Keluarga

10 Drama Korea Adaptasi Webtoon, Wajib Ditonton!

10 Drama Korea Adaptasi Webtoon, Wajib Ditonton!

Selain dikenal dengan drama yang penuh cerita romantis percintaan, siapa sangka drama Korea juga ada yang dibuat berdasarkan karakter di webtoon lho!

Apa itu Webtoon? Nah, Webtoon sendiri adalah perpaduan kata dari 'web' dan 'cartoon', yang berarti kartun atau komik yang dapat dinikmati online dalam bentuk website. 

Naver LINE Webtoon adalah layanan di mana kamu bisa membaca dan menikmati cerita komik dari penulis yang berlisensi.

Drama Korea adaptasi Webtoon 2022

Sejak 3 tahun belakangan, drama Korea adaptasi Webtoon seringkali diangkat ke layar kaca. Sayangnya nggak banyak orang yang menyadari bahwa drama tersebut berasal dari cerita dalam komik. 

Untuk itu berikut adalah rekomendasi drama Korea adaptasi Webtoon terbaik yang wajib kamu tonton!

1. All of Us Are Dead


Photo source: Kompas

Dari judulnya saja sudah pasti drama yang satu ini merupakan drama series bergenre horor-thriller ya Bu. Tapi siapa sangka, ternyata drama yang menjadi serial Netflix original ini merupakan adaptasi dari Webtoon berjudul Now at Our School, karya Joo Dong Geun.

Drama yang mengangkat tema zombie ini dibintangi oleh Yoon Chan Young, Park Ji Hoo, Jo Yi Hyun, Park Salomon, Yoon In Soo, dan Song Sang Yeon. Drama All of Us Dead bercerita tentang sekelompok siswa yang terisolasi di sekolah menengah atas tempat virus zombie yang telah menyebar.

Tidak hanya itu, ternyata di luar sekolah, kondisi juga sudah sama gentingnya sehingga para siswa harus menemukan tempat yang aman untuk berlindung dan keluar dari lingkungan sekolah yang sudah dikelilingi zombie. Drama ini terdiri dari 12 episode, di mana tiap episodenya penonton akan selalu dibuat berdebar-debar dengan kemunculan para zombie.

2. Sixth Sense Kiss


Photo source: KFanhub

Sixth Sense Kiss merupakan drama ber-genre romantis yang diadaptasi dari Webtoon berjudul sama, karya Got W san Jocobong. Dibintangi oleh Yoon Kye Sang, Seo Ji Hye, Kim Ji Suk, dan Lee Joo Yeon, drama ini bercerita tentang seorang wanita yang bisa melihat masa depan saat ia mencium seseorang. Sixth Sense Kiss akan tayang di pertengahan bulan Februari 2022 di Disney+ Hotstar.

3. See You in My 19th Life

Photo source: KPopKuy

Drama Korea adaptasi Webtoon selanjutnya adalah serial berjudul See You in My 19th Life, karya Lee Hey yang sangat populer dan sudah diterjemahkan ke dalam lima bahasa, termasuk Indonesia. Webtoon yang satu ini juga sudah dikonfirmasi akan diadaptasi menjadi serial drama pada tahun 2022 dengan judul yang sama lho!

See You in My 19th Life sendiri bercerita tentang seorang wanita bernama Ban Ji Eum, yang sudah hidup sebanyak 19 kali. Di kehidupannya yang ke-18 ia dilahirkan dengan nama Yoon Ju Won, dan jatuh cinta dengan seorang pria bernama Seo Ha dan ingin hidup selamanya dengan sang kekasih.

4. Our Beloved Summer


Photo source: Kontan Lifestyle

Drama Korea adaptasi Webtoon selanjutnya berjudul Our Beloved Summer yang merupakan hasil adaptasi dari serial Webtoon berjudul ‘Good Early Summer’ oleh penulis Han Gyeong Chal. Drama Korea ini diperankan oleh bintang utama populer yakni Choi Woo Shik dan Kim Da Mi.

Drama ini menceritakan tentang pasangan yang pernah menjalin hubungan saat masa sekolah. 

Keduanya terpaksa harus kembali bertemu saat film dokumenter yang mereka buat 10 tahun lalu mendadak populer dan berencana untuk membuat kelanjutan dokumenter tersebut. Hal ini jelas membuat hubungan mereka menjadi canggung.

Drama Korea adaptasi Webtoon 2021

5. Navillera


Photo source: Cosmopolitan Indonesia

Navillera merupakan drakor series yang diadaptasi dari Webtoon populer dengan judul yang sama yang bercerita tentang Sim Duk-chool (Park In-hwan), seorang pria paruh baya yang memulai balet di usianya ke-70 tahun, dan Lee Chae-rok (Song Kang), seorang balerino alias penari balet berusia 23 tahun yang tersesat saat mengejar mimpinya.

Meski bercerita tentang seorang ballerino, namun drakor yang disutradarai oleh Han Dong-hwa ini punya beragam pelajaran tentang hidup yang sangat berharga. Mengisahkan tentang perjuangan orang yang tidak takut dalam menggapai mimpinya meski banyak sekali yang menentang.

6. Yumi’s Cell


Photo source: Popbela

Yumi’s Cells merupakan karya Lee Dong-geon juga menjadi salah satu drama Korea adaptasi  Webtoon dengan cerita menarik dan ringan. Alkisah tentang Yumi, seorang pekerja kantoran usia 30 tahunan yang kehidupannya bisa dilihat dari sel-sel dalam kepalanya yang seakan jadi panduan Yumi dalam berpikir dan berperilaku.

Pemeran utama dalam drama ini adalah Kim Go Eun dan Ahn Bo Hyun dengan genre romantis komedi yang cukup menghibur. Drama ini tayang di Viu, iQiyi dan tVN.

7. D.P


Photo source: Detik

D.P (Deserter Pursuit) merupakan drama Korea adaptasi Webtoon selanjutnya karya Kim Bo-tong yang bercerita tentang seorang prajurit yang menangkap seorang pembelot.

Drama ini merupakan serial Netflix Original dengan 6 episode yang dibintangi oleh Jung Hae In, Koo Kyo-hwan, Kim Sung-kyun, dan Son Seok-koo.

8. Hellbound


Photo source: Bisnis.com

Hellbound merupakan drama Korea adaptasi Webtoon yang awalnya berjudul The Hell karya Yeon Sang-ho dan Choi Kyu-suk. Drama ini menceritakan kisah yang terjadi secara tiba-tiba pada manusia ketika peristiwa supernatural terjadi pada mereka.

Mereka menganggap hal ini merupakan mukjizat ataupun sebuah kutukan. Drama ini merupakan serial Netflix Original dengan 6 episode yang digarap oleh Yeon Sang-ho, sutradara film Train to Busan (2016) dan dibintangi oleh Yoo Ah-in, Park Jung-min, Kim Hyun-joo, Won Jin-ah, dan masih banyak lagi.

Drama Korea adaptasi Webtoon 2020

9. Sweet Home 


Sweet Home merupakan drama bergenre thriller yang diperankan oleh Song Kang (Cha Hyun Soo) dan mengalami tragedi memilukan yang menimpa keluarganya. Hal ini membuat Hyun Soo lebih memilih untuk mengasingkan diri di sebuah apartemen.

Di kamar nomor 1410, Hyun Soo menghabiskan waktu dengan bermain game demi mengalihkan pikirannya dari hal-hal buruk. Suatu hari saat ingin mengambil paket di depan pintu kamarnya, Hyun Soo menemukan sebuah kejanggalan.

Bahkan di waktu yang bersamaan, terdengar suara mengerikan dari kamar tetangganya. Membuat teror mengerikan yang menimpa penghuni Green Home pun akhirnya dimulai.

10. Mystic Pop-Up Bar


Photo source: Netflix

Mystic Pop-Up Bar merupakan drama Korea adaptasi Webtoon terakhir yang diperankan oleh Weol Ju (Hwang Jung Eum). Berkisah tentang pemilik warung tenda Pojangmacha yang membuka usahanya setiap tengah malam.

Meski nampak seperti penjaja makanan biasa, Weol Ju menyimpan rahasia besar tentang kehidupannya. Kisah berawal 500 tahun silam. Saat itu, Weol Ju berhasil membantu seorang Pangeran untuk menyelesaikan masalahnya melalui mimpi.

Sayangnya ia justru dituduh telah menggoda sang pangeran hingga akhirnya menjadi buruan pihak istana. Saat ibunya terbunuh, Weol Ju yang putus asa memilih mengakhiri hidupnya di dekat pohon keramat.

Editor: Dwi Ratih