Keluarga

Ini 11 Cara Mengatasi Kulit Kering Secara Alami

Ini 11 Cara Mengatasi Kulit Kering Secara Alami

Bagaimana cara mengatasi kulit kering secara alami?

Masalah kulit kering mungkin masih suka dianggap sebelah mata ketimbang masalah kulit berminyak yang rentan berjerawat. Padahal, kulit kering yang tidak dirawat memiliki banyak dampak seperti kulit terlihat kusam, berisiko terinfeksi, hingga permasalahan kulit lainnya. 

Jenis kulit yang dimiliki merupakan bawaan tiap orang. Jika kamu memiliki jenis kulit kering, jangan khawatir. Simak cara mengatasi kulit kering secara alami seperti yang dilansir pada Treehugger di bawah ini.

1. Tidak mandi menggunakan air panas

ini-11-cara-mengatasi-kulit-kering-secara-alami-1

Cara mengatasi kulit kering secara alami adalah tidak mandi dengan menggunakan air panas. Beberapa orang menikmati saat mandi menggunakan air panas di hari yang dingin. Bagi yang memiliki kulit kering, air panas dapat membuat kulit makin kering. 

Jika hari cukup dingin, kamu dapat mandi dengan menggunakan air hangat-hangat kuku. Pastikan juga sabun yang gunakan cukup lembut di kulit karena ini adalah cara merawat kulit kering.

2. Rutin eksfoliasi secara alami

Cara merawat kulit kering adalah dengan rutin eksfoliasi. Kamu dapat menyediakan scrub garam atau gula untuk digunakan mengeksfoliasi kulitmu. 

Eksfoliasi berguna menghilangkan sel kulit mati yang membuat kulit lebih segar dan lebih mudah menyerap kelembaban sehingga menjadi cara mengatasi kulit kering secara alami.

3. Melembapkan kulit langsung setelah mandi

ini-11-cara-mengatasi-kulit-kering-secara-alami-2

Cara merawat kulit kering berikutnya adalah menggunakan pelembab kulit. Pelembab kulit apapun yang kamu gunakan, pastikan untuk digunakan langsung setelah kamu mandi karena kulit masih lembab. Pelembab berfungsi untuk mengunci kelembaban kulit sehingga kelembaban yang dikunci adalah kulit yang masih ada sedikit basah.

4. Mandi seperti Cleopatra

Menurut kisah-kisah yang beredar, rutinitas kulit Cleopatra melibatkan mandi susu dan madu. Maka, mandi dengan menggunakan susu dan madu adalah cara mengatasi kulit kering secara alami. 

Berdasarkan hasil penelitian, madu menenangkan dan melembabkan kulit serta menghambat terbentuknya keriput. Kamu dapat menambahkan 2 cangkir susu dan seperempat cangkir madu ke bak mandi air hangat untuk mendapatkan kulit yang lembut dan lembap.

5. Menggunakan madu dan minyak zaitun

ini-11-cara-mengatasi-kulit-kering-secara-alami-3

Cara mengatasi kulit kering secara alami berikutnya adalah menggunakan madu dan minyak zaitun. Madu memiliki segudang manfaat yang dapat memberi kebaikan pada rambut dan kulit. 

Selain madu, ternyata minyak zaitun juga memiliki banyak manfaat. Campurkan satu sendok penuh madu dengan satu sendok penuh minyak zaitun dan peras jeruk lemon yang memiliki fungsi sebagai pencerah kulit. 

Oleskan losion ini ke seluruh tubuh yang kering dan biarkan selama 20 menit. Seka dan bersihkan dengan air hangat.

6. Balur minyak ke tubuh semalaman

Saat kamu memiliki kulit sangat kering di beberapa bagian tubuh saja, kamu bisa berendam dengan sangat lama sampai kulitmu keriput. Setelah itu, seka tubuh sampai kering dan langsung balurkan minyak zaitun atau minyak kelapa ke seluruh tubuh. 

Setelah itu, gunakan baju tidur dan kamu bisa tidur serta membiarkan kulit kamu terbalur minyak semalaman. Paginya kamu akan merasakan kulit kamu akan lembut.

7. Mandi dengan menggunakan oatmeal

Oatmeal dikenal dapat memperbaiki struktur kulit sejak dulu. Bahkan, oatmeal terbukti secara ilmiah dapat melembabkan, membersihkan kulit. Oatmeal juga memiliki sifat antioksidatif dan anti inflamasi yang minim risiko iritasi.

Kamu dapat menggunakan oatmeal saat berendam. Caranya blender 1 cangkir oatmeal kering menggunakan blender sampai berbentuk bubuk. Taburkan bubuk oatmeal ke bathtub yang sedang dialiri air. 

Kamu dapat berendam di air bercampur oatmeal selama 15 hingga 20 menit. Keringkan badanmu saat sudah selesai berendam. Kamu dapat berendam di air rendaman oatmeal hingga 2 kali dalam sehari tergantung berapa kering kulitmu.

8. Minum air putih yang cukup

ini-11-cara-mengatasi-kulit-kering-secara-alami-4

Selain membuat kulit tampak lebih cerah, minum air putih yang cukup juga  merupakan cara mengatasi kulit kering secara alami. Saat tubuh kekurangan air, kulit menjadi bagian dari tubuh yang paling pertama terkena efeknya. 

Kulit kamu dapat menjadi kering, kusam dan lebih mudah iritasi. Ini karena air berperan besar dalam menjaga kelembaban kulit. Oleh karena itu, pastikan kamu minum air putih yang cukup. 

Untuk mengetahui berapa banyak air putih yang dibutuhkan, kamu dapat mengalikan berat badan kamu dengan 30 ml. Kamu juga dapat mengikuti anjuran minimal minum air putih dalam sehari, yaitu sebanyak 2 liter air. 

9. Memperbanyak konsumsi makanan kaya antioksidan dan omega-3

Kamu juga harus memastikan kalau tubuh kamu mendapat asupan nutrisi yang cukup. Cara mengatasi kulit kering secara alami berikutnya adalah mengkonsumsi banyak makanan yang kaya akan antioksidan dan omega-3. 

Dengan mengkonsumsi makan kaya antioksidan, kulit akan menjadi lebih sehat dan terhindar dari kerusakan kulit yang disebabkan oleh racun dan radikal bebas. Contoh makanan yang kaya akan omega-3 dan antioksidan adalah salmon, ikan kembung, blueberry, tomat, wortel, dan kacang-kacangan.

10. Menggunakan pelembab udara atau air humidifier

Jika hari sangat panas, yang biasa kita lakukan tinggal di negara tropis adalah menghidupkan pendingin udara. Sayangnya, pendingin udara dapat membuat kulit lebih kering. 

Menggunakan pelembab udara di ruangan ber-AC adalah cara mengatasi  kulit kering secara alami. Kulit terasa lebih lembab, tidak mudah gatal, tidak iritasi, dan tidak pecah-pecah.

11. Mengkonsumsi buah tinggi serat

Cara mengatasi kulit kering secara alami berikutnya adalah mengkonsumsi buah tinggi serat. Mengkonsumsi buah tidak hanya memiliki manfaat untuk tubuh, tapi juga kesehatan kulit termasuk kulit yang kering. Contoh buah-buahan tinggi serat adalah alpukat, pepaya, apel, pir, pisang, kiwi, dan lain-lain.

Punya kulit kering? Jangan khawatir. Kamu dapat melakukan 10 cara mengatasi kulit kering secara alami.

Editor: Dwi Ratih