Kehamilan

Gairah Seks Ibu Hamil Menurun, Normal Nggak Ya?

Gairah Seks Ibu Hamil Menurun, Normal Nggak Ya?

Hamil bukanlah halangan bagi seorang wanita untuk tetap berhubungan seksual dengan pasangan. Sebagian Ibu hamil merasa bahwa libido atau gairahnya justru meningkat selama kehamilan.

Tapi tak jarang ada juga Ibu hamil yang merasa tidak bergairah melakukan hubungan seksual selama hamil. Alih-alih takut mengecewakan pasangan, kira-kira apakah hal tersebut wajar terjadi?

Nah, Ibu nggak perlu khawatir ya sebab gairah seksual Ibu hamil yang naik dan turun wajar terjadi akibat perubahan hormon. Terlebih bagi wanita yang sedang hamil muda dan sedang banyak perubahan yang terjadi dalam tubuh wanita tersebut.

Misalnya saja seperti payudara yang kencang, mual dan muntah, mudah lelah, kehilangan nafsu makan, bahkan bisa mengalami stress. Meski begitu, sebenarnya gairah seksual Ibu hamil sangat ditentukan oleh kondisi tubuh dan suasana hati Ibu saat itu lho. 

Untuk lebih jelas mengenai kondisi tersebut, ada baiknya simak terlebih dahulu ulasan seputar gairah seks Ibu hamil berikut ini ya.

Penyebab gairah seksual menurun saat hamil


Seperti yang telah kita ketahui, tidak semua Ibu hamil mengalami proses yang lancar selama kehamilan. Adanya perubahan hormon, perubahan fisik, hingga perubahan psikologis sangat berpengaruh terhadap mood Ibu hamil.

Melansir What To Expect gairah seks Ibu hamil memang bisa naik dan turun selama kehamilan. Kondisi ini merupakan hal yang wajar mengingat banyaknya perubahan yang dirasakan dalam tubuh Ibu.

Selain itu faktor perubahan hormon yang terjadi saat hamil juga bisa memengaruhi kondisi psikologis, yang sangat berpengaruh pada gairah seks Ibu hamil. Berikut adalah beberapa hal lain yang dapat memengaruhi gairah seksual menurun selama hamil:

1. Takut melukai bayi dalam kandungan

Biasanya hal ini terjadi pada pasangan yang baru saja memiliki anak pertama. Mereka khawatir jika berhubungan seksual selama hamil dapat memengaruhi kondisi kesehatan janin dalam kandungan Ibu. Sehingga membuat Ibu lebih memilih untuk mengutamakan kesehatan janin ketimbang kebutuhan seksualnya.

2. Sulit orgasme dan menemukan posisi yang tepat

Terutama ketika kehamilan sudah menginjak trimester tiga dan perut membesar. Sebagian Ibu merasa sulit mencari posisi bercinta yang tepat sehingga mereka otomatis akan sulit mencapai orgasme. Hal tersebut jugalah yang kemudian membuat gairah seks Ibu hamil menurun.

3. Mood swing dan perubahan bentuk tubuh

Terutama pada trimester satu kehamilan, yang di mana tubuh Ibu sedang beradaptasi menyesuaikan perubahan tersebut. Hal ini tentu sangat berpengaruh dan menjadi salah satu penyebab gairah seksual menurun saat hamil.

4. Akibat meningkatnya produksi hormon selama kehamilan

Melansir Medical News Today tingginya produksi hormon progesteron dan esterogen juga sangat berpengaruh terhadap penurunan gairah seks Ibu hamil. Apalagi hormon-hormon tersebut mengalir dalam darah ke seluruh tubuh termasuk area genital yang sangat berpengaruh pada kondisi gairah seksual Ibu hamil.

5. Payudara membesar membuat Ibu tak nyaman

Payudara yang tumbuh dan mulai membesar di awal kehamilan jelas membuat Ibu merasa tidak nyaman. Jangankan untuk berhubungan seksual, terkadang melakukan aktifitas sehari-hari saja Ibu merasa kesulitan. 

Sebab, beberapa Ibu merasakan nyeri di payudaranya akibat meningkatnya hormon kehamilan. Hal inilah yang juga jadi penyebab gairah seksual Ibu hamil menurun.

Tips agar gairah seks Ibu hamil tetap stabil

“Kalau nggak dilakukan kasihan si Ayah, tapi aku nggak bergairah melakukannya” nah, beberapa Ibu pasti pernah berpikir seperti ini kan? Jangan khawatir Bu, sebab banyak jalan menuju Roma maka banyak cara juga yang bisa dilakukan agar gairah seks Ibu hamil tetap stabil. Melansir Parents yuk simak tips berikut ini:

  • Beli lingerie untuk Ibu hamil. Nggak ada salahnya membeli lingerie untuk kembali membangkitkan gairah seks Ibu hamil lho. Jangan khawatir lingerie kamu nggak muat karena perut yang sudah membesar, sebab ada juga lho lingerie khusus Ibu hamil yang di jual di e-commerce ternama. Kalau Ibu merasa nggak percaya diri, gunakan pakaian yang sedikit terbuka untuk bisa merangsang gairah seks Ibu ya.
  • Ajak Ayah babymoon yuk! Siapa bilang hamil nggak bisa melakukan honeymoon atau bulan madu? Nah, honeymoon selama hamil saat ini lebih dikenal dengan babymoon. Nggak perlu yang jauh, Ibu bisa aja Ayah staycation di tempat yang nggak jauh dari rumah lho. Sebab, mencoba suasana baru ternyata juga bisa membangkitkan gairah seksual Ibu hamil.
  • Rutin berolahraga dan istirahat yang cukup. Dua hal ini harus dilakukan dengan seimbang, agar Ibu tetap sehat dan suasana hati juga tetap terjaga dengan baik. Otomatis gairah seksual Ibu juga akan meningkat dengan sendirinya.

  • Lakukan aktifitas seksual untuk mempererat hubungan dengan pasangan seperti pijat, berpelukan atau berciuman.
  • Jangan ragu untuk sering mencoba ganti pose bercinta yang tepat dan nyaman bagi Ibu hamil. Terutama jika perut Ibu sudah mulai membesar.Komunikasikan dengan pasangan mengenai hal-hal yang membuat Ibu merasa sedih atau tidak nyaman. Agar is juga bisa mengerti kondisi yang sedang dialami Ibu.

Secara keseluruhan, membangkitkan kembali gairah seksual Ibu hamil nggak terlalu sulit kan Bu? Selama kondisi kehamilan Ibu aman dan baik-baik saja, coba lakukan hal ini secara bertahap ya. Sebab, berhubungan seksual dengan pasangan selama hamil juga bisa membuat mood Ibu menjadi lebih baik.

Editor: Dwi Ratih