Kelahiran

Bikin ASI Makin Lancar, Ini 5 Manfaat Daun Pepaya Untuk Ibu Menyusui

Bikin ASI Makin Lancar, Ini 5 Manfaat Daun Pepaya Untuk Ibu Menyusui

Daun pepaya untuk Ibu menyusui apakah efektif atau hanya mitos semata ya? Bicara tentang menyusui, pasti tidak akan ada habisnya karena momen ini tak cuma berharga untuk anak. Namun juga merupakan momen penuh perjuangan bagi seorang Ibu.

Setiap Ibu menyusui pasti berjuang keras agar ASI  yang dikeluarkan lancar, payudara tidak sakit, dan kualitas ASI bagus. Selain mengonsumsi makanan padat gizi, mengonsumi sayuran hijau juga mampu membuat ASI mengalir lancar.

Salah satu sayuran yang mampu menjaga kuantitas ASI adalah daun pepaya. Manfaat daun pepaya untuk Ibu menyusui begitu besar. 

Selain itu, daun pepaya untuk Ibu menyusui juga bisa membantu melancarkan pencernaan. Terutama bagi Ibu yang rentan sembelit setelah melahirkan.

Serba-serbi daun pepaya untuk Ibu menyusui


Daun pepaya untuk Ibu menyusui rupanya sudah dikenal lama, bahkan digunakan sejak dulu untuk memperlancar ASI. Tapi, ciri khas daun pepaya yang pahit mungkin menjadi hambatan bagi beberapa Ibu yang tidak menyukai rasanya.

Melansir dari laman Healthline, pepaya menjadi salah satu buah yang sudah banyak dibudidayakan hampir di seluruh daerah di dunia. Tak hanya buahnya saja yang punya banyak manfaat, tapi saat ini biji dan daun pepaya juga sudah banyak diolah menjadi makanan hingga obat tradisional.

Nah, salah satunya adalah daun pepaya untuk Ibu menyusui yang mampu melancarkan ASI. Daun pepaya sendiri punya kandungan senyawa tanaman yang unik, dan menunjukkan adanya potensi farmakologis yang sudah diteliti lebih lanjut melalui tabung reaksi maupun hewan. 

Daun pepaya untuk Ibu menyusui juga sudah dikonsumsi sejak lama. Sayangnya, peminatnya tak sebanyak daun katuk atau sayuran hijau lainnya. Hal ini mungkin berkaitan dengan rasanya yang sedikit pahit.

Sementara itu, daun pepaya dipertimbangkan menjadi obat herbal karena kandungannya yang luar biasa. Melansir dari laman National Center for Biotechnology Information (NCBI) melalui sebuah studi ilmiah, daun pepaya mengandung glikosida, flavonoid, hingga asam amino dalam jumlah yang besar.

Jika Ibu ingin mengonsumsi daun pepaya untuk Ibu menyusui, Ibu bisa dengan mudah menghilangkan rasa pahitnya dengan cara seperti berikut ini:

  • Rebus menggunakan air garam
  • Mencampurkan tanah liat pada air rebusan
  • Memanfaatkan air asam jawa untuk menetralkan rasa pahitnya.

Sementara itu, cara memasak daun pepaya untuk Ibu menyusui juga sama saja dengan hidangan untuk keluarga lainnya. Misalnya tumis bersama dengan teri, direbus lalu dimakan begitu saja sebagai lalapan, dan masih banyak lagi.

Manfaat daun pepaya untuk Ibu menyusui


Selain melancarkan produksi ASI, manfaat daun pepaya untuk Ibu menyusui lainnya juga banyak lho. Berikut ini adalah manfaat yang bisa dirasakan ketika Ibu mengonsumsi daun pepaya, yang diolah dengan berbagai cara:

1. Membantu melancarkan pencernaan

Sembelit atau pencernaan tidak lancar bisa dialami oleh siapapun, termasuk Ibu menyusui. Salah satu manfaat daun pepaya untuk Ibu menyusui adalah, membantu membuat pencernaan menjadi lebih sehat karena daun pepaya punya kandungan serat yang tinggi.

Daun hijau pekat ini bisa diolah menjadi tumisan lezat, dan ditambahkan dengan protein lainnya seperti teri atau tahu. Beberapa juga ada yang mengonsumsinya sebagai minumah teh dari daun pepaya yang sudah dikeringkan.

2. Asupan vitamin penguat imun tubuh

Setiap Ibu menyusui, pasti disarankan untuk mengonsumsi sayur dan buah-buahan untuk menjaga imunitas tubuh. Daun pepaya untuk Ibu hamil juga mampu menjadi saupan vitamin alami penguat imun tubuh.

Selama masa menyusui, tubuh harus fit dan bugar agar produksi ASI terus lancar. Selain itu, vitamin yang ada pada daun pepaya juga dapat terserap si kecil melalui ASI yang diberikan.

3. Memiliki efek anti-inflamasi


Salah satu manfaat daun pepaya untuk Ibu menyusui adalah, mampu menjadi anti-inflamasi untuk tubuh. Berbagai macam olahan daun pepaya mampu mengatasi kondisi peradangan internal maupun eksternal, termasuk ruam pada kulit, nyeri otot, atau nyeri sendi yang kerap juga dirasakan Ibu menyusui saat payudara terlalu penuh jika tidak segera dipompa.

4. Membantu menyeimbangkan nutrisi di dalam tubuh

Mengonsumsi daun pepaya untuk Ibu menyusui, juga mampu melengkapi nutrisi di dalam tubuh. Kandungan fosfor dan kalsium pada daun pepaya, dapat menutrisi tulang dan gigi Ibu maupun si kecil. Selain itu zat besinya mampu menjaga kadar sel darah merah sehingga terhindar dari anemia atau kekurangan darah.

5. Sumber energi bagi Ibu menyusui

Tak cuma melancarkan ASI saja lho, daun pepaya untuk Ibu menyusui juga mengandung karbohidrat, protein, lemak, dan kalori yang cukup untuk kebutuhan harian. Bila sumber energi sudah tercukupi dengan baik, maka proses Ibu menyusui akan lebih lancar.

Selain daun pepaya, melansir dari laman Mom Junction, buah pepayanya juga bagus dikonsumsi saat sedang menyusui. Buah pepaya yang berwarna merah oranye, adalah buah yang manis dan segar sehingga pas dikonsumsi sebagai kudapan Ibu menyusui.

Buah pepaya juga punya manfaat esktra untuk tubuh


Daun pepaya untuk Ibu menyusui punya segudang manfaat, sama halnya dengan buah pepayanya juga lho. Masih melansir dari laman Mom Junction, ternyata buah pepaya juga merupakan makanan rendah kalori, per 100 gr hanya terdapat 43 kalori saja dan tidak mengandung kolesterol sehingga aman dikonsumsi kapan saja dan untuk siapa saja.

Berikut ini merupakan manfaat buah pepaya untuk Ibu menyusui lainnya:

  • Sumber postasium yang menawarkan hampir 182 mg mineral penting
  • Mampu menyeimbangkan elektrolit dalam tubuh
  • Membantu mengatur tekanan darah
  • Meningkatkan kesehatan jantung dan fungsi otot
  • Mencegah penuaan dini
  • Sumber vitamin A yang baik untuk mata
  • Sumber antioksidan untuk menangkal radikal bebas.

Daun pepaya untuk Ibu menyusui dan buah pepaya yang punya segudang manfaat ini juga mudah ditemukan diberbagai daerah di Indonesia lho. Jika Ibu tertarik mencoba daun pepaya untuk Ibu menyusui, pastikan pilih daun yang warnanya lebih muda, agar rasa pahitnya tidak terlalu pekat ya, Bu. Yuk, mulai makan buah dan sayur lokal yang menyehatkan!

Editor:

Aprilia