Kehamilan

9 Tipe Ibu Hamil Ini Sering Ditemui, Ada Yang Hamil Kebo Juga, Lho!

9 Tipe Ibu Hamil Ini Sering Ditemui, Ada Yang Hamil Kebo Juga, Lho!

Tipe ibu hamil ternyata bermacam-macam lho! Ada yang hamilnya penuh drama, ada yang biasa saja, dan ada juga tipe hamil yang sering dikenal dengan sebutan hamil kebo. Pernah mengalaminya?

Saat hamil, semua Ibu akan merasakan berbagai macam hal yang mungkin sebelumnya tak pernah dirasakan. Terdengar sedikit aneh, tapi ini nyata terjadi. Unik, bukan?

Beberapa Ibu mengakui menjadi salah satu tipe Ibu hamil yang nggak suka melihat sang suami, namun ada pula yang bucin banget sama suaminya. YUk, coba kita aulas bersama, tipe ibu hamil apa yang mungkin sedang ataupun pernah Ibu alami.

Serba-serbi tanda kehamilan pada umumnya


Kehamilan pertama dan setelahnya biasanya cukup berbeda nih, Bu. Tapi tak dipungkiri mungkin ada juga yang mengalami tipe Ibu hamil yang sama setiap momen tersebut terjadi.

Sebelum membahas tentang tipe Ibu hamil, Ibumin akan mengajak Ibu untuk mengingat kembali tanda kehamilan klasik yang umumnya sering dialami. Melansir dari laman Mayo Clinic, berikut ini beberapa tanda umumnya:

  • Menstruasi yang telat padahal biasanya on time
  • Payudara menjadi lembut, bengkak, hingga sakit jika disentuh
  • Mengalami mual hingga muntah
  • Peningkatan pada buang air kecil
  • Merasa kelelahan padahal melakukan aktivitas biasa saja
  • Sering mengalami mood bak roller coaster (mood swing)
  • Perut mendadak sering terasa kembung hingga kram
  • Ada bercak darah ringan, tapi bukan tanda menstruasi
  • Beberapa tipe Ibu hamil mungkin mengalami sembelit
  • Nafsu makan berkurang atau sebaliknya jadi lebih suka makan
  • Sensitif terhadap bau atau rasa disertai mual.

Tanda kehamilan yang sering Ibu alami di atas, sangat wajar terjadi kecuali ada keluhan medis lain yang harus melalui penanganan dokter.

Mood swing pada Ibu hamil juga sangat umum terjadi, dan tipe Ibu hamil seperti ini sering membuat Ayah kebingungan karena bisa jadi sasaran empuk bagi Ibu. Apakah Ibu pernah mengalaminya juga?

Melansir dari laman Kids Health, mood swings atau perubahan suasana hati ini akan lebih banyak terjadi selama trimester pertama kehamilan. Bahkan, bisa saja berlanjut hingga hari perkiraan lahir si kecil mulai dekat. 

Tak heran bila banyak Ibu hamil mengalami depresi, masalah tidur, hingga gangguan makan yang kurang diatasi secara tuntas. Untuk menghindari tipe Ibu hamil yang mengalami depresi berlebih, Ibu bisa membicarakan hal ini pada suami atau anggota keluarga terdekat, ya. 

Bicarakan apa yang sebenarnya Ibu rasakan selama kehamilan ini, atau bila gejalanya sudah tidak dapat ditangani, Ibu bisa langsung berkonsultasi kepada dokter dan tenaga ahli terkait.

Tipe Ibu hamil yang sering ditemui dan umum terjadi


Kehamilan merupakan momen indah yang biasanya dinantikan oleh setiap wanita yang telah menikah. Tapi jangan kaget bila Ibu nantinya punya perjalanan kehamilan yang tak biasa.

Berikut ini ada beberapa tipe Ibu hamil yang sering ditemui dan biasa terjadi pada wanita hamil. Kira-kira Ibu termasuk yang mana ya?

1. Tipe ibu hamil penuh drama

Tipe ibu hamil penuh drama ini wajar terjadi, karena memang mood swing pada Ibu hamil tidak bisa dihindari. Biasanya Ibu akan mengalami rasa sedih, rasa marah, atau kecewa pada suatu waktu lalu kemudian tiba-tiba menjadi bahagia tanpa sebab, atau sebaliknya.

Tipe Ibu hamil seperti ini sering membuat bingung anggota keluarga terutama suami. Akan tetapi ini bukan hal fatal ya, jadi tak perlu khawatir!

2. Tipe Ibu hamil kebo

Pernahkah mendengar istilah tipe Ibu hamil kebo? Maksud tipe Ibu hamil kebo bukan berarti Ibu hamil ingin makan daging kerbau ya Bu. Istilah ini ada karena ditandai dengan kehamilan yang hampir tidak ada keluhan, atau masalah apapun.

Saat mengalami tipe kehamilan ini, rasanya menjalani aktivitas sehari-hari menjadi lebih mudah. Karena Ibu bisa dengan leluasa makan atau minum apapun tanpa muntah, suasana hati yang terkontrol dengan baik, hingga tetap sehat serta lincah selama masa kehamilan.

3. Tipe Ibu hamil cantik


Nah, kalau tipe ibu hamil cantik ini biasanya bikin Ibu senang sekali berdandan kapan saja dan untuk acara apapun. Tak jarang saat di rumah pun mereka suka sekali dandan atau sekadar memakai baju yang cantik. 

Ada juga mitos yang mengatakan kalau tipe Ibu hamil cantik ini menjadi sebuah tanda Ibu sedang mengandung anak perempuan. Walaupun belum tentu valid, tapi jadikan momen ini momen unik dan menyenangkan saja ya Bu!

4. Tipe Ibu hamil selalu kesal dengan suami

Suami biasanya menjadi orang nomor satu yang selalu Ibu andalkan dalam segala situasi. Tapi saat hamil mungkin ceritanya sedikit berbeda.

Ada tipe Ibu hamil yang kabarnya sering merasa kesal bila suami berada di dekatnya. Mencium aroma tubuh Ayah, rasanya mual atau gampang marah, dicolek sedikit langsung marah sampai seharian, dan masih banyak lagi tandanya.

5. Tipe Ibu hamil yang sering ngidam

Mumpung hamil, jadi bebas makan makanan enak apa saja. Ada juga kah yang sering mengalami hal ini? Tipe Ibu hamil ini sering banget ngidam berbagai makanan atau minuman enak, katanya sih mumpung lagi hamil!

Tidak salah kok Bu, asal asupan makanan dan minuman yang dipilih tetap sehat dan penuh gizi untuk buah hati tercinta ya. Pastikan juga makanan yang dikonsumsi sudah benar-benar matang sempurna.

6. Tipe Ibu hamil yang sering bed rest

Meski nampaknya tipe Ibu hamil yang lain penuh dengan hal-hal lucu dan membahagiakan, namun ada juga yang sering sekali diminta bed rest total oleh dokter. Biasanya karena mengalami masalah kesehatan tertentu selama hamil.

Tapi, jangan patah semangat ya Bu. Karena bed rest ini juga dibutuhkan, agar kehamilan Ibu tetap sehat sampai buah hati lahir nantinya.

7. Tipe Ibu hamil tampil apa adanya atau tidak suka dandan


Nah, kalau tipe Ibu hamil yang satu ini kebalikan dari tipe Ibu hamil cantik yang cenderung lebih suka dandan. Ibu hamil juga ada yang lebih suka tampil polosan apa adanya, mau dandan atau berhias aja rasanya sudah lelah.

Katanya, kalau tipe Ibu hamil seperti ini anaknya cenderung laki-laki nantinya. Ada yang pernah membuktikan hal ini?

8. Tipe Ibu hamil yang mengalami perubahan fisik drastis

Memang benar saat hamil tubuh pasti akan berubah, biasanya menjadi lebih berisi daripada biasanya. Tapi ada juga tipe Ibu hamil yang mengalami perubahan fisik yang drastis seperti hidung yang mekar dan membesar, kaki bengkak, atau beberapa bagian tubuh tampak menghitam.

Apapun yang sedang dialami, semoga menjadi berkah dan pahala bagi setiap Ibu hamil. Tetap semangat menjalani kehamilan ini ya Bu!

9. Tipe Ibu hamil yang merasa sangat bahagia

Apa benar ada Ibu hamil yang justru lebih bahagia daripada sebelum kehamilan? Ada Bu! Beberapa Ibu hamil justru mengalami perasaan bahagia yang tak terduga hingga berdampak pada kulit tubuhnya, yang semakin bercahaya atau rambutnya yang justru lebih berkilau.

Melansir dari laman Healthline, tipe Ibu hamil penuh kebahagiaan ini bukan tanpa alasan. Sebuah studi mengungkapkan bahwa, wanita yang beralih peran akan menjadi seorang Ibu ini sebelumnya telah merasakan berbagai macam hal berikut hingga ia merasa sangat bahagia pada kehamilannya:

  • Merasa dicintai tanpa syarat, terutama oleh suami
  • Selalu dihibur saat merasa tertekan atau emosi negatif lainnya
  • Menganggap hubungan yang dimiliki sangat penting
  • Memiliki orang-orang terdekat yang selalu menjadi support system terbaik.

Editor: Aprilia