Keluarga

Dislokasi Sendi, Bisa Jadi Penyebab Rahang Sakit Saat Menguap, Lho!

Dislokasi Sendi, Bisa Jadi Penyebab Rahang Sakit Saat Menguap, Lho!

Ibu, pernahkah kamu mengalami rahang sakit saat menguap maupun mengunyah makanan? Jika iya, bisa jadi itu menjadi tanda kemungkinan otot rahang mengalami dislokasi, lho!

Yup! Rahang sakit saat menguap rasanya memang bikin Ibu jadi nggak nyaman. Ibumin pernah merasakan hal ini, namun kasusnya saat itu terjadi akibat adanya infeksi atau abses gigi.

Akan tetapi, beberapa juga ada yang diakibatkan oleh dislokasi otot rahang. Dikutip dari Wellers Hill Physio kondisi rahang sakit saat menguap atau makan biasa dikenal dengan, temporomandibural joint disorder (TMJ).

Titik TMJ ini berada di otot rahang yang mengalami pergeserah atau dislokasi. Pada beberapa kasus, rahang sakit saat menguap bisa menyebabkan mulut jadi tidak bisa ditutup, akibat adanya kerusakan saraf.

Lebih lanjut mengenai rahang sakit saat menguap dan bagaimana cara mengatasi rahang sakit saat menguap, ada dalam ulasan berikut ini.

Apa saja penyebab dari rahang sakit saat menguap?


Sebenarnya, selain TMJ ada banyak sekali faktor yang bisa menyebabkan. rahang sakit saat menguap. Tapi, dikutip dari Cleveland Clinic biasanya diakibatkan oleh cedera rahang sendi atau temporomandibular.

Sehingga menimbulkan dislokasi, trauma akut pada rahang, atau bahkan akibat Ibu mengalami kepanikan dan stress berlebih. Selain itu, rahang sakit saat menguap juga bisa disebabkan oleh:

  • Masalah pada gigi dan mulut seperti; abses gigi, pertumbuhan gigi bungsu, kebiasaan menggertakkan gigi (bruxism),  hingga masalah susunan gigi yang tidak sejajar
  • Trigeminal neuralgia: dikutip dari Hopkins Medicine merupakan kondisi saat ada tekanan pada saraf trigeminal (saraf sisi wajah) yang abnormal.
  • Sinusitis yang menyebabkan rasa sakit di kedua sisi rahang
  • Adanya tumor atau kista pada rahang
  • Osteomielitis atau infeksi pada tulang yang juga bisa terjadi pada tulang rahang.

Jika rahang sakit saat menguap disebabkan oleh TMJ


Biasanya, kasus rahang sakit saat menguap jika tidak dibarengi dengan gejala lain seperti sakit gigi, kemungkinan besar disebabkan oleh TMJ. Nah, masih dikutip dari Wellers Hill Physio, jutaan orang di dunia pasti memiliki masalah pada TMJ.

Namun, hanya beberapa orang saja yang mengetahui gejalanya sejak dini, sehingga bisa dapat ditangani dengan baik. Memang, rasa sakit ini sebenarnya bisa ditahan atau dikelola. Tapi, bagi Ibumin saat itu, rasanya bikin nggak nyaman saat hendak menguap dan mengunyah makanan.

Nah, selain rahang sakit saat menguap, Ibumin juga sempat merasakan ada bunyi seperti “klik” saat menguap atau menggerakan rahang. Untuk itu, dikutip dari Healthline beberapa gejala rahang sakit saat menguap akibat TMJ diantaranya sebagai berikut:

  • Kesulitan saat membuka dan menutup mulut
  • Terdengar bunyi pada rahang
  • Sakit kepala dan pusing
  • Rahang terasa sangat kaku dan sulit digerakkan
  • Rahang terasa sakit jika digerakkan
  • Nyeri telinga.

Cara mengatasi rahang sakit saat menguap


Secara keseluruhan, sebenarnya rahang sakit saat menguap akan sembuh sendiri tanpa pengobatan khusus. Hanya saja, tingkat toleransi sakit pada tiap orang berbeda-beda.

Sehingga, beberapa orang mungkin merasa sangat tidak nyaman dan tidak bisa menoleransi rasa sakit tersebut. Jadi, penting untuk tahu cara mengatasi rahang sakit saat menguap seperti berikut ini:

1. Mengompres air dingin 

Cobalah untuk mengompres air dingin di bagian rahang yang sakit. Bisa dengan cara membalut es batu dengan handuk atau waslap.

Kompres hingga rahang sakit saat menguap sudah mulai terasa lebih membaik. Kamu juga bisa melakukan hal ini beberapa hari sekali, sesuai dengan keinginan.

2. Hindari stres

Stres bisa meningkatkan ketegangan pada otot rahang. Sehingga membuat rahang sakit saat menguap menjadi lebih parah. Jadi, sangat penting untuk menghindari stres sebisa mungkin ya Bu.

3. Makan makanan yang lunak

Bubur, sup atau pisang bisa membantu agar Ibu tetap bertenaga meski mengalami rahang sakit saat menguap. Selain itu, makanan bertekstur lunak juga bisa membantu mengurangi kerja rahang agar cederanya tidak semakin parah. Selain itu, makan makanan yang lunak juga lebih memudahkan Ibu untuk mengunyah makanan.

4. Minum pain killer

Obat anti nyeri atau pain killer bisa diminum saat Ibu mengalami rahang sakit saat menguap, dan rasa sakitnya benar-benar tidak tertahankan. Namun, pastikan Ibu membaca petunjuk pemakaian obat tersebut dengan baik ya.

Selain itu, minum obat anti nyeri juga sebaiknya berdasarkan atas saran dokter. Agar mendapatkan obat pengurang rasa sakit yang tepat, sesuai dengan kondisi Ibu saat ini.

Rahang sakit saat menguap ataupun mengunyah makanan memang nggak nyaman. Untuk itu, segeralah berkonsultasi ke dokter agar dapat diketahui secara dini apa yang menjadi penyebab rahang sakit saat menguap.

Nah, kalau Ibu pernahkah mengalami hal yang sama seperti Ibumin? Apa saja cara jitu yang biasa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut?