Kehamilan

Hindari Stimulus Berlebihan, 5 Cara Mengatasi Payudara Sakit Pasca Keguguran

Hindari Stimulus Berlebihan, 5 Cara Mengatasi Payudara Sakit Pasca Keguguran

Setelah mengalami keguguran, banyak perubahan fisik dan emosional yang bisa dialami oleh seorang Ibu, termasuk pembengkakan dan nyeri pada area payudara. Sehingga, kondisi ini seringkali membuat Ibu jadi nggak nyaman.

Nggak heran, banyak pula Ibu yang rela mencari berbagai macam cara mengatasi payudara sakit Tujuannya tak lain untuk meredakan ketidaknyamanan dan rasa sakit pada payudara, terutama setelah Ibu mengalami keguguran.

Yup! Pasca keguguran, Ibu juga tetap rentan mengalami rasa sakit pada payudara, lho! Hal ini karena setelah jabang bayi lahir dan meninggal di atas usia 20 minggu, secara otomatis payudara akan tetap memproduksi ASI. Kondisi ini bikin payudara jadi bengkak dan timbul rasa nyeri.

Lalu sebenarnya, bagaimana sih cara mengatasi payudara sakit pasca keguguran? Simak selengkapnya dalam ulasan berikut, yuk!

Durasi sakit payudara setelah keguguran

https://ibupediacdn.imgix.net/images/52sotw0daqmsfa0se.jpg

Merujuk dari situs Miscarriage Association, sakit payudara setelah keguguran biasanya akan berlangsung selama beberapa minggu, hingga kadar hormon dalam tubuh kembali normal. Sakit payudara adalah gejala yang paling umum dialami oleh wanita setelah keguguran, dan akan berlangsung selama 2-4 minggu, hingga kadar hormon dalam tubuh kembali normal.

Namun hal ini, tentu tergantung pada tubuh Ibu. Beberapa orang bahkan ada yang sembuh lebih awal. Sehingga tidak memerlukan perawatan khusus sebagai cara mengatasi payudara sakit, terutama yang dialami pasca keguguran

Ciri-ciri payudara sakit pasca keguguran

Dalam jurnal penelitian "Effect of Early Pregnancy Loss on Hormone Levels in the Subsequent Menstrual Cycle" tahun 2010, menyebutkan bahwa selama kehamilan, hormon estrogen dan progesteron meningkat untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin. Lalu setelah keguguran, kadar hormon ini akan menurun secara tiba-tiba.

Nah, penurunan kadar hormon ini dapat menyebabkan perubahan pada payudara, seperti pembesaran payudara, menjadi lebih sensitif, dan nyeri pada payudara. Penurunan kadar hormon ini dapat menyebabkan perubahan pada payudara, seperti:

  • Pembesaran payudara
  • Payudara menjadi lebih sensitif
  • Nyeri pada payudara.

Cegah agar payudara tidak sakit pasca keguguran

https://ibupediacdn.imgix.net/images/d3t1zkzgmvchsregf.jpg

1. Menstimulus dan menyentuh payudara secara berlebihan

Salah satu cara mengatasi payudara sakit pasca keguguran adalah, dengan menghindari stimulus dan menyentuh payudara secara berlebihan, termasuk area areola dan puting secara berlebihan, karena hal tersebut dapat memperburuk rasa sakit. 

2. Memompa ASI

Berdasarkan panduan yang dirilis oleh "University of Michigan Health System", menyatakan bahwa tidak ada bukti yang menunjukkan aktivitas memompa asi setelah keguguran dapat membantu mencegah infeksi atau mengurangi nyeri payudara. Panduan ini juga menyebutkan bahwa, memompa ASI setelah keguguran dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan stres.

3. Menggunakan pakaian yang ketat

Pakaian yang ketat atau kasar dapat mengiritasi payudara, dan memperburuk nyeri payudara. Menggunakan pakaian yang cukup longgar dan nyaman, serta dapat menyerap keringat, juga dapat menjadi salah satu cara mengatasi payudara sakit

4. Mengonsumsi obat-obatan pereda nyeri tanpa berkonsultasi dengan dokter

Pasca keguguran biasanya Ibu akan diresepkan obat-obatan khusus oleh dokter untuk membantu proses pemulihan. Sebaiknya, hindari menambah obat-obatan atau suplemen tertentu di luar resep dokter, karena obat atau suplemen tersebut dapat berinteraksi dengan obat-obatan yang diresepkan dokter untuk proses pemulihan pasca keguguran. 

4 cara mengatasi payudara sakit setelah keguguran

https://ibupediacdn.imgix.net/images/rxx3r45f56xuldiod.jpg
           

1. Mandi air hangat 

Menurut laman Very Well Family, mandi air hangat adalah salah satu cara mengatasi payudara sakit. Mandi air hangat membantu merangsang refleks let-down atau mendorong produksi ASI. Hal ini tentunya dapat mengurangi nyeri dan bengkak pada payudara. 

2. Kompres menggunakan kol dingin

Kompres daun kol dingin bisa menjadi cara mengatasi payudara sakit selanjutnya! Berdasarkan jurnal "The Effectiveness of Cold Compresses on Breast Pain in Women with Breast Engorgement" yang diterbitkan tahun 2019, menyimpulkan bahwa kompres daun kol dingin dapat menjadi salah satu cara yang efektif untuk meredakan sakit payudara. Kompres daun kol dingin bekerja dengan cara mengurangi peradangan dan bengkak pada payudara. 

Daun kol mengandung senyawa-senyawa anti-inflamasi dan anti-bakteri, yang dapat membantu meredakan nyeri dan pembengkakan. Cuci bersih kol, dan diamkan di dalam lemari pendingin selama beberapa saat sebelum digunakan untuk mengompres payudara.

3. Gunakan bra yang nyaman

Cara mengatasi payudara sakit termudah adalah, dengan menggunakan bra yang nyaman dapat membantu mengurangi nyeri payudara saat bengkak lho, Bu! Bra yang tidak terlalu ketat ataupun terlalu longgar, akan memberikan kenyaman dan dapat menopang payudara dengan baik. 

Ibu bisa memilih bra yang terbuat dari bahan yang lembut, dan menyerap keringat untuk dapat membantu mengurangi iritasi dan ketidaknyamanan. 

4. Berkonsultasi dengan ahli laktasi 

Jika semua cara mengatasi payudara sakit di atas sudah dicoba dan Ibu merasa belum ada perubahan atau justru semakin parah, ada baiknya Ibu segera berkonsultasi dengan ahli laktasi ataupun dokter. Supaya mereka bisa mengevaluasi lebih lanjut dan memberikan saran serta pengobatan sesuai kondisi Ibu.

Dalam mengatasi rasa sakit dan ketidaknyamanan pada payudara pasca keguguran, perlu diperhatikan bahwa setiap Ibu memiliki perjalanan penyembuhan yang unik dan berbeda. Disamping cara-cara mengatasi payudara sakit yang sudah disebutkan di atas, jangan lupa untuk memperhatikan kesehatan fisik dan emosional, serta mintalah dukungan terhadap orang terdekat. 

Ingatlah bahwa waktu, istirahat, dan dukungan yang baik dapat membantu memulihkan tubuh dan jiwa setelah pengalaman keguguran. Semoga tips dan cara mengatasi payudara sakit yang sudah disebutkan di atas, serta langkah-langkah yang Ibu ambil dapat membantu menjadikan proses pemulihan Ibu lebih tenang dan lebih nyaman ya, Bu!

Editor: Aprilia