Kehamilan

Proses Persalinan Pervaginam, Berapa Lama Pembukaan 1 Ke 10?

Proses Persalinan Pervaginam, Berapa Lama Pembukaan 1 Ke 10?

Ketika memilih proses persalinan pervaginam, pertanyaan mengenai berapa lama pembukaan 1 ke 10 paling banyak dicari. Terutama bagi kelahiran anak pertama. 

Menurut Healthline, terdapat tiga stage atau tahapan pada proses persalinan. Masing-masing pembukaan memiliki jarak atau interval yang berbeda bagi tiap Ibu.

Rasa sakit dan nyeri yang dialami juga berbeda-beda. Kalau Ibumin, baru terasa sakit saat pembukaan 6 ke atas. Tapi, ada juga yang merasa sudah sakit walau baru memasuki bukaan 2.

Hal ini menunjukkan bahwa toleransi rasa sakit di tubuh tiap wanita jelas berbeda. Sehingga, untuk menjawab berapa lama pembukaan 1 ke 10 akan Ibumin jelaskan melalui ulasan berikut.

Berapa lama pembukaan 1 ke 10?

Menurut APA (American Pregnancy Assosiation), mengenai berapa lama pembukaan persalinan ini, sibagi menjadi 3 fase. Nah, fase ini memiliki rasa sakit yang berbeda bagi tiap wanita. 

  • Fase awal persalinan: permulaan persalinan, kurang lebih terjadi sampai leher rahim/serviks melebar menjadi  3–6 cm. 
  • Fase aktif: lanjutan pembukaan serviks dari 3 cm sampai ke pembukaan 7 cm.
  • Fase transisi: fase terakhir sebelum mencapai tahap kedua, dimana bayi dikeluarkan. Dimulai dari pembukaan 7 cm sampai pembukaan lengkap atau 10 cm.

Pembukaan 1 

Leher rahim atau serviks adalah jalin lahir bagi bayi dari rahim. Pembukaan dalam proses persalinan adalah terbukanya leher rahim Ibu. 

Leher rahim Ibu biasanya akan terbuka sepanjang 3–4 cm dan tetap tertutup sampai mendeketi waktu persalinan. Pembukaan leher rahim ini dimulai dari 1 cm atau lebih dikenal dengan lama pembukaan 1. 

Berapa lama pembukaan 1 berlangsung? Menurut Baby Center, tidak ada yang tahu berapa lama pembukaan 1 menuju pembukaan selanjutnya. Sebab, tiap Ibu dan bayi memiliki pengalaman yang berbeda. 

Lama pembukaan persalinan tahap awal seperti ini bisa berlangsung dalam hitungan jam, hari atau bahkan berminggu-minggu. Jadi, jangan dulu menyerah saat melalui tahap ini, ya Bu!

Pembukaan 2

Seperti pembukaan 1, pembukaan 2 adalah terbukanya leher rahim menjadi 2 cm. Saat terjadi pembukaan 2, bukan berarti persalinan akan segera terjadi. 

Jadi ketika pembukaan 2, jangan dulu bertanya berapa lama pembukaan 1 ke 10 ya, Bu. Beberapa wanita dengan pembukaan 2 harus menunggu beberapa hari atau minggu sampai ke pembukaan selanjutnya. 

Tetapi ada juga yang melahirkan dalam beberapa jam. Sehingga, bisa dikatakan lama pembukaan persalinan memang tidak bisa diprediksi. 

Pembukaan 3

Pembukaan 3 bisa dikatakan sebagai tahap awal persalinan dimulai. Ini bagian terpanjang dan dapat berlangsung beberapa jam atau hari. 

Pada pembukaan 3, Ibu akan mengalami kontraksi teratur yang semakin kuat dan intens. Pada tahap ini biasanya terjadi pecahnya ketuban

Pembukaan 4-5


Menurut Belly BellyIbu belum memasuki fase aktif dari persalinan saat mencapai pembukaan 4. Sebagian besar wanita akan merasakan perubahan dalam frekuensi, kekuatan dan durasi kontraksi pada pembukaan 4. 

Kontraksi akan lebih teratur dan bertahan sedikit lebih lama. Saat Ibu memasuki pembukaan 4, pertanyaan berapa lama pembukaan 1 ke 10, kira-kira sudah sampai setengah jalan, nih!

Karena lama pembukaan selanjutnya cenderung bisa diprediksi. Secara umum menurut Made for Mumslama pembukaan sekitar 1 cm per jam saat Ibu sudah memasuki pembukaan 4. 

Tetapi banyak hal yang bisa memengaruhinya. Terlebih pada tahap pertama sebelum memasuki fase aktif persalinan.

Pembukaan 6-10

Masih bertanya berapa lama pembukaan 1 ke 10? Selamat! Ibu sudah mendekati proses kelahiran saat mencapai pembukaan 6. Ibu telah memasuki fase aktif dari tahap pertama persalinan. 

Mungkin Ibu juga tidak akan menyadari kapan tepatnya pembukaan 6. Kontraksi akan berlangsung selama 60 detik dengan jeda setiap 5–7 menit selama sekitar 1 jam. 

Bagian terakhir fase aktif adalah, saat Ibu memasuki pembukaan 8 sampai 10 yang disebut sebagai fase transisi. Lama pembukaan dari 6–10 akan berkisar antara 5–7 jam bagi kelahiran pertama, atau 2-4 jam bagi kedua kali atau seterusnya. 

Durasi pasti sebuah tahapan akan berbeda untuk setiap orang. Jadi, ketika Ibu bertanya berapa lama pembukaan 1 -10, jawabannya akan berbeda-beda dan bergantung banyak faktor. Nantinya, bidan atau dokter akan membantu untuk melihat pembukaan sebelum mengarahkan Ibu untuk mengejan. 

Adakalanya, tekanan pada rectum membuat Ibu merasakan dorongan untuk mengejan. Tetapi mengejan sebeum pembukaan lengkap dapat menyebabkan masalah. Oleh karena itu, bidan dan dokter biasanya akan meminta Ibu menahannya. 

Tahap ketika bayi siap dilahirkan

Setelah memasuki tahap kedua, kekhawatiran Ibu tentang berapa lama pembukaan 1 ke 10 telah sirna. Tetapi saat pembukaan telah lengkap, bukan berarti bayi langsung keluar ya, Bu. 

Ibu mungkin telah mencapai pembukaan lengkap, tetapi bayi juga membutuhkan waktu untuk turun kebawah sampai siap dilahirkan. Saat posisi bayi telah siap, Ibu akan diizinkan mengejan. 

Tahap kedua pun, berakhir saat bayi telah dilahirkan. Tidak seperti menunggu berapa lama pembukaan 1 ke 10 yang mencapai beberapa jam sampai hari. 

Kelahiran bayi membutuhkan waktu dari beberapa menit sampai jam. Beberapa Ibu mungkin hanya perlu sedikit dorongan kuat saat mengejan. Tetapi ada juga Ibu yang mengejan sampai 1 jam atau lebih. 

Selama proses mengejan,  Ibu tetap akan diberikan jeda untuk beristirahat atau sekadar mengambil napas. Proses mengejan akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk kelahiran pertama. 

Hal ini berlaku sama dengan berapa lama pembukaan 1 ke 10 pada tahap pertama. Selain kelahiran pertama, ternyata bagi pengguna epidural selama proses persalinan juga memengaruhi lama waktu kelahiran bayi. 

Tahap keluarnya plasenta

Tahap ketiga dari persalinan seringkali menjadi hal yang terlupakan. Walaupun bayi telah dilahirkan, Ibu masih memiliki satu tugas lagi. Pada tahap ketiga, Ibu harus mengeluarkan plasenta. 

Plasenta dikelurkan sebagaimana Ibu mengeluarkan bayi, ada kontraksi yang menyertainya. Kontraksi yang dialami mungkin tidak sekuat saat bayi akan dilahirkan. 

Biasanya hanya membutuhkan sekali dorongan untuk mengerluakan plasenta. Waktu yang dibutuhkan untuk melalui tahap ini sekitar 5–30 menit. 

Ibu bisa mempercepat proses ini dengan meletakkan bayi di dada sekitar payudara, untuk mulai melakukan proses inisiasi menyusui dini. Jadi, kembali lagi, berapa lama pembukaan 1 ke 10? 

Jawabannya bisa dalam beberapa jam sekitar 20 jam atau berhari-hari, bahkan bisa berminggu-minggu. Semua bergantung pada fase awal saat tahap pertama proses persalinan.

Tapi yang jelas, selama proses persalinan berlangsung, Ibu harus tetap tenang dan biarkan tubuh Ibu menikmati prosesnya. Agar persalinan berjalan lancar, Ibu dan bayi sehat hingga waktu melahirkan tiba.

Editor: Aprilia