Kehamilan

Benarkah Susu Program Hamil Meningkatkan Peluang Hamil?

Benarkah Susu Program Hamil Meningkatkan Peluang Hamil?

Ayah dan Ibu yang sedang menjalani promil mungkin mempertimbangkan untuk memilihi susu program hamil yang banyak dijual di pasaran dengan berbagai merk. Namun benarkah produk susu program hamil tersebut benar-benar membuat Ibu jadi cepat hamil?

Susu Program Hamil, Benarkah Meningkatkan Peluang Hamil?

Tahukah Ibu bahwa sebenarnya kehamilan sendiri dapat terjadi dengan banyak faktor pendukung. Tidak terpaku pada satu hal saja kemudian langsung bisa hamil. Kehamilan didukung oleh kadar hormon dalam tubuh, aliran darah, kecepatan sperma, kematangan sel telur, dan masih banyak faktor lainnya.

Sehingga dapat kita lihat bahwa susu program hamil bukanlah penentu utama keberhasilan kehamilan. Hanya saja, benar bahwa asupan vitamin dan mineral dalam susu program hamil dapat mendukung terpenuhinya nutrisi yang dibutuhkan. Sehingga susu program hamil dapat menjadi salah satu faktor pendukung terjadinya kehamilan.

Sebelum mengarah ke susu program hamil, mari bicara tentang susu murni itu sendiri. Susu murni yang berasal dari hewan dibutuhkan oleh ibu hamil karena kandungan lemaknya. Dilansir dari Romper, makanan yang mengandung lemak hewani tinggi memiliki kadar estrogen yang tinggi. 

Estrogen merupakan hormon yang berperan dalam kehamilan. Produk dairy, seperti susu hewan tinggi lemak akan membantu memberikan asupan tepat untuk mendukung terjadinya kehamilan. Dibandingkan dengan susu yang rendah lemak, susu tinggu lemak lebih disarankan untuk dikonsumsi jika ingin merencakan kehamilan.

Misalnya, jika dalam segelas susu tinggi lemak terkandung 2.2 nanogram kadar estrogen, susu rendah lemak hanya mengandung 0.8 nanogram saja. Lebih lanjut, tubuh memiliki hormon yang disebut Insulin-Like Growth Factor 1, yang jika jumlahnya dapat ditekan akan memperbesar terjadinya peluang kehamilan. Memberikan tubuh asupan susu tinggi lemak akan menekan hormon ini dan memperbesar peluang terjadinya pembuahan.

Jika susu itu sendiri sudah merupakan asupan penting untuk mempersiapkan kehamilan, maka tidak ada salahnya untuk mengonsumsi susu program hamil yang telah ditambahkan vitamin dan mineral yang menunjang terjadinya kehamilan. Biasanya susu program hamil memberi tekanan pada penambahan jumlah asam folat yang baik untuk pertumbuhan janin.

Susu murni telah mengandung asam folat, vitamin B6, vitamin D, kalsium, laktosa, lemak dan protein. Dengan penambahan dosis asam folat dan mineral atau vitamin lain akan membantu dalam program hamil ini. Apalagi jika ibu mengalami kekurangan zat gizi dan terbiasa mengonsumsi makanan harian yang kurang padat gizi. Hal ini bisa Ibu evaluasi sendiri, lho. Karena tidak semua Ibu memerlukan susu program hamil.

Ibu yang merasa asupan makanan sehatnya kurang atau tidak seimbang, dapat mengonsumsi susu program hamil untuk menyiapkan tubuh menghadapi kehamilan dan supaya saat pembuahan berhasil terjadi, asupan untuk embrio langsung tersedia dalam jumlah yang cukup. Kekurangan asupan mineral, vitamin, folat, protein, karbohidrat, bahkan lemak akan menghambat juga pertumbuhan janin.

Catatan Untuk Ibu Saat Memilih Produk Susu Program Hamil


Jadi, boleh nggak ya mengonsumsi susu program hamil? Why not? Tidak apa jika Ibu ingin mengonsumsinya. Asal, Ibu perlu memperhatikan beberapa hal berikut:

  • Pilihlah susu yang tinggi lemak. Sebisa mungkin jangan pilih susu yang rendah lemak. Penelitian yang dimuat dalam European Society of Human Reproduction and Embryology mengemukana hasil bahwa jika Ibu memilih susu rendah lemak justru akan menurunkan potensi kehamilan.
  • Pilihlah susu yang kandungan gulanya rendah. Karena gula yang tinggi akan memberikan efek kenaikan berat badan yang idak terkontrol saat kehamilan.
  • Ikutilah dengan tepat petunjuk penyajian dan batas konsumsi hariannya. Ini berguna untuk memastikan asupan yang diharapkan akan didapatkan Ibu, telah tepat dan tidak berlebihan jumlahnya.
  • Pilihlah produk susu yang memiliki kandungan protein, karbohidrat, vitamin B6, vitamin B12, dan lemak.
  • Jika sudah memilih untuk minum susu program hamil, cobalah untuk mengurangi asupan lemak pada makanan lainnya yang Ibu konsumsi di hari yang sama. Ini bertujuan untuk menjaga kadar lemak terkontrol dan berat badan tidak melonjak drastis.

Rekomendasi Merk Susu untuk Program Hamil

1. Anmum Materna

Photo source : anmum.com

Anmum Materna diperuntukkan bagi Ibu yang merencakan kehamilan maupun yang sudah mengandung. Dalam segelas susu program hamil anmum telah mengandung 150 kalori  dan dilengkapi folat, kalsium, zink, serta vitamin C, D dan B12. Anmum menyarankan agar Ibu tetap mengombinasikan susu program hamil dengan makanan bergizi dan olahraga ringan. Hadir dalam rasa coklat, strawberry dan vanilla yang enak dan nggak bikin eneg.

2. Prenagen Esensis

Photo source : prenagen.com

Susu program hamil prenagen esensis disarankan untuk dikonsumsi sejak 3 bulan sebelum menikah. Ini bertujuan untuk menyiapkan tubuh dengan jumlah folat yang cukup dan tidak terlambat memberikan janin asupan jika sudah terjadi pembuahan. Prenagen esensis hadir dalam rasa French vanilla, groovy mocha dan velvety chocolate.

3. Lactamil Inisis

Photo source: nutriclub.co.id

Susu program hamil dari Lactamil ini diperkaya ACTIDuoBio+ untuk pertahanan dan perlindungan terhadap Ibu dan buah hati. Memiliki kandungan asam folat, DHA, Omega 6, berbagai vitamin dan sumber protein. Susu ini hanya tersedia dalam rasa cokelat.

4. Frisomum Gold DualCare

Photo source : friso.co.id

Frisomum diperuntukkan bagi ibu yang hamil dan menyusui dan diperkaya probiotik dan prebiotic yang menbantu menjaga kesehatan pencernaan. Selain itu, ALA, LA, Nukleotida, asam folat, kalsium, dan zat besi. Susu ini hanya tersedia dalam rasa vanilla.

Pada dasarnya susu program hamil yang bagus bisa dari merk apa saja. Yang perlu diperhatikan adalah kandungan gulanya dan kecocokan dalam pengonsumsiannya. Selain susu program hamil tersebut, Ibu disarankan untuk berkonsultasi pada Dokter agar mendapatkan rekomendasi suplemen dan vitamin yang tepat dalam mendukung program kehamilan.

Editor: Dwi Ratih