Kehamilan

Kaya Vitamin! Ini 6 Manfaat Buah Mangga Untuk Ibu Hamil

Kaya Vitamin! Ini 6 Manfaat Buah Mangga Untuk Ibu Hamil

Siapa nih yang saat hamil ngidam makan buah? Biasanya buah mangga untuk Ibu hamil seringkali dikonsumsi di trimester awal kehamilan.

Cara makannya pun beragam, mulai dari dipotong dan didinginkan di dalam kulkas hingga dijadikan campuran rujak. Namun khusus untuk rujak, biasanya mangga yang dikonsumsi justru mangga muda yang masih mengkal dan memiliki rasa asam.

Akan tetapi, bolehkah Ibu hamil makan mangga muda? Apa saja sih manfaat buah mangga untuk Ibu hamil? Simak selengkapnya dalam ulasan berikut ini ya Bu!

Bolehkah Ibu hamil makan mangga muda?


Mangga merupakan buah yang memiliki beragam nutrisi yang dibutuhkan oleh Ibu hamil. Tapi, bolehkah Ibu hamil makan mangga muda?

Jika melansir Mom Junction Ibu hamil boleh makan mangga sata hamil, baik itu mangga yang sudah matang dan ranum maupun mangga muda. Sebab, mangga kaya akan antioksidan serta vitamin A dan C.

Akan tetapi makan mangga muda saat hamil juga tidak boleh terlalu banyak ya Bu. Terutama bagi Ibu yang memiliki gangguan refluks atau lambung. Hal ini karena mangga muda biasanya cenderung asam sehingga dapat meningkatkan asam lambung.

Para ahli sepakat meskipun mangga memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk Ibu dan bayi. Namun konsumsinya tetap harus dibatasi, karena segala yang berlebihan tentu tidak baik bagi tubuh ya Bu.

Ibu hamil disarankan konsumsi mangga tidak lebih dari satu buah sehari. Satu porsi buah mangga biasanya mengandung 100 gram kalori serta 13,66 gram gula.

Mengingat kandungan gulanya cukup tinggi, maka konsumsi mangga untuk Ibu hamil sebaiknya dibatasi. Baik itu mangga yang sudah ranum maupun mangga muda. Konsumsi mangga berlebihan dapat menyebabkan gangguan kesehatan selama kehamilan seperti diabetes gestasional.

Manfaat buah mangga untuk Ibu hamil


Warna kuning-oranye saat mangga sudah dikupas tentu saja sangat menggoda untuk dimakan. Apalagi jika dikonsumsi saat siang hari yang terik ya Bu. Wah, membayangkannya saja sudah bikin ngiler nih!

Yup, buah musiman ini ternyata punya banyak manfaat untuk Ibu hamil lho! Namun melansir Parenting First Cry supaya manfaat buah mangga untuk Ibu hamil lebih banyak di dapat, ada baiknya konsumsi mangga yang sudah ranum atau matang ya Bu.

Manfaat buah mangga untuk Ibu hamil yang matang ternyata banyak mengandung Vitamin A, B6 dan C. Nggak hanya itu, buah mangga juga kaya akan asam folat, antioksidan tinggi, kalium, dan zat besi yang penting bagi perkembangan janin di dalam kandungan. 

Yuk intip apa saja manfaat buah mangga untuk Ibu hamil lainnya berikut ini:

1. Mangga dapat mencegah anemia pada Ibu hamil

Di trimester pertama kehamilan, terkadang Ibu hamil rentan mengalami anemia. Ini akibat morning sickness yang membuat Ibu kehilangan nafsu makan.

Nah, manfaat buah mangga untuk Ibu hamil selain kaya akan vitamin C, buah ini juga tinggi zat besi yang bermanfaat untuk menjaga ketersediaan jumlah darah dalam tubuh. Sedangkan vitamin C sendiri berfungsi membantu penyerapan zat besi pada tubuh Ibu.

Jika keduanya dikombinasikan, maka dapat membantu mencegah anemia selama kehamilan. Tapi pastikan Ibu tetap mengonsumsi mangga yang sudah matang dari pohonnya tanpa pematang kimiawi ya!

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Karena mengandung vitamin C yang cukup tinggi, buah tropis ini dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Ibu hamil. Terutama bagi Ibu yang kesulitan makan di awal kehamilan. Mangga juga kaya akan antioksidan yang dapat melindungi jaringan dan sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

3. Bantu redakan gejala morning sickness

Morning sickness di awal kehamilan sangat normal dialami oleh Ibu hamil. Morning sickness dapat menyebabkan Ibu hamil kehilangan nafsu makan, berisiko mengalami anemia hingga Ibu dan bayi mengalami penurunan berat badan.

Hal ini akibat seringnya muntah dan mual akibat perubahan hormon yang terjadi di awal kehamilan. Nah, manfaat buah mangga untuk Ibu hamil lainnya ternyata juga bisa membantu meredakan gejala morning sickness lho!

Sebab mangga mengandung vitamin B6 yang dapat membantu meningkatkan energi Ibu. Jika tak terlalu suka rasa manisnya, Ibu bisa makan mangga muda saat hamil. Apalagi rasa asamnya konon dapat meredakan gejala morning sickness yang Ibu alami.

4. Bermanfaat bagi janin

Kandungan asam folat di dalam satu buah mangga ternyata juga punya manfaat bagi janin lho! Melansir Centers for Disease Control and Prevention asam folat adalah bagian dari vitamin B yang berfungsi membuat sel-sel baru.

Buah mangga mengandung asam folat yang bermanfaat bagi janin untuk membantu membentuk tabung saraf, mencegah cacat lahir utama pada otak bayi (anencephaly) dan mencegah kelainan tulang belakang (spina bifida). 

Bahkan asam folat juga bisa membantu kesehatan plasenta dan membantu pertumbuhan tulang dan gigi bayi sejak dalam kandungan.

5. Membuat pencernaan lebih sehat

Manfaat buah mangga untuk Ibu hamil lainnya adalah dapat membantu mencegah sembelit. Terlebih Ibu hamil memang rentan mengalami sembelit akibat perubahan hormon yang menyebabkan usus bergerak lebih lambat.

Apalagi buah mangga mengandung vitamin C dan memiliki kandungan serat yang tinggi. Serat yang terdapat di dalam satu buah mangga lebih mudah dicerna oleh tubuh, sehingga membuat Ibu hamil kenyang lebih lama dan terhindar dari makan camilan yang tidak sehat.

6. Mencegah dehidrasi

Morning sickness yang berlebihan di awal kehamilan tak jarang membuat Ibu tidak bisa mengonsumsi makanan apapun termasuk minum sekalipun. Padahal Ibu hamil butuh asupan cairan yang dua kali lebih banyak daripada wanita tidak hamil agar tidak mengalami dehidrasi.

Nah, dengan mengonsumsi mangga dapat membantu mencegah dehidrasi tersebut. Sebab buah ini kaya akan elektrolit (natrium, kalsium, kalium, dan magnesium) sehingga bisa membantu menjaga keseimbangan cairan  dalam tubuh selama hamil.

Meskipun manfaat buah mangga untuk Ibu hamil sangatlah beragam. Tapi, ada baiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter jika ingin makan buah ini ya Bu.

Terlebih bagi Ibu yang memiliki gangguan asam lambung. Selain itu karena mangga merupakan buah musiman, ada baiknya pastikan konsumsi mangga ketika musimnya tiba ya Bu.

Hal ini untuk menghindari kemungkinan mangga di jual dengan disuntikan bahan kimia demi mematangkan buahnya. Di mana bahan kimia ini sangat berbahaya bila dikonsumsi oleh Ibu hamil.

Editor: Dwi Ratih