Keluarga

15 Film Bertema Islam yang Menyentuh Hati dan Bikin Terharu

15 Film Bertema Islam yang Menyentuh Hati dan Bikin Terharu

Film bertema Islam menjadi salah satu film yang digemari oleh banyak kalangan karena tak hanya menghibur namun alur cerita yang disuguhkan banyak memberikan pelajaran hidup yang berharga. 

Indonesia menjadi salah satu Negara yang sering kali memproduksi film Indonesia bertema Islam dan hampir selalu menduduki jajaran box office Indonesia. Film Islami yang diproduksi juga cukup beragam, beberapa di antaranya merupakan film adaptasi novel dari penulis ternama. 

Selain film genre romantis, film Indonesia bertema Islam ini juga bisa menjadi pilihan film yang akan menemani waktu berkualitas bagi Ayah dan Ibu atau pun seluruh keluarga tercinta.

Manfaat Menonton Film Bersama


Menonton film bersama dapat menjadi salah satu hiburan tersendiri karena mendatangkan banyak manfaat, terutama bila dilakukan seperti masa pandemi saat ini. Melansir dari laman DMCI Communities, ada banyak hal yang menyenangkan yang di dapat setelah menonton film bersama baik bagi Ayah dan Ibu atau pun bagi seluruh keluarga seperti berikut ini:

A. Menguatkan Ikatan dengan Keluarga

Menghabiskan waktu bersama dengan menonton film dapat menguatkan ikatan batin atau emosi antara anggota keluarga satu dengan lainnya. Menonton film dengan tema tertentu juga dapat menguatkan hubungan suami istri sehingga menjadi lebih solid dan lebih kokoh.

B. Membuktikan Adanya Keberhasilan Akademik

Mengutip dari laman Family Facts, fakta yang didapat di lapangan menyebutkan bahwa anak-anak yang menghabiskan waktu bersama orang tuanya memiliki nilai akademis lebih baik dibandingkan dengan mereka yang tidak. Sementara itu, mereka yang tidak banyak menghabiskan waktu dengan orang tuanya memiliki tingkat fokus yang lebih rendah saat di sekolah. Salah satu hal bijak yang daoat dilakukan bersama adalah menonton film di akhir pekan dengan genre yang asyik dan menarik.

C. Meningkatkan Intimasi dengan Pasangan

Orang tua yang sering menonton film bersama justru akan memiliki intimasi yang sangat kuat dan ini punya dampak positif juga untuk anak-anak nantinya. Keintiman antara Ayah dan Ibu dapat memperkuat hubungan pernikahan sehingga dapat memberikan contoh yang baik untuk anak-anak. 

Selain itu, hubungan yang kuat antara Ayah dan Ibu dapat membuat anak-anak hidup lebih tenang dan dipenuhi kasih sayang. Sebuah Study dari Universitas Rochester menyebutkan bahwa pasangan yang menonton film bersama dapat membantu mengurangi prahara yang terjadi dalam sebuah rumah tangga dan mengurangi angka perceraian.

D. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Menonton film bersama dengan Ayah dan Ibu dapat meningkatkan kepercayaan diri si kecil karena ia akan merasa memiliki keluarga yang harmonis sehingga ia akan merasa nyaman tumbuh di lingkungan keluarga tersebut.

Rekomendasi Film Bertema Islam

Berikut ini ada beberapa rekomendasi film bertema Islam yang bagus dan telah terbukti dapat mengambil hati banyak orang, dilansir dari berbagai sumber:

1. Ayat-Ayat Cinta


Photo source: viu.com

Siapa sih yang ngga kenal film bertema islam yang satu ini? Film adaptasi novel yang ditulis oleh Habiburrahman El Shirazy dengan judul yang sama ini pernah merajai tangga film Indonesia pada tahun 2008 lalu. Ayat-Ayat Cinta merupakah film bertema islami dengan genre romantis dan mengisahkan sebuah perjalanan cinta seorang pelajar Indonesia bernama Fahri yang berada di Mesir untuk menyelesaikan sekolahnya.

Pada perjalanan cintanya, Fahri yang merupakan lelaki sholeh dan tidak mengenal pacaran ini justru banyak dikagumi oleh wanita-wanita sholehah dengan beragam latar belakang. Kisah cinta Fahri akhirnya berlabuh pada seorang perempuan sholehah bernama Aisha dan ia pun menikahinya melalui ta’aruf. 

2. Ketika Cinta Bertasbih 


Photo source: tribunnewswiki

Film bertema Islam dengan judul Ketika Cinta Bertasbih ini juga merupakan film adaptasi Novel karya Habiburrahman El Shirazy dengan judul serupa. Film Indonesia bertema Islam kali ini dirilis pada tahun 2009 dan memiliki kisah romansa cinta yang tak biasa. Di sini dikisahkan bahwa ada seorang pemuda Indonesia bernama Azzam menuntut ilmu di Kairo sembari bekerja sebagai tukang tempe. 

Selain seorang pria yang baik, ia adalah tulang punggung keluarga yang sangat taat beragama. Sayangnya, hal ini bukanlah bekal yang cukup untuk meminang wanita pujaannya karena terhalang oleh status sosial. Perjuangan dan cobaan yang dirasakan Azzam silih berganti dan menjadikannya sebagai pria kuat sehingga suatu hari semua cita dan cintanya perlahan diijabah oleh Allah SWT.

3. Perempuan Berkalung Sorban


Photo source: hotstar.com

Perempuan Berkalung Sorban adalah salah satu film bertema Islam yang bercerita tentang kisah hidup seorang muslimah tangguh. Film adaptasi novel karya Abidah El Khalieqy yang diterbitkan tahun 2001 dan dirilis pada tahun 2009 ini berhasil membuat takjub banyak orang karena berkisah tentang perjalanan hidup seorang muslimah bernama Anissa yang memiliki pribadi tangguh, kuat, serta cerdas. 

Ia hidup di kalangan keluarga pesantren yang sangat konservatif terhadap wanita dan kehidupan modern yang tengah berlangsung. Film bertema Islam ini juga sangat kental dengan kisah perjuangan Anissa yang dengan gigih memperjuangkan hak-hak wanita muslim di tengah lingkungan yang konservatif. Tak hanya itu saja, ada kisah romansa islami yang juga tak kalah menarik pada film ini dan berhasil memberi warna pada setiap alur ceritanya.

4. 99 Cahaya di Langit Eropa


Photo source: tribunnews.com

Indonesia jelas-jelas memiliki novelis yang handal terutama saat mengisahkan cerita romansa islaminya. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya film bertema Islam yang sering kali menduduki tangga film populer setiap tahunnya. 99 Cahaya di Langit Eropa ini juga merupakan film adaptasi novel dengan judul senada karya Hanum Salsabila Rais dan Rangga Almahendra yang telah rilis pada Desember 2013 silam. 

Film yang dibintangi oleh selebriti kenamaan seperti Acha Septriasa, Abimana Aryasatya, Raline Shah, serta  Dewi Sandra ini pernah sangat populer pada masanya karena kisahnya yang tak hanya enak ditonton tapi juga sarat akan makna. Konon kabarnya, kisah ini merupakan kisah nyata perjalanan Hanum Salsabila Rais yang harus menemani suaminya menuntut ilmu di Austria. 

Berbagai macam hal ia lalui hingga menuntunnya untuk menyusuri jejak-jejak agama Islam di benua Eropa yang dibawa oleh bangsa Turki. Bagi yang suka dengan sejarah, film ini banyak menyuguhkan sudut-sudut berbagai macam kota yang indah dan lekat dengan agama Islam serta kisah sejarah jaman dahulu yang tak kalah menarik untuk disimak.

5. Surga yang Tak Dirindukan


Photo source: Tribunwiki

Film yang satu ini juga merupakan film adaptasi novel dengan judul sama dan ditulis dengan indah oleh Asma Nadia sebagai pengarangnya. Film bertema Islam yang rilis pada tahun 2015 ini berkisah tentang seorang arsitek bernama Prasetya yang sudah memiliki istri bernama Arini namun harus terpaksa menikahi seorang wanita yang tengah depresi bernama Mei Rose untuk menyelamatkan nyawa wanita tersebut. 

Kisah haru ini memang bertema poligami, namun ada banyak nilai-nilai religi yang dapat dipelajari bagi para penontonnya.

6. Sang Pencerah

Photo source: youtube.com

Film bertema islam besutan sutradara ternama Hanung Bramantyo berjudul Sang Pencerah ini rilis pada tahun 2010 dan merupakan kisah nyata dari seorang pendiri Muhammadiyah yaitu KH. Ahmad Dahlan. Film islami seperti Sang Pencerah dapat menjadi salah satu film sejarah yang mengasyikkan ketika ditonton dengan anak-anak dan seluruh anggota keluarga karena dikemas kembali secara rapi dan indah oleh Hanung Bramantyo. 

Sang Pencerah tidak hanya bercerita tentang kehidupan Islam pada masa dulu namun juga berkisah tentang sisi lain dari seorang KH. Ahmad Dahlan yang belum diketahui oleh khalayak banyak.

7. Jilbab Traveler (Love Sparks in Korea)


Photo source: hotstar.com

Ingin menonton film bertema islam yang ringan dan penuh dengan kisah romantis ala anak muda? Jilbab Traveler adalah jawabannya! Film adaptasi novel karya Asma Nadia ini merupakan film semi biografi pengarangnya. Kisah yang disajikan memiliki latar dua negara yaitu Indonesia dan juga Korea Selatan. 

Tak hanya soal cinta anak muda saja, film bertema Islam yang satu ini juga menyuguhkan pemandangan alam yang sangat indah di kedua negara dengan ciri khasnya masing-masing.

8. 99 Nama Cinta


Photo source: okexone.com

Film bertema islam yang rilis pada tahun 2019 ini mengisahkan tentang kisah cinta seorang presenter dan produser acara gosip bernama Talia yang dekat dengan seorang ustad muda utusan Ayahanda Talia bernama Kiblat. Suatu hari Talia harus menerima kenyataan pahit saat ia membuat kesalahan kecil yang berakibat fatal pada karirnya. 

Pada masa suram inilah Talia dekat dengan Kiblat dan muncul rasa cinta di antara keduanya. Sayangnya kisah cinta ini tak berjalan mulus karena saat keduanya semakin dekat, justru Kiblat dijodohkan oleh wanita lain.

9. Hafalan Shalat Delisa


Photo source: hotstar.com

Ingin menanamkan ajaran agama Islam pada si kecil dengan cara yang lebih mudah dan mengasyikkan? Menonton film bertema islam seperti Hafalan Shalat Delisa bisa menjadi solusinya. Film ini menceritakan sebuah kejadian dimana gempa dan tsunami melanda sebuah daerah dan membuat banyak nyawa melayang. Ketika kejadian ini terjadi, gadis kecil taat beragama bernama Delisa sedang menghafal bacaan shalat bersama ibunya untuk ujian praktek. 

Sangat disayangkan Delisa harus kehilangan kakak-kakaknya dan kehilangan satu kakinya karena harus diamputasi. Segala kemalangan yang ia rasakan justru bukan menjadi pukulan bagi Delisa, melainkan menjadikan Delisa sebagai gadis kecil yang membawa keceriaan bagi sekelilingnya.

10. 3 Hati Dua Dunia, Satu Cinta


Photo source: youtube.com

Film ini berkisah tentang dua orang berbeda agama yang menjalin cinta tak biasa karena tantangan yang mereka hadapi sangatlah terjal. Rosid adalah pria muslim yang berasal dari keluarga dengan tradisi serta ajaran agama Islam yang sangat kental. Ia jatuh cinta dengan Delia, seorang gadis cantik beragama Katolik. 

Cinta keduanya tak mulus karena kedua keluarga sepakat untuk memisahkan keduanya dengan berbagai macam cara. Meski begitu, keduanya cukup sadar bila kisah ini diteruskan, akan lebih banyak hal tak diinginkan yang mungkin akan mereka alami.

11. Negeri 5 Menara

Photo source: tribunnewswiki.com

Film adaptasi novel karya Ahmad Fuadi berjudul Negeri 5 Menara berkisah tentang persahabatan 6 pria muda muslim di sebuah pesantren di Jawa Timur. Mereka memiliki moto hidup yang kuat yaitu Man Jadda Wajada yang berarti siapa saja yang bersungguh-sungguh melakukan sesuatu pasti akan berhasil. 

Dari pesantren inilah mimpi-mimpi itu mulai dirancang untuk segera diwujudkan. Film bertema Islam seperti ini bagus ditonton bersama anak-anak tercinta karena dapat memberikan inspirasi mendalam pada para penontonnya.

12. Wedding Agreement


Photo source: SINDOnews.com

Film bertema islami namun menyuguhkan romantisme ini memiliki kisah yang unik. Diceritakan bahwa ada dua pasangan muda yang harus menikah karena dijodohkan oleh para orang tua mereka. Perjodohan antara Tari dan Bian merupakan kisah rumit tersendiri pada film ini. Bian sebagai pihak laki-laki yang masih memiliki kekasih merasa tidak rela dijodohkan dengan Tari. 

Oleh karenanya, Bian memutuskan membuat surat perjanjian pernikahan yang menegaskan bahwa hubungan keduanya hanya sebatas status dan akan berakhir setelah pernikahan berjalan 1 tahun. Seiring berjalannya waktu, Allah SWT membolak-balikkan hati Bian dan membuatnya justru semakin jatuh cinta pada Tari sehingga surat perjanjian tersebut harus dibatalkan.

13. My Name is Khan


Photo source: kompasiana.com

Melansir dari laman Wikipedia, My Name is Khan adalah salah satu film islami yang sudah mendunia dan rilis pada tahun 2010. Film ini sempat menjadi perbincangan hangat karena mengusung tema yang sensitif yaitu terorisme yang sering kali dikaitkan dengan agama Islam. Film ini mengisahkan tentang seseorang bernama Rizwan, yaitu seorang pria muslim autis yang memperjuangkan kebenaran bahwa dirinya bukanlah teroris dibalik kejadian pada tahun 2007 di tempat tinggalnya saat itu. 

Perjuangan ini mengharuskan ia pergi ke Amerika Serikat untuk bertemu dengan presiden supaya suaranya di dengar dunia. Film ini cukup membuat penontonnya terharu bahkan hingga menangis karena perjuangan Rizwan yang tak biasa. Ia harus melawan segala hal yang ada di depan matanya meskipun dengan keterbatasan yang ia punya. 

14. Ada Surga di Rumahmu


Photo source: iradiofm.com

Film bertema islami berikut ini memiliki cerita yang tak kalah seru tentang seorang anak laki-laki bernama Ramadhan yang harus dikirim ke pesantren oleh kedua orang tuanya. Kenakalan Ramadhan ketika di pesantren semakin berkurang ketika ia tahu bahwa ayahnya harus mendonorkan ginjalnya kepada pemilik pesantren untuk biaya sekolahnya. Ia pun bertekad kuat untuk menjadi seorang muslim yang lebih sholeh dengan menyebarkan ilmu yang didapatkannya. 

Namun tekad kuat ini tak selamanya mulus karena ia harus berada dipersimpangan memilih antara berkarir menjadi artis atau kembali membaktikan ilmu yang ia dapat di pesantren. Tak hanya ini saja, ia pun juga harus memilih satu di antara dua gadis yang akan menemani perjalanan hidupnya kelak.

15. Di Bawah Lindungan Ka’bah


Photo source: tribunnewswiki.com

Kisah cinta yang mengharu biru berikutnya datang dari film bertema islami yang berjudul Di Bawah Lindungan Ka’bah. Film islami ini bercerita tentang Hamid dan Zainab yang tidak dapat bersatu karena status sosial yang berbeda padahal keduanya telah memegang janji setia untuk mempertahankan cinta mereka. 

Sampai akhirnya Hamid dapat mewujudkan mimpinya untuk berkelana hingga ke Mekkah dan menunaikan ibadah haji. Hamid tak berhenti beribadah hingga ia harus mendengar kabar bahwa Zainab telah meninggal dunia. Tak lama setelah kabar itu, Hamid juga meninggal dunia di hadapan Ka’bah.

Editor: Dwi Ratih