Kehamilan

Benarkah Persalinan Metode ERACS Tidak Sakit? Simak Faktanya!

Benarkah Persalinan Metode ERACS Tidak Sakit? Simak Faktanya!

Metode ERACS saat ini sedang menjadi perbincangan hangat di kalangan medis serta ibu-ibu yang sedang mempersiapkan kelahiran buah hati tercinta. Metode ERACS sendiri ternyata sudah ada sejak tahun 1990an dengan fokus yang berbeda. 

Melansir dari laman National Center for Biotechnology Information (NCBI), metode ERACS merupakan bagian dari metode Enhanced Recovery After Surgery (ERAS) yaitu metode peningkatan pemulihan pasca operasi bagi pasien yang menjalani operasi kolorektal lalu kemudian metode ini mulai diadopsi oleh para spesialis bedah lainnya dengan hasil positif serupa. 

Metode ERAS sangat populer dan terkenal karena memiliki efek pemulihan pasca operasi lebih cepat pada pasien dengan tindakan operasi besar dan semacamnya. Karena kelebihan inilah metode ERAS turut diadopsi juga di bidang kebidanan yang saat ini lebih sering dikenal dengan metode ERACS (Enhanced Recovery After Cesarean Section).

Mengenal Metode ERACS Lebih Lanjut


Secara lebih lengkap, metode ERACS caesar adalah sebuah metode operasi sesar dengan meminimalisir rasa sakit dan pemulihan cepat bagi Ibu melahirkan. 

Metode ERACS ini diklaim dapat mendatangkan manfaat lain selain pemulihan yang cepat seperti proses menyusui yang lebih nyaman

Ibu bisa segera merawat bayi secara lebih mandiri dengan rasa sakit pasca operasi yang jauh berkurang, rawat inap yang lebih cepat, serta meminimalisir resiko komplikasi yang mungkin terjadi. 

Melalui metode ERACS ini juga Ibu tetap mendapatkan dukungan perawatan setelah berada di rumah untuk mendukung proses pemulihan total pasca persalinan. Sebenarnya metode ERACS tidak jauh berbeda dengan proses kelahiran sesar secara konvensional, yang membedakan hanyalah proses dan waktu pemulihannya saja. 

Metode ERACS dilakukan oleh tenaga medis atau spesialis yang ahli dibidangnya seperti dokter spesialis kandungan, dokter anestesi, dokter anak, perawat, bahkan bidan.

Metode ERACS juga tidak bisa serta merta dilakukan oleh semua Ibu yang akan melahirkan karena dokter harus melihat kondisi, riwayat kesehatan, serta komorbid yang mungkin ada pada pasien. 

Prosedur Pelaksanaan Metode ERACS


Metode ERACS harus dilakukan dengan prosedur yang matang, oleh karenanya, Ibu wajib memberitahukan hal ini kepada dokter kandungan saat usia kandungan memasuki trimester ketiga apabila Ibu mantap akan menggunakan metode ERACS ini untuk proses kelahiran si kecil nantinya. 

Berikut ini prosedur metode ERACS yang akan dilakukan oleh dokter di setiap proses kelahiran, melansir dari laman NCBI.

1. Persiapan Sebelum Operasi

Sebelum operasi menggunakan metode ERACS di mulai, ada beberapa hal yang harus dilakukan seperti:

  • Edukasi Pasien yang meliputi banyak hal seperti: berapa biaya yang harus dikeluarkan, rencana manajemen nyeri, inisiasi menyusui dini bagi si kecil, apa yang diharapkan selama operasi, informasi tentang menyusui atau program laktasi, berapa lama harus rawat inap, serta kapan Ibu bisa melakukan mobilisasi normal pasca persalinan. 
  • Diskusi tentang kapan harus berpuasa. American Society of Anesthesiologists (ASA) menyarankan untuk berpuasa mengkonsumsi makanan padat selama enam hingga delapan jam dan berhenti minum hingga dua jam sebelum dilakukan induksi anestesi. Sementara itu, asupan minuman tinggi kalori dan karbohidrat hingga dua jam sebelum operasi telah terbukti mengurangi rasa lapar, haus, dan mengurangi rasa cemas pada pasien yang menjalani bedah perut. 
  • Optimalisasi Hemoglobin Sebelum Operasi. Pemeriksaan tentang hemoglobin Ibu sebelum melakukan operasi sesar sangat penting dilakukan untuk sejumlah alasan medis. Pemeriksaan tentang anemia atau yang berkaitan hemoglobin ini sebaiknya dilakukan secara rutin pada Ibu hamil dan dapat dimulai ketika kehamilan trimester awal untuk memantau apakah Ibu perlu suplemen zat besi tambahan atau tidak.

2. Selama Operasi Berlangsung

Ada sejumlah prosedur yang harus dilakukan selama operasi metode ERACS berlangsung, dan hal ini juga wajib diberitahukan kepada pasien. Berikut ini adalah prosedur yang akan dilakukan selama operasi metode ERACS berlangsung:

  • Pemberian antibiotik profilaksis untuk mengurangi resiko infeksi dan morbiditas;
  • Pencegahan terhadap hipotermia (manajemen suhu);
  • Memantau tekanan darah dan cairan pada tubuh pasien;
  • Pemberian anestesi neuraksial yang berguna untuk menurunkan respon hipotalamus-hipofisis terhadap stres bedah dan terbukti mengurangi durasi ileus (terhentinya gerakan usus) pasca operasi;
  • Pencegahan terhadap mual dan muntah pasca operasi;
  • Penundaan penjepitan tali pusat (Delayed Cored Clamping);
  • Kontak kulit ke kulit (skin to skin) sesaat setelah si kecil dilahirkan. Proses ini akan menurunkan kecemasan dan depresi Ibu pasca persalinan. Inisiasi menyusui dini juga dapat dilakukan pada bagian ini; dan
  • Manajemen oksitosin yaitu dengan memberi infus oksitosin dosis rendah untuk mencegah perdarahan postpartum.

2. Setelah Operasi Dilakukan

Kelebihan metode ERACS ini ada pada pemulihan yang lebih cepat pasca persalinan dibandingkan dengan metode lainnya. Oleh karena itu, metode ERACS dilakukan dengan prosedur yang ketat dan melibatkan tenaga medis spesialis yang ahli dibidangnya. Berikut ini prosedur setelah operasi metode ERACS yang biasa dilakukan:

  • Asupan oral lebih awal (diperbolehkan makan 2 jam setelah proses operasi);
  • Mobilisasi dini atau dapat bergerak lebih awal daripada operasi biasa;
  • Kateter urin dapat dilepas lebih awal;
  • Pemberian obat anti nyeri multimodal;
  • Melakukan konsultasi tentang menyusui (laktasi);
  • Kunjungan dokter spesialis neonatology bagi bayi prematur atau bayi baru lahir yang membutuhkan penanganan khusus; dan
  • Adanya konseling sebelum ibu diperbolehkan pulang.

Biaya Persalinan Metode ERACS


Metode ERACS yang diklaim mampu memulihkan kondisi Ibu pasca persalinan lebih cepat langsung menjadi primadona dan seperti angin segar bagi para Ibu mengingat perjuangan melahirkan yang tak biasa dan sering kali menyisakan trauma. Karena kepopulerannya saat ini, tak jarang metode ERACS memiliki banyak peminat. Lalu metode ERACS berapa biayanya ya? 

Sejauh ini, perincian biaya operasi sesar dengan metode ERACS ini belum memiliki data yang pasti meskipun beberapa rumah sakit sudah menuturkannya. Mengutip dari kanal youtube dr. Rizal Fitni SpOG, biaya metode ERACS ini tak jauh berbeda dengan metode persalinan sesar konvensional. 

Beberapa info juga menyebutkan bahwa metode ERACS bisa lebih murah karena pemulihan yang cepat sehingga mengurangi biaya penggunaan kamar saat rawat inap. 

Selain itu, metode ERACS ini belum sepenuhnya digunakan oleh setiap rumah sakit yang ada di Indonesia. Harga yang ditawarkan di setiap rumah sakit juga akan mengalami perbedaan. Oleh karena itu, sebaiknya Ibu terlebih dahulu mengetahui rincian harganya sebelum mendekati HPL si kecil dengan menghubungi rumah sakit yang menjadi tujuan Ibu.

Apakah Persalinan Metode ERACS Ditanggung BPJS?


Metode ERACS sebenarnya hanyalah sebuah metode yang dikembangkan, namun pada pengaplikasiannya, metode ini tetap masuk dalam kategori C-Section, jadi metode ERACS ditanggung BPJS juga. Proses persalinan C-section menggunakan BPJS sendiri memiliki sejumlah persyaratan khusus seperti:

  • Membawa rujukan dari dokter Faskes tingkat 1;
  • Membawa kartu BPJS aktif;
  • Tidak dapat dilakukan sesuai permintaan pribadi (misalnya pasien takut sakit, dsb);
  • C-Section yang dilakukan karena indikasi medis tertentu sehingga persalinan normal tidak dapat dilakukan; dan
  • Langsung merujuk ke IGD bila kondisinya gawat darurat.

Rekomendasi Rumah Sakit dengan Metode ERACS


Persalinan dengan metode ERACS ini sudah hadir di Indonesia, berikut ini rekomendasi rumah sakit yang menyediakan persalinan metode ERACS beserta kisaran biaya yang harus dikeluarkan, melansir dari berbagai sumber:

1. RS. Sari Asih

Jaringan RS Sari Asih menjadi salah satu jaringan rumah sakit yang menyediakan metode ERACS dengan perjanjian dokter terlebih dahulu. Biaya yang dikeluarkan untuk metode ERACS ini hampir sama dengan operasi sesar pada umumnya yaitu: 

Kelas Deluxe (VIP) Rp 24,600,000; Kelas 1 di kisaran harga Rp 21,150,000; Kelas 2 di kisaran harga Rp 18,500,000; dan Kelas 3 di kisaran harga Rp 16,750,000. Informasi lebih lanjut dapat langsung menghubungi nomor whatsapp resmi RS Sari Asih 0813-9966-3838.

2. RS Hermina

Salah satu layanan rumah sakit yang menyediakan metode ERACS dengan perincian biayanya adalah jaringan Rumah Sakit Hermina di seluruh Indonesia. Melansir dari laman Hermina Hospital, paket persalinan ERACS yang ditawarkan meliputi: 

Paket Anggrek (VIP) dengan kisaran harga Rp 24,000,000; Paket Mawar (kelas 2) kisaran harga Rp 17,000,000; Paket Melati (kelas 3) kisaran harga Rp 13,000,000. Info selengkapnya dapat menghubungi nomor rumah sakit hermina terdekat melalui laman website resmi Hermina.

3. RS Mayapada (Mayapada Hospital)

Melansir dari laman resmi Mayapada Hospital, terdapat perbedaan antara paket persalinan konvensional dengan paket persalinan metode ERACS. 

Harga yang ditawarkan untuk metode ini adalah kategori General berada di kisaran Rp 25,000,000 ; Superior Rp 27,500,000 ; Deluxe Rp 30,000,000; Junior Suite Rp 33,500,000; Suite Rp 40,000,000; President Suite Rp 47,000,000. 

Khusus Mayapada Hospital Kuningan, paket persalinan ini sudah termasuk kamar rawat inap 2 hari 1 malam khusus untuk persalinan metode ERACS,  tindakan dokter spesialis kebidanan dan kandungan, pemeriksaan laboratorium, ruang perawatan Ibu dan bayi, tes pendengaran, vaksin polio dan hepatitis B, konsultasi klinik laktasi, edukasi memandikan bayi, dan dokumentasi. 

Untuk lebih lengkapnya, Ibu bisa menghubungi hotline Mayapada Hospital di 150770.

4. RS EMC Tangerang

Terdapat perbedaan harga untuk operasi sesar konvensional dengan operasi sesar metode ERACS. Estimasi harga yang ditawarkan di RS EMC Tangerang terbagi menjadi:

Kelas 3 (isi 4 orang pasien) dengan total biaya Rp 35,500,000; kelas 2 (isi 3 orang pasien) total biaya Rp 40,500,000; kelas 1 (isi 1 orang pasien) total biaya Rp 46,500,000; kelas VIP mini total biaya Rp 58,500,000; kelas VIP (kamar lebih luas) total biaya Rp 60,500,000. 

Biaya tersebut sudah termasuk biaya operasi sesar metode ERACS, biaya obat, kunjungan dokter, hingga biaya perawatan bayi. Info lebih lengkap, Ibu dapat langsung menghubungi nomor 021-5097 8999.

5. RSIA Bunda Jakarta Menteng 

Bagi Ibu yang tertarik melakukan operasi sesar metode ERACS di RSIA Bunda Jakarta kawasan Menteng, berikut estimasi perincian harga yang ditawarkan: 

Kelas standar (kelas 3) yang diisi oleh 4 pasien dengan harga mulai dari Rp 42,000,000 hingga Rp 45,000,000; kelas superior (kelas 2) diisi 2 orang dengan kisaran harga mulai dari Rp 46,000,000 – Rp 49,000,000; kelas deluxe (kelas 1) kapasitas kamar untuk 1 orang dengan kisaran harga mulai dari Rp 54,000,000 – Rp 57,000,000; kelas VIP Perdana kisaran harga mulai dari Rp 62,000,000 – Rp 65,000,000; dan kelas Bunda Suite dengan harga mulai dari Rp 77,000,000 – Rp 80,000,000. 

Paket kamar ini sudah termasuk biaya rawat inap 4 hari 3 malam, jasa dokter lengkap, obat, dan free PCR untuk 1 pasien (untuk VIP dan Bunda Suite, free PCR berlaku juga untuk 1 pendamping). Info selengkapnya dapat menghubungi hotline 1500799 atau 02131922005.

6. RSKIA Harapan Bunda Bandung

Metode ERACS juga sudah diterapkan di beberapa rumah sakit di kota Bandung, salah satunya ada di RSKIA Harapan Bunda dengan perincian biaya sebesar: 

Kelas 3 di harga Rp 18,500,000; kelas 2 di harga Rp 19,700,000; kelas 1 di harga Rp 22,700,000; kelas VIP tipe C di harga Rp 25,000,000; kelas VIP tipe B di harga Rp 25,300,000; kelas VIP tipe A di harga Rp 25,600,000. 

Harga ini hanya berlaku untuk persalinan bayi tunggal bukan kembar, untuk info selengkapnya, Ibu bisa langsung menghubungi nomor hotline (022) 7506490.

7. Kusuma Hospital 

Bagi Ibu yang berada di daerah Jawa Timur, salah satu rumah sakit yang menyediakan layanan operasi metode ERACS adalah RS Kusuma Hospital dengan alamat Jl. Bonorogo No.3, Taman, Lawangan Daya, Pademawu, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur. 

Rincian biaya operasi sesar metode ERACS di sini dibandrol dengan rincian sebagai berikut: 

Kelas VIP Krissan Rp 19,500,000; kelas VVIP Kamelia Rp 20,500,000; kelas VVIP Kusuma Rp 21,500,000; dan kelas super VVIP Kassandra Rp 26,500,000. Biaya ini belum termasuk biaya IGD, foto thorax, dan pemeriksaan laboratorium bila diperlukan. Info selengkapnya silahkan menghubungi (0324) 3510248 atau melalui WA 087843000011.

8. MMC Hospital Jakarta Selatan 

MMC Hospital Jakarta Selatan juga menyediakan layanan operasi sesar metode ERACS dengan rincian biaya sebagai berikut: kelas 3 mulai dari Rp 9,000,000 ; kelas 2 mulai dari Rp 10,000,000 ; kelas 1 mulai dari Rp 12,000,000 ; dan kamar VIP berada di kisaran Rp 15,000,000. 

Biaya ini hanya merupakan biaya tindakan operasi dengan metode ERACS saja dan belum termasuk biaya lain seperti biaya kamar, jasa dokter, obat-obatan, atau biaya perawatan bayi, serta biaya penunjang lainnya bila diperlukan. 

Info selengkapnya, Ibu bisa menghubungi kontak MMC Hospital melalui nomor (021) 5203435.

Editor: Dwi Ratih