Kelahiran

Biar Tetap Kencang, Ini Cara Merapatkan Vagina Setelah Melahirkan

Biar Tetap Kencang, Ini Cara Merapatkan Vagina Setelah Melahirkan

Tahukah Ibu? Setelah melahirkan nggak hanya drama menyusui yang mungkin saja dihadapi oleh Ibu, melainkan juga drama kurangnya kepercayaan diri. Hal ini diakibatkan oleh bentuk tubuh Ibu yang berubah setelah melahirkan.

Mulai dari berat badan yang belum kembali ke bentuk semula, hingga vagina yang terasa longgar terutama setelah melahirkan pervaginam atau normal. Kondisi ini terjadi akibat saat bayi keluar akan membuat otot panggul dan vagina menjadi merenggang.

Meski wajar terjadi, ternyata nggak semua Ibu bisa menerima kondisi ini lho! Bahkan pada beberapa kasus kondisi tersebut dapat menyebabkan Ibu menjadi kurang percaya diri saat melakukan hubungan intim dengan pasangan.

Jelas hal ini nggak boleh dibiarkan berlarut-larut ya Bu. Lalu gimana sih cara sederhana untuk merapatkan vagina setelah melahirkan yang bisa dilakukan di rumah? Nah, simak tips berikut ini yuk.

Benarkah vagina akan longgar setelah melahirkan?


Jika melansir Healthline teori mengenai perubahan vagina longgar setelah melahirkan mungkin tidak sepenuhnya benar ya Bu. Sebab, vagina memiliki sifat elastis, yang berarti ia dapat meregang.

Artinya secara keseluruhan otot vagina mampu mengembang dan menarik layaknya karet gelang. Tingkat elastisitas pada otot vagina mungkin akan mengalami penurunan, namun tidak permanen. Hal ini disebabkan oleh proses kelahiran dan pertambahan usia.

Setelah melahirkan, otot vagina mungkin memerlukan waktu agar bisa kembali ke bentuk semula. Terutama ketika masa pemulihan selama 40 hari saat darah nifas masih keluar.

Jadi, kalau mau melakukan hubungan intim kembali dengan pasangan pastikan Ibu sudah benar-benar pulih dan darah nifas sudah berhenti ya Bu. Hal ini tentunya agar Ibu kembali merasa nyaman dan vagina sudah kembali ke bentuk semula.

Cara merapatkan vagina setelah melahirkan


Jangan salah lho Bu! Otot vagina nggak harus selalu rapat setelah melahirkan. Apalagi ketika hendak kembali berhubungan intim.

Sebenarnya otot vagina secara alami mengendur saat terangsang. Ia mampu lebih rileks, mengeluarkan pelumas alami dan meregang dengan nyaman.

Tentunya dengan melakukan pemanasan yang tepat, agar vagina tidak menjadi kering dan membuat vagina terasa sakit saat penetrasi. Meski begitu, nggak ada salahnya kok melakukan cara merapatkan vagina setelah melahirkan secara alami. Melansir India yuk intip cara merapatkan vagina setelah melahirkan dengan alami berikut ini.

1. Diet sehat dan perbaiki asupan nutrisi 

Dengan memperbaiki asupan nutrisi dengan diet sehat, secara otomatis dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat. Hal ini tentu akan membuat otot vagina juga menjadi lebih kuat setelah melahirkan.

Usahakan makan makanan yang mengandung kadar esterogen tinggi seperti buah delima, kacang kedelai, wortel, apel serta beragam buah berry.

2. Melakukan senam kegel

Salah satu cara untuk merapatkan vagina yaitu melakukan senam kegel. Tapi senam kegel nggak boleh asal dilakukan ya Bu.

Sebaiknya sebelum melakukan senam ini, Ibu terlebih dahulu harus mengetahui letak otot panggulnya terlebih dahulu. Gerakan ini dilakukan dengan cara seperti menahan urine yang hendak keluar saat buang air kecil.

Langkah pertama yang dapat Ibu lakukan adalah berbaring diatas matras olahraga. Selanjutnya melakukan pergerakan mengecangkan otot panggul selama 5 detik dan lepaskan selama 5 detik.

Lakukan cara tersebut selama 15 kali. Untuk hasil terbaik, Ibu bisa mengulangi cara ini setiap hari sebanyak minimal 10 kali.

3. Melakukan gerakan squat atau setengah jongkok

Squat adalah salah satu cara pemanasan yang paling sering dilakukan saat olahraga di tempat gym. Ibu hanya perlu memposisikan tubuh dengan berdiri dengan ke dua tangan berada di depan dada.

Kemudian mulai ayunkan badan ke bawah setengah jongkok. Lalu berdiri sebentar dan ulangi gerakan ke bawah. Saat melakukan gerakan ini pastikan bagian bokong terbuka lebar agar otor vagina juga mulai terbuka.

4. Melakukan medicine ball sit up

Olahraga ini seperti sit up pada umumnya, yang membedakan yaitu melakukan sit up sambil memegang bola dengan kedua tangan.

Kegiatan olahraga ini hampir mirip dengan squat, yang dapat membantu mengencangkan otot vagina. Tak hanya itu, gerakan ini juga dapat mengurangi lemak yang terdapat pada bagian perut agar kembali ideal.

5. Melakukan latihan mengangkat kaki

Untuk melakukan gerakan ini cukup membaringkan tubuh di atas matras atau lantai dan angkat kedua kaki ke atas hingga membentuk sudut 90 derajat.

Selama kaki diangkat, kedua tangan ditaruh pada sisi tubuh. Tahan kaki semampu Ibu atau kira-kira selama 10 detik.

Ulangi gerakan ini hingga sepuluh kali selama sehari. Untuk hasil yang maksimal, Ibu dapat melakukan latihan ini setiap hari. Gerakan ini cukup mudah untuk dilakukan dan dapat membantu merapatkan vagina yang longgar.

6. Orgasme saat berhubungan intim dengan pasangan

Ternyata nggak hanya olahraga, orgasme juga bisa membantu untuk merapatkan vagina lho Bu. Sebab, ketika merasakan orgasme, otot dasar panggul akan dilatih untuk berkontraksi yang akan membuat otot semakin mengencang.

Jadi setali tiga uang, Ibu bisa mendapatkan keuntungan langsung nih. Merasa puas dengan orgasme dan juga sekaligus jadi cara merapatkan vagina setelah melahirkan.

7. Rajin melakukan gerakan yoga

Yoga merupakan salah satu cara untuk membantu mengencangkan otot pada dasar panggul. Beberapa gerakan yoga juga bisa membantu merapatkan vagina setelah melahirkan lho.

Nah, diantara beberapa pose yang harus dilakukan saat yoga yaitu child’s pose, bridge pose, dan chair pose. Pastikan lakukan pose ini dengan benar ya Bu agar tidak mengalami cedera otot terutama pada bagian panggul.

Editor: Dwi Ratih