Kehamilan Dibaca 404 kali

13 Rekomendasi Vitamin Ibu Hamil Terbaik Beserta Harganya

Share info ini yuk ke teman-teman
Darin
13 Rekomendasi Vitamin Ibu Hamil Terbaik Beserta Harganya

Selain asupan makanan dengan gizi seimbang, vitamin Ibu hamil juga penting untuk dikonsumsi selama mengandung. Sebab, suplemen yang khusus diformulasikan untuk Ibu hamil ini mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan Ibu agar tumbuh kembang calon bayinya lebih sempurna. Semua kandungan yang terdapat di dalamnya juga dapat mengurangi risiko bayi lahir cacat atau mengalami gangguan kesehatan lainnya.

Beberapa nutrisi penting untuk Ibu hamil di antaranya adalah asam folat, kalsium, zat besi, vitamin C, vitamin D, dan vitamin B kompleks. Umumnya, berbagai kandungan itu memang bisa ditemukan dalam makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Namun, kebutuhan nutrisi yang meningkat saat hamil, membuat Ibu perlu berbagai suplemen tambahan.

Terlebih, seringkali Ibu hamil juga menemui kondisi tertentu yang membuatnya kekurangan nutrisi, seperti morning sickness dan anemia. Mual dan muntah berlebihan akan membuat makanan yang dikonsumsi keluar kembali. Akibatnya, Ibu jadi sulit mendapatkan nutrisi penting untuk janinnya. Sedangkan saat anemia, Ibu hamil perlu zat besi tambahan supaya asupan nutrisi untuk calon bayinya tetap terpenuhi.

Saat memasuki trimester akhir, biasanya dokter juga akan meresepkan suplemen tambahan yang mengandung kalsium untuk Ibu hamil. Kalsium sangat penting untuk pembentukan dan pertumbuhan otot, gigi, dan tulang bayi. Kalsium juga berperan untuk menurunkan risiko preeklampsia pada Ibu hamil.

Rekomendasi Vitamin Ibu Hamil Terbaik

Nah, saat ini ada banyak sekali pilihan vitamin Ibu hamil yang beredar di pasaran. Harganya pun juga sangat beragam. Berikut ini rekomendasi merek vitamin Ibu hamil lengkap dengan harganya.

  1. Folamil Genio

    Salah satu kandungan utama Folamil Genio adalah asam folat. Seperti dikutip dari WebMD, asam folat merupakan salah satu zat penting yang dibutuhkan janin agar tumbuh kembang otaknya optimal serta mengurangi risiko bayi lahir dengan cacat tabung saraf. Selain asam folat, vitamin Ibu hamil ini juga mengandung DHA dan ARA yang mendukung perkembangan organ janin. Ada juga zat besi yang membantu mencegah anemia.

    Harga: Rp136.500 - Rp152.500 (30 kapsul)

  2. Blackmores Pregnancy

    Blackmores merupakan brand vitamin dan suplemen nomor 1 di Australia. Salah satu produk unggulannya adalah Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold. Dari namanya, produk ini memang tak hanya bisa dikonsumsi Ibu hamil, melainkan juga Ibu menyusui. Seperti dilansir dari Mother and Baby, produk berbentuk kapsul ini mengandung 17 nutrisi penting, di antaranya asam folat, zat besi, vitamin D, DHA, dan berbagai vitamin dan mineral lainnya. Dosis yang terkandung di dalamnya sudah disesuaikan dengan kebutuhan Ibu hamil dan menyusui di Indonesia.

    Harga: Rp164.900 - Rp355.800 (60 kapsul)

  3. Herbs of Gold Pregnancy Plus

    Seperti kebanyakan vitamin Ibu hamil lainnya, produk yang satu ini juga tinggi asam folat. Selain itu, di dalamnya juga terdapat yodium untuk perkembangan otak janin, vitamin B12, vitamin B6, vitamin D, kalsium, fosfor, serta biotin yang berfungsi mereplikasi DNA. Suplemen hadir dalam bentuk tablet dengan aroma dan rasa vanilla yang enak sehingga aman untuk bumil yang sensitif terhadap bau-bauan.

    Harga: Rp171.000 - Rp353.000 (60 tablet)

  4. Osfit Platinum

    Osfit Platinum mengandung multivitamin dan mineral yang dibutuhkan Ibu selama masa kehamilan. Berbagai kandungannya dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi di 1000 hari pertama kehidupannya. Vitamin Ibu hamil ini dikemas dalam bentuk kapsul lunak dengan aroma vanila, membuatnya mudah ditelan dan tidak bau amis.

    Harga: Rp180.000 (30 kapsul)

  5. Prove D3-1000

    Vitamin D dapat diperoleh dari makanan dan sinar matahari. Namun kebanyakan orang saat ini kurang mendapat paparan sinar matahari sehingga kebutuhan vitamin D-nya tidak tercukupi. Selama masa kehamilan, Ibu hamil sangat rentan mengalami defisiensi vitamin D. Untuk itu, kadang dokter perlu meresepkan suplemen vitamin D tambahan. Salah satu merek yang bisa Ibu pilih adalah Prove D3-1000.

    Harga: Rp19.100 - Rp70.400 (1 strip 10 tablet)

  6. Nature’s Plus Folic Acid Hearts

    Vitamin Ibu hamil satu ini selain tinggi asam folat juga mengandung vitamin B12 dan B6 yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Suplemen ini juga mampu membantu tubuh membentuk sel darah merah sehingga mencegah Ibu hamil mengalami anemia. Ada juga manfaat lain seperti menjaga kesehatan pencernaan, saraf, mulut, kulit, hingga mencegah rambut rontok!

    Harga: Rp149.100 - Rp283.500 (90 tablet)

  7. Natavit

    Natavit adalah vitamin Ibu hamil yang dikonsumsi di awal kehamilan. Di dalamnya terdapat asam folat, vitamin B kompleks hingga DHA yang berfungsi menjaga kesehatan janin dan mendukung perkembangan otaknya. Natavit juga dapat membantu membentuk sel-sel tubuh sehingga menurunkan risiko bayi lahir cacat.

    Harga: Rp98.100 - Rp133.900 (30 kapsul)

  8. Promavit

    Vitamin Ibu hamil lain yang bisa Ibu pilih adalah Promavit. Promavit mengandung multivitamin dan mineral penting seperti asam folat, DHA, EPA, dan omega 3. Selain membantu mengoptimalkan tumbuh kembang janin, Promavit juga berfungsi untuk mencegah anemia selama masa kehamilan, meningkatkan kekebalan tubuh, dan mencegah sakit gigi selama hamil serta tulang keropos pada bumil.

    Harga: Rp34.800 - Rp68.100 (10 kapsul)

  9. Elkana

    Nafsu makan yang menurun karena morning sickness kerap membuat bumil merasa lemas tak bertenaga. Elkana sirup dapat menjadi salah satu solusinya. Vitamin ini mengandung lysine yang dapat membantu meningkatkan nafsu makan. Selain yang berbentuk sirup, Elkana juga tersedia dalam bentuk tablet. Selain menambah nafsu makan, vitamin Ibu hamil ini juga bisa membantu otot dan tulang janin tumbuh lebih maksimal karena kandungan multivitamin dan mineral di dalamnya.

    Harga: Rp24.200 - Rp48.000 (sirup 60 ml) ; Rp8.800 - Rp21.000 (1 strip 10 tablet)

  10. Cal-95

    Cal-95 adalah suplemen yang berfungsi memenuhi kebutuhan kalsium harian, salah satunya pada Ibu hamil. Seperti yang kita ketahui, kalsium dibutuhkan untuk pertumbuhan gigi dan tulang. Selain kasium, Cal-95 juga mengandung magnesium, natural soy isoflavone, vitamin D3, vitamin K1, zat besi, dan boron.

    Harga: Rp178.500 - Rp187.200 (30 kaplet)

  11. Child Life Prenatal DHA

    Seperti namanya, vitamin Ibu hamil ini merupakan suplemen DHA yang dibutuhkan oleh tubuh selama masa kehamilan. Suplemen berbentuk softgel ini terbuat dari minyak ikan dengan rasa natural lemon sehingga tidak memiliki after taste yang amis. Karena merupakan sumber DHA, suplemen ini sangat baik untuk mendukung perkembangan fungsi otak dan mata bayi dalam kandungan.

    Harga: Rp250.000 (30 kapsul)

  12. Lactamed

    Vitamin Ibu hamil yang juga mengandung minyak ikan adalah Lactamed. Selain minyak ikan, di dalam suplemen ini juga terkandung DHA, EPA, vitamin B6, dan asam folat. Dengan kandungannya yang kaya itu, Lactamed dapat menjadi pilihan suplemen bagi Ibu hamil demi memaksimalkan perkembangan janin di dalam kandungan. Lactamed juga dibanderol dengan harga yang lebih terjangkau dibanding vitamin dengan minyak ikan sebelumnya.

    Harga: Rp116.700 - Rp193.100 (30 kapsul)

  13. Folavit

    Rekomendasi vitamin Ibu hamil yang terakhir adalah Folavit. Bisa dibilang, Folavit adalah suplemen dengan harga paling terjangkau dibanding rekomendasi sebelum-sebelumnya. Namun meski begitu, kandungan asam folat di dalamnya juga dapat membantu pembentukan sel-sel DNA yang penting bagi tumbuh kembang janin. Asam folat juga berfungsi dalam pembentukan sel darah merah sehingga Ibu dapat terhindar dari anemia.

    Harga: Rp9.600 - Rp25.200 (10 tablet)

Itulah deretan rekomendasi vitamin Ibu hamil yang kaya akan nutrisi penting bagi janin. Sebelum memutuskan mengonsumsi suplemen tambahan, ada baiknya Ibu tetap berkonsultasi dengan dokter kandungan. Hal ini karena kondisi dan tahapan kehamilan Ibu hamil tentu berbeda-beda, sehingga jenis dan jumlah asupan vitamin yang dibutuhkan pun berbeda.

Penulis: Darin Rania
Editor: Dwi Ratih