Balita

Si Kecil Tumbuh Berprestasi? Ini Tips Agar Anak Cerdas Sejak Dini

Si Kecil Tumbuh Berprestasi? Ini Tips Agar Anak Cerdas Sejak Dini

Sebagai orang tua, Parents tentu akan merasa senang dan bangga ketika si kecil berprestasi. Bahkan, di internet saat ini orang tua bisa dengan mudah menemukan berbagai tips agar anak cerdas sejak dini. 

Namun, sebaiknya Parents perlu berhati-hati dalam mencari referensi terkait hal tersebut, agar tidak terjebak hoaks. Dikutip dari American Academy of Pediatrics (AAP), orang tua dianjurkan untuk melakukan konsultasi dengan dokter anak, tentang cara menciptakan lingkungan yang mendukung dan merangsang perkembangan otak anak sejak dini. 

Tujuannya, agar perkembangan otak anak menjadi lebih optimal. Sehingga, anak dapat membangun keterampilan sosial dan emosional yang diperlukan untuk kesiapan sekolah.

Nah, untuk memudahkan Parents, Ibumin telah merangkum tentang bagaimana tips agar anak cerdas sejak dini. Setidaknya ada langkah 5M yang bisa diterapkan sejak anak masih bayi. Penasaran apa saja? Yuk, simak!

Tips agar anak cerdas sejak dini, dengan langkah 5 M

1. Membaca buku bersama-sama

Tips agar anak cerdas yang pertama adalah membiasakan membaca buku. Tahukah Ibu? Ternyata membaca buku bersama si kecil, bisa dilakukan sejak ia masih bayi, lho! Meskipun saat bayi si kecil belum bisa memegang buku atau mengenal alfabet, ternyata membaca buku bisa menjadi jembatan untuk mendukung perkembangan bahasa.

Bahkan, bisa membekali mereka dengan alat yang mereka butuhkan dalam mengembangkan keterampilan sosial dan emosionalnya. Melansir laman Very Well Family, membaca buku bersama-sama sejak anak masih bayi juga membantu si kecil belajar dan mengenali suara Ibu dan Ayah. 

Dengan demikian, aktivitas ini tidak hanya menjadi cara agar anak cerdas sejak dini. Tetapi juga sarana untuk menciptakan bonding yang kuat bagi anak dan kedua orang tuanya. 

Jadi, mulai jangan ragu untuk menerapkan tips agar anak cerdas yang pertama ini. Jangan lupa luangkan waktu untuk membaca buku bersama si kecil, ya!

2. Menyanyi dan mengobrol

Tips agar anak cerdas sejak dini selanjutnya, juga sangat mudah! Cukup dengan sering-sering mengajak si kecil menyanyi dan mengobrol. Aktivitas ini memang terlihat sepele, tetapi memiliki dampak yang besar bagi perkembangan otak anak. 

Melalui menyanyi dan mengobrol, anak bisa melatih kemampuan mendengarnya. Di samping itu, anak juga akan mempelajari kosakata baru setiap hari. 

Kesempatan ini tentu akan sangat berpengaruh pada perkembangan kognitifnya. Semakin sering Ibu dan Ayah mengajak si kecil menyanyi dan mengobrol, maka semakin banyak pula kesempatan si kecil untuk mendapatkan stimulus yang baik bagi perkembangan otaknya. 

Cobalah meluangkan waktu setiap hari, untuk mengajak si kecil menyanyi saat memandikannya atau mengobrol di malam hari sebelum si kecil tidur. Ibumin hampir setiap hari, selalu menerapkan tips agar anak cerdas ini pada si kecil. Hasilnya sangat menakjubkan, lho!

3. Menciptakan rutinitas sehari-hari

Anak yang cerdas umumnya disiplin waktu. Untuk itu, menciptakan rutinitas sehari-hari termasuk salah satu tips agar anak cerdas sejak dini. 

Lantas, rutinitas seperti apa yang perlu Parents ciptakan untuk si kecil? Cobalah mulai dari hal-hal yang paling sederhana, seperti rutinitas tidur, makan, dan bermain.

Dikutip dari Psychology Today, keteraturan dalam rutinitas sehari-hari dapat meningkatkan keterampilan yang penting bagi si kecil khususnya perihal manajemen waktu. Dengan terciptanya rutinitas, maka anak akan tahu kapan ia harus makan, mandi, bermain, maupun tidur. 

Dengan begitu, perkembangan otaknya bisa berlangsung lebih optimal. Tips agar anak cerdas sejak dini yang satu ini nggak boleh disepelekan ya, Bu.

4. Memberikan hadiah untuk setiap keberhasilan

Jangan ragu memberi hadiah untuk setiap keberhasilan si kecil! Tentu saja, hadiah di sini tidak selalu berupa barang, ya. Ketika si kecil berhasil melakukan sesuatu, pujian dari Ibu dan Ayah bisa menjadi hadiah yang sangat istimewa untuknya. 

Cara ini juga merupakan bentuk apresiasi, yang bisa diberikan kepada si kecil atas usahanya. Misalnya, saat si kecil sudah bisa makan sendiri. Berikan pujian sebagai hadiah yang membuat anak semakin termotivasi, untuk menghabiskan makanannya tanpa harus disuapi. 

Hadiah ini, juga bisa menjadi alternatif cara bagi orang tua untuk membangun kedekatan dengan anak sejak dini. Di sisi lain, anak bisa merasa lebih dihargai dan percaya diri setelah mendapatkan apresiasi dari Ibu dan Ayahnya.

5. Membangun hubungan keluarga yang sehat

Hubungan orang tua dan anak yang kuat membantu melindungi si kecil, dari efek jangka panjang dari pengalaman masa kanak-kanak yang traumatis. Perlu diketahui, kondisi psikis yang mengalami trauma bisa berpengaruh pada perkembangan kecerdasan anak, lho!

Bahkan, anak-anak yang tumbuh tanpa perhatian dan kasih sayang dari kedua orang tuanya cenderung sulit berprestasi di sekolah. Oleh karena itu, tips agar anak cerdas sejak dini adalah dengan membangun hubungan keluarga yang sehat. 

Pastikan Parents selalu membersamai anak-anak di setiap tahap perkembangannya. Dengan hubungan keluarga yang sehat, tidak hanya otak anak yang dapat berkembang optimal, tetapi juga kemampuan sosial dan emosionalnya yang tumbuh dengan baik pula.

Itulah tadi beberapa tips agar anak cerdas sejak dini yang bisa dilakukan, bahkan sejak si kecil baru lahir. Jangan tunda lagi, segera terapkan sebelum terlambat. Semoga berhasil, ya!