Keluarga

7 Cara Mengatasi Jerawat Punggung yang Perlu Dicoba!

7 Cara Mengatasi Jerawat Punggung yang Perlu Dicoba!

Jerawat punggung biasanya terletak berada di tubuh bagian belakang dan cara menghilangkan jerawat punggung sedikit sulit karena susah terjangkau oleh tangan dan seringnya tidak terlihat oleh mata sehingga kebanyakan orang akan membiarkan jerawat punggung ini sembuh dengan sendirinya. 

Sementara itu, jerawat punggung yang tidak menimbulkan rasa sakit memang tidak mengganggu, namun bagaimana bila jerawat punggung yang tumbuh justru membuat Ibu merasa tidak nyaman? 

Kenali dulu lebih lanjut penyebab jerawat punggung dan cara mengatasi jerawat punggung yang tepat yuk!

Penyebab Jerawat Punggung


Melansir dari laman Healthline, jerawat punggung dapat terjadi pada siapa saja dengan rentang usia beragam. Tubuh menghasilkan minyak yang sering kali disebut dengan sebum dan sering kali bermanfaat untuk menambah kelembapan pada kulit hingga rambut. 

Penyebab jerawat punggung atau di bagian tubuh manapun seringnya karena sebum yang ada pada tubuh diproduksi secara berlebihan kemudian muncul sel-sel kulit mati yang terlanjur menumpuk dan menutupi pori-pori kulit. 

Penyebab jerawat punggung juga dapat muncul karena adanya bakteri yang berkembang pada bagian tubuh tersebut. Saat dinding folikel rambut mengalami pembengkakan maka akan membentuk jerawat bernanah putih, namun ketika pori-pori tersumbat terkena udara maka terbentuklah jerawat komedo. 

Berikut ini merupakan penyebab jerawat punggung yang kerap dialami oleh banyak orang:

1. Berkaitan dengan Masalah Genetik

Penyebab jerawat punggung dapat diakibatkan karena adanya masalah genetik. Misalnya beberapa anggota keluarga kandung memiliki masalah jerawat punggung atau jerawat di anggota tubuh lainnya. Hal ini dapat juga disebabkan karena jenis kulit yang cenderung lebih berminyak dan mudah timbul jerawat.

2. Pengaruh Obat-Obatan Tertentu

Penggunaan obat-obatan dapat menjadi penyebab jerawat punggung atau jerawat lainnya muncul. Hal ini dikarenakan obat-obatan tertentu seperti obat antidepresan memiliki efek samping memunculkan jerawat. Coba cek terlebih dahulu apakah Ibu sedang menggunakan obat-obatan tersebut sebagai perawatan?

3. Masalah Hormonal

Penyebab jerawat punggung ataupun jerawat di wajah juga ada kaitannya dengan masalah hormonal (hormon). Perubahan hormonal yang terjadi pada masa remaja seringnya menimbulkan jerawat punggung atau jerawat pada wajah. 

Jerawat juga dapat menjadi satu tanda seseorang sedang melampaui masa pubertas. Namun bagi mereka yang sudah melampaui masa pubertas, jerawat punggung atau wajah biasanya muncul karena momen tertentu seperti sesaat sebelum menstruasi atau saat sedang hamil. 

Jerawat punggung atau jerawat pada bagian manapun yang muncul saat sebelum menstruasi dan kehamilan biasanya akan hilang sendiri ketika momen tersebut berakhir. 

Bagi Ibu hamil, akan lebih sulit mengatasi jerawat punggung atau jerawat wajah karena tidak bisa sembarangan mengkonsumsi obat-obatan atau krim penyembuh jerawat, jadi harus bersabar ya.

4. Produksi Keringat Berlebihan

Keringat yang diproduksi secara berlebihan dan terperangkap di bawah pakaian ketat atau jenis kain yang tidak menyerap keringat dapat menjadi penyebab jerawat punggung tak kunjung sembuh dan bisa semakin parah. 

Hindari penggunaan baju ketat atau baju dengan kain yang tidak breathable bila sudah memiliki jerawat punggung supaya jerawat tidak semakin parah.

5. Mengalami Stress

Penyebab jerawat punggung lainnya juga dapat diakibatkan karena Ibu sedang sangat stress. Meskipun stress bukan penyebab langsung jerawat punggung muncul, namun ini dapat menjadi satu faktor pemicu. 

Sejumlah penelitian yang dilansir dari laman Healthline mengungkapkan bahwa makanan yang Ibu konsumsi dapat menjadi penyebab jerawat punggung atau wajah muncul. 

Misalnya saat stress, Ibu lebih cenderung mengkonsumsi banyak makanan penuh lemak dan minyak yang justru akan meningkatkan resiko munculnya jerawat punggung atau jerawat di wajah. 

Menurut American Academy of Dermatology, sejumlah bukti mengungkapkan bahwa karbohidrat tertentu dapat meningkatkan kadar gula dalam darah yang menjadi penyebab munculnya jerawat. Tetap waspada ya!

Cara Mengatasi Jerawat Punggung


Melansir dari laman American Academy of Dermatology Association, Ibu tidak perlu menunggu jerawat punggung hilang dengan sendirinya karena cara mengatasi jerawat punggung dapat dilakukan di rumah maupun melalui tenaga medis yang ahli dalam bidang ini. 

Perawatan kulit yang tepat akan menjadi cara menghilangkan jerawat punggung paling jitu dan impian Ibu memiliki kulit punggung yang bersih akan segera terwujud. Mengutip dari laman AAD, sebuah studi menunjukkan bahwa cara mengatasi jerawat punggung salah satunya dengan menggunakan produk jerawat OTC (Over The Counter)

Produk ini dapat membantu menghilangkan jerawat punggung ringan hingga sedang namun tetap perlu dibarengi dengan perawatan kulit lain khusus untuk kulit berjerawat seperti:

1. Benzoil Peroksida atau Sabun Foam Emolien

Produk yang satu ini dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat punggung atau wajah yang cukup ampuh bila digunakan setiap hari. Selain itu Benzoil Peroksida dapat membantu menyembuhkan jerawat hingga menghambat penyebaran pada bagian kulit sehat lainnya. 

Penggunaan Benzoil Peroksida ini tidak bisa sembarangan dan harus melalui resep dokter, kandungan khusus untuk mengobati jerawat punggung atau wajah biasanya tidak lebih dari 5% atau jika memang kondisi kulit sudah parah, dokter hanya akan memberikan kandungan Benzoil Peroksida maksimal 10% saja.

2. Retinoid (Adapalene 0,1% Gel)

Menurut laman AAD, penggunaan Retinoid bersamaan dengan Benzoil Peroksida akan membuat kulit lebih sehat secara maksimal. Retinoid OTC dapat membantu membuka pori-pori yang tersumbat pada kulit sehingga Benzoil Peroksida dapat masuk dan bekerja lebih baik lagi. 

Biasanya dokter kulit atau Dermatologis akan menyarankan agar Ibu mengoleskan Retinoid Adapalene setelah mandi atau sebelum tidur setiap harinya.

Cara Menghilangkan Jerawat Punggung


Cara menghilangkan jerawat punggung dapat juga dilakukan dengan perawatan sendiri sembari mengobatinya dengan obat yang diberikan dokter kulit. 

Mengutip dari laman American Academy of Dermatology Association, bila Ibu dapat menjalankan sejumlah perawatan jerawat punggung dengan rutin dan tepat selama minimal enak minggu, maka kemungkinan untuk pergi ke dokter kulit sangat kecil. 

Namun apabila lebih dari enam minggu cara mengatasi jerawat punggung melalui perawatan sendiri di rumah tidak berhasil atau justru bertambah buruk, Ibu bisa langsung membuat janji temu dengan dokter kulit langganan.

Sementara itu, melansir dari laman Healthline, berikut ini ada beberapa cara menghilangkan jerawat punggung yang dapat diterapkan supaya jerawat tersebut memudar atau tidak bertambah parah:

1. Melakukan Kebiasaan Baik Setelah Berolahraga

Olahraga memang bagus untuk tubuh, namun kebiasaan buruk seperti tidak menjaga kebersihan badan setelah mengeluarkan keringat banyak justru akan memperburuk jerawat punggung yang Ibu miliki. 

Cara menghilangkan jerawat punggung dengan apapun seperti akan menjadi hal yang sia-sia bila kebiasaan baik setelah berolahraga tidak diterapkan. Beberapa kebiasaan baik yang wajib diterapkan dan akan mengurangi serta mengobat jerawat punggung adalah:

Menggunakan Pakaian Menyerap Keringat

Keringat yang dihasilkan setelah berolahraga tentu saja akan lebih banyak dibandingkan saat Ibu melakukan aktivitas biasa. Memilih pakaian dengan bahan yang mudah menyerap keringat akan membantu kondisi kulit punggung tidak lembab sehingga jerawat punggung tidak semakin parah. 

Kondisi kulit yang lembab terlalu lama akan menjadi penyebab jerawat punggung muncul bahkan di kulit yang masih sehat.

Gunakan Pakaian Olahraga yang Bersih

Kuman dan bakteri akan bersarang pada pakaian yang sudah pernah digunakan apalagi bila pakaian tersebut pernah digunakan sata berolahraga dengan peluh yang banyak. 

Menggunakan pakaian olahraga yang bersih akan menjadi salah satu cara mengatasi jerawat punggung yang jitu lho. Jangan lupa untuk mencuci pakaian olahraga dengan benar supaya kuman dan bakteri ikut mati ya!

Mandi Setelah Berolahraga

Keringat dan kotoran yang tidak segera dibersihkan setelah melakukan olahraga akan menjadi penyebab jerawat punggung mudah muncul kembali. Cara menghilangkan jerawat punggung yang juga ampuh adalah dengan mandi menggunakan sabun setelah berolahraga. 

Jangan lupa untuk memberi jeda sejenak pada tubuh, jangan langsung mandi sesaat setelah berolahraga ya. Tunggulah beberapa menit supaya badan menjadi lebih fit dan bugar.

2. Melakukan Eksfoliasi pada Tubuh


Bila peeling baik digunakan pada wajah untuk membersihkan sel-sel kulit mati, maka melakukan eksfoliasi pada tubuh juga merupakan cara menghilangkan jerawat punggung yang sering kali dianjurkan. 

Eksfoliasi ini biasanya menggunakan scrub khusus untuk tubuh yang tak hanya akan membersihkan kulit secara maksimal namun juga dilengkapi dengan wewangian segar yang akan memanjakan tubuh. 

Gunakanlah scrub pengelupasan yang lembut dengan bahan-bahan yang aman seperti asam salisilat yang akan menghilangkan kotoran dan minyak berlebih pada kulit. 

3. Gunakan Pakaian yang Tidak Ketat

Cara menghilangkan jerawat punggung dapat juga dengan mengurangi penggunaan pakaian yang ketat karena dikhawatirkan pakaian yang terlalu ketat akan sering menggesek bagian tubuh yang memiliki jerawat punggung sehingga membuatnya menjadi lebih buruk. 

Pakaian yang longgar tak hanya akan membantu perawatan jerawat punggung lebih baik namun juga dapat membantu mengurangi jerawat punggung muncul kembali.

4. Menggunakan Tea Tree Oil

Tea tree oil sudah sangat dikenal sebagai rangkaian perawatan wajah berjerawat yang cukup ampuh. Tea tree oil dibuat dari daun pohon di Australia yang sudah digunakan bertahun-tahun untuk mengobati berbagai macam masalah kulit. 

Kabar baiknya, tea tree oil dapat juga digunakan sebagai cara mengatasi jerawat punggung lho. Tea tree oil sendiri sudah diproduksi dalam berbagai macam varian seperti lotion, pembersih, hingga krim. Tea tree oil bekerja membunuh jerawat dengan cara membunuh bakteri berlebih yang ada pada kulit.

5. Waspadai Rambut Panjang


Apakah Ibu sering kali mengurai rambut panjang hingga mengenai punggung yang terbuka? Bila iya, maka perlu waspada karena rambut panjang dapat menjadi penyebab jerawat punggung muncul bila tidak sering dibersihkan lho. 

Rambut yang panjang memang indah, namun kebersihan dan keindahannya harus terus dijaga dengan baik. Hal ini disebabkan karena rambut juga memproduksi minyak yang bisa jadi berlebih dan akan sering mengenai punggung bila selalu terurai atau tidak dijaga kebersihannya sehingga menimbulkan jerawat punggung. 

Selain menjaga kebersihan rambut panjang Ibu, menguncir rambut panjang dapat menjadi satu solusi jitu untuk mengurangi munculnya jerawat punggung.

6. Pilih Produk untuk Kulit yang Bebas Minyak

Salah satu cara menghilangkan jerawat punggung adalah dengan memperhatikan produk perawatan kulit yang Ibu pakai. Hindari produk perawatan kulit tubuh yang mengandung minyak karena akan memperburuk kondisi jerawat punggung atau muncul jerawat baru. 

Minyak yang terkandung pada produk tersebut dapat berkontribusi menyumbat pori-pori pada kulit tubuh. Pastikan memilih produk perawatan tubuh yang juga ringan sehingga aman untuk kulit.

7. Memiliki Gaya Hidup Sehat

Mengatur pola makan dan memiliki gaya hidup sehat ternyata merupakan cara mengatasi jerawat punggung yang lebih alami. Beberapa orang yang memiliki kondisi kulit sensitif dan rentan terhadap jerawat harus ekstra hati-hati memilih asupan makanan harian. 

Penelitian mengungkapkan bahwa makanan dengan kadar glikemik (GI) yang tinggi justru dapat memperburuk jerawat. Contoh makanan ini adalah roti tawar putih, pasta, nasi putih, hingga kentang. Cobalah beralih untuk lebih banyak mengkonsumsi makanan alami seperti sayuran, buah-buahan, protein tanpa lemak, atau biji-bijian utuh

Editor: Dwi Ratih