Kelahiran

Wajib Tahu! Syarat Melahirkan Normal Setelah Caesar Agar Berjalan Lancar

Wajib Tahu! Syarat Melahirkan Normal Setelah Caesar Agar Berjalan Lancar

Tiap Ibu yang hendak melahirkan berhak memilih prosesnya baik secara caesar maupun pervaginam. Namun pada kondisi tertentu,  mau tak mau Ibu terpaksa harus memilih proses melahirkan yang mungkin tak sesuai rencana, seperti layaknya operasi caesar.

Pada beberapa Ibu, proses operasi caesar dan pemulihannya bisa jadi menimbulkan trauma mendalam. Sehingga jika hendak memiliki momongan kembali, Ibu ingin sekali bisa merasakan nikmatnya melahirkan secara normal.

Tapi, katanya sekali melakukan operasi caesar maka anak berikutnya juga harus lahir dengan cara operasi. Waduh! benar nggak ya? Tenang, melahirkan normal setelah caesar tetap bisa terwujud kok.

Metode tersebut dikenal dengan istilah Vaginal Birth After Caesarean (VBAC), yakni proses melahirkan normal setelah sebelumnya pernah melakukan operasi caesar. Namun proses ini harus dilakukan dengan persiapan yang matang dan nggak bisa sembarangan dilakukan. Yuk simak apa saja syarat melahirkan normal setelah caesar dalam ulasan berikut!

Apa itu VBAC?


Melansir Mayo Clinic Vaginal Birth After Caesarean atau VBAC adalah sebuah metode melahirkan secara normal setelah melakukan operasi caesar di kelahiran sebelumnya. Dahulu VBAC lebih dikenal dengan istilah TOLAC atau Trial of Labor After Cesarean.

Namun, para dokter kandungan sepakat mengubah namanya menjadi VBAC. Sebab TOLAC memiliki arti ‘percobaan persalinan normal’ sementara persalinan bukanlah sesuatu yang bisa dijadikan percobaan.

Apalagi sejak tahun 2013, persalinan normal setelah caesar ini mengalami peningkatan dan kesuksesan bagi para Ibu sebanyak 70% di Amerika Serikat. Sehingga makin menekankan bahwa VBAC bukanlah metode percobaan melainkan sebuah metode yang benar-benar bisa diwujudkan oleh tiap Ibu.

Namun yang perlu digaris bawahi adalah VBAC tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Untuk itu syarat melahirkan normal setelah caesar ini perlu diperhatikan dengan baik.

Syarat melahirkan normal setelah caesar


Melahirkan normal setelah caesar mungkin tidak bisa dilakukan di sembarang tempat. Beberapa provider atau rumah sakit di Indonesia mungkin masih belum berani melakukan metode ini. Meskipun VBAC merupakan metode yang cenderung minim risiko.

Untuk itu, sebelum melakukan VBAC Ibu perlu memilih provider yang tepat. Selain itu What To Expect berikut ini adalah syarat melahirkan normal setelah caesar yang perlu kamu ketahui:

1. Ibu dan bayi dalam keadaan sehat dan berat badan bayi tidak terlalu besar

2. Ibu tidak memiliki komplikasi kehamilan seperti diabetes, penyakit jantung bawaan dan masalah pada pernapasan

3. Pernah melakukan persalinan normal sebelumnya. Tujuannya agar Ibu memiliki sedikit ilmu saat mengejan dan mengatur napas ketika kontraksi terjadi. Hal ini membuat kemungkinan VBAC lebih sukses sebanyak 86%

4. VBAC sebaiknya tidak boleh dilakukan dengan induksi untuk meminimalisir robeknya luka bekas caesar sebelumnya. Induksi juga meningkatkan risiko ruptur uteri pada Ibu

5. Jenis sayatan bekas operasi caesar sebaiknya adalah vertikal dan bukan horizontal

6. Umur Ibu tidak boleh lebih dari 35 tahun untuk mengurangi risiko kemungkinan gagal VBAC akibat tingginya risiko komplikasi

7. Sebaiknya dikerjakan di provider dengan tim yang berpengalaman dan sigap menangani kasus darurat

8. Kepala bayi sudah masuk panggul alias posisi bayi harus bagus; tidak melintang, sungsang atau bukan presentasi bokong

9. Kehamilan tidak lewat waktu yakni lebih dari 40 minggu untuk meminimalisir agar berat badan bayi tidak terlalu besar

10. Jarak kehamilan sebelumnya minimal 18 bulan.

Syarat melahirkan normal setelah caesar ini sebaiknya tidak boleh dilanggar untuk menghindari kemungkinan Ibu mengalami gagal VBAC dan berujung operasi kembali. Tentunya agar syarat melahirkan normal setelah caesar ini bisa terpenuhi ada beberapa hal yang wajib diperhatikan salah satunya dengan menjaga kesehatan dan konsumsi makanan yang bernutrisi selama kehamilan.

Keuntungan melahirkan normal setelah caesar


Jika VBAC adalah pilihan Ibu untuk merasakan nikmatnya kontraksi dari persalinan normal, maka melansir WebMD berikut adalah beberapa hal mengenai keuntungan persalinan VBAC yang perlu Ibu ketahui:

  • Tidak memerlukan operasi besar sehingga menurunkan risiko mengalami infeksi dalam tubuh
  • Kemungkinan pendarahan mungkin lebih sedikit
  • Proses pemulihan lebih cepat. Otomatis membuat Ibu lebih bisa bonding dengan bayi dengan cepat
  • Kecil kemungkinan mengalami cedera pada kandung kemih atau usus. Sebab persalinan normal tidak membutuhkan teknik pembedahan layaknya operasi caesar
  • Kemungkinan memiliki anak lebih dari 3 jadi lebih besar dan tidak memerlukan jarak kelahiran khusus layaknya persalinan caesar.

Meski begitu melahirkan normal setelah caesar tetap memiliki risiko yakni kemungkinan operasi caesar berulang hingga operasi angkat rahim (histerektomi) apabila terjadi pendarahan dan luka bekas operasi caesar terbuka. Untuk menghindarinya, Ibu perlu mempelajari tentang VBAC lebih mendalam dan memenuhi syarat melahirkan normal setelah caesar yang sudah disebutkan di atas.


Editor: Atalya