Kelahiran

Membersihkan Belek Bayi, Tidak Boleh Sembarangan, Lho!

Membersihkan Belek Bayi, Tidak Boleh Sembarangan, Lho!

Kerap menemui belek atau kotoran di mata bayi? Tenang, Bu ternyata hal ini wajar terjadi pada newborn kok. Biasanya belek muncul akibat terlambatnya perkembangan dan pembukaan saluran air mata bayi.

Kondisi ini akan sembuh dengan sendirinya, asalkan dalam membersihkan belek bayi harus dilakukan secara rutin dan berhati-hati. Sebab, kesalahan sedikit saja dalam membersihkan belek bayi, dapat mengakibatkan infeksi pada saluran air mata.

Infeksi ini, dapat mengakibatkan kebutaan pada bayi. Itulah mengapa, saat membersihkan belek bayi perlu dilakukan sangat hati-hati.

Alat yang digunakan untuk membersihkan belek bayi juga nggak boleh sembarangan ya, Bu. Sebab, dapat melukai kulit sekitar matanya yang masih sangat sensitif.

Lantas, gimana sih cara membersihkan belek bayi baru lahir yang benar? Kita simak selengkapnya dalam ulasan berikut, yuk!

Mengapa mata bayi belekan? 

Hampir semua bayi di yang lahir di seluruh dunia, pernah mengalami mata belekan. Hal ini ternyata merupakan kondisi yang wajar terjadi, lho!

Menurut American Academy of Ophthalmology sebanyak 20% bayi yang lahir ke dunia, rata-rata pernah mengalami tersumbatnya air mata. Hal ini jugalah yang menyebabkan munculnya belek di mata bayi, karena saluran air matanya belum bisa terbuka dengan sempurna.

Belek di mata bayi baru lahir memang merupakan kondisi yang biasa, dan jarang mengakibatkan penyakit serius. Penyebab umum keluarnya belek pada bayi adalah, akibat saluran air mata yang tersumbat.

Mengutip dari Medical News Today air mata terbentuk di kelenjar lakrimal, yang berada tepat di atas mata. Cairan air mata membantu membersihkan dan melumasi permukaan mata.

Saat seseorang berkedip, kelopak mata menyapu cairan air mata ke dalam saluran ini, yang kemudian akan mengalirkannya ke hidung. Jika ada sesuatu yang menyumbat saluran air mata, cairan mungkin tidak lagi dapat keluar dari permukaan mata.

Penyumbatan dapat menyebabkan mata sangat berair, dan cairan lengket dapat terbentuk di sudut mata. Sehingga, ketika mengering bisa menyebabkan belek atau kotoran di mata.

Kondisi lain yang menimbulkan belek di mata bayi


Selain tersumbatnya saluran air mata, kondisi lain yang menyebabkan timbulnya belek di mata bayi adalah sebagai berikut:

1. Konjungtivitis

Kotoran mata pada bayi baru lahir juga bisa menjadi tanda konjungtivitis atau pinkeye. Konjungtivitis adalah peradangan konjungtiva, selaput tipis yang melindungi bagian depan mata.

Tidak seperti saluran air mata yang tersumbat, konjungtivitis sering menyebabkan bagian putih yang menyebabkan mata tampak merah.

Gejala konjungtivitis pada bayi baru lahir meliputi:

  • Air mata berlebih yang terus muncul setelah 5-12 hari setelah lahir
  • Kelopak mata bengkak atau lunak
  • Mata memerah seperti iritasi

2. Iritasi mata

Iritasi mata pada bayi biasanya disebut iritasi kimia. Kondisi ini juga bisa menyebabkan konjungtivitis pada bayi baru lahir.

Bayi yang mengalami kondisi ini, biasanya akan diberikan obat tetes mata antibakteri untuk mencegah infeksi. Namun, tetes mata ini terkadang dapat menyebabkan iritasi yang dapat menyebabkan gejala konjungtivitis.

Cara membersihkan belek bayi yang benar


Membersihkan belek bayi baru lahir ternyata nggak boleh sembarangan, lho Bu! Karena, kesalahan sedikit saja dapat menyebabkan mata bayi menjadi iritasi dan mengganggu perkembangan penglihatannya.

Apalagi, sampai menggunakan obat tetes mata yang tidak sesuai dengan anjuran dokter. Lalu bagaimana sih cara membersihkan belek bayi yang benar?

Sebelum mengetahui cara membersihkan belek bayi yang benar, mengutip WebMD ada baiknya Ibu perlu memerhatikan apabila belek di mata bayi tidak kunjung sembuh dalam waktu sebulan. Bahkan jika ditambah dengan munculnya gejala lain seperti demam.

Hingga membuat bayi tidak dapat membuka matanya dan kulit di sekitar mata berwarna merah. Sebab, kemungkinan ini merupakan tanda bayi mengalami infeksi bakteri pada matanya.

Untuk membantu meringankan rasa tidak nyaman yang si kecil rasakan, mengutip dari Raising Children Ibu bisa melakukan cara membersihkan belek bayi berikut ini:

  • Sediakan beberapa perlengkapan pendukung, seperti:
  • Air hangat
  • Kapas atau waslap lembut
  • Cotton buds

Cara membersihkan belek bayi:

1. Ibu wajib mencuci tangan dengan sabun terlebih dahulu. Pastikan tangan Ibu sudah bersih. Lakukan kegiatan ini baik sebelum maupun sesudah membersihkan belek bayi

2. Siapkan kapas kapas/waslap lembut/cotton buds. Ibu bisa membasahinya dengan air hangat

3. Kemudian, usapkan pada mata bayi. Mulailah dari sudut mata bagian dalam ke sudut mata bagian luar secara perlahan

4. Ibu bisa mengulangi cara membersihkan belek bayi ini, hingga mata si kecil benar-benar bersih. Ada baiknya lakukan secara lembut dan perlahan ya, Bu

5. Ibu bisa mengganti kapas/waslap lembut/cotton buds, tiap kali mata dibersihkan. Intinya, gunakan kapas/waslap lembut/cotton buds untuk satu kali usapan

6. Jangan berbagi handuk ataupun waslap bayi dengan orang dewasa. Guna mencegah risiko kontaminasi bakteri

7. Hindari penggunaan sabun di mata bayi, karena dapat mengakibatkan iritasi yang lebih parah.

Tak lupa, hindari juga meneteskan ASI ke mata bayi. Alih-alih percaya akan mitos yang beredar di masyarakat.

Meneteskan ASI ke mata bayi tidak bermanfaat sama sekali. Hal ini justru bisa mengakibatkan mata bayi semakin iritasi.

Membersihkan belek bayi memang harus dilakukan sangat hati-hati. Apabila setelah bayi berusia 1 tahun dan kondisinya tak kunjung membaik, meski Ibu sudah membersihkan belek bayi dengan benar, ada baiknya segera periksakan kondisi si kecil ke dokter. Agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat.