Keluarga

5 Bacaan Salawat Nabi untuk Hati Tenang Hingga Banyak Rejeki

5 Bacaan Salawat Nabi untuk Hati Tenang Hingga Banyak Rejeki

Bacaan salawat Nabi hendaknya menjadi pelengkap doa yang selalu kita panjatkan, terutama setelah selesai menunaikan shalat lima waktu. Ada berbagai macam jenis bacaan salawat Nabi yang benar dan memiliki makna yang bagus. 

Tak hanya khasiatnya saja, melansir dari laman Merdeka, membaca bacaan sholawat Nabi punya berbagai macam keutamaan seperti; dapat meningkatkan derajat seorang muslim, mengampuni dosa-dosa, mendapatkah pahala berlimpah, membawa keberkahan, hingga suatu saat nanti dapat menjadi penghibur di alam kubur. 

Bagi siapa saja yang belum bisa membaca huruf hijaiyah, maka bacaan salawat Nabi latin juga tersedia. Mari kita simak berbagai macam jenis bacaan sholawat Nabi pendek hingga yang panjang berikut ini.

Bacaan Shalawat Nabi yang bagus untuk dibaca setiap hari


Bacaan salawat Nabi punya berbagai macam jenis, Ibu boleh memilih bacaan salawat Nabi mana yang akan Ibu baca dan amalkan. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah bacaan shalawat Nabi yang benar:

1. Shalawat Nariyah

Melansir dari laman Viva, shalawat Nariyah ini adalah lantunan yang disusun oleh Syekh Nariyah yang hidup pada zaman Rasulullah SAW dan tergolong sahabat Nabi. Munculnya bacaan shalawat nabi ini karena Syekh Nariyah dulu sering melihat Rasulullah SAW mengajarkan agama Islam dan menyebarkan wahyu Allah SWT dengan sangat berani serta gigih. 

Bacaan salawat Nabi ini merupakan wujud doa Syekh Nariyah untuk Rasulullah SAW supaya Rasul senantian diberi keselamatan. Keutamaan bacaan sholawat Nabi ini bagi yang membacanya adalah dimudahkan segala urusannya, menghilangkan rasa sedih, meringankan masalah, hingga terlindung dari penyakit atau marabahaya apapun.

Bacaan Shalawat Nariyah:

Allahumma shollì sholaatan kaamìlatan Wa sallìm salaaman taaman ‘ala sayyìdìnaa Muhammadìn Alladzì tanhallu bìhìl ‘uqadu, wa tanfarìju bìhìl kurabu. Wa tuqdhaa bìhìl hawaa’ìju Wa tunaalu bìhìr raghaa’ìbu wa husnul khawaatìmì wa yustasqal ghomaamu bì wajhìhìl karììmì, wa ‘alaa aalìhì, wa shahbìhì ‘adada kullì ma’luumìn laka.

Artinya:

"Ya Allah, limpahkanlah shalawat yang sempurna dan curahkanlah salam kesejahteraan yang penuh kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan sebab beliau semua kesulitan dapat terpecahkan, semua kesusahan dapat dilenyapkan, semua keperluan dapat terpenuhi, dan semua yang didambakan serta husnul khatimah dapat diraih, dan berkat dirinya yang mulia hujanpun turun, dan semoga terlimpahkan kepada keluarganya serta para sahabatnya, di setiap detik dan hembusan nafas sebanyak bilangan semua yang diketahui oleh Engkau."

2. Shalawat Al-Matsuroh


Bacaan sholawat Nabi pendek berikut ini sangat mudah dihapalkan, yaitu salawat Al-Matsuroh. Bagi siapapun yang mengamalkannya, maka akan mendapatkan keutamaan berupa keselamatan, kedamaian, dan keamaan dalam menjalani kehidupannya.

Bacaan Salawat Al-Matsuroh

Alloohumma sholli 'alaa muhammadin niin nabiyil ummiyyi wa 'alaa aalihi wa sallim.

Artinya:

"Ya Allah, limpahkanlah salawat kepada Muhammad yang tiada dapat membaca dan menulis (Ummy) dan semoga keselamatan tercurah kepada segenap keluarganya."

3. Shalawat Ibrahimiyah


Bacaan salawat Nabi yang satu ini kerap kali dikumandangkan pada siapapun setelah melakukan sholat lima waktu. Keutamaan membaca Shalawat Ibrahimiyah juga sangat baik yaitu bagi siapapun yang membacanya akan mendapatkan Syafaat di hari kiamat nanti.

Bacaan Shalawat Ibrahimiyah

Allohumma solli ‘alaa muhammad, wa ‘alaa aali muhammad, kamaa sollaita ‘alaa aali ibroohim, wa baarik ‘alaa muhammad, wa ‘alaa aali muhammad, kamaa baarokta ‘alaa aali ibroohim, fil ‘aalamiina innaka hamiidummajiid.

Artinya:

"Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada Nabi Muhammad dan kepada keluarga Nabi Muhammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan rahmat kepada Nabi Ibrahim dan keluarga Nabi Ibrahim. Limpahkan pula keberkahan bagi Nabi Muhammad dan bagi keluarga Nabi Muhammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan keberkahan bagi Nabi Ibrahim dan bagi keluarga Nabi Ibrahim. Sesungguhnya di alam semesta Engkau Maha Terpuji dan Maha Agung."

4. Shalawat Nuril Anwar

Setiap bacaan salawat Nabi memang punya beragam keutamaan istimewa bagi siapapun yang melafalkannya, salah satunya adalah Salawat Nuril Anwar yang punya keutamaan akan mendapatkan rezeki yang berkah, terkabulnya hajat, serta menolak bencana bila dibaca 100 kali setiap harinya.

Bacaan Salawat Nuril Anwar

Allahumma Shalli Alaa Nuuril Anwaari Wasirril Asraari, Watiryaaqil Aghyaari Wamiftaahi Baabil Yasaari, Sayyidinaa Wamaulaana Muhammadinil Muhtaari Wa Aalihil Ath Haari Wa Ash Haabihil Ahyaari Adada Niamillaahi Wa Ifdhaalih.

Artinya:

"Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada cahaya dari segala cahaya, belakang layer dari segenap rahasia, penawar sedih dan kebingungan, pembuka pintu kemudahan, yakni junjungan kami, Nabi Muhammad Saw yang terpilih, keluarganya yang suci, dan para sahabatnya yang mulia sebanyak hitungan nikmat Yang Mahakuasa dan karunia-Nya.”

5. Shalawat Munjiyat


Bacaan sholawat Nabi dapat dibaca kapan saja, namun ada juga yang punya khasiat tersendiri saat dibaca selepas shalat hajat seperti bacaan salawat nabi Munjiyat. Keutamaan shalawat nabi ini adalah mendapatkan perlindungan dari Allah SWT, dijauhkan dari mara bahaya, terkabulnya hajat yang dipanjatkan, serta menaikkan derajat bagi siapapun yang mengamalkannya.

Bacaan Salawat Munjiyat

“Allahumma sholli ‘alaa sayyidinaa Muhammadin sholaatan tunjiinaa bihaa min jamii’il-ahwaali wal-aafaati wa taqdhii lanaa bihaa jamii’al-haajaati wa tuthahirunaa bihaa min jamii’is-sayyi’aati wa tarfa’unaa bihaa ‘indaka a’lad-darajaati wa tuballigunaa bihaa aqshal-gaayaati min jamii’il-khairaati fil-hayaati wa ba’dal-mamaati.”

Artinya:

“Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW yang melaluinya Engkau akan menyelamatkan kami dari semua keadaan yang menakutkan dan membahayakan."

Editor: Aprilia