Kehamilan

Atasi Mual & Beri Nutrisi, Ini 8 Jus Untuk Ibu Hamil Yang Lezat

Atasi Mual & Beri Nutrisi, Ini 8 Jus Untuk Ibu Hamil Yang Lezat

Menikmati jus untuk Ibu hamil ternyata bisa membantu mencukupi kebutuhan cairan tubuh, agar tidak dehidrasi lho! Apalagi jika Ibu masih berkutat dengan mual dan muntah selama kehamilan.

Tentunya Ibu membutuhkan asupan cairan lebih banyak. Tapi, minum air putih saja rasanya mual sekali ya Bu.

Alternatif mendapatkan cukup cairan sekaligus nutrisi tambahan adalah, lewat konsumsi jus untuk Ibu hamil. Apa saja menu jus untuk Ibu hamil agar tidak mual yang enak dan bernutrisi, ya?

Ibumin punya pilihan aneka jus sehat yang umumnya mudah dikonsumsi oleh Ibu hamil nih. Yuk, simak ulasan berikut ini.

Aneka pilihan jus untuk Ibu hamil

1. Jus buah dengan tambahan jahe


Jus buah favorit Ibu bila ditambah dengan sepotong kecil jahe adalah penolong saat morning sickness menyerang. Ini merupakan campuran jus untuk Ibu hamil agar tidak mual yang paling Ibumin andalkan ketika hamil.

Cocok dikonsumsi sebagai jus untuk Ibu hamil trimester 1 yang masih mengalami morning sickness berat. Tambahkan sepotong kecil jahe yang sudah dibersihkan ke dalam jus buah pilihan Ibu.

Bisa juga ditambahkan perasan lemon, ya. Tapi tidak perlu ditambah bila Ibu memiliki masalah dengan lambung.

Keampuhan jahe mengatasi morning sickness dibuktikan dengan jurnal penelitian di tahun 2013 berjudul The Effectiveness and Safety of Ginger for Pregnancy-Induced Nausea and Vomiting: a Systematic Reviewyang menyebutkan bahwa, jahe memang aman untuk mengatasi mual dan muntah selama kehamilan.

2. Jus Alpukat


Jus untuk Ibu hamil berikutnya adalah, jus alpukat. Buah alpukat sendiri, memiliki kandungan asam folat yang tinggi dan merupakan sumber lemak alami yang dianjurkan untuk dikonsumsi rutin sebagai makanan sehat.

Pastikan untuk meminimalisir penggunaan tambahan gula atau kental manis saat membuat jus alpukat, ya. Jus untuk Ibu hamil ini bertekstur creamy dan cenderung tawar.

Bila ingin menambahkan pemanis, Ibu mungkin bisa mempertimbangkan penggunaan stevia atau pemanis rendah kalori lainnya. Jus alpukat bisa dikonsumsi sebagai jus untuk Ibu hamil trimester 1, karena asam folatnya baik untuk pembentukan otak dan organ tubuh janin.

Tapi bila Ibu masih berkutat dengan mual dan muntah di trimester ini, Ibu bisa mengonsumsinya di trimester berikutnya, atau ketika sudah tidak mengalami mual dan eneg.

3. Jus buah bit


Ibu hamil dengan anemia wajib merapat, nih! Jus buah bit dianjurkan sebagai jus untuk Ibu hamil trimester 2 dan 3 yang rentan mengalami anemia.

Anemia sendiri berbahaya bagi Ibu hamil, karena berisiko membuat bayi kekurangan nutrisi karena asupan oksigen dan nutrisi yang kurang lancar akibat kekurangan sel darah. Buah bit kaya vitamin A dan zat besi.

Selain mendukung kecukupan sel darah, jus buah bit juga memberikan energi bagi Ibu hamil untuk mengatasi lemas dan lesu. Rasa jus buah bit memang agak sedikit getir. 

Untuk mengatasinya, Ibu bisa menambahkan strawberry atau jahe ketika membuat jus untuk Ibu hamil ini. Apel juga dapat menambah kenikmatan jus ini, lho. Dicoba, yuk!

4. Jus jeruk


Jus jeruk juga merupakan jus untuk Ibu hamil yang disarankan untuk dikonsumsi. Kandungan vitamin C pada jeruk mendukung kesehatan Ibu hamil dan bayi, loh.

Menurut penelitian tahun 2012 berjudul Associations between Maternal Antioxidant Intakes in Pregnancy and Infant Allergic Outcomes menegaskan bahwa, Ibu hamil yang mengonsumsi cukup vitamin C mendapatkan manfaat berkurangnya risiko bayi mengalami alergi.

Penelitian lain juga menegaskan bahwa jus jeruk membantu menurunkan risiko heartburn yang biasa dialami Ibu hamil. Pilih buah jeruk yang segar, banyak mengandung air dan tidak terlalu asam sebagai jus untuk Ibu hamil yang menyegarkan.

5. Jus delima


Jus kaya antioksidan ini juga bermanfaat untuk kesehatan Ibu hamil dan bayinya. Delima mendukung kesehatan kulit, membantu penyerapan zat besi dan berkontribusi pada kesehatan mental bayi dalam kandungan.

Jus untuk Ibu hamil ini, juga menambah tenaga dan kekuatan Ibu serta mendukung perkembangan otak bayi.

6. Jus jambu biji


Melansir dari Parenting First Cry, jus untuk Ibu hamil yang satu ini membantu tekanan darah stabil dan gula darah tetap terkontrol. Dengan catatan, pengolahannya tanpa menambahkan gula atau kental manis, ya.

Jus jambu biji juga baik untuk mengatasi anemia pada Ibu hamil dan kaya vitamin C yang membantu menguatkan sistem imun Ibu. Tak hanya itu, penyerapan zat besi lebih optimal sehingga baik Ibu dan bayi sama-sama mendapatkan manfaatnya.

7. Jus wortel


Siapa yang menyangka kalau jus wortel adalah jus untuk Ibu hamil yang kaya kalsium. Bahkan, kalsium dalam wortel membantu pembentukan tulang dan gigi bayi.

Beta karotennya melindungi Ibu hamil dari radikal bebas. Fitokimia dalam sayuran juga baik dalam mendukung fungsi tubuh. Wah paket lengkap nutrisi dalam segelas jus untuk Ibu hamil, nih!

8. Jus lemon


Jus lemon adalah jus untuk Ibu hamil trimester 3 yang mulai sering mengalami konstipasi. Pasalnya, lemon baik untuk melancarkan pencernaan dan membuat masalah konstipasi pada Ibu hamil beres seketika.

Penggunaannya juga hanya sedikit dan cukup mudah. Cukup mengambil 1-2 sendok makan jus lemon yang dilarutkan dalam air hangat, akan membantu menguatkan imun Ibu dan melancarkan pencernaan.

Jus untuk Ibu hamil dari buah dan sayur lainnya akan memiliki peningkatan rasa ketika ditambahkan jus lemon ini, lho! Nah, jus-jus inilah yang disarankan untuk dikonsumsi Ibu hamil. 

Selama kehamilan, hindari membuat jus dari pepaya, nanas dan anggur karena kandungannya yang kurang baik untuk kehamilan. Pilih jus untuk Ibu hamil yang memberikan nutrisi dan menguatkan kehamilan ini, ya Bu. Selamat menikmati. 

Editor: Aprilia