Kesehatan

Jangan Asal Pilih! Ini 14 Jenis Moisturizer untuk Kulit Berminyak

Jangan Asal Pilih! Ini 14 Jenis Moisturizer untuk Kulit Berminyak

Setuju, dong, kalau kulit berminyak adalah salah satu jenis kulit yang paling sulit dalam hal perawatannya. 

Minyak yang secara diproduksi oleh tubuh, menjadikan kulit tetap sehat, tapi, jika minyak tersebut diproduksi berlebihan, maka pastinya bukan sesuatu yang baik pula, karena bisa memicu ketidaksempurnaan pada kulit dan menimbulkan jerawat.

Untungnya ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membantu menyeimbangkan kadar minyak tersebut, di antaranya:

  1. Pembersih
    Disarankan untuk membersihkan kulit di pagi dan malam hari, menggunakan sabun berbahan lembut.
  2. Toner
    Penggunaan toner sebetulnya bisa saja bikin kulit teriritasi dan kering, dikarenakan bahan kandungannya, namun jika Ibu tetap menggunakan toner, maka gunakan hanya pada bagian wajah yang berminyak saja, misalnya dahi, hidung dan dagu.
  3. Kertas minyak
    Atau blotting paper, bisa jadi pilihan yang baik untuk menghilangkan minyak tanpa bikin kulit mengering, cara menggunakannya pun mudah banget. Tips untuk menggunakan kertas minyak ini, cukup gunakan pada area kulit yang berminyak, jangan menggosok-gosokkan kertas pada wajah, tapi cukup ditepuk-tepuk saja selama beberapa detik.
  4. Masker dan clay
    Menggunakan masker wajah dan clay bisa membantu mengurangi minyak berlebih serta membersihkan pori, tapi harus berhati-hati karena juga bisa bikin kulit kering. Disarankan, menggunakan clay hanya pada bagian berminyak saja dan tidak boleh terlalu sering.
  5. Oil-free sunscreen
    Melindungi kulit dari paparan sinar matahari itu penting banget, untuk semua jenis kulit. Tabir surya biasa, punya tekstur yang ‘tebal’ dan ini bisa menyumbat pori. Jadi, jika Ibu punya jenis kulit berminyak, sebaiknya Ibu menggunakan tabir surya dalam bentuk jel.
  6. Pelembap
    Walaupun kulit Ibu berminyak, tapi tetap saja membutuhkan pelembap, ya, terutama setelah menggunakan produk perawatan yang memicu hilangnya minyak, misalnya setelah mencuci wajah. Pilih oil-free moisturizer, berbahan dasar air dan non-comedogenic. Jika kulit Ibu berminyak dan cenderung berjerawat (acne-prone), hindari menggunakan produk perawatan berbahan petroleum jelly, cocoa butter dan coconut oil (minyak kelapa).

Kandungan Apa yang Baik Untuk Perawatan Kulit Berminyak?

Mengutip dari situs wellandgood.com, berikut adalah beberapa kandungan yang baik untuk mengatasi kulit berminyak. Yaitu:

  • Retinol
    Retinol bekerja dengan mempercepat pertumbuhan sel-sel baru, artinya, retinol membuang sel kulit mati dan bikin kulit kembali sehat. Hal ini juga baik untuk mencegah penyumbatan pori.
  • Hyaluronic acid
    Pemilik kulit berminyak sering berpikir bahwa tidak membutuhkan pelembap. Padahal, ketika kulit kehilangan kelembapannya, misalnya sebagai dampak dari penggunaan produk perawatan berbahan ‘keras’ atau udara yang kering, kulit justru akan memproduksi minyak semakin banyak. Makanya, kulit berminyak pun butuh pelembap. Disarankan, agar Ibu menggunakan serum sebelum pelembap.
  • Niacinamide
    Apa kandungan yang mesti diperhatikan saat memilih moisturizer untuk kulit berminyak? Ya, niacinamide, atau juga disebut dengan vitamin B3. Sebetulnya, niacinamide ini baik digunakan pada segala jenis kulit, fungsinya untuk meredakan iritasi, menenangkan kulit dan membantu memproduksi kolagen.  

Referensi Pelembap untuk Kulit Berminyak

1. Viva Pelembap Green Tea


Photo source: pinhome

Bagi Ibu yang mencari referensi pelembap dengan harga terjangkau, maka Viva Pelembap Green Tea bisa menjadi pilihan Ibu. Produk ini mengandung ekstrak green tea untuk menjaga kulit tetap lembap dan segar. Jenis moisturizer untuk kulit berminyak ini juga melindungi kulit dari bahaya paparan sinar matahari dan menyerap minyak berlebih. 

Bisa digunakan setiap hari, terutama sebelum menggunakan makeup. Beli produk ini di sini, dengan isi 30ml, cukup seharga Rp7.850 saja.  

2. Sariayu Jeruk Moisturizer


Photo source: harga.web.id

Jika mencari produk perawatan wajah terjamin dengan harga terjangkau lainnya, merk Sariayu ini patut dicoba. Produk ini mengandung ekstrak jeruk nipis untuk membantu mencerahkan kulit dengan menghambat pembentukan melanin, membantu membersihkan kulit dan mencegah timbulnya jerawat. 

Bahan lainnya yang digunakan adalah gardenia, yang berfungsi sebagai sumber antioksidan.

Sariayu Jeruk Moisturizer ini cocok untuk digunakan jenis kulit normal berminyak. Harganya terjangkau banget, yaitu Rp11.000 untuk 35ml. Cara pakainya juga gampang, oleskan saja pada kulit dan leher yang sudah dibersihkan. Yuk, cek produknya di sini

3. Pond’s Bright Beauty Serum Day Cream for Oily Skin


Photo source: tokopedia

Referensi pelembap lainnya, yaitu Pond’s Bright Beauty Serum Day Cream for Oily Skin. Pelembap wajah ini mengandung triple glow serum untuk membantu mencerahkan kulit, bikin kulit terasa halus dan bebas kilap. Vitamin B3+ di dalamnya membantu menyamarkan bekas jerawat lebih cepat. 

Selain harganya yang juga ‘bersahabat’, yaitu sekitar Rp20.000, produk ini mudah banget ditemukan, misalnya di minimarket

4. Wardah Witch Hazel Purifying Moisturizer Gel


Photo source: shopee

Pelembap bertekstur ringan yang pas digunakan untuk jenis kulit normal hingga berminyak. Pelembap untuk kulit berminyak ini mengandung provitamin B5 dan humectant-emollient agent yang menjadikan proses hidrasi menjadi lebih maksimal. Produk ini juga mengandung vitamin E agar kulit wajah cerah dan merona. 

Kandungan witch hazel di dalamnya membantu menenangkan kulit dan mengecilkan pori. Karena mudah meresap, maka cocok untuk dijadikan dasar makeup. Agar hasilnya lebih maksimal, lanjutkan dengan penggunaan Wardah Witch Hazel Purifying Serum. Beli produk ini seharga Rp21.000 di situs resminya berikut ini.

5. Acnes Natural Care Oil Control and Whitening Cream 


Photo source: lazada

Pelembap ini memiliki natural active ingredients, yang terdiri dari 8 jenis ekstrak tanaman, untuk membantu mengurangi minyak berlebih. Selain itu, Acnes Natural Care Oil Control and Whitening Cream ini juga membantu mencerahkan wajah, menyamarkan flek hitam dan noda bekas jerawat. 

Harganya Rp43.000 dengan isi 40gr. Yuk, belanja praktis tanpa harus keluar rumah, cukup klik di sini.

6. Sukin Blemish Oil Free Moisturizer


Photo source: shopee

Jenis moisturizer untuk kulit berminyak ini membantu menjaga kelembapan kulit yang rentan jerawat tanpa menyumbat pori. Sukin Blemish Oil Free Moisturizer ini mengandung willowherb, quince dan moringa (kelor). Botol isi 125ml, bisa Ibu dapatkan dengan harga Rp190.000. 

Produk merk ini cukup mudah ditemukan, atau, cek akun IG @sukinskincare_idn, dan klik tulisan ‘view shop’. 

7. Innisfree Green Tea Balancing Lotion EX


Photo source: shopee

Innisfree Green Tea Balancing Lotion EX, diperkaya dengan 16 jenis amino acid, untuk melembapkan dan bikin kulit bercahaya. Kandungan fresh green tea water-nya, membantu menyeimbangkan kelembapan dan sebum. Formulanya ringan dan tidak lengket karena mudah menyerap. 

Selain untuk kulit berminyak, bisa juga untuk jenis kulit kombinasi. Disarankan menggunakan setelah mengaplikasikan toner, usap merata pada wajah dan leher, tepuk perlahan. Bisa juga, digunakan sebelum makeup. Beli produk ini dengan harga Rp240.000 untuk 160ml, klik di sini

8. The Body Shop Seaweed Oil Control Lotion SPF 15


Photo source: bukalapak

The Body Shop Seaweed Oil Control Lotion SPF 15, diperkaya dengan seaweed extract yang berasal dari Irlandia. Bekerja dengan membantu melembapkan kulit, menyeimbangkan sebum berlebih dan melindungi kulit dari paparan sinar UVA serta UVB. 

Produk ini cocok untuk jenis kulit berminyak dan kombinasi. Yuk, belanja sekaligus cek informasi lainnya tentang produk ini di sini. Kemasan 50ml, bisa Ibu dapatkan dengan harga Rp259.000. 

9. La Roche Posay Effaclar H Multi-Compensating Soothing Moisturizer 


Photo source: blibli

Sudah kenalkah dengan produk ini? La Roche Posay Effaclar H Multi-Compensating Soothing Moisturizer, adalah referensi pelembap untuk kulit berminyak dan gampang berjerawat. Selain merawat, moisturizer ini juga membantu melindungi kulit dan meredakan iritasi. 

Kemasan 40ml, dijual dengan harga Rp300.000. Pastikan membeli produk yang asli, selain itu jika Ibu mengunjungi situs resminya di www.larocheposay.co.id, Ibu bisa mendapatkan free sample.

10. Cetaphil Oil Control Moisturizer SPF 30


Photo source: shopee

Selain untuk melembapkan kulit, Cetaphil Oil Control Moisturizer ini mengandung zinc gluconate untuk mengontrol sebum. Pelembap ini juga bisa digunakan sebagai tabir surya, tidak memicu dan non-comedogenic. Dengan isi 120ml, harganya sekitar Rp330.000. Beli online di tautan berikut.

11. Bioderma Sebium Mat Control


Photo source: review SOCO

Adalah krim pelembap untuk membuat kulit tampak halus dan sehat, untuk jenis kulit kombinasi hingga berminyak. Bioderma Sebium Mat Control ini melembapkan kulit dengan efektif namun tetap memberikan hasil yang bebas minyak dan kilap. 

Manfaat lainnya adalah membantu mengecilkan pori, menghaluskan tekstur permukaan kulit, mencegah pembentukan noda, dan karena produk ini non-comedogenic, maka nggak bikin pori tersumbat. Coba produk ini seharga Rp341.000 dengan isi sebanyak 30ml. 

Karena official store-nya banyak, jadi gampang, deh, jika ingin membeli moisturizer ini, salah satunya ada di tautan berikut.

12. Kiehls Ultra Facial Oil Free Gel Cream


Photo source: shopee

Dikatakan, produk ini menghidrasi selama 24 jam. Pelembap ini bisa digunakan untuk kulit berminyak ke normal. Produk ini menyegarkan, menjaga keseimbangan kelembapan kulit, mengecilkan pori dan membantu mengurangi produksi minyak berlebih sehingga kulit tidak mengilap dan tampak lebih sehat. 

Kiehls Ultra Facial Oil Free Gel Cream ini tidak mengandung alkohol, bebas pewangi dan paraben. Pelembap ini bisa digunakan di pagi, malam hari atau sesuai kebutuhan. 

Produk ini tersedia dalam 3 ukuran, yaitu 28ml dengan harga Rp Rp370.000, 50ml Rp540.000 dan kemasan besar, 125ml dengan harga Rp940.000. Pengin mencoba? Klik di sini

13. Shiseido Waso Color-Smart Day Moisturizer Oil Free


Photo source: shiseido

Sebetulnya diperuntukkan bagi semua jenis kulit, termasuk kulit sensititf sekalipun, tapi karena juga berfungsi untuk menyeimbangkan minyak, maka cocok pula untuk kulit berminyak. Waso Shiseido ini mengandung sel daun loquat untuk membantu mengurangi kilap dan menyamarkan pori. 

Beli Shiseido Waso Color-Smart Day Moisturizer Oil Free 50ml seharga Rp550.000 via marketplace berikut

14. Murad Acne Oil Control and Pore Mattifier SPF 45


Photo source: u-buy.jp

Jenis moisturizer untuk kulit berminyak ini melembapkan hingga 10 jam dan mengandung SPF yang ringan. Kandungan di dalamnya bekerja memudarkan ‘ketidaksempurnaan’ kulit dan membantu mengecilkan pori. 

Murad Acne Oil Control and Pore Mattifier SPF 45 ini juga cocok untuk moisturizer untuk kulit sensitif dan kombinasi. Beli produk Murad di official store-nya berikut ini, isi 50ml bisa didapat dengan harga Rp875.000.

Tips Menggunakan Pelembap

  • Coba beberapa produk
    Mungkin Ibu mesti ‘berani’ mencoba beberapa produk untuk mengetahui mana yang paling cocok untuk kebutuhan Ibu.
  • Mengandung tabir surya
    Pilih pelembap yang mengandung sunscreen dan oleskan kembali jika berkeringat atau terkena air.
  • Pilih yang berbahan aman
    Cek kembali kandungannya, sebaiknya menggunakan produk perawatan yang tidak menggunakan pewangi (fragrance) dan pewarna.
  • Tidak harus mahal
    Karena produk mahal belum tentu berkualitas, lebih baik memperhatikan kandungannya.
  • Gunakan pada waktu yang tepat
    Gunakan pelembap pada saat kulit setengah kering. 

Itulah beberapa referensi moisturizer untuk kulit berminyak. Produk mana yang bakal Ibu coba?

Editor: Dwi Ratih