Kehamilan

Dapatkan 10 Manfaat Sari Kurma Jika Dikonsumsi Saat Hamil

Dapatkan 10 Manfaat Sari Kurma Jika Dikonsumsi Saat Hamil

Seperti halnya buah kurma asli, manfaat sari kurma juga tak kalah banyaknya. Sebagai buah yang banyak memberikan manfaat, Ibu hamil juga disarankan mengkonsumsinya. Biasanya untuk menjaga kepraktisan, banyak orang memilih minum sari kurma. 

Selain manfaat buah kurma ada di dalamnya, sari kurma juga menyegarkan diminum dengan berbagai cara. Bisa langsung diminum dengan sendok, dicampur air hangat, atau diolah menjadi minuman dingin kaya manfaat.

Sari kurma dibuat dari ekstrak buah kurma. Berbagai macam merk sari kurma beredar di Indonesia dan Ibu bisa memilih merk yang paling mudah didapat. 

Hanya saja, dalam mengkonsumsi sari kurma, Ibu perlu memperhatikan komposisi lain selain ekstrak kurma di dalam sari kurma tersebut. Beberapa merk menghadirkan ekstrak kurma murni dan beberapa lainnya masih menambahkan fruktosa dan glukosa ke dalamnya. 

Hal ini perlu diperhatikan agar Ibu bisa mengatur batasan mengkonsumsi sari kurma agar tidak menaikkan gula darah selama kehamilan.

Manfaat Sari Kurma Untuk Ibu Hamil


Siapa bilang manfaat sari kurma untuk ibu hamil 9 bulan saja? Dilansir dari laman Healthline, tidak ada bukti yang menyatakan bahwa kurma berbahaya dikonsumsi Ibu hamil di bawah trimester ketiga. Kurma aman dikonsumsi ibu hamil sejak trimester pertama. 

Sari kurma pun juga aman dikonsumsi, asal Ibu memperhatikan kembali kadar gula tambahan yang terkandung di dalamnya. Berikut manfaat sari kurma untuk ibu hamil.

1. Praktis

Ibu hamil pada trimester awal sering mengalami mual dan muntah. Ini cukup menyulitkan Ibu untuk beraktivitas. Biasanya nafsu makan juga belum baik, sehingga mengunyah masih masih malas-malasan. Dengan minum sari kurma, Ibu bisa tetap mendapatkan manfaat sari kurma meski sedang kesulitan makan.

2. Mengurangi Mual dan Muntah

Mual dan muntah yang bisa saja terjadi sepanjang kehamilan dapat berkurang dengan mengkonsumsi sari kurma. Kandungan glukosa alaminya akan menggantikan energi yang hilang selama Ibu mengalami gejala morning sickness ini.

3. Menambah Energi


Selain mual dan muntah, Ibu hamil juga mudah lelah dan lemas. Terkadang juga badan terasa tidak nyaman jika untuk bergerak. Manfaat sari kurma yang dikonsumsi akan menambah energi bagi Ibu hamil untuk memudahkan aktivitas harian.

4. Kaya Serat  Yang Memperlancar Pencernaan

Selama kehamilan, Ibu hamil seringkali mengalami konstipasi. Hal ini karena hormon kehamilan dan suplemen zat besi dari Dokter membuat kerja sistem pencernaan melambat. Buah kurma merupakan buah tinggi serat. 

Dilansir dari WebMD, 4 buah kurma mampu memenuhi 25% kebutuhan serat harian seseorang. Sedangkan sari kurma dengan ekstrak buah kurma dalam satu sendoknya bisa memberikan serat lebih banyak dari 4 buah kurma. Sehingga manfaat sari kurma bisa langsung terasa bagi Ibu hamil.

5. Memenuhi Kebutuhan Potasium Ibu Hamil

Manfaat sari kurma berikutnya adalah memenuhi kebutuhan potasium untuk keseimbangan cairan dan mendukung regenerasi sel. Mual dan muntah dapat menjadi penyebab Ibu hamil, utamanya pada trimester pertama, mengalami kekurangan potassium. Dengan minum sari kurma, kebutuhan potasium dapat terpenuhi kembali.

6. Menyeimbangkan Kadar Gula Darah


Ibu hamil bisa saja kebingungan saat mengkonsumsi gula, lho. Menghindari makanan manis akan membuat kadar gula turun dan kesehatan terganggu. Makan makanan manis, belum merasa puas tapi sudah harus berhenti karena kadar gula bisa naik terlalu tinggi dan membahayakan bayi. 

Berbeda dengan sari kurma asli, jika Ibu hamil mengkonsumsi sari kurma, maka gula darahnya akan naik dengan terkontrol. Batasannya pun akan normal. Gula pada kurma memiliki Indeks Glikemik yang rendah dan bersifat dilepaskan perlahan. 

Sehingga tidak menyebabkan kadar gula darah naik berlebihan.  Asalkan, sari kurma yang diminum tidak mengandung gula tambahan ya. Bila mendapatkan sari kurma dengan gula tambahan, kontrol jumlah konsumsinya agar tidak berbahaya bagi tubuh dan janin.

7. Mengandung Folat

Sudah bukan rahasia lagi kalau asam folat merupakan mineral yang amat dibutuhkan ibu hamil dalam perkembangan janinnya. 

Perannya dalam pembentukan sel saraf dan jaringan penting pada tubuh manusia membuat makanan kaya folat juga menjadi incaran Ibu hamil. Kurma dan sari kurma mengandung folat yang baik untuk kehamilan Ibu.

8. Tinggi Zat Besi


Ada kandungan zat besi juga, lho di dalam sari kurma. Manfaat sari kurma yang satu ini berguna untuk mencegah anemia pada Ibu hamil karena Ibu hamil rentan mengalaminya. Kebutuhan zat besi meningkat hingga dua kali ketika hamil, untuk mengurangi risiko keguguran atau kelahiran prematur.

9. Pengganti Gula Yang Baik

Selain madu, sari kurma juga bisa menjadi pengganti gula yang sehat. Tambahkan sari kurma pada sesi cemilan di atas pancake, buah segar, yogurt, atau jus. Rasanya enak, manfaat sari kurma pun bisa didapat.

10. Membantu Memperlancar Persalinan

Fakta yang satu ini bukan isapan jempol belaka. Karena banyak studi yang membuktikan efektivitas kurma dalam memperlancar persalinan. Mulai dari pembukaan serviks yang cepat bertambah, hingga proses melahirkan yang lebih mudah. Bila ingin praktis, tidak ada salahnya mengkonsumsi sari kurma, lho.

Dengan manfaat-manfaat tersebut, sari kurma bisa ditambahkan dalam list suplemen Ibu selama kehamilan. Tetap jaga asupan nutrisi, pilih sari kurma murni, dan hindari konsumsi berlebihan karena sifatnya yang tinggi kalori.

Editor: Dwi Ratih