Kehamilan

Cukup Mengganggu! Kenali Penyebab Mulut Terasa Pahit Saat Hamil

Cukup Mengganggu! Kenali Penyebab Mulut Terasa Pahit Saat Hamil

Pada trimester pertama kehamilan, tidak semua aktivitas Ibu hamil bisa berjalan mulus. Biasanya, ada saja keluhan yang dialami misalnya saja mual, muntah, pusing saat bangun tidur, tidak nafsu makan hingga mulut terasa pahit.

Diantara semua keluhan tersebut, ternyata mulut terasa pahit merupakan salah satu keluhan yang kerap dialami oleh sebagian Ibu hamil. Biasanya mulut terasa pahit dan mual juga kerap dialami para Ibu hamil.

Kondisi ini dapat membuat ibu hamil kehilangan nafsu makan dan bisa berdampak pada kondisi kesehatan janin. Melansir What To Expect penyebab mulut terasa pahit saat hamil biasanya disebut dengan dysgeusia atau metallic taste.

Meski dianggap tidak nyaman bagi sebagian wanita, namun kondisi ini banyak dialami 93% wanita di dunia. Lantas, apa penyebab mulut terasa pahit saat hamil, apa saja gejalanya dan bagaimana mengatasinya? Simak ulasannya berikut ini ya Bu.

Penyebab mulut terasa pahit saat hamil


Penyebab mulut pahit saat hamil tak lain adalah dysgeusia atau metalic taste. Kondisi ini biasanya terjadi pada Ibu hamil saat perut kosong atau belum mengonsumsi makanan apapun.

Dysgeusia ini juga seringkali membuat bangun tidur mulut terasa pahit. Bahkan menelan air putih saja rasanya mulut benar-benar pahit dan membuat Ibu hamil semakin tidak nafsu makan.

Jika melansir Healthline penyebab mulut terasa pahit pada umumnya diakibatkan oleh perubahan hormon esterogen dan progesteron yang meningkat untuk mendukung tumbuh kembang janin. Ketika kedua hormon ini meningkat, secara otomatis mengakibatkan beberapa perubahan dalam tubuh.

Salah satunya adalah perubahan pada indra pengecapan atau lidah. Biasanya selain mulut terasa pahit, di ujung lidah juga terasa seperti metalic taste atau seperti logam besi.

Tak jarang, mulut terasa pahit dan mual biasanya disertai dengan morning sickness hingga membuat Ibu hamil menjadi tidak nafsu makan. Meski dapat hilang dengan sendirinya, namun jika sampai membuat tidak nafsu makan justru bisa berbahaya bagi janin di dalam kandungan. Nah, selain perubahan hormon penyebab mulut terasa pahit lainnya adalah sebagai berikut:

1. Masalah pada gigi

Pada gigi yang tidak dibersihkan secara teratur dapat memicu penumpukan bakteri di dalam mulut. Kondisi ini tentunya dapat memicu berbagai macam masalah misalnya seperti radang gusi dan infeksi gigi. Masalah pada gigi inilah yang membuat mulut terasa pahit. 

Oleh karena itu, ibu hamil dianjurkan membersihkan gigi secara rutin untuk mengurangi penumpukan bakteri di mulut. Selain itu, jika terdapat gigi yang berlubang sebaiknya segera periksa ke dokter ya Bu. Agar segera ditangani sebelum hal tersebut dapat mengganggu kesehatan.

2. Morning sickness

Perubahan hormon adalah faktor utama penyebab mulut pahit. Namun, biasanya memang diikuti dengan morning sickess dan mual di pagi atau sore hari.

Meskipun morning sickness tak berkaitan secara langsung dengan penyebab mulut terasa pahit, akan tetapi sejauh ini penyebab mulut terasa pahit pada Ibu hamil biasanya memang diikuti dengan morning sickness.

3. Asam lambung tinggi

Bagi Ibu hamil yang memiliki penyakit penyerta seperti maag atau asam lambung, biasanya akan mudah mengalami mulut pahit saat hamil. Gejala mulut terasa pahit pada kondisi asam lambung tinggi memang cukup banyak dialami oleh Ibu hamil.

Biasanya asam lambung tinggi juga terjadi akibat perut kosong yang membuat enzim pencernaan dari lambung ke kerongkongan (esofagus) menjadi meningkat. Akibatnya Ibu hamil akan merasa mual, muntah dan otomatis membuat mulut terasa pahit.

Solusinya, Ibu mungkin bisa memberi jeda agar tidak langsung berbaring setelah makan, kurnagi konsumsi makanan pedas, hindari merokok dan konsumsi minuman beralkohol serta penting untuk kelola stres.

4. Sedang konsumsi obat-obatan dari dokter

Pada awal trimester pertama, Ibu hamil biasanya akan diberikan obat-obatan penguat kandungan atau vitamin pendukung lain. Tujuannya tak lain untuk menunjang kesehatan Ibu dan bayi.

Meskipun obat-obatan dan vitamin pada awal kehamilan penting diberikan, sayangnya salah satu efek samping obat dan vitamin ini membuat mulut terasa pahit. Oleh karena itu, pastikan Bumil selalu mengonsumsi suplemen hamil dengan dosis yang tepat.

Tapi tenang saja ya Bu, sebab kondisi ini biasanya nggak berlangsung lama. Agar mulut tidak terasa pahit, sebaiknya perhatikan hidrasi tubuh dan perbanyak asupan buah dan sayur.

Cara mengatasi mulut terasa pahit saat hamil

Mulut terasa pahit saat hamil memang cukup mengganggu Ibu. Terutama jika terjadi pada awal trimester pertama, saat Ibu dan calon buah hati sedang butuh asupan gizi yang cukup diawal kehamilan.

Namun melansir Baby Center untuk mengatasi penyebab mulut terasa pahit saat hamil tidak ada pengobatan khusus.  Biasanya kondisi ini akan hilang perlahan seiring dengan bertambahnya usia kehamilan. Meski begitu, cara-cara berikut ini mungkin bisa Ibu lakukan di rumah untuk mengurangi mulut terasa pahit saat hamil:

  • Jaga kebersihan gigi dan mulut. Pastikan gigi dibersihkan dengan rutin sebanyak 2 kali sehari. Jika perlu gunakan obat kumur untuk membantu mengurangi penumpukan jamur ataupun karang gigi. Jangan lupa selalu sikat lidah Ibu setiap kali menyikat gigi.
  • Perhatikan hidrasi tubuh, perbanyak minum air putih dan kunyah permen karet bebas gula untuk meningkatkan produksi air liur. Ibu bisa memilih rasa permen karet yang tidak membuat mual seperti rasa mint atau lemon yang segar.
  • Batasi makanan berlemak dan pedas yang bisa memicu naiknya asam lambung.
  • Konsumsi buah yang asam dan mengandung vitamin C tinggi. Sebab zat asam pada buah dapat menghilangkan rasa pahit di mulut.
  • Makan lebih sering tapi dengan porsi lebih kecil dan kunyah secara perlahan. Meskipun akan terasa mual pada awalnya, namun usahakan agar perut tetap terisi. Ibu bisa mencoba makan biskuit dengan rasa asin agar tidak mual atau muntah setelah makan.
  • Konsultasikan ke dokter kandungan apabila ada indikasi tidak cocok dengan obat yang di berikan. Terutama obat yang mengandung zat besi tinggi. Sebab, suplemen zat besi bisa menyebabkan mulut terasa pahit dan mual.

Mulut terasa pahit saat hamil dapat mungkin dapat membuat Ibu untuk sementara waktu akan menjadi lebih pilah pilih makanan. Tapi tenang saja ya Bu, sebab kondisi ini sifatnya hanya sementara.

Nah, kalau Ibu belum bisa konsumsi nasi atau lauk pauk yang sesuai porsi biasanya sebaiknya tetap sediakan cemilan. Misalnya saja biskuit, roti atau coklat agar perut tetap terisi dan mulut terasa pahit bisa segera hilang. Jangan ragu untuk konsultasi ke dokter jika langkah-langkah di atas belum bisa mengatasi mulut terasa pahit saat hamil ya Bu.

Editor: Dwi Ratih