Keluarga

10 Peraturan Tidak Tertulis Di Rumah Ini Sepele, Tapi Jarang Disadari, Lho!

10 Peraturan Tidak Tertulis Di Rumah Ini Sepele, Tapi Jarang Disadari, Lho!

Pernah nggak sih Ibu menemukan barang-barang di rumah yang banyak tergeletak, tidak pada tempatnya? Rasanya pasti gemas, dan seringnya hal ini bikin Ibu kerap ngedumel.

Padahal ternyata, di rumah terdapat peraturan tidak tertulis yang jarang disadari. Contohnya seperti, kebiasaan Pak Suami yang gemar meletakkan handuk basah di atas kasur.

Sedikit banyak hal ini justru bikin handuk menjadi bau apek dan rentan bikin masalah pada kulit nantinya. Nggak cuma itu, masih banyak peraturan tidak tertulis lain yang sebenarnya merupakan hal sepele, namun seringnya nggak dilakukan.

Sebenarnya apa saja sih peraturan tidak tertulis di rumah yang jarang disadari, terutama sama Pak Suami? Yuk, coba kita break down, supaya bisa mengurangi kemungkinan Ibu untuk ngedumel di rumah, perkara hal kecil.

Aneka peraturan tidak tertulis di rumah


1. Merendam piring kotor bekas makan

Seringnya, piring kotor bekas makan biasanya diletakkan begitu saja di meja. Padahal, hal ini bisa membuat piring lebih susah dibersihkan, lho!

Apalagi jika terdapat kerak-kerak sisa makanan yang menempel di piring. Memang ini merupakan bagian dari peraturan tidak tertulis, tapi untuk memudahkan Ibu membersihkan piring nantinya, usahakan buang sisa makanan yang terdapat di atas piring ya Bu.

Kemudian rendam piringnya di dalam sink, menggunakan air mengalir. Lalu, diamkan hingga kerak bisa terangkat dengan mudah dan mempercepat proses pembersihan piring.

2. Kerak nasi di panci rice cooker

Ibumin kadang juga suka jengkel nih sama Pak Suami, kalau tiba-tiba Ibumin mau makan nasi, nggak taunya nasi di dalam rice cooker sudah habis. Ibumin hanya disisakan kerak nasinya saja, huh!

Padahal, ini merupakan sebuah peraturan tidak tertulis yang mengharuskan panci rice cooker yang sudah kosong, perlu direndam air. Supaya kerak nasi mudah lepas, dan Ibumin jadi lebih mudah mencuci dan memasak nasi lagi nantinya.

Ada satu tips penting nih Bu, supaya kerak nasi di dalam rice cooker nggak lengket. Mengutip dari The Daily Meal saat proses memasak nasi, tuang 2-3 tetes minyak dan aduk merata di dalam beras yang sudah di cuci.

Dijamin, nasi nggak bakalan lengket di rice cooker. Sehingga, memudahkan Ibu membersihkan panci nantinya.

3. Mengembalikan barang ke tempatnya

Kalau di rumah, Ibumin punya prinsip bahwa semua barang pasti punya ‘rumahnya’ sendiri. Termasuk gunting, pisau, sepatu dan buku-buku di rumah.

Mengembalikan barang ke tempatnya memang terlihat mudah dilakukan, sayangnya kadang hal ini justru seringkali diabaikan oleh seluruh anggota keluarga baik anak-anak maupun Pak Suami. Hmm, padahal ini merupakan sebuah peraturan tidak tertulis yang sangat mendasar, lho!

4. Mengisi wadah es batu di kulkas

Kalau cuaca sedang panas-panasnya, paling enak minum es jeruk yang manis ya Bu. Tapi, begitu melihat ke dalam freezer, nggak tahunya wadah es batu malah kosong melompong.

Duh, jadi kecewa deh! Padahal sudah berkhayal mau minum minuman yang segar-segar nih. Sebisa mungkin, ketika wadah es batu sudah kosong ada baiknya langsung isi lagi ya.

Sederhana sih, tapi peraturan tidak tertulis yang satu ini kalau dilakukan dan dijadikan kebiasaan yang baik, bikin Ibu jadi jauh lebih happy, lho!

5. Mengembalikan dudukan toilet

Sudah kebelet buang air kecil, tapi mesti harus menurunkan dudukan toilet. Wah, siapa nih yang punya kebiasaan kelupaan mengembalikan dudukan toilet di rumah?

Pak Su di rumah dan anak-anak lelaki kita juga perlu tahu bahwa, mengembalikan dudukan toilet ini merupakan salah satu peraturan tidak tertulis yang bisa meringankan pekerjaan Ibu, lho!

6. Refill botol air minum di kulkas

Tahukah Ibu? Ternyata dikutip dari Healthline minum air dingin nggak memberikan dampak apapun buat kesehatan kita, lho! Apapun jenis air yang diminum, baik air suhu ruang maupun air dingin memiliki tujuan yang sama, yaitu tetap membuat tubuh terhidrasi.

Minum air hangat memiliki manfaat tersendiri, seperti membantu pencernaan dan pembuangan racun. Tapi, minum air dingin juga nggak akan berpengaruh apapun pada tubuh kita.

Nah, bicara minum air dingin, meski memiliki dispenser bersuhu panas dan dingin, Ibumin dan Suami masih terbiasa mengisi botol dan disimpan ke dalam lemari es.

Menurut Ibumin rasanya jauh lebih dingin dan segar ketimbang minum air dingin dari dispenser. Sayangnya, ketika sedang haus-hausnya Ibumin sering menemukan botol air dingin di kulkas kosong.

Hm, siapa lagi kalau bukan Pak Suami nih. Senangnya hanya minum, tapi enggan membantu merefill isi airnya kembali. Hayo, siapa yang bernasib sama? Padahal hal ini merupakan bagian dari peraturan tidak tertulis yang mempermudah pekerjaan Ibu, bukan?

7. Meletakkan gayung di dalam bak mandi

Sepengalaman Ibumin di rumah orang tua dahulu, meletakkan gayung di dalam bak mandi bikin gayung rentan berlumut dan licin. Sehingga, kalau di rumah masih menggunakan bak penampungan air untuk mandi, sebaiknya letakkan gayung di bibir bak usai digunakan ya Bu.

8. Mencabut charger handphone

Peraturan tidak tertulis lainnya yang jarang disadari padahal bisa mempermudah pekerjaan Ibu adalah, mencabut charger handphone usai digunakan. Bukan tanpa alasan, mengutip dari Inspire Clean Energy hal ini akan membuat aliran listrik tetap ada di dalam charger, meski posisinya sedang tidak digunakan.

Penarikan daya listrik pada charger handphone ini, selain bisa membuat biaya listrik jadi bengkak, ternyata juga sangat berbahaya jika disentuh oleh anak-anak. Karena seperti yang Ibumin jelaskan tadi, di dalam charger masih terdapat aliran listrik yang bisa menyetrum tubuh kita kapanpun.

9. Menutup odol usai digunakan

Nggak tahu kenapa, tiap kali habis digunakan Pak Suami, tutup odol di rumah selalu hilang entah kemana. Jadilah, odol Ibumin selalu nggak ditutup.

Khawatirnya malah bisa menyebabkan bakteri mudah masuk. Mengingat penyimpanannya yang berada di dalam kamar mandi.

Yuk, coba pelan-pelan ajarkan Pak Suami mengenai peraturan tidak tertulis ini. Jangan lupa sampaikan untuk menggunakan odol seperlunya, supaya nggak ada sisa odol yang terbuat di lantai dan bikin lantai jadi licin ya, Bu.

10. ‘Menjemur’ handuk basah di tempat tidur

Kalau ini, sepertinya sudah bukan peraturan tidak tertulis lagi ya Bu. Tapi sebuah keharusan yang wajib banget ditaati oleh Pak Suami maupun anak-anak di rumah.

Membiarkan handuk basah di atas kasur, hanya akan membuat handuk jadi bau. Alangkah baiknya, ajarkan seluruh anggota keluarga untuk menjemur handuk basah usai pemakaian.

Nah, itu tadi 10 peraturan tidak tertulis yang ada di dalam rumah dan jarang disadari oleh anggota keluarga. Kalau dalam keluarga Buibu sendiri, peraturan tidak tertulis mana nih yang paling sering dilanggar?