Kehamilan

Cuma Mitos! Ibu Hamil Dilarang Tidur Pagi Karena Darah Putih Naik

Cuma Mitos! Ibu Hamil Dilarang Tidur Pagi Karena Darah Putih Naik

Mitos Ibu hamil dilarang tidur pagi, ternyata masih banyak menghantui Ibu yang sedang hamil. Tak jarang, hal ini jadi bikin Ibu hamil benar-benar menahan kantuk saat pagi.

Ujung-ujungnya malah bisa mengganggu kesehatan fisik Ibu yang juga berpotensi mengganggu kesehatan janin dalam kandungan. Tapi, benarkah Ibu hamil dilarang tidur pagi?

Biar nggak penasaran, yuk simak ulasannya dalam artikel mengenai Ibu hamil dilarang tidur pagi berikut ini!

Ibu hamil dilarang tidur pagi, benar nggak ya?

Kenapa Ibu hamil dilarang tidur pagi, bikin mitos ini jadi memberatkan dan bikin kepikiran ya? Yup! Mitosnya, Ibu hamil yang tidur saat pagi akan mengalami kondisi di mana sel darah putihnya naik ke mata, kemudian menyebabkan kebutaan.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di National Library of Medicine menyebutkan bahwa sel darah putih memang meningkat selama kehamilan, di ambang batas terendah dari kategori kelebihan leukosit. Namun peningkatan ini masih tergolong aman dan tidak terbukti ada hubungannya dengan tidur saat pagi hari. 

Jumlah sel darah putih akan melebihi ambang batas normal bila terjadi infeksi bakteri. Jadi, Ibu hamil yang tidur di pagi hari tidak akan mengalami masalah dengan sel darah putihnya, ya.

Ibu hamil justru berpotensi kurang tidur


Melansir dari Mayo Clinictingginya kadar progesteron sebagai hormon kehamilan membuat metabolism juga tinggi. Inilah yang membuat tubuh menjadi sering lelah dan Ibu hamil mudah mengantuk di pagi hingga siang hari.

Menginjak usia kehamilan yang semakin dekat dengan Hari Perkiraan Lahir (HPL), tubuh mulai menunjukkan gejala lainnya. Ibu hamil mulai semakin sulit tidur di malam hari.

Keinginan buang air kecil semakin meningkat dan besarnya perut membuat Ibu tidak nyaman berbaring dengan berbagai macam posisi, sesak napas, atau kram otot. Seringnya ada keluhan sakit punggung juga yang mengintai.

Inilah mengapa, Pregnancy Birth and Baby menyarankan Ibu hamil untuk tidur di pagi hari dan istirahat sebanyak yang Ibu bisa. Maksimalkan tidur karena Ibu hamil memerlukan 7-9 jam tidur setiap harinya. Ditambah lagi dengan jalan santai di sore hari, untuk menjaga tubuh tetap bugar dan menghindari tidur yang berlebihan.

Akibat jika Bumil kurang tidur


Jika tidur malam susah, ditambah lagi Ibu hamil dilarang tidur pagi, akan ada akibat yang timbul untuk kehamilan. John Hopkins Medicine menyebutkan bahwa Ibu hamil yang kurang tidur rentan mengalami risiko komplikasi seperti:

  • Preeklamsia dan tekanan darah tinggi
  • Diabetes gestasional
  • Proses melahirkan yang panjang dan peningkatan kemungkinan melahirkan caesar tanpa rencana.

Ada juga kemungkinan bayi lahir prematur dan terciptanya badai Sitokin dalam tubuh. Nggak heran kalau tidur jadi kebutuhan penting Ibu hamil dan sebaiknya mitos Ibu hamil dilarang tidur pagi tidak lagi dipercaya.

Manfaat Ibu hamil cukup tidur

1. Mengembalikan energi


Jika Ibu hamil dilarang tidur pagi sedangkan di malam hari kesulitan tidur, Ibu akan mengalami kelelahan yang lebih dari biasanya. Selain faktor hormon, kurang tidur akan membuat Ibu semakin merasa lelah.

Tapi jika kebutuhan tidur tercukupi, Ibu akan merasa lebih bugar karena energi sudah diisi ulang. Aktivitas jadi lebih lancar dijalani dan Ibu lebih bersemangat.

2. Membantu otak memproses informasi baru

Tak hanya energi yang diisi ulang, otak pun mengalami hal yang sama. Dengan tidur yang cukup, otak jadi lebih mudah memproses informasi baru. Pikiran jadi lebih tajam dan Ibu lebih berkonsentrasi. Ini akan mempermudah aktivitas Ibu yang membutuhkan kerja otak lebih berat.

3. Lebih fokus, berpikir jernih dan cepat tanggap   

Kemampuan otak yang lebih tajam juga membantu Ibu lebih fokus, bisa berpikir lebih jernih dan cepat tanggap. Memang benar kehamilan dipengaruhi hormon, namun dengan kondisi otak yang optimal, logika akan lebih tajam dan mudah bagi Ibu membuat keputusan akan suatu hal.

4. Emosi terkontrol

Aktivasi otak karena cukup tidur juga memengaruhi area kontrol emosi. Ibu jadi bisa lebih mengontrol rasa cemas, tidak mudah marah dan jauh lebih bahagia.

5. Meningkatkan sistem imun


Ibu yang cukup tidur juga mendapatkan manfaat sistem imun yang lebih kuat. Ibu jadi tidak mudah terserang penyakit dan lebih bugar selama kehamilan. Sehingga, jika Ibu hamil dilarang tidur pagi padahal sudah mengantuk, tentu akan memengaruhi kesehatannya.

6. Melancarkan oksigen dan peredaran darah ke janin

Tak hanya Ibu, si kecil dalam kandungan juga ikut mendapatkan manfaatnya. Ini karena ketika Ibu tidur, badan rileks dan peredarah darah lebih lancar. Peredaran darah yang lancar mampu membawa oksigen lebih optimal ke janin. Sehingga janin mendapat cukup asupan nutrisi dari darah dan berkembang dengan baik.

Meski nasihat orang tua jaman dulu bisa dipertimbangkan, tetapi Ibu sebaiknya tetap memastikan kebenaran fakta dibaliknya. Ibu hamil dilarang tidur pagi hanyalah mitos. Ibu bisa tidur di pagi hari jika mengantuk dan optimalkan jam tidur malam juga.

Buat suasana ruangan nyaman dan sejuk untuk Ibu selama tidur. Ini bertujuan agar tidur lebih nyaman dan berkualitas. Jadi, jam berapa Ibu biasanya memilih untuk tidur pagi? 

Editor: Aprilia