeo Lagu Anak Indonesia

Photo source: Youtube Beabeo Lagu Anak Indonesia

Channel youtube Beabeo Lagu Anak Indonesia ini dibuat khusus untuk anak dengan rentang usia 2 – 5 tahun. Format video yang disediakan adalah 2D dan juga 3D yang berisi tentang video belajar angka, huruf, warna, hingga mengajarkan kepada si kecil tentang kebiasan-kebiasaan baik. Dengan adanya channel youtube ini diharapkan mampu membangun minat belajar si kecil sejak dini sehingga dapat menjadi pribadi yang mandiri, punya kepercayaan diri, dan juga punya perilaku yang baik.

9. Baby Bus

Photo source: Vidio Baby Bus

Siapa nih yang ngga kenal dengan channek youtube Baby Bus? Baby Bus punya karakter panda yang lucu dan akan membawa si kecil dengan dunia animasi 2D dan 3D warna-warni yang menyenangkan. Di sini anak-anak akan disuguhkan dengan beragam video mendidik yang disajikan dalam bentuk alur cerita dengan tema bermacam-macam. Baby Bus ini juga hadir dalam pilihan bahasa Inggris, jadi tinggal pilih saja yang mana yang paling si kecil sukai. Jangan lupa untuk mendampingi si kecil saat menonton ya Bu.

10. Riko The Series

Photo source: Youtube Riko the Series

Channel youtube islami dengan nama Riko The Series ini diperankan oleh anak kecil bernama Riko dan seluruh anggota keluarganya di rumah. Selain punya cerita-cerita dengan tema yang pasti si kecil suka, Riko The Series juga punya kumpulan video tentang pengenalan ayat suci Al-Qur’an dengan animasi yang tidak membosankan. Penyampaian hal-hal mendidik pada setiap videonya cukup ringan dan mudah dipahami. Sudah subscribe belum?

11. Fun Cican

Photo source: Youtube Fun Cican

Ingin si kecil punya imajinasi yang tinggi dan luas? Coba kenalkan pada channel youtube Fun Cican yuk Bu. Channel youtube ini punya tema cerita yang unik-unik seperti dongeng Cican Bajak Laut & Naga Air, Pintu Brak Bruk, Ksatria Cican dan Putri Cini, Ada Putera Petir Ngamuk, dan masih banyak lagi. Di sini juga ada video musik dengan lagu-lagu yang enak di dengar. Yakin deh si kecil ngga akan cepat bosan. Ikut bernyanyi dengan si kecil melalui channel youtube ini yuk Bu.

12. Dongeng Si Kecil

Photo source: Youtube Dongeng Si Kecil

Suka dongeng klasik jaman dulu kah Bu? Jangan khawatir, para illustrator masa kini turut serta membuat video animasi dan ilustrasi yang super keren dengan tema dongeng klasik jaman dulu seperti Kisah Jaka Tarub, Gadis Kecil dan Tiga Beruang, Itik Buruk Rupa, Timun Mas, Legenda Putri Duyung, Keong Mas, Hingga Malin Kundang. Ajak si kecil untuk menjelajahi dunia masa lalu melalui kumpulan video di channel youtube Dongeng Si Kecil tampaknya akan sangat seru Bu. Mereka juga berhak tahu bahwa legenda-legenda inilah yang mengisi dongeng sebelum tidur Ayah dan Ibu sewaktu kecil.

13. Kastari Sentra

Photo source: Youtube Kastari Animation Official Channel

Channel youtube Islami milik Kastari Sentra ini punya banyak video dengan basis moral Islam yang mendidik dan juga menghibur. Channel youtube ini juga berisi berbagai macam kisah teladan dari para sahabat Rasulullah SAW yang bisa dijadikan contoh untuk membangun akhlak si kecil sejak dini. Selain kisah ini, ada juga kisah tentang Kesultanan dari seluruh Indonesia seperti Kesultanan Samudra Pasai, Kesultanan Malaka, Kesultanan Demak, dan masih banyak lagi. Channel youtube Kastari Sentra ini sangat lengkap karena ada video edukasi tentang mengenal Asmaul Husna, Mengaji Juz Amma, Belajar Berdoa Bersama Diva, Belajar Huruf Hijaiyah, Belajar Rukun Islam, dan masih banyak ajaran Islam lainnya.

14. Coilbook Indonesia

Photo source: coilbookindonesia.com

Coilbook Indonesia adalah channel youtube yang berisi banyak hal seru untuk si kecil yang suka kritis dalam berpikir dan suka pelajaran tentang ilmu pengetahuan. Di sini si kecil juga akan dikenalkan tentang proses daur ulang, mempelajari fisika, belajar warna & angka, dan video petualangan lainnya. Jangan khawatir Bu, video yang disajikan terbilang masih ringan dan tidak membosankan meskipun dengan tema ilmu pengetahuan. Selain video tersebut, ada juga video lagu anak, dan seri pendidikan dini.

15. Indonesian Fairy Tales

Photo source: Youtube Indonesian Fairy Tales

Indonesian Fairy Tales juga merupakan channel youtube yang berisi tentang dongeng anak Indonesia yang terkenal. Pilihan dongeng yang disajikan lebih beragam karena tidak hanya mengusung tema dongeng klasik namun juga dongeng modern seperti kisah pangeran dan puteri. Meskipun cerita dongeng, namun masih ada pesan moral yang dapat diajarkan untuk buah hati tercinta.

16. Didi and Friends

Photo source: Youtube Didi & Friends

Didi and Friends punya video menyanyi dan menari untuk anak-anak dengan pemilihan warna-warni terang yang cerah ceria. Dijamin si kecil akan suka dan ikut bernyanyi serta menari bersama dengan tokoh Didi and Friends. Lagu yang disajikan adalah lagu anak-anak yang khas dan juga ada lagu-lagu baru yang khusus diciptakan untuk penggemar setia Didi and Friends.

17. Kanzonet

Photo source: Youtube Kanzonet

Bosan dengan kegiatan selama pandemi yang itu-itu saja. Screen time kali ini si kecil bisa coba dikenalkan dengan channel youtube Kanzonet yang akan mengajak si kecil mewarnai dan menggambar dengan panduan video digital yang seru. Tak hanya itu saja, mereka juga bisa belajar mengenal hewan beserta suaranya, mengenal transportasi, angka, hingga huruf.

18. Coco dan Nana

Photo source: Youtube Coco dan Nana

Coco dan Nana adalah channel youtube dengan karakter dua anak orangutan yang lucu. Bersama Coco dan Nana si kecil akan diajak belajar berhitung sambil bernyanyi, menghafal huruf, belajar nama binatang, dan menyanyikan lagu-lagu anak Indonesia yang ceria. Di sini juga ada video tentang mengenal angka hingga cerita-cerita lainnya.

19. Anak Muslim

Photo source: Youtube Anak Muslim

Channel youtube Islami untuk anak-anak ini berisi banyak video edukasi yang dilengkapi dengan animasi indah. Channel youtube Anak Muslim punya banyak serial islami, kisah teladan, hingga sejarah para Nabi beserta sahabat-sahabat Rasulullah SAW. Kumpulan kisah Nabi-nya sangat lengkap lho Bu. Yuk bacakan cerita-cerita ini untuk si kecil.

20. Edukasi Anak Indonesia

Photo source: Youtube Edukasi Anak Indonesia

Channel youtube dengan nama Edukasi Anak Indonesia ini berisi video edukasi tentang beragam hal seperti mengenal buah-buahan, mengenal binatang, mengenal hewan ternak, sayur-sayuran, alat transportasi, mengenal bagian tubuh, mengenal nama makanan, hingga bernyanyi bersama dengan pilihan lagu-lagu anak Indonesia.

Penulis: Novia Luciana
Editor: Dwi Ratih