Kehamilan

9 Jenis Makanan untuk Mengurangi Kaki Bengkak pada Ibu Hamil

9 Jenis Makanan untuk Mengurangi Kaki Bengkak pada Ibu Hamil

Makanan untuk mengurangi kaki bengkak pada ibu hamil dapat menjadi suatu referensi yang sangat bermanfaat bagi para Ibu yang sedang mengalaminya. Sebenarnya, saat hamil, kaki bengkak adalah hal yang bisa terjadi pada kehamilan siapapun dan pada usia berapapun. 

Saat hamil, beberapa bagian tubuh pasti akan mengalami pembengkakan yang tidak membahayakan selain perut yang akan terus membesar. Bagian yang mungkin akan bengkak atau lebih besar dari biasanya dan akan kembali normal setelah melahirkan adalah bagian kaki, tangan, bahkan wajah. Memang tak semua Ibu hamil akan mengalami pembengkakan ini, namun setiap ibu hamil wajib bersiap akan hal ini.

Penyebab Kaki Bengkak saat Hamil

Melansir dari laman Healthline, kaki bengkak saat hamil biasanya akan terjadi saat Ibu memasuki usia kehamilan 5 bulan atau trimester kedua. Pembengkakan pada kaki ini seringnya disebabkan karena adanya peningkatan volume darah yaitu sekitar 50% selama kehamilan dan ini sangat erat kaitannya dengan banyaknya cairan hormonal yang tertahan. 

Cairan hormonal yang tertahan ini justru akan membantu melembutkan tubuh Ibu agar lebih siap menghadapi persalinan nantinya. Sementara itu, cairan ini akan berkurang dengan cepat pada saat si kecil sudah dilahirkan.

Kaki bengkak juga dapat dimulai ketika trimester ketiga datang atau saat kehamilan menginjak usia 28 minggu bahkan saat usia kehamilan sudah 40 minggu, tampaknya jari-jari kaki Ibu ikut membesar. Hal ini dikarenakan tubuh Ibu terus mensuplai darah dan cairan sehingga menyebabkan kaki bengkak. Kondisi rahim juga akan semakin berat seiring bertambahnya usia kehamilan Ibu, ini dapat membuat aliran darah dari kaki ke jantung sedikit lebih lambat namun masih tetap aman dan tidak berbahaya meskipun akan menimbulkan rasa sedikit tidak nyaman pada Ibu. 

Faktor lain yang dapat menyebabkan kaki bengkak adalah cuaca yang sangat panas, diet yang tidak seimbang, terlalu banyak mengonsumsi kafein, kurang asupan air putih harian, atau sering berdiri dan duduk dalam waktu yang cukup lama. 

Selain mengurangi beberapa hal ini, memperhatikan makanan untuk mengurangi kaki bengkak pada Ibu hamil juga sangat diperlukan demi kenyamanan kehamilan Ibu nantinya.

Makanan untuk Mengurangi Kaki Bengkak pada Ibu Hamil

Makanan untuk mengurangi kaki bengkak pada ibu hamil cukup membantu mengatasi Edema lho Bu. Melansir dari laman Feed Mom and Me, ada beberapa makanan untuk mengurangi kaki bengkak pada Ibu hamil yang perlu kita ketahui sebagai upaya pencegahan:

1. Makanan Kaya Kandungan Kalium

Makanan kaya kandungan kalium merupakan salah satu makanan untuk mengurangi kaki bengkak pada ibu hamil. Hal ini dikarenakan kalium adalah mineral yang cukup penting dan dapat membantu tubuh Ibu menyeimbangkan cairan yang ada. 

Asupan harian kalium yang disarankan untuk Ibu hamil adalah 4700 miligram dan kalium ini bisa didapatkan pada bahan makanan seperti pisang, alpukat, buah tin atau ara, kiwi, pepaya, jus buah prune, tomat kering, bayam, selada romaine, daun bawang, seledri, kubis, peterseli, selada air, sayuran kacang-kacangan seperti buncis, kentang, dan yogurt. 

Kalium selain dapat mencegah kaki bengkak pada ibu hamil dapat juga membantu mengurangi kram pada kaki, menyeimbangkan tekanan darah, hingga menyeimbangkan elektrolit dalam tubuh dan cairan yang ada.

2. Mengonsumsi Makanan Diuretik Alami

Selanjutnya, makanan untuk mengurangi kaki bengkak pada ibu hamil adalah makanan dengan sifat diuretik alami. Diuretik ini akan membantu ginjal melepaskan natrium ke dalam urine kemudian natrium akan menarik keluar bila ada kelebihan air dalam darah Ibu sehingga pembengkakan bisa berkurang. 

Kelebihan air pada tubuh ini nantinya akan keluar bersama dengan urine bila mengonsumsi makanan yang mengandung diuretik alami seperti cuka sari apel, jus cranberry, semangka, jahe, lemon, tomat, asparagus, seledri, timun, wortel, kubis brussel, peterseli, terong, kubis, dan buah bit.

3. Makanan dengan Kandungan Protein

Makanan yang mengandung protein tinggi ternyata juga mampu menjadi makanan untuk mengurangi kaki bengkak pada ibu hamil. Hal ini dikarenakan protein membantu mengentalkan darah yang menahan garam dan air di dalam pembuluh darah supaya cairan tidak bocor ke jaringan dan menyebabkan edema atau pembengkakan anggota tubuh terutama kaki. 

Cobalah untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan protein yang cukup sehari-hari seperti: daging tanpa lemak, daging unggas, ikan salmon, telur, kacang polong, kacang-kacangan, atau biji bunga matahari. Pastikan juga asupannya tidak berlebihan supaya tidak menimbulkan bahaya penyakit lainnya ya.

4. Mengonsumsi Teh Daun Dandelion

Mungkin di Indonesia teh yang satu ini cukup langka, tapi Ibu bisa mencarinya di supermarket besar yang menjual barang-barang impor atau sejenisnya. Makanan untuk mengurangi kaki bengkak pada ibu hamil seperti teh daun dandelion ini dapat membantu menyeimbangkan elektrolit dalam tubuh dan dapat membuat sirkulasi pada tubuh lebih lancar. 

Teh daun dandelion juga tinggi potassium serta merupakan salah satu asupan yang bersifat diuretik lembut. Disarankan untuk minum teh ini 1 – 2 gelas dalam sehari.

5. Jangan Lupakan Vitamin Kehamilan Ibu ya!

Vitamin prenatal harian atau vitamin kehamilan yang diberikan dokter untuk dikonsumsi selama kehamilan faktanya merupakan salah satu makanan untuk mengurangi kaki bengkak pada Ibu hamil juga lho. 

Vitamin prenatal sendiri biasanya juga dapat membantu meringankan kandungan air yang tertahan di dalam tubuh. Ibu juga bisa langsung berkonsultasi pada dokter tentang edema yang Ibu alami supaya mendapatkan vitamin yang tepat. 

6. Kurangi Makanan yang Mengandung Natrium atau Garam

Bila makanan untuk mengurangi kaki bengkak pada Ibu hamil sudah diterapkan, maka selanjutnya Ibu sebaiknya juga menghindari jenis makanan yang menjadi pemicu edema seperti makanan yang mengandung natrium atau garam. 

Ibu hamil yang rentan terhadap edema sebaiknya mengurangi makanan yang mengandung garam karena dapat menyebabkan tubuh menahan kadar air berlebih. Supaya rasa masakan tidak hambar meski sedikit garam, Ibu bisa menambahkan bahan rempah lain seperti thyme, oregano, atau rosemary.

7. Mengurangi Makanan atau Minuman Kaya Gula

Mengurangi makanan yang mengandung gula berlebih dapat menjadi salah satu makanan untuk mengurangi kaki bengkak pada ibu hamil berikutnya. Kandungan gula yang terlalu banyak pada asupan makanan atau minuman Ibu dapat menyebabkan pembengkakan saat hamil karena akan terjadi retensi air. 

Hindari buah-buahan dengan kandungan karbohidrat tinggi dan sejumlah bahan makanan seperti roti, pasta, nasi, dan semacamnya. Usahakan untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi makanan ini ya. 

8. Menghindari Makanan Olahan

Boleh mengonsumsi makanan olahan namun harus tetap dibatasi karena ini adalah makanan pemicu kaki bengkak pada Ibu hamil. Makanan yang diproses dan dikemas sebelumnya mengandung sodium dan lemak trans yang cukup tinggi dan akan menimbulkan edema bila dikonsumsi berlebihan. 

Makanan olahan juga termasuk makanan dengan kadar gizi yang tidak seimbang, jadi bila Ibu membatasinya maka hal ini dapat menjadi makanan untuk mengurangi kaki bengkak pada ibu hamil yang cukup jitu.

9. Membatasi Asupan Kafein Harian

Makanan untuk mengurangi kaki bengkak pada ibu hamil kebanyakan mengandung vitamin dan mineral alami sehingga baik juga untuk kesehatan tubuh. Lalu bagaimana dengan kafein? Apakah seburuk itu? 

Sebenarnya kafein memiliki sifat diuretik yang dapat menjadi makanan untuk mengurangi kaki bengkak pada ibu hamil, namun sayangnya sebagian besar kafein juga mengandung karbohidrat dan gula yang kemungkinan bisa menyebabkan dehidrasi sehingga tubuh akan membacanya sebagai sinyal perlu menahan cairan tersebut dan terjadilah edema. Boleh mengonsumsi kafein namun tetap ada takaran dan batasannya, apalagi saat sedang hamil.

Cara Mengurangi Kaki Bengkak saat Hamil

Ibu, bila ternyata edema ini sudah menyerang di kehamilan kali ini, maka ada beberapa cara untuk mengurangi kaki bengkak tersebut, melansir dari laman Healthline seperti berikut ini:

1. Melakukan Pijatan Lembut


Tak ada yang lebih enak dan menenangkan dari sebuah pijatan lembut di kaki yang sedang bengkak pada masa kehamilan seperti sekarang ini. Pijatan dapat membantu mengedarkan cairan yang menumpuk pada kaki Ibu sehingga pembengkakan dapat teratasi. Mintalah suami untuk membantu memijatkan kaki Ibu dengan lembut supaya pembengkakan pada kaki bisa berkurang.

2. Tidurlah dengan Miring Ke Kiri


Tidur dengan posisi miring ke kiri  dapat meningkatkan aliran darah yang akan mengurangi pembengkakan pada kaki Ibu saat hamil. Ambil posisi yang nyaman saat miring ke kiri karena hal ini juga dapat membantu aliran darah ke jantung lebih lancar dan lebih baik. Gunakan bantal yang nyaman juga untuk menopang sisi belakang Ibu ya.

3. Gunakan Sepatu yang Nyaman


Salah satu penyebab edema saat kehamilan adalah seringnya Ibu berdiri atau terlalu lama duduk. Selain hal ini, Ibu bisa juga menyiasatinya dengan memilih sepatu yang nyaman untuk digunakan saat berdiri. Hindari menggunakan sepatu yang memiliki hak, entah itu hak tinggi atau rendah. Yang pasti, saat hamil, sepatu dengan hak bukan pilihan yang nyaman. 

Menggunakan sepatu yang nyaman saat hamil dapat juga mencegah masalah pinggul dan punggung yang mungkin terjadi seiring bertambahnya berat badan Ibu saat hamil. Kehamilan akan membuat kaki Ibu membengkak dan ukuran sepatu berubah, jangan khawatir! Tetap gunakan sepatu yang nyaman karena setelah melahirkan semuanya akan berubah normal kembali.

4. Cobalah untuk Jalan Kaki


Jalan kaki sekitar 5 hingga 10 menit beberapa kali sehari dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah Ibu sehingga dapat mengurangi pembengkakan. Bila pekerjaan Ibu mengharuskan Ibu hamil untuk selalu duduk, ambillah sedikit jeda untuk sekedar berjalan-jalan sebentar supaya pembengkakan pada kaki bisa berkurang dan Ibu merasa lebih nyaman. Kebanyakan duduk bagi Ibu hamil juga tak baik, jadi buatlah menjadi lebih seimbang dengan berjalan kaki ya!

5. Gunakan Pakaian yang Nyaman

Saat hamil, kunci utamanya adalah menggunakan apa saja yang membuat Ibu nyaman. Sepatu yang nyaman hingga pakaian yang nyaman. Hindari menggunakan baju atau celana ketat selama kehamilan karena dapat memperburuk pembengkakan. Hal ini dikarenakan sirkulasi atau peredaran darah menjadi tidak lancar. Cobalah pakaian yang longgar sehingga kehamilan Ibu menjadi lebih nyaman dan menyehatkan.

6. Minum Air Putih yang Cukup


Dehidrasi justru akan menahan lebih banyak cairan pada tubuh, cobalah untuk mengonsumsi air putih dengan takaran yang pas setiap harinya. Mengonsumsi air yang cukup saat hamil juga dapat membantu kinerja ginjal lebih baik lagi.

7. Tinggikan Kaki dan Beristirahatlah


Istirahat yang cukup juga merupakan kunci kehamilan yang menyehatkan. Supaya pembengkakan pada kaki bisa berkurang, Ibu bisa beristirahat sejenak dengan duduk kemudian kaki ditinggikan sebentar karena ini dapat membantu peredaran darah pada kaki Ibu menjadi lebih lancar. Cobalah hal ini setelah selesai beraktivitas sehari-hari.

Editor: Atalya