Keluarga

11 Rekomendasi Humidifier untuk Bayi, Berkualitas, Hemat!

11 Rekomendasi Humidifier untuk Bayi, Berkualitas, Hemat!

Rekomendasi humidifier untuk bayi cukup beragam nih Bu. Dari mulai yang paling murah hingga paling mahal dengan berbagai macam keunggulan yang ditawarkan. Humidifier sudah mulai dikenal oleh para Ibu di Indonesia karena memang punya manfaat yang nggak main-main. Salah satu yang bikin Ibu-Ibu bahagia adalah karena humidifier tak hanya dapat dirasakan manfaatnya untuk bayi dan anak-anak saja, namun juga orang dewasa. 

Tentang Humidifier dan Penggunaannya

Rekomendasi humidifier untuk bayi tidak boleh sembarangan, apalagi menggunakan jenis yang asal murah saja tanpa mempertimbangkan faktor keamanannya. Humidifier sedikit berbeda dengan jenis produk lain seperti jenis purifier atau diffuser. Humidifier berfungsi sebagai pelembab udara dan mencegah kekeringan pada bagian tubuh yang seringnya bisa menyebabkan iritasi bila dibiarkan saja. 

Melansir dari laman Healthline, penggunaan alat ini dapat bermanfaat untuk kesehatan tubuh juga. Meskipun punya manfaat ekstra, humidifier juga tidak disarankan digunakan secara berlebihan ataupun terus menerus karena akan menimbulkan masalah baru seperti tempat berkembang biaknya tungau debu, jamur, hingga bakteri berbahaya. Kelembapan udara yang disarankan oleh ahli adalah sekitar 30 – 50 persen saja. Waspada juga bila ada anggota keluarga yang memiliki alergi ataupun asma.

Rekomendasi Humidifier untuk Bayi 

Selama digunakan dengan batas aman, rekomendasi humidifier terbaik tetap boleh dipertimbangkan untuk diletakkan di ruangan tertentu, terutama di kamar bayi. Melansir dari berbagai sumber, berikut ini merupakan rekomendasi humidifier murah yang bisa Ibu gunakan di rumah:

1. Deerma Air Humidifier Ultrasonic


Rekomendasi humidifier untuk bayi berikut ini bernama Deerma Air Humidifier Ultrasonic Large Capacity 5L-DEM-F500 dengan kapasitas yang besar sehingga bagus diletakkan di ruangan yang luas. Rekomendasi humidifier terbaik ini punya keunggulan seperti hasil uap yang lebih halus dan tidak berisik karena menggunakan ultrasonic, cocok digunakan saat bayi kecil Ibu sedang tidur. 

Tangki 5 liter yang disediakan dapat menghasilkan uap ultrasonic sampai 16 jam. Humidifier Deerma menggunakan teknologi canggih seperti UV light, kotak purification, air ion, karbon aktif, serta negative ion purification untuk menghasilkan jenis uap yang lebih sehat. Rekomendasi humidifier murah berikut ini ditawarkan dengan harga kurang lebih Rp 200,000an saja.

2. Babymoov Hygro+ Humidifier


Rekomendasi humidifier terbaik berikut ini milik Babymoov yang dibanderol dengan kisaran harga di atas Rp 1,800,000. Meskipun terbilang cukup mahal, tapi rekomendasi humidifier untuk bayi seperti ini cocok banget karena tidak menimbulkan suara berisik, dapat berputar 360 derajat, bisa digunakan sebagai purifier, punya tampilan menarik (bisa berubah warnanya), mudah digunakan, serta memiliki kapasitas besar yaitu hingga 2000 ml. Kapasitas maksimal penggunaan humidifier ini adalah 8 jam saja dan bisa dimasukkan oil tertentu untuk aromaterapi.

3. Ultrasonic Mist Maker Portable 7 Colors LED Lamp


Keunggulan yang ditawarkan Ultrasonic Mist Maker seperti mudah dibawa ke mana saja dapat menjadi salah satu rekomendasi humidifier untuk bayi yang tepat dan ramah kantong. Humidifier yang satu ini punya desain yang unik dan lucu, cocok diletakkan di kamar anak-anak. 

Harga yang dibanderol sekitar Rp 300,000an, cukup ramah kantong untuk fitur yang cukup beragam juga. Humidifier ini bisa juga digunakan sebagai air diffuser yang dapat diisi dengan oil aromaterapi dan dapat berganti warna lampu saat dinyalakan. Durasi normal yang boleh digunakan adalah hingga 6 jam saja.

4. Konka KZ-HU0001


Rekomendasi humidifier murah berjenis Konka KZ-HU0001 juga dapat digunakan di ruangan bayi ataupun ruangan lainnya. Si imut ini hanya berukuran 380 ml saja, namun bisa tahan hingga 6 jam penggunaan. Fitur lain yang ditawarkan yaitu mode anti kering, USB extension port, berbagai macam lampu yang dapat berubah secara otomatis, tidak berisik, dan anti slip. 

Rekomendasi humidifier untuk bayi merk Konka tidak dapat diisi dengan oil aromaterapi karena hanya berfungsi sebagai pelembab ruangan saja ya. Harga yang ditawarkan di pasaran cukup terjangkau, yaitu sekitaran Rp 128,000 ke atas.

5. Dr. Brown’s Ultrasonic Cool Mist Humidifier AN007


Ingin mencari humidifier dengan jam kerja yang lebih lama? Dr. Brown’s Ultrasonic Cool Mist Humidifier bisa bekerja hingga 30 jam, namun untuk amannya, sebaiknya tidak memakai humidifier secara terus menerus di dalam ruangan supaya terhindar dari ruangan yang terlalu lembab hingga menimbulkan gangguan pernafasan ataupun berkembangnya bakteri tertentu. 

Rekomendasi humidifier untuk bayi seperti keluaran Dr. Brown memang sudah terkenal akan kualitas dan beragam fitur cantik yang ditawarkan seperti arah semprotan yang otomatis bergerak tanpa perlu diatur, semprotan ultrasonic yang halus sehingga tidak mudah membuat kulit kering atau iritasi, kapasitas hingga 3,8 liter, penggunaan yang mudah dengan satu tombol saja, hingga fitur auto shut-off supaya terhindar dari bahaya korsleting listrik.

6. Xiaomi Ultrasonic Aromatherapy Humidifier G538


Rekomendasi humidifier terbaik yang satu ini berasal dari Xiaomi dengan jenis G538 yang bisa digunakan sebagai pelembab sekaligus diffuser aromaterapi. Keunggulan humidifier cukup banyak, seperti desainnya yang elegan serta bagian tank dan mesin yang bisa dipisahkan jadi tidak perlu khawatir saat harus mengisi airnya. Kapasitas tangki pada humidifier ini tidak terlalu besar yaitu sekitar 260 ml saja. Harga yang dibanderol untuk 1 unit produk ini adalah kisaran Rp 122,000 ke atas.

7. Boneco S250 Steam Air Humidifier


Meski harganya cukup mahal, namun ini merupakan salah satu r

ekomendasi humidifier terbaik di kelasnya lho. Boneco S250 Steam Air Humidifier memiliki berat 3,2 kg dengan ukuran yang tidak terlalu besar dan pas diletakkan di mana saja. Keunggulan produk ini adalah memiliki steam anti bakteri, tekonologi cleaning mode yang praktis, dapat digunakan dengan essential oil, kapasitas air hingga 3 liter, kelembapan yang dapat diatur hingga 80%, dan dapat digunakan pada luas ruangan hingga 50 meter persegi. Satu unitnya dibanderol dengan harga Rp 2000,000an ke atas.

8. TB Polar Bear Cute Pet Humidifier Large Capacity Ultrasonic 


Rekomendasi humidifier murah dan lucu jatuh kepada TB Polar Bear Cute Pet Humidifier dengan kapasitas 700 ml. Tersedia dengan desain yang lucu dan dua pilihan warna menarik putih serta pink. Humidifier ini dapat berganti warna dan dapat digunakan hingga 24 jam nonstop. Dengan tambahan mode anti bising dan tambahan USB port membuat produk ini menjadi salah satu rekomendasi humidifier untuk bayi terbaik dengan harga yang murah yaitu sekitar Rp 300,000an.

9. Zoozire Humidifier Aromatherapy UFO Dual Spray


Berencana meletakkan humidifier di kamar si kecil nantinya? Ibu bisa menjadikan Zoozire Humidifier Aromatherapy UFO Dual Spray rekomendasi humidifier untuk bayi terbaik lho. Desain seperti binatang peliharaan yang sedang naik ufo warna-warni ini akan sangat disukai oleh buah hati tercinta. Tak hanya itu saja, humidifier ini bisa diisi wangi-wangian yang menenangkan juga. Selain itu, produk ini tahan hingga 8 jam sama seperti waktu tidur si kecil dan bisa di charge menggunakan kabel USB apapun. Fitur dual spray juga dapat membantu uap menyemprot ke semua penjuru ruangan atau kamar si kecil. Harga yang ditawarkan adalah kisaran Rp 180,000an saja.

10. Taffware Humi H24 Electric Humidifier


Rekomendasi humidifier murah bisa Ibu temukan melalui produk Taffware Humi H24 Electric Humidifier yang dapat dibeli di ecommerce manapun saat ini. Humidifier dengan kisaran harga Rp 100,000an saja ini punya desain yang cantik dan bisa berubah warna saat digunakan malam hari. Selain tidak bising, humidifier ini dilengkapi dengan remote control jadi bisa di akses dari jauh saat berada di ruangan yang sama. 

11. Ivi Branch Shape Aroma Humidifier

Ivi Branch Shape Aroma Humidifier menjadi salah satu humidifier dengan desain aestetic nan cantik karena berbentuk seperti cabang ranting pohon. Kapasitas humidifier ini sekitar 400 ml dengan dua corong utama yang dapat menyebarkan uap ke manapun. Uap yang dapat disemprotkan dapat bekerja hingga 8 jam dengan beragam fitur pengaturan uap yaitu selama 1, 3, 6, atau 8 jam. Fitur unggulan lainnya adalah bisa mati secara otomatis bila air di dalamnya sudah habis dan bisa diatur intensitas semprotannya. Harga per unitnya adalah kisaran Rp 500,000an saja.

Manfaat Menggunakan Humidifier 

Sudah memutuskan rekomendasi humidifier untuk bayi terbaik dengan harga terjangkau? Bila masih ragu, simak dulu yuk Bu manfaat menggunakan alat ini dari segi kesehatan, dilansir dari berbagai sumber:

A. Bagus untuk Kulit Wajah dan Kesehatan Bibir

Siapa sih yang tak ingin memiliki kulit wajah yang sehat serta lembab sepanjang hari meskipun berada di bawah AC terus menerus? Ya, menggunakan humidifier mampu membantu kulit wajah Ibu lebih lembab bahkan lebih cerah. Produk yang satu ini akan menghindarkan Ibu dari bahaya kulit wajah yang kering, kusam, mengelupas, hingga iritasi ringan. Kulit yang lembab dengan kadar air yang cukup dapat membuatnya semakin glowing serta cerah. Selain itu, rekomendasi humidifier terbaik bisa membuat bibir kita lebih sehat dan terhindar dari pecah-pecah apalagi berdarah karena terlalu kering.

B. Mengobati Gejala Pilek, Flu, hingga Alergi

Melansir dari laman Hello Sehat, humidifier juga bermanfaat untuk mengurangi gatal pada area hidung, menangani sinus, meredakan sakit tenggorokan, mulut, mata, gejala flu, hingga pilek. Selain sejumlah penyakit ini, humidifier juga mampu mencegah penyakit lain yang disebabkan karena virus atau bakteri di udara kering bila digunakan dengan takaran yang pas.

C. Bermanfaat untuk Mengurangi Dengkuran

Salah satu penyebab seseorang tidur dengan mendengkur atau ngorok adalah karena adanya masalah pada pernafasannya. Penggunaan humidifier pada ruangan kamar bisa membantu meredakan masalah yang satu ini. Kualitas udara yang lebih sehat akan membuat pernafasan juga ikut sehat dan terasa lebih lega.

D. Membuat Ruangan Lebih Nyaman dan Beraroma

Rekomendasi humidifier untuk bayi memang sudah banyak dikenal oleh para Ibu. Selain bermanfaat untuk anggota keluarga, humidifier juga bisa membuat ruangan menjadi lebih nyaman dengan aroma yang menenangkan karena beberapa humidifier bisa diisi aroma terapi tertentu. Essential oil yang ada di pasaran juga tersedia dengan beragam jenis seperti aroma bunga-bungaan, buah, atau kayu-kayuan yang manis.

E. Bermanfaat untuk Lingkungan

Selain bagi manusia, humidifier juga bermanfaat untuk lingkungan sekitarnya lho. Jika Ibu memiliki tanaman hias yang diletakkan di dalam ruangan, maka menggunakan humidifier bisa menjadi solusi yang jitu supaya kelembapan tanaman hias tetap terjaga dengan baik. Penggunaan humidifier dengan takaran tepat juga bisa menjaga kelembapan ruangan berlebih yang sering menimbulkan jamur pada dinding.

 

Editor: Atalya